Breaking News

Inilah 10 Daftar Cabai Terpedas di Dunia! Berani Coba ?

Orang Indonesia memang sangat erat dengan kebiasaan makan cabai. Rasanya, makanan akan kurang sedap dan lezat jika tidak ada rasa pedas di mulut. Selama ini, cabai rawit mungkin jadi cabai paling pedas yang pernah Anda makan. Eits, tapi tunggu dulu. Ternyata masih banyak deretan cabai terpedas di dunia yang memiliki tingkat kepedasan jauh lebih kuat daripada cabai rawit lho. 

Berbagai cabai itu tentu bisa menjadi sensasi makan cabai Anda jadi lebih menggiurkan dan memacu andrenalin. Bahkan diantaranya bisa sampai memunculkan sensasi terbakar di mulut dan perut karena saking pedasnya lho. Lalu, apa saja deretan cabai terpedas di dunia tersebut? Simak jawabannya pada informasi berikut ini ya!

10 Cabai Terpedas di Dunia yang Bikin Geleng Kepala

Untuk mengukur tingkat pedasnya sebuah cabai, maka Anda bisa menggunakan metode SHU (Scoville Heat Unit). SHU inilah yang menjadi ukuran kepedasan suatu cabai dengan cara mengukur jumlah atau konsentrasi zat capsaicin. Zat capsaicin inilah yang menghasilkan rasa pedas pada cabai. Semakin tinggi nilai SHU cabai, maka semakin pedas pula suatu cabai.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa setiap tahun deretan cabai paling pedas di dunia akan berganti. Sebab, akan selalu muncul jenis atau varian cabai baru yang lebih pedas daripada jenis cabai sebelumnya. Contohnya di tahun 2019, buku rekor dunia atau Guiness World Records, raja cabai terpedas di dunia adalah jenis cabai Carolina Reaper yang memiliki tingkat kepedasan sebesar 2.200.000 SHU (Scoville Heat Unit). Namun setahun kemudian, Carolina Reaper harus rela tergeser oleh jenis cabai lain.

Inilah deretan cabai terpedas di dunia paling update tahun 2021 yang sudah kami rangkum untuk Anda. Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Pepper X

cabai terpedas di dunia
(sumber gambar: detik.net.id)

Raja cabai terpedas di dunia saat ini adalah Pepper X. Penemu dari jenis cabai ini adalah ilmuwan yang bernama Smokin Ed Currie. Ed, sapaan akrabnya adalah pendiri dan pemilik perusahaan Puckerbutt Pepper Company di Amerika Serikat. Perusahaan milik Ed, berfokus pada pengembangan kepedasan cabai, produsen produk cabai, dan pengembangan berbagai jenis sayuran.

Setelah melakukan percobaan berupa rekayasa genetika selama kurang lebih 10 tahun, akhirnya Ed berhasil menemukan jenis cabai terpedas yaitu Pepper X dan berhasil mengalahkan cabai Carolina Reaper. Lalu, berapa tingkat SHU dari Pepper X sehingga bisa mengalahkan Carolina Reaper?

Maka jawabannya adalah sekitar 3 juta SHU! Wow.. tentunya SHU ini sangat tinggi ya! Bahkan klaim juga menyebutkan konsumsi cabai Pepper X mentah bisa berbahaya dan berpotensi mematikan lho. Maka dari itulah, perusahaan yang dimiliki Simon Ed, hanya menjual produk Pepper X dalam bentuk cabai olahan yaitu berupa saus terpedas saja. Dengan begitu, potensi efek samping yang buruk dari Pepper X bisa dihindari dengan lebih optimal.

Saus cabai Pepper X ini terjual dengan nama “The Last Dab Hot Sauce” atau Saus Cocolan Terakhir dalam Bahasa Indonesia. Dalam komposisinya, saus Pepper X menambahkan akar jahe, ketumbar, kunyit, mustard, cuka, dan jintan. Hasilnya adalah satu botol saus cabai terpedas di dunia.

Meski memiliki rasa yang super pedas, nyatanya tidak menyurutkan masyarakat Amerika untuk membeli saus ini lho. Bahkan, 1000 botol saus Pepper X pertama yang diproduksi oleh perusahaan Puckerbutt Pepper Company, ludes terjual alias sold out hanya dalam waktu 2 menit saja! Wah.. gokil banget kan?

Sampai saat ini, setiap minggunya perusahaan Puckerbutt Pepper Company, masih memproduksi saus Pepper X sesuai dengan pertumbuhan cabai Pepper X. Testimoni orang yang sudah mencoba saus ini juga sangat beragam. Namun kebanyakan, mereka menyebut bahwa pedasnya tidak karuan! Nah.. apakah Anda tertarik untuk mencobanya juga?

Angka Kepedasan: 3.180.000 SHU

2. Dragon Breath

Setelah Pepper X, posisi cabai terpedas di dunia selanjutnya adalah Dragon Breath. Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan betapa pedasnya cabai ini bukan? Sampai-sampai namanya adalah Dragon Breath atau Nafas Naga! Sebenarnya, cabai ini memiliki ukuran yang kecil, namun meski ukurannya yang kecil, tingkat kepedasan cabai ini luar biasa lho.

sumber gambar: iflscience

Penemu jenis cabai ini adalah pria yang bernama Mike Smith. Sebagai pemilik tempat budidaya tanaman Tom Smith Plants di daerah Wales Inggris, ia memang giat melakukan pencarian bibit cabai terpedas. Hasilnya, adalah Dragon Breath yang berhasil ia temukan. Ukuran kepedasan cabai ini adalah sekitar 2.480.000 SHU mengalahkan cabai Carolina Reaper.

Saking pedasnya, bahkan cabai Dragon Breath diklaim bisa menjadi obat bius dan pepper spray yang bisa menjadi pilihan senjata bagi tentara Amerika Serikat. Konsumsi jenis cabai ini secara langsung memang tidak dianjurkan karena bisa melukai lidah Anda. Mike Smith sendiri juga pernah mencoba cabai ini pada ujung lidahnya. Hasilnya, ia langsung meludahkan cabai terpedas di dunia ini hanya dalam waktu 10 detik saking pedasnya! Wah.. pasti pedas sekali ya cabai yang satu ini!

Angka Kepedasan: 2.480.000 SHU

3. Carolina Reaper 

Pada tahun 2018 lalu, cabai Carolina Reaper lah yang menduduki tahta cabai terpedas di dunia. Sebelum dikalahkan oleh Pepper X dan Dragon Breath. Meski begitu, Anda tetap tidak bisa meremehkan tingkat kepedasan cabai yang satu ini.  Angka SHU nya bahkan mencapai 2.200.000. Hanya berselisih sedikit dengan cabai Dragon Breath.

sumber: wikipedia

Sama seperti cabai Pepper X, penemu dari Carolina Reaper adalah Simon Ed Currie. Ia mengawinkan 9 jenis cabai yang berasal dari Asia dengan 1 cabai yang berasal dari Karibia. Hasilnya didapatkan jenis cabai Carolina Reaper yang super pedas. Saking pedasnya, bahkan Anda hanya membutuhkan 1 gram cabai untuk membuat 1 botol saus sambal yang super pedas dari Carolina Reaper.

Meski memiliki rasa yang sangat pedas, namun bukan berarti Carolina Reaper tidak boleh Anda konsumsi. Anda boleh mengkonsumsi cabai ini, dan rekor pemakan cabai Carolina Reaper terbanyak di dunia adalah milik Greg Foster yang berhasil memakan hingga 44 buah cabai Carolina Reaper (120). Namun, selalu ingat bahwa tidak semua orang bisa kuat memakan cabai ini. Anda bisa memakannya secara langsung, atau memakan dalam bentuk saus pedas dan cabai bubuk.

Angka Kepedasan: 2.200.000 SHU

4. Cabai Trinidad Moruga Scorpion 

sumber: waktubaca

Cabai terpedas di dunia selanjutnya adalah jenis Trinidad Moruga Scorpion. Jenis cabai ini terbilang cukup langka dan berasal dari daerah Moruga di Trinidad dan Tobago. Cabai ini termasuk dalam jenis Capsicium Chinense. Penemu cabai ini adalah petani yang bernama Wahid Ogger.

Tingkat kepedasan dari Trinidad Moruga Scorpion hampir sama dengan Carolina Reaper dan hanya sedikit selisihnya. Meski begitu, Anda bisa mengkonsumsi cabai ini secara langsung. Sensasi panas dan pedasnya bisa sangat kuat dan membuat lidah seperti terbakar. Jadi, harus tetap berhati-hati ya!

Angka Kepedasan: 2.090.000 SHU 

5. 7 Pot Douglah 

Deretan cabai terpedas di dunia selanjutnya adalah cabai yang bernama 7 pot douhlah. Nama doughlah berasal dari bahasa Trinidad. Artinya adalah seseorang yang berasal dari ras India dan Afrika. Keunikan cabai ini bisa Anda lihat dari warnanya. Berbeda dengan jenis-jenis cabai sebelumnya, cabai ini tidak memiliki warna merah. Melainkan warna merah sedikit hijau.

sumber gambar: devonchiliman

Bahkan ketika sudah matang, warnanya juga bisa berubah menjadi warna coklat. Cabai jenis ini berasal dari daerah Trinidad dan Tobago, sama seperti jenis cabai Trinidad Moruga Scorpion. Jika Anda pernah makan cabai Jalapeno, tingkat pedas cabai 7 pot doughlah ini adalah 232 kali lebih pedas daripada cabai jalapeno. Jadi, bisa terbayangkan pedasnya seperti apa?

Anda bisa memakan cabai ini dalam bentuk mentah, cabai kering, atau cabai bubuk. Asal, tetap jangan berlebihan ya. Sebab, bisa berpotensi memberikan efek yang tidak baik pada perut jika terlalu berlebihan.

Angka Kepedasan: 1.850.000 SHU 

6. 7 Pot Primo 

Cabai terpedas di dunia selanjutnya adalah cabai 7 pot primo. Meski memiliki tampilan fisik yang hampir sama dengan Carolina Reaper, namun Anda tetap bisa membedakan jenis cabai ini dengan mudah. Sebab, cabai ini memiliki ciri khas dan keunikan daripada jenis cabai pedas lainnya.

Keunikan tersebut berasal dari bagian cabai yang kurus memanjang hampir menyerupai “ekor”. Jenis cabai ini adalah perpaduan dari cabai Naga Morich dan cabai Bhut Jolokia. Penemu dari 7 pot primo adalah seorang ahli holtikultura yang bernama Troy Primaeux. Rasa pedas dari 7 pot primo juga tidak terlalu berbeda dari 7 pot doughlah.

Meski banyak pembudidaya cabai yang berusaha untuk meniru keunikan 7 pot primo baik dari segi rasa ataupun bentuknya, namun sampai saat ini belum ada yang berhasil. Anda juga bisa menemukan penjual bibit cabai 7 pot primo dengan mudah di Indonesia. Anda bisa menemukannya di berbagai marketplace populer.

Angka Kepedasan: 1.460.000 SHU 

Baca Juga: Cara Budidaya Cabai Merah Besar Hasil Melimpah 

7. Cabai Trinidad Scorpion “Butch T”

cabai terpedas di dunia
(sumber gambar: shopify.com)

Pada tahun 2011 lalu, pemilik tahta cabai terpedas di dunia pada Guiness World Record, adalah cabai Trinidad Scorpion “Butch T”. Penemu jenis cabai ini berasal dari Mississippi Ameria Serikat ini adalah Butch Taylor. Sedangkan Trinidad Scorpion berasal dari usulan seorang pekerja yang bekerja di Perusahaan The Hippy Seed, yaitu Niel Smith.

Nama yang berbau kalajengking ini bisa menggambarkan sepedas apa cabai Trinidad Scorpion ini. Bagaikan sengatan kalajengking, adalah sensasi yang akan Anda rasakan saat memakan cabai ini. Meski akhirnya harus tergeser oleh banyak jenis cabai baru yang lebih pedas, namun rasa pedas dari Trinidad Scorpion masih sangat kuat. Bahkan angka kepedasan mencapai 1.460.000 SHU, sama seperti jenis cabai 7 pot primo.

Bagi Anda yang tertarik untuk menanam kemudian mengkonsumsi cabai jenis ini juga tidak perlu khawatir. Sebab, banyak marketplace di Indonesia yang sudah menyediakan bibit cabai Trinidad Scorpion “Butch T”, sehingga Anda tidak perlu jauh-jauh untuk membeli cabai ini. Harga bibitnya juga tergolong murah yaitu berkisar antara ribuan sampai puluhan ribu rupiah saja.

Angka Kepedasan: 1.460.000 SHU

8. Cabai Dragon Viper 

Urutan cabai terpedas di dunia selanjutnya adalah cabai Naga Viper. Sama seperti Trinidad Scorpion “Butch T”, jenis cabai ini juga sempat masuk dalam Guiness World of Record, sebagai cabai terpedas di dunia. Meski saat ini sudah tergeser sampai ke posisi 8 dari daftar cabai paling pedas, namun Anda tetap tidak bisa meremehkan pedasnya cabai ini. Sebab, angka SHU cabai ini masih tergolong sangat tinggi, yaitu pada angka 1.340.000 SHU.

keterangan: wikiwan

Penemu cabai ini adalah seorang petani dari perusahaan The Chilli Pepper yang bernama Gerald Fowler. Jenis cabai ini berasal dari Negara Inggris. Sama seperti berbagai jenis cabai terpedas di dunia lainnya, jenis cabai ini juga berasal dari teknik persilangan. Persilangan cabai ini berasal dari 3 jenis cabai pedas yaitu, cabai Naga Morich, Trinidad Moruga Scorpion, dan cabai Bhut Jolokia. Tidak heran jika tingkat kepedasannya sangat luar biasa.

Untuk menikmati cabai terpedas di dunia ini Anda juga tidak perlu membelinya dari luar negeri. Sebab, bibit cabai ini sudah terjual bebas di berbagai marketplace populer Indonesia. Harganya juga terbilang terjangkau yaitu sekitar 14 ribu sampai puluhan ribu saja. Tergantung pada kuantitas cabai Naga Viper yang Anda beli. Apakah Anda tertarik membelinya?

Angka Kepedasan: 1.340.000 SHU

9. Cabai Ghost Pepper (Bhut Jolokia)

Cabai terpedas di dunia yang satu ini pernah menghebohkan dunia media sosial karena ada tantangan atau challenge untuk memakan Ghost Pepper. Jenis cabai ini juga memiliki sebutan Bhut Jolokia. Arti dari Bhut Jolokia adalah cabai setan, sesuai dengan rasa pedasnya yang luar biasa.

Anda bisa menemukan banyak budidaya Bhut Jolokia di daerah Assam, India. Ukurannya tergolong tidak terlalu kecil dengan panjang 5,95 cm sampai 8,54 cm dan berat 6,95 gram sampai 8,97 gram. Sampai saat ini, banyak orang yang salah mengira bahwa Ghost Pepper adalah cabai terpedas di dunia karena popularitasnya.

Padahal, angka SHU cabai ini cukup jauh jika dibandingkan jenis cabai terpedas yang sudah kami bahas sebelumnya. Angka SHU cabai ini adalah 1.040.000 SHU. Sangat jauh perbedaannya dengan cabai-cabai pedas lain seperti Carolina Pepper, Dragon Breath, hingga Pepper X.

Berbeda dengan jenis-jenis cabai terpedas di dunia lainnya, varian olahan Ghost Pepper terbilang lebih beragam dan variatif. Tidak hanya berupa cabai bubuk, saus, atau memakannya langsung, Anda bisa menikmati Ghost Pepper dalam bentuk spicy noodle atau keripik kentang.

Dengan varian ini, Anda bisa lebih seru saat mencoba cabai Ghost Pepper dan tidak terasa membosankan. Namun tentunya, harus tetap berhati-hati karena cabai ini masih sangat-sangat pedas dan bisa membahayakan kesehatan Anda.

Angka Kepedasan: 1.040.000 SHU

10. Cabai 7 Pot Barrackpore 

Deretan cabai terpedas di dunia yang terakhir adalah 7 pot barrackpore. Jenis cabai ini berasal dari Kepulauan Karibia tepatnya daerah Barrackpore. Meski hanya memiliki SHU sebesar 1.000.000, namun cabai ini juga masih sangat pedas dan bisa membuat lidah seperti terbakar. Tingkat kepedasan cabai ini bahkan setara dengan 500 kali lebih pedas dari cabai jalapeno.

Angka Kepedasan: 1.000.000 SHU

Selain 10 cabai yang sudah kami sebutkan, masih ada 2 jenis cabai terpedas lainnya, yaitu cabai 7 pot red giant dan red savina habanero. Kedua jenis cabai ini juga memiliki rasa pedas yang luar biasa. Angka kepedasan dari 7 pot red giant misalnya yang mencapai 1.000.000 SHU. Jumlah SHU kedua cabai ini memang kurang lebih sama karena masih berasal dari satu keluarga yang sama yaitu keluarga cabai 7 pot.

Sementara itu, untuk cabai red savina habanero angka kepedasannya mencapai 500.000 SHU. Meski jumlah SHUnya kecil, Anda tetap tidak bisa meremahkan kepedasan dari cabai ini. Sebab, sebelum jenis cabai pedas baru ditemukan, cabai red savina memegang rekor cabai terpedas di dunia mulai dari tahun 1994 sampai 2007. Sungguh rekor yang sangat lama bukan?

Selain itu, fakta menarik dari cabai red savina ini adalah, ia adalah satu-satunya jenis sayuran yang secara legal dan resmi dilindungi oleh pemerintah Amerika Serikat, tepatnya dibawah Undang-undang Perlindungan Varietas Tanaman.

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Penikmat Makanan Pedas

cabai terpedas di dunia
(sumber gambar: medicalnewstoday.com)

Meski menghadirkan sensasi rasa yang enak dan nagih, nyatanya makanan pedas juga tidak baik jika berlebihan. Makanan pedas memang memiliki manfaat, namun jika berlebihan tentu efek buruk bisa Anda dapatkan. Beberapa efek buruk makan pedas terlalu banyak adalah nyeri perut, maag akut (gastritis), refluks asam lambung, mengurangi sensitivitas lidah, perut mulas, sampai diare.

Nah, agar tidak sampai terjadi, ada beberapa tips bagi para penggemar makanan pedas supaya kesehatan perut dan lambungnya tetap terjaga. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan Jumlah dan Porsi Makan Pedas 

Tips pertama adalah memperhatikan porsi dan jumlah makanan pedas yang Anda konsumsi. Makanan yang pedas memang membuat nafsu makan seolah meningkat dan membuat banyak orang kalap saat makan. Namun, hal ini bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Apalagi bagi Anda yang memang memiliki riwayat gangguan pencernaan.

Maka dari itu, selalu perhatikan porsi dan jumlah makan ketika Anda makan pedas. Jangan berlebihan dan tetap berada dalam batas wajar. Dengan begitu, kesehatan pencernaan Anda bisa tetap terjaga dengan baik.

2. Hindari Makan Pedas Saat Perut Kosong (Belum Makan)

Tips selanjutnya adalah jangan makan pedas ketika perut Anda memang sedang kosong. Pasalnya, perut Anda bisa kaget jika langsung terisi makanan pedas. Akibat buruknya adalah asam lambung yang bisa naik dan menyebabkan sakit perut. Terutama bagi Anda yang memiliki penyakit iritasi usus, maag, atau ulkus lambung. Pastikan sudah mengisi perut dengan makanan lain sebelum makan makanan pedas.

3. Meminum Susu dan Sikat Gigi Setelah Makan 

Tips terakhir adalah dengan minum susu setelah makan pedas. Dilansir dari laman American Chemical Society, protein yang ada pada susu bisa membantu pengikatan capsaicin dan menetralkan padas dari mulut. Akibatnya, perut Anda bisa jadi lebih dingin setelah makan pedas.

Selain minum susu, sikat gigi juga bisa menjadi pilihan yang bisa Anda ambil setelah makan pedas. Tujuanya agar kesehatan gigi dan mulut bisa tetap terjaga setelah makan pedas sekaligus meringankan sensasi pedas yang ada di mulut.

Itulah daftar 10 cabai terpedas di dunia sekaligus tips bagi para pecinta pedas agar kesehatannya tetap terjaga. Pada dasarnya, makan pedas tidak dilarang untuk kesehatan. Namun, juga harus tetap memperhatikan porsi dan jumlah supaya tidak berlebihan. Sensasi pedas memanglah enak, namun jika berdampak buruk bagi tubuh tentunya hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Maka dari itu, selalu perhatikan kesehatan Anda dan konsumsi segala sesuatunya dalam porsi yang wajar saja ya!

 

Check Also

Esmambo jagung

Resep Es Jagung Ala Rumahan, Enak dan Pasti Ketagihan

Hasilbumi.net – Resep Es Jagung Ala Rumahan, Enak dan Pasti Ketagihan. Formula Es Jagung Versi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.