Breaking News

Cara Budidaya Bebek Potong Cepat Panen

 

Cara beternak bebek pedaging tidaklah sulit, anda harus rajin, telaten dan tentunya sabar agar hasil yang didapatkan maksimal. Tingginya permintaan pasar menjadikan beternak bebek pedaging ini salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan, apalagi jika anda melakukannya secara intensif maka keuntungan yang didapatkan pun tidak main-main.

Bebek pedaging memiliki beberapa jenis diantaranya jenis bebek pedaging peking dan bebek pedaging hibrida. Sampai saat ini kedua jenis bebek pedaging ini cukup banyak digemari oleh kalangan masyarakat karena memiliki pertumbuhan daging yang baik.

Cara Budidaya Bebek Potong Cepat Panen

Budidaya Bebek Potong

Bebek pedaging jenis peking dan hibrida ,merupakan kedua jenis bebek pedaging yang memiliki cita rasa daging yang empuk dan gurih. Begitu juga dengan pertumbuhannya yang relatif cepat jika di bandingkan jenis bebek lain, hanya sekitar 40 hari saja beratnya bisa mencapai 1.5 kg. Biasanya bebek pedaging di panen pada usia 2 bulan dan memiliki berat sekitar 2 kg, karena bebek pedaging yang masih muda memiliki nilai gizi yang tinggi. Bisnis ternak bebek pedaging merupakan bisnis yang menggiurkan karena tidak hanya bebeknya saja yang dapat menjadi uang bahkan kotorannya pun dapat anda jual.

Sebagai pemula, alangkah baiknya sebelum melakukan bisnis ternak bebek pedaging anda harus mempelajari dulu bagaimana tahapan-tahapan beternak bebek yang baik. Pembelajaran perlu dilakukan agar anda bisa beternak secara sukses. Berikut ini adalah proses atau cara budidaya bebek potong agar cepat sukses:

1. Memulai Beternak

Membuat kandang berupa boks dengan perlengkapan kandang seperti tempat minum, makan, pemanas dan lain-lain. Lalu, anda harus memilih penyedia DOD yang memiliki kualitas terpercaya.

Pastikan anda menambah wawasan tentang bagaimana analisa budidaya untuk mengetahui total modal yang dibutuhkan.  Tentunya hal ini dilakukan agar anda dapat meminimalisir resiko ternak bebek pedaging.

Hal yang paling penting yaitu pola pemasaran yang jelas, baik melalui jasa pengepul atau anda bisa menjualnya langsung kepada para konsumen.

2. Langkah Penyemprotan

Jika kandang sudah di siapkan maka langkah selanjutnya yaitu proses penyemprotan kandang menggunakan desinfektan. Sambil menunggu kandang kering anda harus secepatnya memesan DOD di karenakan biasanya stok DOD terbatas.

3. Persiapan Pakan Sebelum DOD Datang

Mempersiapkan pakan bebek pedaging pada masa starter bisa berupa konsentrat seperti comfeed lalu sesuaikan dengan usia bebek. Anda juga bisa membeli dan selalu menyediakan vitamin seperti vitachick, sorbitol, vitastress dan jenis lainnya. Alangkah Baiknya, anda selalu menyediakan juga obat-obatan dan antibiotik untuk persiapan jika gejala penyakit datang tiba-tiba.

Mempersiapkan pemanas kandang dan alat pemanas ini biasa di kenal dengan gasolec kapasitas penggunaannya bisa 300 sampai 500 ekor bibit bebek. Namun untuk anda yang peternak pemula anda bisa menggunakan lampu pijar saja dahulu.

Pastikan kembali kandang boks sudah benar-benar siap untuk di isi DOD yang di dalamnya sudah sedia pemanas, pakan dan minum. Lalu anda bisa nyalakan pemanas satu jam sebelum bibit masuk ke dalam kandang, agar bibit bisa langsung beradaptasi dengan suhu.

4. Proses Setelah DOD Datang

Menyeleksi atau memisahkan DOD yang sehat dan sakit sangatlah perlu anda lakukan. Pemilihan DOD yang sehat dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan bebek yang maksimal. Berikut ini ciri-ciri DOD yang sehat :

  • DOD memiliki bulu yang bersih dan kering.
  • Memiliki mata yang jernih, berbinar, kedua matanya terbuka lebar dan tentunya tidak buta.
  • Pergerakan DOD yang lincah atau tidak diam saja.
  • Pada bagian kaki memiliki kaki yang kokoh atau tidak pincang dan tubuh yang tegap.
  • Biasanya DOD yang sehat dan kuat akan memiliki bobot kurang lebih 40 gram.
  • Tentunya DOD yang sehat pasti memiliki nafsu makan yang baik dan terbebas dari penyakit apapun.

Langkah pertama ketika DOD datang, maka anda bisa siapkan larutan air gula merah sebagai minuman khusus untuk bibit yang baru datang dan tujuannya untuk memulihkan stamina bibit yang hilang pada saat pengiriman. Jangan lupa untuk mengganti larutan air gula setelah 1 jam DOD datang dengan air biasa yang di larutkan dengan vitamin, agar nafsu makan DOD terangsang.

1 jam setelahnya, maka anda harus ganti air minum dan anda dapat langsung memberi pakan, namun pemberian pakan di lakukan secara berkala sedikit demi sedikit.

5. Tahapan Pemeliharan DOD Berumur 1-14 Hari

Memberikan pakan starter yang sudah di campur menggunakan sedikit air supaya bibit mudah mencernanya, frekuensi pemberian pakan bisa sampai 5 kali dalam sehari. Pastikan selalu sediakan air minum jangan sampai kosong dan anda harus selalu rajin untuk membersihkan kandang.

Ketika bibit sudah berumur 14 hari anda dapat mengurangi bahkan bisa anda lepaskan pemanas, karena bibit pada usia ini sudah kuat menahan suhu dingin. Jika di rasa bibit belum kuat pemanas bisa anda lepaskan ketika sudah usia 20 hari secara perlahan dengan suhu yang di turunkan.

6. Pemeliharaan Bebek Usia 15–20 Hari

Pada usia ini bebek dapat di berikan pakan gower yang dapat di campur dengan pakan alternatif pemberian pakan ini bisa di berikan 3 kali sehari, jangan lupa untuk mencampur pakan dengan sedikit air. Pakan gower merupakan jenis pakan pabrik yang di buat khusus untuk jenis bebek pedaging.

Anda harus selalu sediakan air minum jangan sampai kosong. Rajin untuk membersihkan kandang dari sisa pakan maupun kotoran yang menumpuk akan mencegah datangnya virus maupun penyakit. Anda perlu juga memberikan obat anti stress untuk mencegah bebek stress pada usia 20 hari.

7. Pemeliharaan Bebek Usia 21–30 Hari

Bebek sudah mulai bisa di pindahkan ke kandang yang lebih besar atau ke kandang postal maupun kandang ren. Dalam tahap pembuat kandang yang besar, maka anda harus memperhatikan beberapa hal. Perhatikan dari segi lokasi yang mudah terjangkau, mudah untuk transportasi, sanitasi air yang cukup untuk menjaga kesehatan bebek dan kandang yang memiliki luas yang ideal.

Usahakan kandang bebek tidak terkena sinar matahari langsung, karena akan menyebabkan suhu kandang menjadi panas. Kandang juga harus kokoh dan kuat agar bebek merasa nyaman tinggal di dalam kandang.

Baca Juga: Cara Budidaya Ternak Entok Pedaging

Jika pada usia 14 hari bebek belum di lepas dari pemanas, maka pada usia ini bebek harus di lepas dari pemanas. Pemeliharaan lainnya bisa di lakukan saat bebek berumur 15-20 hari. Pada usia ini biasanya kandang bebek mulai lembab atau kotor. Untuk mengatasi ini, maka anda bisa menambahkan sekam atau jerami sebagai tempat tidur bebek. Kandang yang bersih akan menjaga bebek sehingga pertumbuhan bebek  tetap sehat.

 8. Tahap Bebek Usia 31–36 Hari

Pemeliharaan bebek usia ini sama dengan pemeliharaan sebelumnya. Pada usia 31–36 hari bebek sudah mulai bisa dipanen. Langkah panen bebek sangatlah mudah yaitu dengan menyeleksi bebek berdasarkan indikator berat dan proses ini sangatlah penting, karena penyeleksian bisa mempermudah proses pemasaran.

Anda bisa langsung menjual bebek yang siap potong pada pengepul atau bisa anda pasarkan sendiri ke konsumen seperti lestoran dan ke penjual daging. Jika bebek sudah terjual semua, maka anda bisa mengosongkan kandang dan membersihkannya untuk proses ternak selanjutnya.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara atau tahapan dalam Budidaya Bebek Potong dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat untuk para pembaca.

Check Also

How do you start your own small-scale business (2)

How do you start your own small-scale business?

Hasilbumi.net – Name and logo creation are easy tasks. But what about the other crucial, yet …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *