Cara Budidaya Ayam Serama Cepat Menghasilkan

budidaya ayam serama

Salah satu jenis ayam yang paling menarik adalah jenis yang cukup baru, yang disebut Serama atau budidaya ayam serama.

Burung kecil ini memiliki penampilan yang unik dan juga dianggap sangat ramah dan lembut. Dikombinasikan, atribut-atribut ini membuat Serama menjadi pilihan populer bagi siapa saja yang antusias beternak ayam.

Bacaan Lainnya
Photos by Camustas

Latar Belakang dan Sejarah Ayam Serama

Serama adalah jenis ayam yang relatif baru, baru benar-benar muncul sekitar 50 tahun yang lalu. Beberapa cerita tentang jenis ini menunjukkan bahwa itu awalnya memberikannya sebagai hadiah pada zaman kuno kepada raja Thailand, tetapi tidak jelas apakah cerita ini benar-benar tentang jenis Serama atau hanya tentang jenis lain dari ayam kecil, atau bantam.

Trah seperti yang terkenal saat ini berasal dari Malaysia. Asal usul breed memulai pada awal 1600-an, tetapi strain modern memulai pada 1970-an dan disebarkan oleh Wee Yean Een, seorang peternak Malaysia yang bekerja di provinsi Kelantan.

Photos by SPB

Serama menciptakan ketika bantam Jepang dan bantam Malaysia menyilangkan. Trah Serama pertama kali menampilkan pada tahun 1990 dan pertama kali datang ke Amerika Serikat pada tahun 2000.

Sejak pertama kali mengimpor ke Amerika Serikat, varietas ayam Serama Amerika telah diakui oleh American Bantam Association dan American Poultry Association. Ada beberapa klub berbeda di Amerika Serikat yang bekerja untuk melestarikan breed dan menegakkan standar penampilan breed.

Budidaya ayam serama juga didatangkan ke Eropa pada tahun 2004 saat didatangkan ke Inggris. Sejak itu, Klub Unggas Inggris Raya juga mengakui trah ini. Meskipun demikian, Serama masih relatif jarang di Eropa.

Serama tersedia dalam berbagai warna, banyak yang dikenali, serta ukuran dan bahkan jenis bulu. Karena itu, banyak peternak yang tetap membudidayakan ayam serama dengan gaya tertentu.

Namun, sebagian besar peminat lebih suka memiliki beberapa jenis Serama karena sangat menarik dan dapat menambah banyak variasi dan minat kawanan.

Standar Berat Ayam Serama pada Budidaya Ayam Serama

  • Berat serama antara 13 dan 19 ons
  • Tubuh berbentuk V dan tegak
  • tersedia dalam berbagai macam warna

Ayam serama sangat mencolok dalam penampilan, karena berbagai alasan. Pertama, mereka cukup kecil. Mereka dianggap oleh banyak orang sebagai jenis ayam terkecil di planet ini. Tingginya berkisar antara enam dan sepuluh inci, dan tiga kelas berat diakui untuk standar breed.

Kelas beratnya adalah Mikro, dimana perempuan memiliki berat hingga delapan ons dan laki-laki memiliki berat hingga 13 ons, Kelas A, dimana perempuan memiliki berat di bawah 12 ons dan laki-laki memiliki berat di bawah 13 ons, Kelas B, dimana perempuan memiliki berat di bawah 15 ons dan laki-laki beratnya di bawah 16 ons, dan Kelas C, dimana perempuan dan laki-laki keduanya memiliki berat di bawah 19 ons.

Ayam serama tersedia dalam berbagai warna yang berbeda, dan banyak di antaranya, termasuk putih dan hitam, kenal di berbagai asosiasi unggas. Serama juga bisa memiliki jenis bulu yang berbeda. Di Malaysia, hanya ayam dengan bulu normal, yang memegangnya erat di badan, yang menerimanya.

Namun, di daerah lain, khususnya Amerika Serikat, burung berbulu halus atau keriting juga dapat menerimanya.

Struktur tubuh serama sama pentingnya dengan ukurannya, dan di Malaysia, serama mengklasifikasikan menurut bentuknya. Ayam-ayam ini berdiri sangat tinggi, dengan kepala tegak dan dada penuh membusung.

Mereka memiliki punggung yang sangat pendek, yang memberi mereka bentuk V. Sayap menambah penampilan ini karena memegangnya ke bawah dan hampir mengarah ke tanah. Ekornya diangkat tinggi-tinggi.

