Breaking News

Cara Budidaya Lebah Madu Skala Rumah Tangga

Lebah madu bisa membantu kamu mendapatkan uang. Caranya adalah dengan budidaya lebah madu. Budidaya menjadi cara bagi mereka yang menghasilkan uang tanpa harus bekerja untuk orang lain.

Akan tetapi, memulai bisnis budidaya lebah madu menghasilkan uang tidak boleh sembarangan. Ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan dan persiapkan dengan matang. Jika asal-asalan, hasilnya mungkin jauh dari harapan dan tujuan.

Jenis-Jenis Lebah Madu

Nah, sebelum kamu merealisasikan keinginan untuk budidaya lebah madu hutan atau jenis lebah lainnya, pastikan kamu tahu betul jenis lebah madu apa yang cocok.

Apis Dorsata (Lebah Madu Raksasa)

Lebah madu ini berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Jadi, kamu bisa menemukannya dengan mudah di Indonesia, Filipina, Malaysia, India, dan Nepal.

Di Indonesia itu sendiri, apis dorsata memiliki nama yang berbeda di setiap daerah. Di Jawa, lebah ini disebut Tawon Gung dan di Sunda dikenal dengan nama Odeng. Kamu juga harus tahu kalau jenis lebih yang satu ini tersebar di seluruh hutan kecil di Papua.

Dengan kata lain, untuk budidaya lebah madu pemula, kamu bisa menemukan lebah ini dengan mudah, terutama di tiga daerah tersebut.

Apis Mellifera

Jika dibandingkan dengan lebah lainnya, lebah yang satu ini menjadi pilihan favorit di kalangan peternak lebah. Alasannya adalah produksi madu yang sangat tinggi, dimana bisa mencapai 35-40 kg per tahunnya.

Juga, lebah ini mampu beradaptasi dengan cepat dan memiliki sub jenis yang populer. Beberapa diantaranya adalah Apis mellifera mellifera, Apis mellifera ligustica, Apis mellifera carnica, dan Apis mellifera caucasica.

Lebah Madu Apis Florea

Kamu tahu tawon? Istilah ini sering kita gunakan saat melihat lebah dengan ciri-ciri tertentu. Nyata, tawon adalah nama lain dari lebah apis florea. Tawon termasuk ke dalam lebah madu liar jadi tidak dibudidayakan.

Meski kamu bisa menemukan madu ini di pasaran dengan nama madu klanceng. Sayangnya, produksi madu apis florea tergolong sedikit.

Apis Cerana

Kamu bisa memilih lebah jenis ini untuk budidaya. Biasanya, peternak membudidayakannya dengan menggunakan kotak khusus lebah. Hasil panen madu bisa 2 hingga 5 kg per tahun.

Selain hasil madu yang kurang produktif, lebah ini terbilang ganas. Jadi, akan terasa sulit untuk membudidayakannya.

Ketahui Cara Budidaya Lebah Madu

Cara budidaya yang tepat berperan penting dalam menunjang hasil panen madu.

Tahap Persiapan

Sebagai persiapan, kamu harus memiliki rumah lebah yang bisa dibuat dari kayu. Kandang lebah biasanya berbentuk kotak dan memiliki ruang untuk menyimpan sarang. Kamu bisa membuatnya dengan detail:

Siapkan papan kayu (akan lebih baik mahone atau suren) dengan tebal sekitar 3 cm

  1. Alat pengasap untuk menjinakan lebah madu
  2. Pakain pelindung agar tidak tersengah lebah
  3. Penyekat untuk memisahkan ratu lebah
  4. Sapu sikat dan tempat pakan dalam kandang
  5. Bingkai kayu sebagai tempat sarang madu
  6. Tanaman buang di sekitar rumah lebah yang akan menjadi sumber makanan

Pemilihan Bibit

Kamu harus memilih bibit yang tepat. Akan lebih baik untuk bertanya pada petani yang sudah pengalaman tentang bagaimana cara memilih bibit lebah madu yang baik.

Selain lebah ratu dan lebah jantan, kamu juga harus memilih lebah pekerja dan kemudian tempatkan di rumah kotak kayu yang sudah kamu buat.

Sebagai makanan pertama para lebah tersebut, oleskan royal jelly. Untuk merangsang pertumbuhan lebah, kamu bisa menyediakan air gula di sudut rumah lebah.

Pemeliharaan

Untuk urusan pemeliharaan, kamu tidak perlu perawatan khusus. Dengan sifat alami yang dimiliki, membuat lebah madu mudah untuk kamu budidayakan. Namun, pastikan kamu tidak lupa untuk membersihkan kandang agar tidak ada rayap dan untuk menghindari pelapukan.

Akan lebih baik untuk membersihkan lingkungan sekitar rumah lebah, misal memotong rumput liar. Tanaman bunga yang menjadi pasokan makanan lebah harus tumbuh dengan baik. Nektar bunga adalah makanan utama lebah supaya menghasilkan madu yang berkualitas.

Saat Panen

Proses panen selalu melengkapi cara budidaya lebah madu kelulut. Untuk bisa memanen sarang lebah madu, kamu harus melakukan pengasapan di area rumah lebah. Gunakan pakaian pelindung agar tubuh tidak tersengat lebah.

Saat pengasapan berlangsung, lebah akan menghindari rumah mereka. Saat itu pula, kamu bisa mengambil sarang lebah satu per satu.

Kamu bisa memasak telur lebah yang ditemukan sarang lebah karena tingginya kandungan gizi di dalamnya. Sarang lebah dibentuk oleh koloni lebah untuk menyimpan, telur, madu, dan nektar bunga.

Siklus Kehidupan Lebah Madu

Lebah madu tumbuh dengan metamorfosis dengan 4 tahap

Fase Telur

Kamu bisa melihat fase ini saat sang ratu bertelur di sarang dan disiapkan oleh koloni lebah. Ada 3 kasta lebah yaitu ratu, jantan, dan lebah pekerja. Bahkan, kasta ini sudah bisa terlihat dari sejak masih telur.

Telur dengan kasta yang berbeda harus kamu letakan pada sarang yang berbeda karena mereka mengalami pertumbuhan yang berbeda. Umumnya, telur lebah pekerja memiliki sel sarang yang lebih besar dibandingkan dengan sel sarang milik kasta lain.

Sekitar 3 hari setelah peletakan telur pada sarang, telur akan menetas mengeluarkan larva. Proses ini cukup cepat, tidak seperti hewan-hewan lain yang juga bermetamorfosis.

Fase Larva

Lebah pekerja akan membawa banyak makanan ke dalam sarang setelah larva menetas dari telur lebah. Larva tumbuh dengan cepat sehingga berubah menjadi pupa setelah 5 kali berganti kulit. Sekadar informasi, larva bisa makan hingga 1.300 setiap harinya.

Fase Pupa

Pada fase pupa, lebah pekerja menutup rumah mereka dengan lilin lebah dan berlangsung kurang lebih 12 hari. Dalam kurun waktu tersebut, calon lebah mengalamai pembentukan dan penyempurnaan organ tubuh termasuk sayap dan sengat. Sementara untuk mata, dari merah berubah menjadi ungun dan pada akhirnya hitam.

Di hari ke 12, pupa telah sempurna akan memakan lilih lebah yang digunakan sebagai segel sarang oleh lebah pekerja. Kemudian, pupa akan keluar dan menjadi lebah dewasa atau imago.

Fase Imago

Setelah bisa keluar dari sarang, lebah dewasa akan hidup dengan tugas masing-masing. Lebah ratu akan bereproduksi, sementara lebah jantan akan melindungi sarang. Tugas dari lebah pekerja adalah mencari makan dan membuat sarang. Peran dari setiap kasta lebah madu sangat penting guna membangun koloni yang baru. Koloni ini yang kemudian akan menjadi penghasil madu.

Produk yang Dihasilkan Oleh Lebah Madu

Dengan berbagai hasil produksi lebah madu, kamu bisa menambah pundi-pundi uang setelah menjualnya.

Madu

Madu merupakan hasil produksi utama dari lebah madu. Ini juga menjadi alasan mengapa kamu membudidayakan lebah madu, bukan? Madu adalah cairan manis dari nektar bunga yang dikumpulkan oleh lebah pekerja.

Lebah membuat madu sebagai cadangan makanan. Seperti yang kita tahu, ada begitu banyak manfaat madu untuk manusia. Selain memiliki energi yang tinggi, madu juga kaya nutrisi.

Royal Jelly

Selain madu, lebah madu juga menghasilkan royal jelly yang berbentuk cairan kental. Larva lebah menggunakan royal jelly sebagai sumber makanan merek.

Produk hasil lebah madu yang satu ini biasanya digunakan sebagai suplemen penambah stamina dan vitalitas tubuh. Untuk hasil panen yang cukup besar, kamu bisa menjualnya dengan harga pasaran yang ada. Atau kamu juga bisa menyimpannya untuk konsumsi di rumah.

Lilin Lebah

Aktivitas lebah di sarang menghasilkan lilin lebah. Pada umumnya, industri kosmetik dan farmasi menggunakan lilin lebah sebagai bahan dasar kosmetik dan obat. Ini membuktikan bahwa budidaya lebah memberikan kamu banyak peluang untuk mendapatkan uang.

Propolis

Tidak asing dengan istilah “propolis”? Propolis adalah produk lain yang dihasilkan oleh lebah. Bentuknya adalah seperti lem. Para lebah menghasilkan propolis agar mereka bisa menutup kerusakan pada sarang. Dengan kandungan zat antibiotik, propolis bisa dikonsumsi sebagai obat.

Setelah mengetahui cara budidaya lebah madu dan dari mana saja sumber uang yang akan kamu dapatkan, apakah kamu akan segera memulai bisnis ini? Karena setiap langkah budidaya memiliki peran penting, pastikan kamu memperhatikan dan melakukannya dengan baik.

Check Also

Jenis Penyakit Mulut Pada Kucing

8 Jenis Penyakit Mulut Pada Kucing, Yang Perlu Dikatahui Para Pecinta Kucing

Selamat Datang di Web Hasilbumi.net, tempat beraneka ragam berbagai budidaya yang hendak disuguhkan dalam website ini dengan cara rinci serta perinci. Dibawah ini admin bakal mangulas modul mengenai Penyakit Mulut , berikut penjelasannya: Kucing merupakan salah satu dari banyak fauna lucu yang hendak Kamu temui di area. Inilah kenapa banyak orang amat bergairah, sebab binatang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *