Breaking News

Analisa Usaha Budidaya Lada Perdu dan Prospeknya

Di zaman sekarang ini, apakah begitu sulit untuk mendapatkan uang? Mengapa tidak mencoba peruntungan di dunia usaha melalui budidaya, lada perdu misalnya. Nah, kamu bisa mulai menggali informasi seputar analisa usaha budidaya lada perdu.

Kebutuhan dan permintaan akan lada perdu selalu ada di pasaran dan bukan tidak mungkin bisa meningkat dengan signifikan dalam kondisi pasar tertentu. Lada perdu adalah tanaman jenis lada yang ditanam tanpa menggunakan tiang panjatan. Biasanya, petani membiarkan tanaman ini tumbuh berbentuk semak perdu di tanah.

Ladang Uang dari Budidaya Lada Perdu

Ada banyak keunggulan budidaya lada perdu, jadi sangat tidak heran jika semakin banyak orang yang menjalankannya. Jika kamu tertarik, ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk mempersiapkan semuanya dengan terlebih dahulu tahu banyak hal. Untuk melakukan analisa usaha budidaya lada perdu, kamu bisa memulainya dengan hal-hal berikut.

Bisnis Lada Perdu

Bisnis pertanian terutama di tanaman bumbu masakan tidak pernah mati. Budidaya lada perdu bisa sangat menguntungkan para pelakunya jika dilakukan dengan benar. Untungnya, budidaya jenis tanaman ini tidak begitu sulit, jadi siapa saja bisa melakukannya. Dengan kata lain, kamu bisa memulainya di lahan yang kecil seperti pekarangan rumah dengan modal yang minim.

Pelaku Bisnis Budidaya Lada Perdu

Bisnis yang satu ini cocok untuk semua orang dan semua kalangan. Anak mudah yang suka tanaman seperti kamu tentu bisa menjadi salah satu orang yang akan sukses dalam bisnis ini. Kamu bisa menjalankan dengan mudah jika benar-benar memiliki keinginan dan minat yang tinggi.

Konsumen Bisnis Budidaya Lada Perdu

Sebelum memulai sebuah bisnis, salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan adalah target pasar. Mengetahui siapa yang akan menjadi konsumen bisa membantu mencapai target penjualan. Dalam hal penggunaan lada perdu, konsumennya cukup besar termasuk pelaku bisnis yang membutuhkan jenis lada ini untuk bahan baku usaha mereka.

Peralatan Bisnis

Agar bisa memulai bisnis budidaya bumbu rempah yang satu ini, kamu akan membutuhkan beberapa peralatan seperti pengadaan bibit lada perdu, gerobak dorong, timbangan, cangkul, pompa air, dll. Semakin banyak alat yang kamu sediakan untuk kebutuhan budidaya lada perdu, semakin besar peluang panen yang maksimal.

Pemasaran

Masih bingung bagaimana dan dimana tempat yang cocok untuk memasarkan hasil panen lada perdu? Sama seperti menjual hasil panen lainnya, kamu bisa menjualan lada perdu ke pasar. Atau kamu juga bisa mencari pengepul yang bisa membeli lada perdu dengan harga yang lumayan tinggi dibandingkan pengepul lainnya. Selain itu, kamu bisa mencari pelaku bisnis yang selalu membutuhkan lada perdu untuk usaha mereka.

Proses Budidaya Lada Perdu

Pertanyaan lainnya yang muncul di benak kamu pasti berhubungan dengan proses budidaya lada perdu.

Pembibitan

Kamu bisa memperbanyak lada dengan cara generatif atau vegetatif. Namun, biasanya perbanyakan secara generatif jarang digunakan dalam budidaya. Kenapa demikian? Pelaku budidaya mempertimbangkan waktu tumbuh tanaman yang relatif lama. Juga, percabangnya dinilai lebih sedikit dan umur tanaman yang cenderung lebih pendek. Stek bisa menjadi cara perbanyakan lada perdu secara vegetatif.

Stek untuk Lada Perdu

Kamu bisa menggunakan kedua macam sulur lada yaitu sulur cabang atau buah dan sulur panjat (buang titik tumbuhnya). Untuk stek dari sulur buah, kamu harus mengikatnya dengan karena di bagian cabang untuk merangsang perakaran. Kemudian, kamu harus memotongnya dan memasukkannya ke dalam larutan 1 sendok gula yang dicampur dengan 5 liter air selama kurang lebih 1 jam sebelum penanam benih.