Serama memiliki jengger tunggal berwarna merah dan pial merah. Serama jantan memiliki jengger dan pial yang jauh lebih besar daripada betina. Kaki burung berwarna kuning dan tidak berbulu

Cara Memulai Budidaya Ayam Serama

Ayam Serama adalah burung yang berukuran lebih kecil. Tapi mereka relatif kuat dan tangguh. Jadi memulai bisnis peternakan ayam serama komersial akan relatif mudah.

Berikut coba uraikan lebih banyak informasi tentang memulai dan menjalankan bisnis peternakan ayam serama yang sukses mulai dari pembelian burung hingga perawatan dan pemasaran.

1.      Beli Ayam

Pertama-tama, Kamu harus membeli burung yang sangat berkualitas, sehat, aktif dan bebas penyakit untuk memulai bisnis peternakan ayam Serama Kamu. Membeli burung yang berkualitas sangat penting, karena burung yang baik menjamin produksi yang baik.

Kamu dapat membeli burung dewasa atau anak ayam umur sehari tergantung pada harga dan ketersediaan di daerah Kamu. Burung dewasa umumnya menjualnya dengan harga yang sangat tinggi di pasaran. Tapi ayam umur sehari jauh lebih murah. Jadi sarankan memulai dengan anak ayam umur sehari.

Kamu dapat membeli anak ayam dari pemasok ayam unggas terdekat, pusat pembibitan ayam atau peternakan ayam Serama yang ada. Kamu juga dapat mencari situs web mengklasifikasikan online lokal Kamu. Pastikan saja anak ayamnya kuat dan aktif.

2.      Perumahan

Mengatur baik perumahan sistem untuk ayam Kamu sangat penting. Sebab, rumah yang baik tidak hanya membuat burung tetap sehat, tetapi juga membantu mereka tetap bebas dari segala jenis predator dan kondisi cuaca buruk. Jadi cobalah untuk membuat sistem kandang yang baik, nyaman dan aman untuk burung Kamu.

Jenis rumah bisa apa saja tergantung ketersediaan bahan dan juga anggaran Kamu. Ini bisa berupa pemasangan beton penuh atau Kamu dapat membangun rumah dengan biaya rendah dan bahan yang mudah mendapatnya (seperti bambu atau kayu).

Pasang sistem ventilasi yang baik saat membangun rumah. Sistem ventilasi yang baik membantu menghilangkan gas berbahaya dari dalam rumah, dan menjaga burung Kamu tetap sehat. Pastikan juga aliran udara segar dan cahaya yang cukup di dalam rumah.

3.      Makanan

Memberi makan burung dengan kualitas yang sangat baik, makanan yang sehat dan bergizi adalah bagian terpenting dari bisnis peternakan ayam serama. Karena makanan yang baik menjamin kesehatan yang baik, pertumbuhan yang lebih baik dan produksi yang maksimal dari burung.

Kamu dapat memberi makan ayam Kamu baik dengan / komersial siap pakai feed unggas atau Kamu dapat mempersiapkan feed Kamu sendiri. Pastikan saja makanannya baik dan bergizi untuk ayam Kamu.

4.      Pembiakan

Seperti banyak ras ayam domestik lainnya , ayam Serama juga merupakan peternak yang sangat baik. Mereka akan berkembang biak dengan mudah dan menghasilkan telur yang subur untuk menetas jika Kamu menjaga rasio ayam dan ayam jantan yang baik dalam kawanan Kamu.

Umumnya satu ayam jantan yang sehat cukup untuk berkembang biak di sekitar atau hingga 10 ekor ayam.

5.      Peduli

Ayam Serama adalah burung yang berukuran lebih kecil. Tetapi mereka relatif kuat dan kuat daripada ukurannya yang lebih kecil. Jadi mereka umumnya membutuhkan lebih sedikit perhatian dan manajemen lainnya. Tetapi karena mereka adalah burung hias, maka perawatan tambahan akan lebih baik.

6.      Pemasaran

Pemasaran produk ayam (telur dan daging) tidak menjadi masalah, karena baik daging maupun telur memiliki permintaan dan nilai pasar yang baik. Tetapi permintaan dan nilai burung hias dapat bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Jadi tentukan strategi pemasaran Kamu sebelum memulai bisnis ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.