Breaking News

Deretan Burung Termahal di Dunia yang Bernilai Fantastis!

Burung adalah salah satu pilihan hewan peliharaan yang unik dan memiliki keindahan tersendiri. Tidak hanya dari bulunya, namun suara burung juga menjadi daya tarik yang sangat memikat. Tidak heran jika banyak orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk memiliki burung impian mereka. Termasuk beberapa burung termahal di dunia berikut ini yang memiliki nilai sangat fantastis. Apa saja? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

6 Burung Termahal di Dunia

burung termahal di dunia
(sumber gambar: pinhome.id)

Tidak mengherankan jika banyak orang berkata bahwa beberapa burung berikut ini hanya bisa dibeli oleh sultan saja karena harganya yang sangat mahal. Inilah beberapa burung tersebut:

1. American Goldfinch (Carduelis tristis)  (10 Jutaan)

Daftar pertama adalah American Goldfinch yang merupakan salah satu jenis burung kicau. Burung ini memiliki habitat asli di Amerika dan memiliki ukuran tubuh yang kecil. Panjangnya hanya sekitar 11-14 cm dan beratnya hanya 11-20 gram saja.

Selain terkenal karena kicauannya, keunikan burung ini juga terletak pada warna corak bulunya yang kuning cerah dan memiliki variasi hitam pada bagian kepala dan sayapnya. Keindahan inilah yang membuat banyak pecinta burung berlomba-lomba untuk mencari burung ini. Meski begitu harganya mencapai 10,7 juta untuk 1 ekor American Goldfinch lho! 

2. Northern Cardinal (11 Jutaan)

Daftar burung termahal di dunia selanjutnya adalah burung Kardinal Merah atau Northern Cardinal. Burung ini memiliki ciri khusus yaitu warna tubuhnya yang merah menyala dan memiliki bagian jambul tinggi. Tubuhnya hanya memiliki panjang sekitar 12 cm dan memiliki bobot 85 gram saja, menjadikannya termasuk mungil dan kecil.

Kicauannya yang bagus dan merdu serta warna bulunya yang eksotis membuat banyak pecinta burung sangat mengidolakan burung Kardinal Merah ini. Jika ingin memilikinya, Anda harus siap merogoh kocek hingga 11 juta rupiah untuk 1 ekornya. Wow.. sangat mahal ya!

3. Burung Toucan (117 Jutaan)

Melompat pada harga yang lebih tinggi, daftar selanjutnya ditempati oleh Burung Toucan. Jenis burung ini memiliki habitat asli di daerah tropis seperti Amerika Selatan, Karibia, dan juga Meksiko. Jenis Toco Toucan atau (Ramphastos toco) adalah salah satu yang paling terkenal di kalangan para pecinta burung.

Selain Toco Toucan, masih terdapat sekitar 40 jenis burung Toucan yang bisa Anda kenali. Ciri khas utama dari burung ini adalah bentuk paruhnya yang sangat besar dan berwarna kuning menyala.  Memang daya tarik utama dari burung ini ada di bagian paruh yang memiliki corak beraneka ragam dan sangat unik. Tidak heran jika Anda harus rela mengeluarkan mahar sebesar 117 jutaan rupiah apabila ingin membeli burung ini.

4. Burung Makaw Hyacinth (200 Jutaan)

Daftar burung termahal di dunia selanjutnya adalah burung Makaw Hyacinth yang memiliki harga mirip 1 buah mobil bekas yaitu 200 jutaan. Jenis burung ini termasuk pada burung paruh bengkok dan terkenal akan keindahan tubuhnya yang sangat eksotis. Warna bulunya berwarna biru indigo dan memiliki corak kuning pada sekitar mata serta pangkal paruh.

Nama latin dari burung ini adalah Anodorhynchus hyacinthinus dan berasal dari hutan hujan Amerika Selatan. Meski memiliki harga yang mahal, namun spesies burung ini juga masuk ke dalam golongan yang rentan akan kepunahan. Bahkan jumlahnya diperkirakan hanya sekitar 4 ribuan saja di alam liar. Tidak heran jika program konservasi terus dikembangkan agar spesies Makaw ini bisa selamat dari kepunahan.

5. Burung Kakatua Raja (230 Jutaan)

Kakatua raja memiliki nama latin Probosciger aterrimus. Jenis burung ini sangat terkenal dengan warna bulunya yang sangat eksotis dan memiliki ukuran tubuh besar untuk ukuran burung kicau. Panjang tubuhnya sekitar 60 cm dan memiliki warna  bulu hitam legam yang sangat indah. Keindahan inilahh yang membuat burung ini dibandrol dengan harga mencapai 230 jutaan rupiah.

Pada bagian pipinya memiliki warna hitam dan paruhnya berawarna hitam legam. Terdapat jambul cukup lebat pada bagian kepalanya dan bisa ditegakkan. Daerah utama persebaran burung jenis ini adalah di Irian Jaya dan Australia Utara. Di alam asli, burung Kakatua raja memakan bij-bijian.

Dengan keindahannya yang sangat elok, tidak heran jika burung ini selalu menjadi target penangkapan liar yang tidak berizin. Meski begitu, golongan burung ini masuk pada spesies beresiko rendah yang terancam punah dalam IUCN Red List. Karena memang di habitat aslinya, burung Kakatua raja masih bisa ditemukan.

6. Burung Merpati Balap (20 Milliar)

20 Milliar? Ya, Anda tidak sedang salah membaca harga burung ini, karena harga jualnya memang sangat fantastis. Dari sekian banyak burung kicau yang indah dan merdu, pemuncak daftar burung termahal di dunia justru berasal dari merpati balap. Bukan sembarang merpati, ini merupakan seekor burung merpati balap yang berasal dari Belgia.

Pada akhir November 2020 lalu, burung ini berhasil memecahkan rekor nilai lelang merpati ini pada perhelatan lelang Belgia PIPA. Harga tertinggi yang berhasil ditebus untuk burung ini adalah 1,9 juta dollar AS atau sekitar 26,8 Milliar rupiah. Seorang fans burung merpati balap yang berasal dari China rela merogoh kocek sedalam itu untuk mendapatkan burung ini.

Jenis kelamin merpati ini adalah betina dan memiliki nama New Kim.  Meski baru memiliki usia 2 tahun, namun ia sudah pernah mengikuti lomba balap burung jarak jauh pada tahun 2008 dan sudah pensiun saat ini. Pemilik baru dari New Kim berniat untuk langsung mengembang biakkannya supaya memiliki keturunan yang juga berkualitas.

Sebelum New Kim, sebenarnya terdapat burung merpati balap lain yang berhasil terjual dengan harga yang sangat fantastis, yaitu Armando.  Armando merupakan burung merpati balap berjenis kelamin jantan dan saat ini berusia 5 tahun. Asalnya juga dari Belgia dan berhasil terjual seharga 1,25 juta dolar AS ketika lelang PIPA di tahun 2019 lalu. Armando memiliki julukan “Lewis Hamilton-nya Merpati” karena kecepatannya yang luar biasa ketika mengikuti balap burung.

Kini Armando sudah pensiun dari dunia balap burung dan sudah memiliki anak. Banyak yang meyakini bahwa anak-anak hasil Armando bisa menjadi merpati balap berkualitas selanjutnya. Baik Armando dan New Kim layak dihargai dengan nilai yang sangat fantastis karena kemampuan mereka.

Baca Juga: Ide 9 Hewan Peliharaan yang Mudah Dirawat di Rumah

Burung Termahal di Indonesia

burung termahal di dunia
(sumber gambar: budidayanews.blogspot.com)

Sebagai negara yang memiliki anugerah flora dan fauna yang beraneka ragam, Indonesia juga memiliki daftar burung termahalnya sendiri. Beberapa jenis burung ini mayoritas berasal dari jenis burung kicau. Berikut adalah beberapa burung tersebut:

1. Burung Cucak Rowo (Pycnonotus zeylanicus) 

Burung ini masuk dalam jenis kicau yang memiliki ukuran tubuh sedang dan berwarna bulu hijau keabu-abuan dengan corak hitam putih. Daya tarik utama dari burung ini adalah suaranya yang melengking. Harga jualnya mencapai 5 sampai 10 jutaan untuk 1 ekornya

2. Burung Murai Batu (Copsychus malabaricus) 

Murai batu adalah salah satu jenis burung yang memang sangat populer di Indonesia karena kicauannya yang unik. Warna bulunya adalah hitam dengan sedikit warna jingga kusam. Dengan perpaduan warna bulu dan suara kicau yang merdu, burung ini termasuk mahal. Harga murai batu adalah sekitar 1 sampai 3 jutaan rupiah untuk setiap ekornya.

3. Burung Pleci (Zosterops) 

Pleci juga terkenal dengan nama burung kacamata karena adanya warna putih melingkar pada area matanya sehingga terlihat seperti sedang memakai kacamata. Warna bulu dari pleci adalah hijau kuning dan memiliki corak abu-abu hitam. Suaranya yang lantang dan warnanya yang cantik membuat burung ini memiliki nilai jual sekitar 200 ribu sampai 2 juta rupiah

4. Burung Kacer (Copcychus saularis) 

Ciri khas dari burung kacer adalah warnanya yang hitam legam dan memiliki warna putih di bagian sayap dan bawah tubuhnya. Tidak hanya itu, ekor dari burung ini juga memiliki ukuran yang panjang. Selain warna, suara dari burung kacer juga terdengar merdu dan memiliki perilaku yang aktif di dalam kandang. Perilakunya yang aktif inilah membuat banyak pecinta burung menyukai burung ini. Kisaran harganya adalah 250 ribu rupiah sampai 1,5 juta rupiah untuk setiap ekornya.

Nah sobat agribisnis, itulah beberapa daftar burung termahal di dunia dan Indonesia. Berbagai burung tersebut memang memiliki harga jual yang sangat fantastis karena keunikan dan daya tarik dari setiap burung tersebut. Baik mahal maupun murah, sebenarnya yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa merawat dengan baik hewan yang Anda miliki sehingga memiliki hidup yang baik dan layak. Jadi, pastikan Anda selalu merawat pet Anda dengan maksimal ya!

Check Also

Lebih Dari 100 Nama Rp Aesthetic Girl, Boy, Lucu, Dari Banyak Pilihan

Lebih Dari 100 Nama Rp Aesthetic Girl, Boy, Lucu, Dari Banyak Pilihan

Hasilbumi.net – Lebih Dari 100 Nama Rp Aesthetic. Membuat suatu julukan Rp aesthetic memanglah butuh …

Leave a Reply

Your email address will not be published.