Sedangkan untuk stek dari sulur panjat yang sudah kamu potong titik tumbuhnya, masukan ke dalam larutan gula. Setelah itu, tanam ke dalam polybag yang berisi tanah yang sudah kamu campur dengan pupuk kandang. Selanjutnya, tutup rapat dalam persemaian. Tanda benih sudah siap untuk kamu tanam adalah adanya 10 helai daun.

Penanaman

Untuk penanaman lada perdu, kamu harus membuat lubang tanam 45 x 45 45 cm hingga 60 x 60 x 60 cm. Kamu bisa membiarkan lubang-lubang tersebut terbuka sekitar 40 hari sebelum penanaman. Untuk tanah bagian atas, campur dengan pupuk organik.

Satu hal yang kamu harus ingat bahwa setiap jenis stek memiliki cara penanaman yang berbeda. Stek panjat ditanam dengan cara dibenamkan dalam lubang sekitar 3-4 buku. Kemudian, kamu harus menutup lubang dengan tanah. Akan tetapi, jangan lupa untuk memberikan naungan. Jika kamu memilih budidaya lada perdu, maka kamu tidak perlu membuat naungan.

Pemeliharaan

Pemeliharaan memiliki peranan yang tidak kalah penting dibanding proses lainnya dalam budidaya lada perdu.

Penyiangan

Tanaman harus bebas dari gulma agar lada perdu bisa tumbuh dengan baik dan cepat sehingga memberikan hasil panen yang memuaskan. Cara penyiangannya sangat terbatas, dimana kamu hanya bisa menyiangi gulma di sekitar tanaman atau tajuk.

Perompesan Bunga

Biasanya, lada perdu mulai berbunga saat berusia 1 tahun setelah penanaman di tanah lapang. Kamu harus segera membuang bunga yang muncul hingga usianya mencapai kurang lebih 1,5 tahun.

Penyiraman

Penyiraman sangat diperlukan. Jangan lupa untuk menyiram lada perdu terutama di awal penanaman. Kamu bisa mulai menyesuaikan penyiraman setelah tanaman cukup kuat.

Pemberian Mulsa

Lakukan pemberian mulsa terutama di musim kemarau baik itu mulsa plastik atau mulsa alam. Salah satu alasannya adalah untuk mempertahankan kelembaban tanah. Selain itu, mulsa alam bisa menjadi pupuk tanah sehingga mampu menekan pertumbuhan gulma.

Perbaikan Saluran Drainase

Tujuan dari perbaikan drainase adalah untuk menghindari genangan air di area kebun lada perdu. Genangan air tersebut bisa menjadi sumber patogen dan mengganggu pertumbuhan lada perdu.

Masa Panen

Panen lada perlu tentu tidak bisa terjadi dalam waktu yang singkat. Juga, panen biasanya membutuhkan cara dan pengambilan hasil yang periodik. Kamu tidak bisa memanen lada perdu setiap hari.

Panen terjadi saat memasuki tahun ketiga. Pada tahun pertama, kamu tidak bisa melakukan panen karena bunga harus dibuang atau tidak dibuahkan. Tujuannya adalah agar tanaman rimbun dan koko. Di tahun kedua, kamu bisa membuahkan bunga namun baru bisa dipanen 9 bulan kemudian atau lebih.

Jika tangkai sudah mulai menguning dengan buah berwarna kuning atau merah, ini menandakan bahwa kamu sudah bisa memanennya. Petik pangkal tangkai buah di tepi batang agar bisa mengambil semua buahnya.

Pisahkan buah dari tangkai dan masukkan ke dalam karung. Kamu juga harus merendamnya selama 1 minggu sebelum menguliti buahnya. Setelah memisahkan biji lada perdu, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menjemur semua biji hingga kering. Sekadar informasi, kamu bisa menjual biji lada perdu sebagai lada putih ataupun lada hitam.

Jika sudah melakukan analisa usaha budidaya lada perdu, kamu tentu tahu apa yang harus dilakukan. Pelajari pasar dan permintaan lada agar budidaya lada perdu memberikan keuntungan. Jika ingin belajar lebih dalam tentang cara budidaya lada perdu, kamu bisa mencari mentor yang sudah berkecimpung di dunia pertanian lada perdu itu sendiri.

Check Also

Download Preset Lightroom Selebgram Gratis

Download Preset Lightroom Selebgram Gratis, Di cari para Photography Amatir

Hasilbumi.net – Download Preset Lightroom Selebgram Gratis, Di cari para Photography Amatir. Buat kalian yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.