Budidaya Kerang Mutiara Sukses dan Menguntungkan

  • Whatsapp
Budidaya Kerang Mutiara
tanipedia.co.id

Budidaya kerang mutiara di Indonesia kebanyakan dilakukan oleh badan usaha yang telah memiliki kecukupan pengetahuan tentang teknologi. Hal ini karena pembudidayaan kerang mutiara yang tidak benar bisa menyebabkan kerusakan atau ketidaksempurnaan dari kerang mutiara. Kerang mutiara merupakan salah satu moluska yang hidup di perairan dan merupakan hewan invertebrata. Hampir semua dari bagian tubuh kerang mutiara memiliki nilai jual, seperti mutiara nya, cangkang, daging, dan kerang itu sendiri. Berdasarkan tempat hidupnya, kerang mutiara kita dapat membagi kerang mutiara menjadi dua jenis, yaitu kerang mutiara air laut dan kerang mutiara air tawar. Saat ini harga kerang mutiara air laut cukup tinggi karena kualitas mutiara yang cukup tinggi.

Budidaya Kerang Mutiara
tanipedia.co.id

Perairan Indonesia memiliki banyak potensi untuk pembudidayaan kerang mutiara terutama di bagian wilayah timur seperti Papua, Maluku, dan Sulawesi. Perairan bagian timur Indonesia masih memiliki ekosistem yang asri dan cocok untuk kehidupan kerang mutiara. Ada beberapa jenis kerang mutiara yang ada di Indonesia yaitu Pinctada maxima, Pinctada Margaritifera, Pinctada Chimnitzii, Pinctada Fucata dan Pteria penguin. Dari spesies tersebut yang paling terkenal yaitu jenis Pinctada Maxima, Pinctada Marganifera, dan Pteria Pinguin.

Namun ada beberapa masalah yang masih menghambat produksi kerang mutiara di antaranya pembudidaya yang kurang mengetahui tipe karang yang cocok untuk budidaya kerang mutiara, jenis penyakit yang bisa menyerang kerang mutiara, dan teknik produksi berupa operasi kerang mutiara dalam penempatan inti. Teknik poduksi kerang mutiara ternyata telah berkembang di China sejak dua ribuan tahun yang lalu. Sistem produksi kerang mutiara di China mulai terkenal sejak tahun enam puluhan atau tujuh puluhan yang lalu.

Cara Budidaya Kerang Mutiara Air Laut

Budidaya kerang mutiara
makassar.sindonews.com

Mutiara tergolong sebagai batuan yang istimewa karena terbentuk oleh adanya proses geologi sehingga menghasilkan suatu permata yang bisa menjadi bahan perhiasan. Mutiara ini hanya bisa terbentuk dari beberapa jenis spesies kerang saja. Pada awalnya mutiara terbentuk oleh adanya iritasi yang ada di dalam tubuh kerang mutiara sendiri, kemudian muncul adanya jaringan lunak yang bersarang di cangkangnya.

Sebagai upaya mempertahankan diri, kerang mutiara lalu menghasilkan lapisan-lapisan yang berguna untuk menetralisir iritasi tersebut. Lapisan untuk menetralisir tersebut bernama nacre. Nacre awalnya berupa lapisan tipis yang lama kelamaan akan menciptakan sampul warna-warni yang kita kenal sekarang dengan nama mutiara.

Langkah-Langkah Budidaya Kerang Mutiara Air Laut

1. Pemilihan Induk yang Berkualitas

Budidaya Kerang Mutiara
pertanianku.com

Pemilihan indukan yang berkualitas merupakan syarat utama dalam memproduksi mutiara yang memiliki mutu dan kualitas tinggi. Indukan yang berasal dari alam maupun pembenihan harus tetap memiliki kualitas dan kondisi yang baik. Biasanya indukan kerang mutiara yang berasal dari alam akan mengalami proses aklimatisasi atau proses adaptasi kerang mutiara di tempat budidaya. Kerang mutiara merupakan hewan laut yang memiliki habitat di laut dalam sehingga memerlukan proses adaptasi saat berada di tempat yang baru.

2. Penanaman Indukan Kerang

Budidaya Kerang Miutiara
berita.pesisirselatankab.go.id

Dalam proses penanaman indukan kerang biasanya akan menggunakan kerang yang berasal dari dua spesies yang berbeda agar dapat menghasilkan mutiara dengan kualitas yang baik. Misalnya kerang Pigtoe Amerika dan Kerang Papua atau bisa juga dengan menggunakan kerang Missisipi dan kerang papan cuci.

