Breaking News

Cara Budidaya Ternak Entok Pedaging

Berbagai jenis budidaya begitu menggiurkan terlebih dengan hasil yang akan kamu dapatkan. Hal ini juga mungkin membuatmu dilema sehingga tidak tahu budidaya apa yang cocok. Jika kamu sudah tahu betapa tingginya harga entok di pasaran, kamu bisa mencoba budidaya ternak entok.

Entok atau itik manila adalah sejenis burung atau unggas yang termasuk dalam keluarga bebek yang bisa dipelihara untuk diambil telur dan dagingnya. Berbeda dari bebek, entok memiliki postur yang lebih gemuk dan pendek. Kamu juga bisa melihat perbedaan pada warna bulu entok dan bebek. Jadi, jangan salah pilih ya!

Budidaya Ternak Entok Pedaging

Meskipun pada dasarnya budidaya hewan yang satu ini tidak sepopuler ayam atau bebek, kamu tetap bisa memilihnya sebagai peluang bisnis yang bagus. Ada beberapa keunggulan dari entok sehingga kamu tidak akan lagi ragu untuk beternak entok, terutama entok pedaging.

  • Entok tidak mudah terserang penyakit dan tahan terhadap perubahan suhu serta cuaca yang ekstrim
  • Karena masih sedikitnya peternak entok, harganya pun cukup tinggi
  • Cepat tumbuh besar karena entok dinilai rakus dalam hal makanan

Cara Memulai Budidaya Entok Pedaging

Untuk memulai ternak atau budidaya entok, maka kamu harus tahu contoh budidaya ternak entok.

Persiapan Kandang

Tahukah kamu kalau entok sangat suka bermain air? Karena hal ini, kamu harus menyediakan tempat berendam, jadi pilih lokasi kandang yang dekat dengan air. Atau kamu juga bisa membuat kubangan.

Kandang harus kamu lengkapi dengan tempat makan dengan ketinggian kandang yang cukup. Biasanya terbuat dari jaring dengan perpaduan bambu. Dengan kandang yang tinggi, entok tidak akan mudah lari atau terbang dari kandang mereka.

Untuk anak entok, pilihan kandang yang tepat adalah kandang battery. Jangan lupa juga untuk menyediakan tempat mengeram di dalam kandang.

Pemilihan Induk

Karena kualitas telur dan daging entok dipengaruhi oleh bibit entok itu sendiri, maka hati-hati dalam memilihnya. Pertama, tanya diri kamu sendiri apakah kamu hendak memilih budidaya entok modern atau tradisional.

Pakan untuk Entok

Persiapan pakan entok tidak kalah penting dari persiapan lainnya. Sebagai pemula dalam budidaya entok, kamu tentu harus tahu hal ini. Setiap tahapan perkembangan membutuhkan pakan yang berbeda.

Anak Entok Berusia 1-14 Hari

Anak entok dalam fase ini umumnya membutuhkan nutrisi dalam bentuk protein, posfor, kalsium, vitamin, dan energi. Kamu bisa memberikan konsentrat starter atau pelet agar tumbuh kembang entok maksimal.

Pakan untuk Anak Entok Berusia 15-35 Hari

Seiring dengan bertambahnya usia, paka entok juga meningkat. Mereka akan lebih membutuhkan energi agar bobot tubuhnya meningkat. Kamu bisa menggunakan campuran konsentrat dengan dedak halus atau bekatul, ampas tahu, bisi jagung, atau umbi-umbian.

Untuk Anak Entok Berusia 36-60 Hari

Anak entok mungkin membutuhkan lebih mineral dan vitamin di rentang usia ini. Sebagai peternak, kamu harus jeli akan hal ini, jadi berikan pakan yang bisa kamu campur dengan eceng gondok, ampas tahu, keong, bekatul, atau ikan rucah.

Perawatan Entok

Saat entok menginjak usia 1 bulan, kamu bisa melepas mereka untuk bermain di sekitar kandang dan kolam air. Meskipun pada usia ini entok cukup kuat, mereka masih rentan terkena perut kembung dan masalah pencernaan yang diakibatkan oleh udara dingin.

Sebelum malam tiba, kamu sudah harus memberi mereka maka. Jika suhu udara lebih dingin dari biasanya dan angin bertiup kencang, kamu bisa menutup dinding kandang entok dengan terpal. Dengan demikian, kehangatan di dalam kandang tetap terjaga.

Pertumbuhan dan Masa Panen

Bobot entok yang berusia 2,5 bulan bisa mencapai 2,5 kg. Tubuh mereka dipenuhi bulu berwarna putih serta bulu ekor yang telah memanjang. Bulu-bulu di bagian sayap juga akan mulai tumbuh.

Kamu bisa panen saat entok berusia 5 bulan tetapi tergantung kebutuhan dan tujuan budidaya. Jika hendak mempersiapkan indukan, kamu bisa menunggunya hingga beberapa minggu kemudian. Agar keuntungan budidaya entok itu maksimal, tentukan tujuan pemeliharaannya, apakah kamu ingin beternak entok petelur, pedaging, atau indukan.

Vaksinasi untuk Entok

Selain pakan yang tepat, entok juga membutuhkan vaksinasi agar tetap tumbuh dengan sehat. Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap perkembangan mereka. Vaksinasi berarti upaya pencegahan penyakit sehingga entok akan lebih kebal terhadap serangan penyakit.

Seperti yang sudah dikatakan bahwa entok memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Akan tetapi kamu harus tetap berjaga-jaga karena kamu tidak pernah tahu penyakit apa yang bisa menyerang hewan ternak kamu ini.

Menjaga Kebersihan Kandang dan Area Sekitar

Melakukan vaksinasi entok adalah langkah yang tepat untuk mencegah berbagai penyakit menyerang entok, namun, itu saja tidak cukup. Kamu harus memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar kandang. Kandan kotor bisa mengundang berbagai penyakit yang bukan tidak mungkin bisa menyerang entok yang kamu ternak kapan saja.

Melakukan Pengendalian Penyakit

Dalam tahap ini, kamu bisa melakukan pengecekan entok. Jika ada entok yang sakit, maka kamu harus segera memisahkannya dari entok yang lain. Juga, entok harus mendapatkan perawatan yang tepat agar segera sembuh.

Peluang dan Analisis Usaha Budidaya Entok Pedaging

Jika peluang usaha budidaya entok pedaging sangat menggiurkan, kamu harus selalu jeli dalam melihat peluang dan analisa usahanya.

Memulai Budidaya Entok Pedaging

Dengan masih minimnya peternak entok, kamu memiliki peluang yang lebih untuk bisa meraih sukses dalam budidaya entok pedaging. Bisnis ini bisa kamu mulai kapan saja bahkan dengan modal yang kecil di lahan yang tidak begitu besar dan luas.

Pelaku Bisnis Budidaya Entok Pedaging

Semua orang bisa membudidayakan entok jika punya keinginan yang kuat. Kamu juga bisa terlebih jika memiliki tujuan bisnis. Budidaya entok pedaging juga terbilang cukup mudah untuk dilakukan oleh pemula.

Konsumen Entok Pedaging

Harga entok cukup tinggi dan ini membuat kami semakin yakin untuk memulai budidaya entok pedaging. Untuk pasar dan konsumen, kamu bisa menemukan konsumen untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga atau pemilik usaha kuliner.

Pemasaran

Dengan beragam konsumen entok pedaging, pemasaran hewan yang satu ini tidak begitu sulit. Kamu bisa menggunakan cara pemasaran konvensional maupun modern (digital) dengan target pembeli ibu rumah tangga, rumah makan, penjual daging entok di pasaran, restoran, atau hotel.

Karena internet tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, terutama untuk urusan bisnis atau usaha, kamu bisa juga memasarkan hasil panen entok secara online. Manfaatkan sosial media, iklan digital, dan website agar usaha kamu semakin dikenal banyak orang.

Setelah tahu cara budidaya entok, kamu bisa menentukan berapa banyak modal yang harus dipersiapkan. Tidak perlu terlalu ambisius, terlebih kamu adalah pemain baru di industri. Mulailah bisnis ternak entok pedaging dari skala kecil dengan memanfaatkan lahan yang sudah ada.

Akan lebih baik jika lahan peternakan tidak dekat dengan pemukiman penduduk dan lokasi rawan predator. Untuk memperhatikan pertumbuhan entok, jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan yang tepat termasuk pemberian vaksin dan pencegahan penyakit.

Check Also

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

Hasilbumi.net – La mayoría de los artrópodos tienen antenas, que son órganos sensoriales móviles ubicados …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *