Kupas Tuntas Cara Budidaya Udang Galah Sukses Panen

  • Whatsapp
Budidaya Udang Galah
arenahewan.com

Budidaya udang galah (Macrobrachium rosenbergii) merupakan budidaya yang memiliki potensi bagus. Komoditas udang galah atau udang air tawar sangat bangus terutama untuk skala rumahan. Kebutuhan akan udang galah saat ini juga cukup banyak. Udang galah merupakan jenis udang yang memiliki ciri-ciri fisik lebih besar dari pada jenis udang yang lainnya. Udang galah banyak hidup di air tawar yang cukup dangkal. Jenis udang ini masuk ke dalam filum Arthropoda kelas Crustacea dan suku Paleamonidae. Selain itu, udang galah juga memiliki ciri khas yaitu kepala yang memiliki bentuk kerucut dan bentuk udang galah memanjang melengkung ke atas.

Udang galah jantan memiliki ciri-ciri fisik lebih besar daripada udang galah betina. Untuk caping dari udang galah jantan namun memiliki badan yang lebih ramping. Persebaran udang galah meliputi daerah Asia hingga batas Garis Huxley kecuali daerah Palawan termasuk daerah bagian timur Pakistan, India, Sri Langka, dan bagian Cina Selatan sampai ke daerah wilayah Indonesia meliputi Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Pada wilayah, DIY banyak juga terdapat pada perairan dekat muara sungai di Opak, Bogowonto, dan Progo.

Bacaan Lainnya

Tahap Budidaya Udang Galah

1. Persiapan Budidaya

Budidaya Udang Galah
lipi.go.id

Tahap pertama yang kita lakukan dalam budidaya udang galah yaitu mempersiapkan terlebih dahulu. Tahap persiapan budidaya, ada beberapa hal yang perlu kita siapkan yaitu :

  • Pertama, Pilhlah lokasi yang tepat untuk perkembangan udang galah dan membuat media budidaya serta turut menyiapkan alat dan bahan.
  • Sama seperti budidaya ikan pada umumnya nya, untuk budidaya udang galah juga bisa menggunakan media kolam. Sebab udang galah merupakan salah satu jenis udang air tawar.
  • Pemilihan tempat budidaya yang tepat juga sangat mempengaruhi tumbuh kembang udang galah. Untuk itu perlunya mempersiapkan lokasi budidaya udang galah yang luas dan jauh dari kawasan industri atau bebas dari polusi. Penting juga untuk memastikan lokasi yang bersih dan jauh dari limbah sampah ataupun limbah rumah tangga. Udang galah sangat rentan terhadap kondisi lingkungan yang yang tidak bersih atau berpolusi karena bisa menyebabkan kualitas udang galah yang dihasilkan.
  • Untuk membuat kolam budidaya udang galah bisa dengan membuat kolam terpal. Setelah menemukan lokasi yang tepat selalu siapkan alat seperti ember, seser, serok, ayakan dari kain, alat pengangkut benur, dan cangkul.
  • Selanjutnya, kita perlu mempersiapkan kan pembuatan media seperti penyiapan pupuk, kapur pertanian, dan jaring.

2. Media Persiapan Udang Galah

Setelah mempersiapkan media berupa penyiapan alat dan pemilihan lokasi si yang tepat, Kita juga harus membuat media yang tepat. Media yang dimaksud untuk budidaya udang galah merupakan kolam tanah dengan cara pembuatannya sebagai berikut,

  • kolam dapat dibuat dengan ketinggian 70 hingga 100 m dan luas mencapai 300 hingga 1000 m persegi.
  • Untuk membuat kolam tanah nyaman bagi udang galah, maka kita perlu memasukkan pupuk kandang atau pupuk kompos ke dalam kolam kemudian mendiamkannya selama sekitar 1 mingguan hingga air kolam berubah.
  • Kemudian tidak lupa untuk memastikan ukuran PH air dan tanah cocok bagi pertumbuhan udang galah. Ukuran PH air dan tanah yang paling cocok yaitu tidak terlalu asam ataupun basa sekitar 6 hingga 7.
  • Apabila persiapan kolam sudah selesai maka masukkan air ke dalam kolam budidaya secara perlahan sampai menyisakan ruang kosong di atas kolam setinggi 20 cm dari permukaan kolam.
  • Untuk pengisian debit air kolam yang baik yaitu sekitar 0,5 hingga 1 liter per detik.
  • Tidak hanya itu, Buatlah parit dengan kedalaman 50 cm dan lebar 30 cm di sekitar kolam untuk mencegah adanya genangan air atau banjir yang bisa menyebabkan kematian bagi udang galah.

3. Persiapan Benih Udang Galah

Persiapan budidaya udang galah
isw.co.id

Ada beberapa hal penting yang tidak boleh dilewatkan dalam upaya budidaya udang galah yaitu pengadaan benih dengan kualitas unggul. Sangat berperan penting dalam menghasilkan udang galah dengan kualitas baik sehingga bisa terjual sampai mancanegara. Ada beberapa tips untuk memperoleh benih udang galah sebagai berikut:

Cara Pertama Persiapan Benih

Cara yang pertama yaitu dengan melakukan pemijahan cara ini terbilang membutuhkan waktu dan kesabaran yang cukup lama. Kita perlu menyiapkan alat pemijahan berupa kolam dan indukan udang galah yang berkualitas baik.

Berikut ini ciri-ciri indukan betina dan jantan yang berkualitas baik.

  • Indukan jantan memiliki tubuh yang lebih besar ukurannya dan lebih ramping daripada udang betina.
  • Udang galah betina memiliki tubuh yang lebih kecil dan perut yang lebih besar.
  • Udang galah jantan memiliki kepala yang lebih besar dari pada udang galah betina, yang lebih penting pilihlah indukan udang galah yang sehat dan tidak terkena penyakit atau hama hari ini ini bisa terlihat dengan pergerakan udang galah yang cenderung aktif.

Lakukan pemijahan dan tunggulah hingga muncul larva udang galah, setelah larva muncul maka pisahkan indukan dan melakukan pemeliharaan untuk larva udang galah butik udang galah dipelihara sehingga tumbuh menjadi benih yang siap ditebar. Pemijahan udang galah dari 2 indukan udang galah yang memiliki kualitas baik akan menghasilkan anakan udang galah yang memiliki kualitas baik pula.

Cara Kedua Tahap Persiapan Benih

Cara yang kedua yaitu cara yang sangat praktis membeli benih udang galah yang tidak terkena hama dan penyakit serta pergerakannya aktif. Sebelum membeli pastikan bahwa benih udang galah benar-benar memenuhi kriteria yang kita inginkan. Sama seperti proses budidaya lain, dalam budidaya udang galah juga harus kita lakukan pemeliharaan yaitu dengan cara berikut:

  • Pertama, pasang telur udang galah terlebih dahulu ke dalam kolam budidaya yang sudah disiapkan dengan hati-hati.
  • Untuk menghindari udang galah mengalami stres karena kondisi lingkungan yang baru, maka kita bisa memasukkan air kolam sedikit demi sedikit kemudian membiarkannya selama 15 menit sebelum benur dipasang atau disebar.
  • Untuk hasil panen yang melimpah maka kita harus memperhatikan sirkulasi air dalam kolam.Sebab air merupakan hal yang paling penting dalam kelancaran budidaya udang galah.
  • Kualitas air yang rendah akan menyebabkan penurunan kualitas dari udang galah sehingga panen yang dihasilkan tidak bisa melimpah.
  • Air yang tidak mengalir akan menurunkan kualitasnya hingga 50%. Menjaga kualitas kebersihan air kita juga perlu menguras air kolam setiap sebulan sekali agar suhunya juga terjaga.
  • Perhatikan pula PH air jangan sampai berada di bawah atau di atas 8.

3. Pemberian Pakan

Pemberian pakan udang galah dilakukan setiap dua hingga tiga kali sehari, pakan yang digunakan untuk udang galah bisa berupa pelet atau cincangan ikan rucah. Untuk pengendalian hama dan penyakit bisa menggunakan obat khusus untuk penanggulangan hama atau dengan memisahkan udang yang terkena hama ataupun penyakit.

Baca Juga : Panduan Budidaya Lumut yang Mudah dan Lengkap

4. Proses Panen Udang Galah

Proses panen udang galah bisa kita lakukan setelah udah nggaklah berusia 6 bulan masa tebar benih dan beratnya juga bisa mencapai 20 G. Semakin berat dan besar ukuran udang galah maka semakin mahal pula harganya. Panen bisa dilakukan ketika dini hari atau malam hari Hal ini bertujuan agar udang tidak secara langsung terkena sinar matahari dan kondisinya tetap fresh sampai. Itulah proses budidaya udang galah yang mudah untuk pemula lakukan. Pemilihan tempat budidaya dan seleksi induk yang baik akan menghasilkan hasil udang galah yang berkualitas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *