Breaking News

Cara Budidaya Bebek Hibrida Pedaging Sukses

 

Bebek hibrida merupakan jenis bebek pedaging hasil persilangan antara bebek alabio yang berasal dari daerah Kalimantan dengan bebek mojosari dari daerah Mojokerto. Bebek hibrida memiliki sifat cepat dalam bertumbuh kembang dan ukuran telur yang relatif besar dan sifat itu di dapatkan dari induknya bebek alabio.

Sedangkan dari bebek mojosari menurunkan sifat produktivitas telur yang tinggi dan kuat terhadap stress. Bukan tanpa alasan begitu banyak orang yang ingin budidaya bebek hibrida pedaging. Selain berperan sebagai bebek petelur maupun bebek pedaging, namun bebek hibrida juga memiliki keunggulan lainnya.

Ciri-Ciri Bebek Hibrida

Cara Budidaya Bebek Hibrida Pedaging

Seperti pada umumnya bebek hibrida mempunyai bulu berwarna coklat kehitam-hitaman, sementara pada bagian bawah perutnya berwarna putih. Namun hal ini tidak bisa menjadikan patokan bahwa ciri-ciri tersebut merupakan bebek hibrida, karena mengingat bebek ini hasil persilangan maka warna yang diturunkan tregantung dari gen induknya.

  • Memiliki bintik putih pada perut hingga ke bagian leher.
  • Paruh yang berwarna hitam.
  • Kepeala bebek hibrida memiliki ukuran  lebih besar dibanding dengan jenis bebek lainnya.
  • Ukuran kaki yang lebih pendek.
  • Memiliki ukuran sayap yang lebih panjang dengan kedua bagian ujungnya yang seperti sedang menyilang dan ada bulu suri berwarna biru kehitaman pada bagian sayapnya.

Cara Budidaya Bebek Hibrida Pedaging Agar Sukses

Cara Budidaya Bebek Hibrida Pedaging

Berikut ini merupakan tahapan-tahapan cara budidaya bebek hibrida pedaging secara sederhana, agar memperoleh bebek yang optimal pada saat panen.

1. Memilih Bibit Bebek Berkualitas

Dengan kualitas bibit bebek yang terbaik, tentunya akan menghasilkan bebek hibrida pedaging  yang dapat di panen dalam waktu yang cepat. Ciri-ciri bibit yang berkualitas memiliki tubuh yang tegap, gagah, gerakan yang aktif, mata yang bersinar, kaki yang kokoh, bulu yang cerah dan kerint. Bibit yang bagus biasanya memiliki nafsu makan yang tinggi dan tentunya tidak memiliki cacat pada badan.

2. Pemberian Pakan Berdasarkan Kategori Umurnya

Peternak wajib memperhatikan jenis dan kategori umur bebeknya dalam pemberian pakan. Hal ini dilakukan agar nutrisi yang dibutuhkan sesuai dan nutrisi bebek dapat terpenuhi dengan optimal.

A. Bebek Fase Starter

Pada fase ini anda harus benar-benar memperhatikan kebutuhan pakan bebek karena jika salah pemberian pakan, maka bebek fase ini akan sulit untuk mencerna makanan. Rincian kebutuhan nutrisi yang harus terkandung di dalam pakannya diantaranya :

  • 5% lemak
  • 3.000 kkal/kg energi metabolisme
  • 20-22% protein kasar
  • 6,5% abu
  • 0,9% kalsium
  • 0,7% fosfor
  • Dan 4% serat kasar

B. Bebek Fase Grower

Pada fase ini bebek benar-benar sedang membutuhkan nutrisi yang sangat tepat, karena bebek sedang benar-benar tumbuh. Nutrisi yang dibutuhkan pun diantaranya :

  • 14-15% protein kasar
  • 4% lemak
  • 0,8% kalsium
  • 0,7% fosfor
  • 2.800 kkal/kg energi metabolisme
  • 7% serat kasar
  • 6,2% abu

C. Bebek Fase Finisher

Pada fase atau usia ini bebek sudah mulai dewasa dan sudah dapat mencerna makanan yang berat. Nutrisi yang dibutuhkannya :

  • 0,8% kalsium
  • 0,5% fosfor
  • 2.900 kkal/kg energi metabolisme
  • 7% serat kasar
  • 6,2% abu
  • 5% lemak
  • 17-18% protein kasar

Dalam pembudidayaan bebek hibrida pedaging, anda perlu memperhatikan masa krisis pada bebek, yakni masa ini biasa terjadi pada bebek yang memasuki masa produksi. Jika bebek tidak memperoleh nutrisi yang maksimal, maka pertumbuhan bebek akan terganggu dan hal ini di tandai dengan badannya yang kurus, sehingga daging bebek menjadi lebih tipis.

Untuk kesuksesan dalam beternak bebek hibrida pedaging anda sangat wajib menyediakan nutrisi, porsi dengan komposisi yang pas dalam penyusunan menu pakan bebek hibrida pedaging.

3. Membangun Kandang Dengan Sanitasi Dan Ventilasi Yang Baik

Dalam pembubidayaan bebek hibrida pedaging anda harus menyiapkan dua jenis kandang. Salah satu kandang yang di buat khusus untuk bebek usia 3 minggu dan jenis yang satu lagi di gunakan untuk bebek pada usia pembesaran.

Variasi kandangnya pun dapat di buat dengan beberapa jenis, tergantung pada tujuan utama dari pemeliharaan. Ada jenis kandang panggung, cage, kandang baterai, postal yang diberi alas jerami atau sekam pari dan kandang setengah terbuka.

Sebelum membangun kandang peternak harus memperhatikan kondisi di sekitar kandang, seperti kelembapan kandang, kondisi angin yang baik dan suhu kandang. Untuk kondisi kandang bebek pembesaran, sebaiknya posisi kandang bebek mengahadap kearah timur agar bebek mendapat cahaya matahari yang cukup dan mencegah jamur tumbuh di dalam kandang.

4. Pencegahan dan Pengendalian Penyakit

Bebek hibrida memiliki kelebihan dalam ketahanan terhadap serangan penyakit, namun walau demikian anda harus tetap bersiaga untuk melakukan pencegahan terhadap penyerangan penyakit. Jika bebek terserang penyakit, maka bebek pasti akan mengalami perlambatan dalam pertumbuhan. Berikut beberapa langkah antisipasi agar bebek lebih kebal terhadap serangan virus:

  • Rutin melakukan membersihan kandang dan selalu membiarkannya dalam keadaan kering dan tidak terlalu lembab.
  • Menjaga sanitasi yang baik di sekitar kandang, baik di luar maupun di dalam kandang.
  • Membuat ventilasi kandang yang baik, agar udara segar mudah masuk ke dalam kandang .
  • Yang paling penting yaitu memberikan vitamin dan vaksinasi secara berkala, guna mencegah bebek terserang oleh penyakit.

Jika bebek terlanjur terserang penyakit, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu memisahkan bebek yang terserang penyakit dengan bebek yang lainnya. Hal ini dilakukan agar bebek yang lain tidak ikut terserang penyakit.

Bebek yang telah terserang harus segera di tangani dengan di beri vitamin atau obat secara berkala. Begitu juga dengan bebek yang masih sehat harus segera di beri vitamin agar imun bebek lebih kuat.

5. Metode Pemeliharan Bebek Hibrida Pedaging

Metode Pemeliharan Bebek Hibrida Pedaging harus di lakukan secara intensif, karena bebek hibrida pedaging yang di pelihara secara intensif akan menghaislkan bebek pedaging yang lebih cepat tumbuh dan memiliki kualitas daging yang baik.

Anda harus sering memberikan konsentrat yang berkualitas sejak bebek usia starter hingga bebek tahap pembesaran. Konsentrat dapat di berikan secara bersamaan dengan pakan tambahan yang lainnya. Energi yang di dapatkan bebek akan berubah menjadi daging.

Baca Juga: Panduan Budidaya Ayam Arab Petelur Skala Rumah Tangga

Bebek hibrida pedaging biasanya tidak terlalu lama dalam proses pemeliharaan, karena bebek ini pada usia 60 hari biasanya bobotnya mencapai 1,5 – 2,5 kg dan bebekpun sudah bisa di panen. Bebek yang lebih muda akan memiliki cita rasa daging yang lebih gurih dan empuk. Dalam proses penjualan bebek hibrida pedaging tidaklah sulit, karena anda bisa menjualnya  melalui pengepul atau anda jual langsung kepada konsumen.

6. Pemberian Pakan Alternatif Bebek Hibrida Pedaging

Agar pertumbuhan bebek dapat berlangsung dengan cepat, maka bebek hibrida pedaging membutuhkan pakan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Anda bisa memenuhi kebutuhan protein bebek hibrida pedaging dengan cara memberikan pakan alternatif  seperti keong, nasi, ikan cepret dan jenis pakan lainnya yang memiliki protein tinggi.

Sampai saat ini budidaya bebek hibrida pedaging bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, karena hanya membutuhkan keuletan serta konsistensi dalam setiap tahapan budidaya. Pastikan anda menjadikan ternak bebek ini sebagai ladang bisnis yang menghasilkan banyak keuntungan.

Demikian beberapa Cara Budidaya Bebek Hibrida Pedaging secara sederhana. Semoga anda bisa mempraktikannya dengan sukses. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai tuntas.

Check Also

Jenis Penyakit Mulut Pada Kucing

8 Jenis Penyakit Mulut Pada Kucing, Yang Perlu Dikatahui Para Pecinta Kucing

Selamat Datang di Web Hasilbumi.net, tempat beraneka ragam berbagai budidaya yang hendak disuguhkan dalam website ini dengan cara rinci serta perinci. Dibawah ini admin bakal mangulas modul mengenai Penyakit Mulut , berikut penjelasannya: Kucing merupakan salah satu dari banyak fauna lucu yang hendak Kamu temui di area. Inilah kenapa banyak orang amat bergairah, sebab binatang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *