Breaking News

Cara Membuat Bonsai Kelapa Dengan Mudah

Salah satu tempat wisata yang paling banyak menarik minat masyarakat adalah pantai. Kita dapat melepaskan kepenatan dengan melihat deburan ombak dan lambaian nyiur kelapa. Melihat lambaian nyiur kelapa, mungkin terbersit untuk menanam pohon kelapa di dalam rumah. Apakah mungkin kita menanam pohon kelapa dalam rumah? Dengan menggunakan teknik “Bonsai” sangat mungkin sekali Sob. Apakah menanam dengan teknik bonsai itu? Secara etimologi kata bonsai berasal dari Jepang dan mempunyai arti menumbuhkan tanaman kerdil dalam pot. Ya, tanaman yang secara normal tumbuh besar, maka dengan teknik bonsai tanaman tersebut dapat tumbuh kerdil dalam pot. Walaupun tumbuh kerdil, menanam dengan teknik bonsai ini memiliki keindahan yang sangat tinggi. Keindahan dari tanaman bonsai ini selain untuk menyalurkan hobi juga mempunyai peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Cukup banyak media tanaman untuk membuat bonsai. Salah satunya Sobat Agribisnis dapat membuatnya dengan media pohon kelapa. Dengan bermodalkan kesabaran dan ketekunan, Sobat dapat membuat bonsai kelapa dengan mudah.

Tanaman Untuk Bonsai.

Untuk membuat bonsai, tidak semua tanaman memenuhi syarat sebagai medianya. Hal ini perlu menjadi perhatian karena dalam membuat bonsai membutuhkan perlakuan khusus sesuai dengan karakteristik dan jenis dari tanaman. Sehingga dalam membuat bonsai akan memerlukan teknik yang berbeda pula. Secara umum dalam membuat bonsai, media tanamnya mempunyai karakteristik bentuk yang unik, mempunyai umur panjang dan tanaman tersebut mempunyai sifat yang bandel. Berikut ini kita akan membahas karakteristik media tanam untuk membuat bonsai.

Sumber:@bengkulukarir.xyz
  • Bentuk Unik. Salah satu keindahan dari tanaman bonsai adalah mempunyai bentuk yang unik. Keunikan bentuk tersebut menunjukkan bagaimana bentuk tanaman tersebut pada habitat aslinya. Namun kondisi tersebut dengan menggunakan teknik bonsai dapat merepresentasikan dalam pot tanaman. Sehingga semakin unik membuat bentuk bonsai maka akan memiliki nilai jual yang tinggi pula.
  • Memiliki Umur Panjang. Salah satu alasan membuat bonsai kelapa adalah karena pohon kelapa mempunyai umur yang panjang. Apabila membuat bonsai dari tanaman musiman, maka akan sulit dalam membuat dan membentuk tanaman tersebut.
  • Memiliki SIfat Bandel.  Tanaman harus memiliki sifat “bandel”. Ya betul Sob. Sifat bandel disini mempunyai maksud bahwa tanaman tersebut harus tahan dalam segala cuaca, tahan terhadap berbagai perlakuan terhadap tanaman termasuk harus tahan terhadap minimnya air. Karena untuk membentuk tanaman tersebut menjadi kecil (bonsai) maka tanaman tersebut akan mendapat perlakuan sedemikian rupa untuk membentuk tanaman tersebut menjadi kecil namun masih dalam kondisi yang segar. Demikian perlakuan untuk membuat bonsai kelapa. Sifat kelapa yang dapat berkembang dalam berbagai medan dan cuaca membuat bonsai kelapa menjadi mudah.

Cara Mudah Membuat Bonsai Kelapa

Walaupun membuat bonsai kelapa mudah namun bukan berarti Sobat dapat membuatnya asal-asalan ya. Ingat Sob, dengan kesabaran dan ketekunan Sobat dapat membuat bonsai kelapa yang indah dan unik. Sehingga dapat membuka peluang bisnis bagi Sobat Agribisnis. Lalu harus dari mana nih Sobat memulai membuat bonsai kelapa.

  • Pilih Jenis Kelapa Yang Sesuai. Sebagai langkah awal membuat bonsai kelapa, Sobat harus menentukan jenis pohon kelapa yang mempunyai bentuk unik, umur panjang dan memiliki sifat yang bandel. Sangat banyak di tanah air kita jenis pohon kelapa. Namun tidak semua pohon kelap tersebut memiliki kriteria seperti uraian diatas.  Sehingga sebagai referensi, Sobat dapat memulai dengan jenis kelapa gading merah, kelapa gading susu dan kelapa albino. Mengapa kita memilih ketiga jenis kelapa tersebut? Ingat Sob, karena kita mencari kelapa yang unik, dan mempunyai sifat “bandel”. Selain itu ketiga jenis kelapa tersebut mempunyai nilai bisnis yang menjanjikan karena penampilannya yang unik.
  • Penyiapan Bibit. Setelah Sobat memilih jenisnya, kini saatnya menyiapan bibit sesuai jenis kelapa yang Sobat pilih. Memilih bibit kelapa yang baik adalah pilihlah bibit kelapa yang unggul untuk membuat bonsai. Bibit tersebut berasal dari pohonnya langsung dan pilihlah buah kelapa yang sudah cukup tua namun berbentuk sedang dan memiliki akar yang kuat karena kelapa tersebut untuk membuat bonsai. Letakkan bibit tersebut kedalam tanah berair selama 1-2 minggu hingga tumbuh tunasnya.  Selanjutnya bersihkan dengan pisau batok kelapa hingga bersih tdak ada sabutnya.

Penyiapan Penanaman

Langkah berikutnya Sob, siapkan media untuk menanam bibit yang telah Sobat pilih. Selain itu menentukan peletakan batok kelapa pada media tanam akan menentukan hasil keindahan dan nilai estetika.

  • Media Tanam. Setelah bibit nya siap, langkah selanjutnya menyiapakan media tanam. Media tanam yang harus sobat siapkan adalah pot dan tanah. Pilih lah pot yang sesuai dengan ukuran bibit kelapa. Tanah sebagai media untuk menanam menggunakan campuran air dan pupuk. Adapun perbandingan antara tanah : air : pupuk adalah 2 : 1 : 1. Kemudian Sobat menempatkan bibit yang sudah siap ke media tanam.
  • Pohon Kelapa. Dengan menggunakan kawat, Sobat dapat membentuk posisi tunas dan akar yang ada. Pada tahap ini nilai estetika Sobat sangat menentukan dalam membuat bonsai kelapa yang indah dan kuat.

Perawatan Tanaman

Agar setelah menanam bonsai kondisinya tidak menjadi layu dan dapat tumbuh sesuai harapan Sobat, maka memerlukan perawatan yang baik namun mudah untuk dilakukan. Bonsai kelapa memerlukan penyiraman dengan air secukupnya pada pagi atau sore hari. Selain itu secara teratur 15 hari sekali, Sobat memberi pupuk kandang pada tanaman bonsai kelapa tersebut.

Manfaat Membuat Bonsai Kelapa.

Dengan membuat bonsai kelapa ini mempunyai manfaat bagi Sobat sekalian. Manfaat yang Sobat dapat adalah sebagai menyalurkan hobi Sobat di bidang pertanian khususnya agribisnis tanaman hias. Selain itu hobi Sobat tersebut dapat membuka peluang bisnis. Karena bonsai kelapa ini merupakan salah satu jenis tanaman rumah sebagai pencipta suasana asri didalam rumah.

  • Hobi. Cara membuat bonsai kelapa yang mudah ini dapat sebagai sarana memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan yang positif. Bahkan Sobat dapat menjadikannya sebagai salah satu hobi dalam memanfaatkan waktu luang dimasa pandemi Covid 19 ini. Selain itu hobi ini merupakan salah satu tanaman hias yang banyak diminat oleh masyarakat luas. Bentuknya yang rindang akan menimbulkan kesan estetika dalam hiasan rumah.
  • Bisnis. Karena salah satu tanaman hias yang banyak menarik minat masyarakat, tentukan dengan mengembangkan membuat bonsai kelapa ini akan menghasilkan peluang bisnis yang menjanjikan. Terutama pada saat masa pandemi Covid 19 ini, masyarakat khususnya ibu rumah tangga banyak mencari tanaman hias untuk mempercantik rumahnya. Tujuan dari mempercantik rumah tersebut adalah agara tidak bosan tinggal dirumah. Salah satu tanaman yang menjadi pilihan adalah bonsai kelapa.

Ok, Sobat Agribisnis sekalian demikian cara membuat bonsai kelapa yang tergolong sangat mudah. Sebagai salah satu produk tanaman hias yang dapat dijadikan sebagai hobi rumahan dan juga peluang bisnis yang menjanjikan. Selamat mencoba.

Check Also

Download Preset Lightroom Selebgram Gratis

Download Preset Lightroom Selebgram Gratis, Di cari para Photography Amatir

Hasilbumi.net – Download Preset Lightroom Selebgram Gratis, Di cari para Photography Amatir. Buat kalian yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.