Breaking News

Cara Budidaya Tanaman Anggrek Cepat Berbunga

Tanaman Anggrek tidak ada bandingannya, pada budidaya tanaman anggrek ini. Mereka sangat indah, halus, berbunga panjang, berumur panjang, mempesona dalam aroma dan bentuk, dan sangat bervariasi.

Beberapa kesenangan dalam berkebun melebihi sensasi melihat anggrek tumbuh subur dan mekar. Inilah semua yang harus Kamu ketahui tentang menanam anggrek dan merawat anggrek dan kami telah membuat daftar varietas anggrek yang paling umum.

Photo by khoridlotun masruroh

Dulu langka dan mahal, anggrek sekarang terjual lebih banyak dari semua tanaman hias lainnya, bahkan melebihi violet Afrika , krisan, dan poinsettia.

Ini karena teknik kloning modern memungkinkan produksi massal tanaman, dan budidaya yang dulu memakan waktu tujuh tahun dari biji hingga mekar sekarang hanya membutuhkan dua tahun.

Tentang Budidaya Tanaman Anggrek

Keluarga anggrek adalah salah satu yang terbesar di dunia tanaman berbunga: Lebih dari 25.000 spesies tumbuh secara alami, di setiap benua kecuali Antartika.

Konsentrasi varietas anggrek terbesar ditemukan di daerah tropis dunia, yaitu di Asia dan Amerika Tengah dan Selatan. Di sebagian besar Amerika Utara, anggrek harus ditanam di dalam ruangan (pengecualian termasuk spesies asli seperti skamul wanita).

Setiap anggrek memiliki ciri khas, bibir yang sangat berkembang, kelopak yang menonjol dalam bunga tiga kelopak dan tiga sepal, beberapa menyatu bersama.

Setiap anggrek yang berevolusi biasanya untuk menarik penyerbuk tertentu, yang menyebabkan munculnya varietas anggrek yang sangat banyak.

Anggrek bersifat epifit (tumbuh di udara) atau terestrial (tumbuh di bumi); kebanyakan anggrek tropis adalah epifit. Di alam liar, epifit menempel pada pohon dan tunggul, menarik uap air dari kabut dan hujan dan daun yang membusuk.

Penanaman Budidaya Tanaman Anggrek

Kita semua pernah melihat anggrek di supermarket dan toko rumah dan bertanya-tanya apakah itu pembelian yang bijaksana. “Tentu saja,” kata Marc Hachadourian, Kurator Koleksi Rumah Kaca untuk Kebun Raya New York. “Anggrek murah tidak kurang mungkin untuk berkembang. Pilih saja tanaman yang kuat dan tampak sehat.”

Kebanyakan dari tanaman anggrek yang membelinya di toko akan mengemasnya dalam pot plastik murah serta akar yang mengemasnya dengan lumut sphagnum basah.

Ini adalah masalah, karena mereka membutuhkan aliran udara untuk menghindari pembusukan akar. Setelah Kamu membawanya pulang, Kamu harus mempertimbangkan untuk memindahkannya.

Cara Meletakkan Budidaya Tanaman Anggrek

  1. Jangan merepoting saat tanaman berbunga, karena mekar mungkin menderita. Nikmati bunganya, lalu potong tangkai bunga bekas dengan gunting steril dan pasang kembali anggrek.
  2. Ketika anggrek keluar dari potnya, akarnya menyusuri sisi pot, atau media tumbuh menjadi remah-remah, saatnya untuk direpoting. Repot di awal siklus pertumbuhan berikutnya (biasanya di musim semi).
  3. Anggrek harus begitu pas di potnya sehingga Kamu dapat mengambil tanaman dari daunnya dan tidak mencabut akarnya.

Cara Meletakkan Tanaman Anggrek Kembali di Pot

  1. Keluarkan anggrek dengan hati-hati dari pot yang ada. Anggrek baru biasanya dijual dalam wadah plastik tipis, yang dapat dipotong.
  2. Buang media pot lama, terutama jika terlihat rusak atau membusuk.
  3. Periksa akar anggrek, potong bagian yang menghitam, berlubang, seperti bunga karang, atau rusak. Akar yang sehat terlihat putih atau hijau.
  4. Pegang tanaman tegak di pot baru dan isi di sekitarnya dengan media pot baru, tekan perlahan, sekitar satu inci dari bagian atas pot.
  5. Sirami anggrek dengan baik untuk mengendapkan media di sekitar akarnya. Tambahkan lebih banyak media jika perlu.
  6. Jika tanaman tidak tetap di tempatnya, pertimbangkan untuk memasangnya sampai akarnya memegang media baru. Bambu hijau dan willow keriting menjadi pasak yang menarik.

Media Tanaman Anggrek

  1. Jangan pernah menanam anggrek di tanah pot stkamur. Semua tanaman anggrek terutama spesies epifit sangat membutuhkan udara yang cukup banyak di akarnya. Media terbaik adalah yang sangat ringan, berpori, dan cepat kering.
  2. Tanaman besar dengan akar yang lebih tua tumbuh lebih baik di media tanam yang lebih kasar.
  3. Sebagian besar toko taman menjual campuran pot anggrek khusus:
  4. Campuran pot anggrek terbuat dari potongan kulit pohon cemara halus, sedang, atau kasar, yang biasanya dikombinasikan dengan perlit, gambut, atau sphagnum moss, dan arang hortikultura. (Kamu dapat mencampurnya sendiri, menggunakan empat hingga enam bagian kulit kayu untuk masing-masing bagian dari komponen lainnya.)
  5. Anggrek biasanya ditanam di pot terra cotta karena memungkinkan aliran udara ekstra. Bahkan ada pot anggrek khusus yang memiliki celah drainase lebar di sekitar sisi pot. “Lubang intip” ini memungkinkan pergerakan udara dan juga memudahkan untuk memeriksa kesehatan akar.
  6. Pilih pot yang cukup besar untuk memungkinkan setidaknya satu inci ruang tumbuh di sekitar akar.

Peduli Budidaya Tanaman Anggrek

Di habitat aslinya, anggrek tumbuh seperti rumput liar, tetapi mereka cenderung rindu kampung halaman sebagai tanaman hias. Untuk hasil terbaik, berikan kondisi yang mereka sukai. Beberapa spesies memiliki preferensi individu, tetapi semua membutuhkan keseimbangan cahaya, udara, air, makanan, istirahat, dan, dari waktu ke waktu, pot baru untuk berkembang.

Cahaya Pada Budidaya Tanaman Anggrek

  • Tanpa cahaya yang cukup, harapkan pertumbuhan yang subur tetapi tidak ada bunga. Cahaya yang tidak mencukupi adalah alasan paling umum untuk gagal mekar.
  • Tanaman anggrek akan  subur dalam cahaya yang cukup, tetapi cahaya matahari langsung bisa membakar anggrek. Cahaya terang dan tidak langsung dari jendela timur atau selatan sangat ideal.
  • Warna daun merupakan indikator yang baik dari jumlah cahaya yang diterima anggrek:
  • Daun hijau cerah menunjukkan tanaman yang bahagia dan sehat.
  • Adanya daun hijau tua menkamukan bahwa tanaman tidak mendapatkan cukup cahaya.
  • Daun hijau kekuningan atau merah menunjukkan bahwa tanaman mendapatkan terlalu banyak cahaya.
  • Jika Kamu menduga anggrek Kamu terkena terlalu banyak cahaya, rasakan daunnya. Jika terasa lebih hangat daripada udara di sekitarnya, pindahkan tanaman ke lokasi dengan kecerahan yang kurang intens.

Sirkulasi Tanaman Anggrek

Anggrek juga harus memiliki sirkulasi udara yang segar. Di alam liar, angin sepoi-sepoi yang terus-menerus sangat penting untuk kelangsungan hidup mereka.

Udara yang bergerak membantu menguapkan air yang tergenang, yang merupakan tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri yang terperangkap selama penyiraman.

Ventilasi juga membantu anggrek untuk mentolerir cahaya yang intens yang jika tidak akan membakar daun. Ciptakan angin sepoi-sepoi: Buka jendela di musim panas dan gunakan kipas berosilasi di musim dingin. Tanpa ventilasi, anggrek akhirnya bisa mati karena busuk, kekurangan karbon dioksida, atau penyakit.

Pengairan Tanaman Anggrek

Para ahli mengatakan bahwa lebih banyak anggrek yang mati karena penyiraman yang salah daripada karena penyebab lainnya. Anggrek harus disiram saat mengering. Penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan pembusukan, yang membunuh akar anggrek.

Jangan menyirami anggrek dengan es batu! Sebagian besar tanaman hias anggrek adalah spesies tropis dan tidak akan menyukai dinginnya es batu secara langsung. (Pertimbangkan bagaimana perasaan Kamu jika seseorang menumpahkan seember es ke Kamu di pantai!)

Untuk mengetahui kapan harus menyiram, ambil anggrek dalam pot dan periksa: Apakah campuran potnya kering? Apakah pot terasa ringan? Ini berarti bahwa mungkin perlu minum.

Cara lain untuk mengetahui apakah anggrek haus adalah dengan melihat akarnya:

  • Akar putih montok menunjukkan anggrek sehat yang disiram dengan benar. Saat disiram, akar yang sehat akan berubah menjadi hijau cerah.
  • Akar abu-abu yang keriput menkamukan bahwa anggrek membutuhkan lebih banyak air.
  • Akar coklat dan hitam yang keriput atau seperti bunga karang adalah tkamu busuk, jadi kurangi penyiraman.
  • Secara umum, siram tanaman di pagi hari dengan air hangat seminggu sekali di musim dingin dan dua kali seminggu di cuaca yang lebih hangat. Siram sampai air keluar dari pot dengan bebas; ini juga menghilangkan garam yang terjadi secara alami. Saat udara dalam ruangan kering, semprotkan anggrek dengan air hangat untuk menjaga kelembapannya. Terrestrials lebih suka disimpan sedikit lebih lembab daripada epifit.

 

Check Also

kucing muntah kuning

Waspadai Kucing Muntah Kuning: Penyebab dan Cara Penanganan

Memiliki kucing kesayangan yang sehat tentu menjadi impian siapa saja. Akan tetapi, pasti ada kalanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published.