 3. Reproduksi Kerang Mutiara

Ketika kedua kerang telah melakukan proses kawin maka kerang tersebut akan mengeluarkan lendir. Bayi-bayi kerang kemudian akan lahir di tempat penetasan. Setelah lahir, bayi-bayi kerang mutiara tidak bisa langsung dibudidayakan di perairan. Sebelum berusia 60 hari, bayi-bayi kerang mutiara masih berada di dalam tangki, kemudian setelah berumur 60 hari kemudian mulai melepaskannya ke perairan.

4. Proses Penambahan Nukleus

Budidaya Kerang Mutiara
originalmutiara.com

Setelah mencapai usia 3 tahun di air laut, kerang mutiara kemudian akan memasuki proses penambahan nukleus. Sebelum melakukan penambahan nukleus, kerang-kerang harus melewati tahap seleksi terlebih dahulu. Hanya kerang yang memiliki kualitas baik yang bisa melalui proses penambahan nukleus. Kerang yang sudah terseleksi dengan kualitas yang baik kemudian akan mengalami proses penyayatan.

Lakukan penyayatan pada tubuh kerang mutiara kemudian nukleus dan potongan mantel akan digunakan untuk melanjutkan penanaman nukleus. Hal ini bertujuan untuk memicu produksi narce yang akan menghasilkan narce.

5. Penyesuaian dengan Habitat Barunya

Kerang yang sudah melalui proses penyayatan kemudian akan mengalami proses penyesuaian di habitat aslinya yaitu di air laut. Lalu biarkan kerang tetap terapung dan tetap menggunakan ikat karet apung. Pada proses ini, pembudidaya harus benar-benar memperhatikan keadaan lingkungan tempat hidup kerang mutiara. Kerang akan dirangkai pada kerangka yang telah tersusun.

6. Proses Pembuatan Mutiara

Pada saat kerang mutiara telah berada di habitat aslinya, kerang mutiara akan membentuk lapisan mutiara dengan sendirinya. Keadaan suhu udara dan kebersihan air juga harus terus terpantau. Dalam sebulan sekali minimal melakukan pembersihan lumut dari kerang mutiara. Proses pembentukan mutiara tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan sampai bertahun-tahun. Awal mula terbentuknya mutiara yaitu ketika ada pasir atau benda padat yang masuk ke dalam tubuh kerang. Kerang mutiara kemudian akan merespon adanya benda asing yang masuk ke dalam tubuhnya dengan menghasilkan getah untuk membalut pasir atau benda asing yang melukainya dengan narce yaitu berupa lapisan pelindung. Seiring berjalannya waktu, lapisan narce ini terus terbentuk mutiara di dalam tubuh kerang mutiara.

7. Panen Mutiara

Waktu terbaik untuk panen mutiara yaitu saat mutiara telah terbentuk dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Mutiara yang semakin besar ukuran dan kualitasnya maka akan semakin mahal pula harga jualnya. Kondisi musim juga bisa mempengaruhi mutiara dari kerang mutiara. Biasanya pada musim dingin, mutiara akan tampak lebih bagus dan berkilau daripada saat musim panas.

8. Proses Pengambilan Kerang Mutiara

Pengambilan mutiara dari tubuh kerang yaitu dengan cara memotong daging kerang tersebut. Hal ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena dapat berpotensi merusak tubuh kerang mutiara dan menyebabkan kerang mutiara mati. Penting untuk menjaga kondisi kerang mutiara tetap baik, karena masih bisa menghasilkan mutiara yang memiliki kualitas tinggi.

Baca Juga : Kupas Tuntas Cara Budidaya Cacing Darah Menguntungkan

9. Pemasaran Kerang Mutiara

Budidaya Kerang Mutiara
releaseinsider.com

Peminat kerang mutiara memang sangat banyak di kalangan masyarakat. Terutama jika bisa menghasilkan kerang mutiara yang cantik dan memiliki kualitas tinggi. Jika mutiara yang dihasilkan dalam jumlah banyak, biasanya akan ada pelelangan yang secara langsung diproses oleh pemerintah daerah untuk mengurangi kecurangan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Potensi mutiara di Indonesia sangatlah besar, maka tidak jarang ada beberapa pihak yang menjual mutiara palsu dengan harga mahal untuk mencari keuntungan semata.

Cara membedakan mutiara asli dan palsu yaitu :

  1. Gesek mutiara pada permukaan kaca, mutiara yang asli akan meninggalkan bekas kapur namun tidak akan merusaknya.
  2. Teteskan cairan aseton ke permukaan mutiara, jika permukaannya bersih maka berarti mutiara tersebut asli.
  3. Bakar mutiara pada api lilin, jika mutiara leleh maka mutiara tersebut bisa dipastikan palsu. Karena mutiara yang asli tidak akan leleh jika terbakar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *