Breaking News

5 Cara Budidaya Tanaman Buncis di Polybag Lengkap

Salah satu jenis sayuran hijau yang banyak sekali peminatnya adalah buncis. Anda bisa menemukan sayuran ini pada berbagai hidangan masakan. Tidak selalu membelinya, ternyata Anda juga bisa melakukan budidaya tanaman buncis sendiri lho. Bahkan Anda bisa memanfaatkan polybag sebagai tempat penanamannya. Lalu, seperti apa langkah budidaya buncis di polybag? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

5 Cara Budidaya Tanaman Buncis di Polybag

budidaya tanaman buncis
(sumber gambar: faunadanflora.com)

Inilah cara lengkap budidaya buncis yang bisa Anda ikuti:

1. Persiapan Budidaya

Langkah pertama untuk menanam buncis adalah mempersiapkan bibit buncis. Pilihlah bibit yang memang berkualitas bagus dan tidak terdapat penyakit di dalamnya. Untuk mendapatkan bibit buncis, Anda bisa membelinya secara langsung di toko pertanian jika Anda memang tidak ingin repot.

Akan tetapi, Anda juga bisa memperoleh bibit sendiri dengan cara yang mudah. Pilih buah buncis yang tua dan memiliki kondisi fisik yang sehat dan tidak berpenyakit. Setelah itu silahkan jemur buncis tersebut selama kurang lebih 3 hari. Jika sudah, silahkan semaikan buncis yang sudah Anda jemur sebelumnya.

Selain bibit, Anda juga harus mempersiapkan polybag sebagai tempat penanaman. Ukuran terbaik untuk penanaman buncis adalah polybag berdiameter 25 cm dan memiliki tinggi sekitar 30 cm. Dengan ukuran ini, pertumbuhan buncis bisa menjadi lebih optimal. Tidak hanya polybag, Anda juga bisa memanfaatkan ember bekas maupun wadah lainnya.

2. Mempersiapkan Media Tanam

Setelah bibit siap, langkah budidaya tanaman buncis selanjutnya adalah mempersiapkan media tanam. Media yang nantinya akan Anda gunakan untuk penanaman adalah tanah yang dicampur dengan pupuk kompos. Perbandingan campurannya adalah 1 untuk tanah : 1 untuk pupuk kompos.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan furadan sebanyak 4 sampai 5 sendok makan. Tujuannya agar media tanam buncis menjadi jauh lebih optimal. Setelah itu silahkan aduk menggunakan sekop atau cetok sampai semua bahan benar-benar tercampur dengan rata. Jika sudah masukkan campuran media tanam ke dalam polybag dan siram sedikit menggunakan air.

3. Proses Penanaman

Setelah media tanam siap, maka selanjutnya adalah menanam tanaman buncis. Sebaiknya, setelah media siap segera lakukan penanaman agar tanah tidak kering dan menjadi tidak optimal untuk penanaman. Letakkan 3 sampai 4 bibit buncis di dalam 1 polybag dengan kedalaman sekitar 3 cm. Setelah itu tutup kembali bibit tersebut dengan sedikit tanah. Proses penanamanpun sudah selesai.

4. Merawat Tanaman Buncis

Kunci keberhasilan budidaya tanaman buncis adalah pada kualitas bibit dan perawatannya. Ada beberapa perawatan yang harus Anda perhatikan, seperti:

a. Penyiraman Tanaman

Agar tanaman buncis tumbuh optimal, maka lakukan penyiraman setiap hari secara berkala. Anda bisa menyiram tanaman sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari pada awal waktu penanaman. Akan tetapi, jika buncis sudahh tumbuh, maka lanjutkan penyiraman sebanyak 1 kali sehari saja.

b. Pemberian Pupuk

Selain penyiraman yang rutin, Anda juga harus memberikan pupuk untuk tanaman buncis terutama ketika umurnya sudah mencapai 2 minggu. Gunakan pupuk NPK dengan takaran sebanyak 2 sendok makan. Selain NPK, Anda juga bisa memberikan pupuk jenis bokashi untuk buncis. Takaran pupuk bokashi adalah 3 sendok makan untuk setiap tanaman.

Setelah beberapa waktu penanaman, maka buncis akan mengeluarkan buah dan juga bunga. Jika sudah begini, pemupukan yang Anda berikan bisa dalam kurun waktu 1 minggu sekali saja. Untuk pemberian pupuk silahkan tebarkan pada bagian permukaan tanah tanaman secara merata dengan bentuk melingkar. Setelah itu tutupi sedikit bagian tanah dengan menggunakan tanah dan lanjutkan dengan menyiramnya dengan sedikit air sampai basah merata.

c. Penyiangan atau Pembersihan Gulma

Tidak hanya pemupukan, Anda juga harus menjaga buncis dari kemungkinan adanya gulma tanaman yang bisa mengganggu pertumbuhannya. Anda harus melakukan pembersihan gulma atau penyiangan setiap 2 minggu sekali atau sesuai dengan frekuensi tumbuhnya gulma.

Gulma dan tanaman liar bisa mengganggu penyerapan nutrisi untuk buncis. Jika Anda membiarkannya, maka pertumbuhan buncis menjadi tidak optimal. Untuk itu bersihkan gulma secara berkala dengan mencabutnya secara perlahan. Anda juga bisa memberikan tajuk, tali kawat, atau bambu panjang pada tanaman buncis sebagai tempatnya merambat.

d. Pengendalian Hama dan Penyakit

Meski budidaya tanaman buncis di polybag memiliki skala yang lebih kecil daripada lahan luas, namun buncis juga tetap memiliki resiko terkena penyakit maupun hama. Hama yang seringkali menyerang buncis adalah jenis kumbang yang bisa memotong daun buncis. Akibat hama ini, daun buncis menjadi rusak, kering, dan membuatnya gagal untuk berbunga.

Cara untuk memberantas kumbang ini adalah dengan menggunakan cairan biopestisida atau dengan mengambilnya langsung menggunakan tangan. Sementara itu, penyakit yang bisa menyerang buncis adalah mosaik daun, penyakit sapi, hingga embun tepung. Jika sudah terkena penyakit, maka segera beri obat pada buncis dengan membelinya di toko pertanian.

5. Panen

Langkah paling akhir dari budidaya tanaman buncis di polybag adalah panen. Umumnya Anda bisa mulai memanen buncis ketika usianya sudah 45 hari sejak masa tanam berjalan. Akan tetapi usia panen ini juga bisa berbeda tergantung pada varietas dan juga perawatan tanaman buncis.

Ada beberapa ciri yang bisa Anda amati pada fisik buncis ketika ia sudah siap untuk panen. Pertama, ukuran buah buncis sudah maksimal dan memiliki kepadatan yang mantap. Terakhir, ada perubahan warna jika Anda bandingkan dengan buncis muda. Anda bisa memotongnya menggunakan gunting sembari memegang buncis supaya buahnya tidak tidak jatuh ke tanah. Setelah panen Anda bisa memanfaatkan buncis menjadi berbagai olahan masakan untuk keluarga atau menjualnya.

Baca Juga: Cara Menanam Biji Pepaya dalam Pot, Mudah dan Cepat Berbuah

Kelebihan Menanam Buncis di Polybag

budidaya tanaman buncis
(sumber gambar: 99.co)

Meski buncis memang bisa Anda tanam di lahan yang luas, namun penanaman di polybag layak untuk Anda coba. Beberapa kelebihan budidaya tanaman buncis di polybag adalah:

1. Harga Polybag yang Murah

Jika Anda tidak memiliki lahan tanam yang luas, maka polybag adalah alternatif yang tepat. Sebab, harga polybag terbilang terjangkau bahkan lebih murah daripada pot bunga biasa. Dengan begitu, Anda bisa membeli polybag dalam jumlah yang banyak untuk menanam buncis di rumah.

2. Tidak Perlu Mengolah Tanah

Kelebihan lain dari penggunaan polybag adalah Anda tidak perlu mengolah tanah. Pasalnya, jika menggunakan polybag, Anda hanya perlu untuk mencampurkan tanah, kompos, dan pupuk saja dengan perbandingan 1:1:1. Setelah itu media tanam sudah siap untuk Anda gunakan.

3. Cara Penanaman yang Mudah

Menanam buncis di polybag juga bisa memberikan Anda fleksibilitas dan kemudahan untuk menanamnya. Sebab, Anda tidak perlu melakukan langkah-langkah yang rumit seperti ketika menanam buncis di lahan tanam yang luas. Kunci dari keberhasilan menanam di polybag adalah perawatan dan juga campuran media tanahnya. Jika Anda bisa menjaga dan memaksimalkan kedua hal tersebut, maka menanam buncis bukan lagi perkara yang rumit.

Tidak hanya mudah untuk Anda tanam, buncis di polybag juga sangat mudah untuk Anda pindahkan ke berbagai tempat. Misalnya Anda ingin memindahkan buncis dari halaman belakang menuju halaman depan yang lebih banyak dan leluasa mendapatkan sinar matahari, maka Anda hanya perlu untuk mengangkat polybag tersebut dan memindahkannya.

4. Kualitas Tanaman Lebih Terkontrol

Berbeda ketika menanamanya di lahan, penanaman di polybag akan membuat kualitas tanaman mejadi lebih baik dan terkontrol. Sebab, nutrisi berupa pupuk bisa Anda maksimalkan dengan baik untuk pertumbuhan tanaman. Pemberian air juga bisa menjadi lebih cepat penyerapannya daripada di lahan biasa. Tentu dengan kombinasi ini buncis bisa menjadi lebih kuat dan lebih subur.

5. Bisa Menjadi Hobi yang Menghasilkan

Siapa yang menyangka jika menanam buncis di polybag juga bisa menjadi kegiatan yang menghasilkan? Tidak selalu tentang keuntungan yang besar, buncis yang Anda panen nantinya bisa Anda konsumsi sendiri sebagai hidangan untuk keluarga. Tentu dengan pasokan ini Anda bisa menghemat kebutuhan untuk berbelanja.

Nah sobat agribisnis, itulah berbagai langkah budidaya tanaman buncis yang bisa Anda lakukan di polybag sekaligus berbagai keunggulan menanam buncis di polybag. Bagaimana, sangat mudah bukan? Jangan lupa untuk memilih bibit yang berkualitas agar buncis yang Anda tanam bisa tumbuh dengan maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba budidaya buncis yang mudah dan murah meriah ini ya!

Check Also

kucing muntah kuning

Waspadai Kucing Muntah Kuning: Penyebab dan Cara Penanganan

Memiliki kucing kesayangan yang sehat tentu menjadi impian siapa saja. Akan tetapi, pasti ada kalanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published.