Breaking News

Panduan Budidaya Ayam Buras Yang Menghasilkan

Artikel ini membahas lebih dekat tentang peternakan budidaya ayam buras yang dapat dilakukan dengan berbagai jenis unggas termasuk ayam asli, keturunan non-pribumi, serta keturunan hibrida.

Jadi mari kita masuk ke beberapa hal yang harus Kamu ingat jika Kamu ingin berhasil melakukan peternakan ayam buras

Pemilihan Lokasi Peternakan budidaya ayam buras

Hal pertama dan paling penting untuk diingat adalah apakah Kamu memilih situs yang bagus untuk usaha peternakan ayam buras   atau tidak, akan berdampak besar pada peluang keberhasilannya.

Banyak persyaratan yang sesuai dengan apa yang telah situs tulis di panduan Peternakan Ayam Asli situs

Misalnya, lokasi pertanian harus datar dan tidak boleh berada di medan yang sulit. Selain itu, lokasi harus dinaungi dengan pepohonan karena berfungsi sebagai penahan angin dan juga membantu melindungi unggas dari pemangsa.

Secara terpisah, lokasi harus berumput untuk memungkinkan padang rumput yang cukup untuk hijauan ayam buras. Harus ada akses mudah ke air bersih dan listrik karena Kamu akan membutuhkannya saat memelihara peternakan ayam buras

Terakhir, lokasi harus jauh dari jalan raya dan rel kereta api dengan lalu lintas tinggi untuk melindungi burung dari pencurian dan kemungkinan penyebaran penyakit.

Memastikan Ayam Memiliki Area Kisaran

Di bawah model peternakan bebas dan di seluruh dunia. Burung membutuhkan area jelajah di sekitar rumah di mana mereka dapat terkena sinar matahari dan juga mencari makanan mereka sendiri di padang rumput.

Sebagai aturan praktis, biarkan setidaknya satu kaki persegi per burung. Konon, semakin besar area yang Kamu miliki untuk ayam, semakin baik. Untuk melindungi burung, padang rumput harus dipagari dengan baik dengan kawat berduri, kawat ayam, dan jaring. Jenis bahan pagar lainnya seperti papan kayu atau lembaran besi juga dapat digunakan.

Selain memagari area tersebut, pastikan ada distribusi air yang tepat di seluruh area mulai dan area padang rumput.

Juga, jika memungkinkan, pastikan bahwa area padang rumput terletak di antara pepohonan. Dan, bahwa itu bebas dari bahan kimia dan pupuk kimia sehingga menyediakan padang rumput yang lebih sehat bagi ayam-ayam di mana mereka dapat memperoleh makanan yang bersih.

Kandang Ayam untuk Peternakan Free Range pada budidaya ayam buras

Sama seperti pemilihan lokasi yang tepat dan penyediaan ruang yang cukup untuk ayam, menyediakan kandang yang sesuai merupakan langkah penting dalam mendirikan usaha peternakan ayam Kamu.

Idealnya, seperti halnya dengan padang rumput luar, Kamu harus membidik satu kaki persegi per ayam sebagai kepadatan ternak Kamu. Namun, jika Kamu memiliki ruang terbatas, dua ayam per kaki persegi juga dapat diterima.

Kandang ayam harus memiliki bukaan masuk dan keluar di kedua sisi untuk memberi ayam akses yang lebih mudah ke padang rumput luar. Lebih disukai, itu harus ditinggikan, dan juga harus berventilasi baik.

Untuk detail lebih lanjut tentang apa yang membuat kandang ayam ideal untuk peternakan ayam buras, lihat ebook situs tentang peternakan ayam buras di negara tersebut.

Dan, jika Kamu ingin mendapatkan detail rencana langkah demi langkah untuk berbagai rumah ayam yang dapat Kamu bangun sendiri, lihat  Membangun kandang Ayam , sebuah ebook hebat yang penuh dengan saran praktis oleh Bill Keene.

Photo by Akyem Samad

Membangun Kebun Herbal untuk Mendukung Usaha Pertanian budidaya ayam buras Jarak Bebas Kamu

Kebun herbal akan sangat penting dalam usaha peternakan ayam Kamu terutama jika Kamu berencana untuk melakukan pertanian organik.

Taman akan menjadi suplemen yang bagus dalam menjaga kesehatan kawanan Kamu. Beberapa ramuan paling umum yang akan Kamu temukan berguna dalam usaha peternakan ayam buras Kamu   meliputi yang berikut ini:

  • Bawang putih: Ini dapat berfungsi sebagai antibiotik alami yang dapat Kamu berikan pada ayam dengan memasukkannya ke dalam pakan atau ke dalam air yang mereka minum.
  • Cabai: Dapat bermanfaat karena efek antivirus dan antibiotiknya.
  • Oregano: Kamu dapat memberikan ayam buras Kamu ini jika mereka menderita penyakit pernapasan.
  • Jahe: Sama halnya dengan bawang putih, bawang putih dapat berfungsi sebagai antibiotik alami.
  • Serai: Kamu dapat jusnya untuk detoksifikasi.
  • Jambu Biji: Daun tanaman jambu biji dapat digunakan sebagai antibiotik.
  • Ipil-Ipil : Dapat bermanfaat sebagai anti parasit dan obat cacing.

Tentu saja, selain nilai obatnya, rempah-rempah juga dapat digunakan untuk penyedap alami pakan ayam.

Peralatan Peternakan budidaya ayam buras

Selain hanya memagari jarak dan membangun rumah untuk ayam, Kamu juga perlu membeli berbagai peralatan untuk mendukung ayam.

Di antara barang-barang lainnya, Kamu harus membeli peminum, pengumpan, peralatan merenung, pemanas dan bohlam pemanas, dan mesin pemetik ayam.

Tempat Tidur atau Kotoran untuk Peternakan budidaya ayam buras

Tempat tidur adalah bahan yang dapat berfungsi untuk kenyamanan ayam serta untuk alasan higienis. Ini sangat penting selama tahap merenung.

Umumnya, tempat tidur harus menggantinya secara teratur dengan frekuensi tergantung pada seberapa banyak terkontaminasi. Biasanya, itu harus mengubahnya di mana saja antara dua hingga tiga minggu.

Satu hal yang harus kamu pastikan adalah bahwa tempat tidur yang Kamu gunakan di kandang ayam buras menyediakan ventilasi yang baik. Beberapa bahan yang bisa menjadi serasah antara lain serbuk gergaji, jerami padi, dan sekam padi. ​​Biasanya bisa setelah dua sampai tiga minggu.

Di samping catatan, setelah bedding digunakan dapat menggunakannya sebagai pupuk organik yang sehat.

Photo by Pitosantai

Membersihkan dan Mendisinfeksi Peternakan budidaya ayam Burasmu

Pembersihan yang tepat dari rumah, tempat minum, dan peralatan lainnya sangat penting untuk biosekuriti dari usaha peternakan ayam buras  . Ini akan melindungi burung Kamu dari infeksi dan penyakit lainnya, dan menyediakan lingkungan yang ideal untuk menumbuhkan ayam.

Beberapa langkah yang dapat Kamu lakukan untuk memastikan kebersihan peternakan ayam Kamu antara lain:

Mandi kaki dengan kedalaman minimal 4 inci di mana pengunjung dapat mencelupkan dan mendisinfeksi kaki mereka sebelum memasuki peternakan

Menggunakan bahan pembersih seperti pengki, sapu, kuas, palem, dan sapu jaring untuk membersihkan peralatan pertanian serta kandang ayam dan kandang secara teratur

Menggunakan deterjen dan bahan desinfektan seperti klorin dan sabun bubuk selain di atas

Persyaratan Pakan Ayam Rentang Bebas

Untuk ayam buras, Kamu membutuhkan formulasi pakan yang kira-kira terdiri dari:

  • 70% sereal
  • 26% protein (terutama dari tumbuhan)
  • 4% mineral dan vitamin

Kamu dapat menggunakan pakan komersial atau memformulasi pakan ayam buras Kamu sendiri di mana Kamu secara langsung mengontrol kualitas bahan-bahan yang terkandung dalam pakan tersebut.

Pakan yang Kamu berikan kepada ayam juga akan melengkapinya secara alami oleh ayam yang mencari makan di padang rumput mereka.

Check Also

cara merawat bunglon

7 Trik dan Cara Merawat Bunglon Supaya Sehat dan Jinak

Siapa diantara sobat agribisnis yang merupakan pecinta reptil seperti bunglon? Jika iya, apakah Anda juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published.