Cara Jitu Budidaya Pepaya Bangkok dengan Hasil Memuaskan

  • Whatsapp
Budidaya Pepaya Bangkok
kampustani.com

Budidaya Pepaya Bangkok memang memiliki peluang dan prospek baik untuk pengembangan budidaya tanaman Pepaya Bangkok. Saat ini permintaan pasar akan Pepaya Bangkok terus meningkat dari waktu ke waktu. Budidaya Pepaya Bangkok dengan hasil yang maksimal harus diimbangi dengan cara budidaya Pepaya Bangkok yang tepat agar menghasilkan hasil yang maksimal. Dengan berkembangnya kesadaran hidup sehat di kalangan masyarakat, membuat permintaan pasar akan Pepaya Bangkok pun ikut naik. Pepaya merupakan salah satu komoditas yang memiliki kandungan gizi dan vitamin yang cukup tinggi. Pepaya mengandung banyak provitamin A dan C, mineral kalsium, serat, dan beberapa enzim yang berguna untuk kesehatan tubuh kita.

Budidaya Pepaya Bangkok
kampustani.com

Salah satu bidang agribisnis yang memiliki prospek yang cukup baik saat ini yaitu tanaman pepaya. Pepaya juga merupakann salah satu komoditas buah tropika utama yang memiliki peluang pasar besar karena saat ini pepaya terutama jenis Pepaya Bangkok karena jumlah supply yang saat ini masih kurang. Pepaya Bangkok atau yang kita kenal sebagai Pepaya Thailand yang memiliki karakteristik kulit luar yang kasar dan tidak merata dan bertekstur benjol-benjol. Memiliki berat yang lebih kurang dari 3,5 kilogram. Daging buahnya berwarna jingga dan bersemu merah dengan buah yang keras.

Budidaya Pepaya Bangkok di lahan kosong memang sangat menguntungkan pasalnya bisa mencapai usia tanam hingga satu tahun. Selain itu,  bisa melakukan panen setiap 10 hari sekali. Tanaman Pepaya Bangkok ini terbilang cepat dalam berbuah. Salah satu pemanfaatan lahan kosong yang tak terpakai yaitu dengan memanfaatkannya menjadi lahan tanam Pepaya Bangkok. Harga jual Pepaya Bangkok di pasaran saat ini cukup tinggi, pemasarannya juga menyebar ke pasar tradisional hingga supermarket modern. Jenis tanaman pepaya memang cukup banyak, Pepaya Bangkok ini biasa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kosmetik.

Memulai Budidaya Tanaman Pepaya Bangkok

Budidaya Pepaya Bangkok
tanipedia.co.id

Tanaman Pepaya Bangkok biasanya tumbuh di area dataran rendah dan dataran tinggi sehingga tanaman ini cukup cocok untuk dibudidayakan di wilayah Indonesia. Pepaya Bangkok biasanya dapat tumbuh pada ketinggian antara 700 hingga 1000 Mdpl dengan keadaan curah hujan mencapai 1000 hingga 2000 mm/ tahun. Dengan keadaan suhu antara 22 hingga 26 derajat celcius dan kelembaban udara mencapai 40 persen. Keadaan angin dan hembusan udara juga sangat penting untuk mmebantu penyerbukan agar bisa berjalan dengan baik. Tanaman Pepaya Bangkok lebih menyukai keadaan tanah yang subur, gembur yang banyak mengandung humus agar tanaman Pepaya Bangkok bisa lebih tumbuh subur, dan bisa menahan banyak air.

Budidaya Tanaman Pepaya Bangkok

Pembibitan Tanaman Pepaya Bangkok

Bibit yang terpakai biasanya berasal dari toko-toko yang menjual bibit pertanian ataupun dengan menggunakan bibit tanaman Pepaya Bangkok dari tanamannya langsung. Untuk menghemat pengeluaran, kita bisa membuat bibit sendiri dengan memanfaatkan Pepaya Bangkok yang sudah matang dan kemudian mengeluarkan isinya untuk mengambil bijinya. Cuci bersih biji pepaya dan pisahkan dari kulit luarnya. Biji yang telah bersih kemudian akan dijemur hingga kering di bawah tempat yang teduh. Biji pepaya bisa kita ambil dengan biji harus segar. Hindari mengambil buah Pepaya Bangkok yang sudah matang atau berumur tua.

Rata-rata benih untuk lahan tiap hektarnya adalah 60 gram dan bisa menghasilkan 2000 tanaman. Benih yang telah tersedia kemudian direndam terlebih dahulu di larutan POC NASA 2cc per liter selama satu hingga dua jam kemudian tiriskan. kemudian bibit sudah siap untuk kita tanam dalam media tanam.

Proses Penyemaian Bibit Tanaman Pepaya Bangkok

Budidaya Pepaya Bangkok
bibitbunga.com

Setelah bibit sudah siap, kemudian semailah pada media yang telah disiapkan dengan kedalaman 1 cm dan tutup kembali. Tanamlah bibit Pepaya Bangkok dengan rapi dan membuat barisan yang berjarak 5 hingga 10 cm. Perawatan bibit yang sudah tersemai berupa penyiraman dan penyemprotan secara rutin. Siram bibit secara rutin dan lakukan semprotan pupuk POC NASA setiap seminggu sekali dengan dosis tertentu sesuai jumlah tanaman. Benih tanaman Pepaya Bangkok biasanya akan berkecambah ketika sudah berusia 12 hingga 15 hari. Ketika umur bibit sudah mencapai 45 hingga 60 hari bibit sudah bisa dipindahkan ke lahan tanam.

Mengolah Media Tanam

Menyiapkan Media Tanam

Gunakan lahan kosong sebagai tempat pembudidayaan Pepaya Bangkok. Pertama-tama bersihkan lahan kosong terlebih dahulu dari keberadaan rumput, semak-semak, dan kotoran lain yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman Pepaya Bangkok. Kemudian gemburkan tekstur tanah dengan cara mencangkulnya ataupun membajak lahan tanam.

Membuat Bendengan

Setelah menyiapkan lahan tanam, kemudian membentuk lahan kosong menjadi bedengan dengan ukuran lebar 2 hingga 2,5 meter dengan tinggi 20 hingga 30 cm. Pemberian jarak antara bedengan yaitu sejauh 60 cm. Lubang bedengan bisa dibuat dengan ukuran 50 x 50 x 40 cm dengan jarak tanam untuk bibit yaitu 2 x 2,5 meter.

Pemupukan Tanaman

Apabila tanah masih memiliki pH kurang dari 5, maka tambahkan dolomit kurang lebih 1 kg kemudian biarkan selama satu hingga dua minggu. Media tanam harus melalui proses pengeringan terlebih dahulu selama satu minggu kemudian berikan pupuk kandang yang telah matang atau SUPERNASA.

Pemeliharaan Tanaman

1. Penyulaman tanaman

Penyulaman terjadi ketika tanaman sudah mulai berbunga dan bertujuan untuk mendapatkan pohon betina pada beberapa pohon jantan.

2. Penyiangan

Lakukan penyiangan dengan menyesuaikan dengan kondisi tanaman. Penyiangan tidak harus selalu secara berjangka waktu tertentu. Namun sesuaikan saja dengan keadaan tanaman.

3. Pemupukan

Pemberian pupuk organik pada tanaman Pepaya Bangkok memang sangat dianjurkan karena memiliki manfaat yang cukup banyak. Keuntungan menggunakan pupuk organik yaitu dapat memberikan banyak zat makanan pada tumbuhan sehingga mampu menjaga kondisi tanah agar tetap lembab dan membuat tanaman tumbuh lebih subur.

4. Pendangiran pada Tumbuhan Pepaya Bangkok

Kegiatan pendangiran dilakukan dengan waktu yang fleksibel karena tergantung pada kondisi tanaman yang tumbuh pada kebun. Pendangiran pada tanaman Pepaya Bangkok sama seperti pendangiran pada tanaman lain pada umumnya.

5. Irigasi dan Penyiraman

Pembuatan parit pada lahan penanaman Pepaya Bangkok memang cukuplah penting. Tanaman Pepaya Bangkok merupakan salah satu tanaman yang memerlukan banyak asupan air. Namun tanaman ini sangat tidak tahan dengan genangan air, karena dapat berakibat pada busuknya bagian akar tanaman Pepaya Bangkok.

Proses Pencegahan Hama dan Penyakit

Hama yang paling sering menyerang tanaman Pepaya Bangkok yaitu kutu tanaman. Hal yang untuk mencegahnya yaitu dengan menyemprotkan Natural BVR atau Pestona secara rutin. Perawatan pembersihan rutin lainnya juga dengan menjaga sistem drainase dan kebersihan. Hindari penggunaan lahan bekas menanam tanaman pepaya sebelumnya karena beresiko tanaman pepaya baru yang terserang Nematoda dan menyebabkan tanaman pepaya rusak.

Baca Juga : Jurus Jitu Sukses Ternak Burung Perkutut yang Wajib Kamu Tahu

Proses Pemanenan

Proses pemanenan tanaman Pepaya Bangkok sudah bisa terjadi ketika tanaman sudah berusia 9 hingga 12 bulan dan keadaan kulitnya sudah menguning. Pemanenan biasa menggunakan alat bantu berupa sengget yang terbuat dari bambu panjang yang bisa membantu dalam memetik buah Pepaya Bangkok agar tidak jatuh ke bawah dan mengalami kerusakan. Proses pemanenan biasanya terjadi dalam periode 10 hari sekali.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *