Cara Membuat Konsentrat Ayam Alami, Super Mudah!

  • Whatsapp
cara membuat konsentrat ayam

Siapa bilang cara membuat konsentrat ayam itu sulit? Karena ternyata, untuk membuat konsentrat bagi ayam yang berkualitas, Anda bisa membuatnya dengan mudah lho. Baik untuk jenis ayam petelur maupun pedaging, caranya sama mudahnya. Adanya konsentrat bisa membantu Anda untuk semakin menambah asupan nutrisi bagi ayam. Hasilnya, ayam bisa lebih sehat dan tumbuh dengan optimal. Lalu bagaimana cara membuatnya? 

Pemberian Konsentrat untuk Ayam 

cara membuat konsentrat ayam
(sumber gambar: rumah.com)

Konsentrat adalah sebuah bahan makanan yang bisa Anda berikan untuk hewan ternak agar kebutuhan nutrisinya bisa lebih terpenuhi. Pasalnya, konsentrat akan memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan proporsi gizinya sudah terukur dan berimbang. Adanya konsentrat ini biasanya bisa Anda berikan untuk berbagai hewan ternak. Mulai dari sapi, bebek, ayam, dan lain sebagainya. 

Dengan mendapatkan asupan konsentrat, hewan ternak bisa mendapatkan tambahkan protein dan energi untuk pertumbuhannya. Selain itu, konsentrat juga membuat pakan hewan ternak jadi lebih lengkap selain pakan utamanya. Untuk itulah sebuah konsentrat harus terbuat dari jenis bahan yang berprotein tinggi, memiliki sumber energi, vitamin dan juga mineral. 

Umumnya, untuk membuat konsentrat siap pakai yang bisa Anda beli di toko pakan ternak, pabrik pembuatnya harus melewati beberapa tahapan. Mulai dari menimbang dan mengukur kandungan gizi bahan-bahan, menentukan formula bahan, proses pencampuran bahan, dan terakhir adalah pengemasan. Karena sudah terukur dengan seksama, biasanya konsentrat siap pakai ini bisa menjadi pilihan alternatif bagi peternak. 

Meski begitu, bukan berarti Anda harus selalu membeli konsentrat siap pakai. Apalagi harga dari konsentrat ini juga cukup mahal, jika harus terus-terusan membelinya tentu biaya operasional untuk pakan akan menjadi tinggi. Untuk itu, konsentrat alami bisa Anda buat sendiri dengan mudah untuk mengganti konsentrat pabrikan. 

Cara Membuat Konsentrat Ayam 

Pembuatan konsentrat ayam juga terbilang mudah untuk Anda lakukan. Inilah panduan membuat konsentrat yang bisa Anda ikuti: 

1. Persiapan Bahan Membuat Konsentrat 

Ada beberapa bahan yang harus Anda siapkan: 

  • Tepung bekatul 10 kilogram 
  • Dedak padi 11 kilogram 
  • Tepung ikan 3 kilogram 
  • Ampas tahu 11 kilogram 
  • Tepung jagung 10 kilogram 
  • Tepung kerang 2,5 kilogram 
  • Garam 2,5 kilogram 
  • Air sekitar 20 liter 
  • Suplemen organik cair (merk bisa bebas dan bisa Anda konsultasikan dahulu pada penjual suplemen hewan atau ke dokter hewan) sebanyak 500 mililiter

2. Persiapan Peralatan Membuat Konsentrat 

Selain bahan, Anda juga membutuhkan beberapa peralatan untuk membuat konsentrat. Tidak perlu khawatir, peralatan yang Anda butuhkan terbilang sangat sederhana. Anda cukup menyiapkan sebuah drum atau ember atau sebuah wadah yang memiliki tutup rapat, botol spray kosong, dan juga sekop untuk mengaduk semua bahan. Jika peralatan sudah siap, maka Anda hanya tinggal membuat konsentrat ayam. 

3. Proses Pembuatan Konsentrat Ayam 

Berikut urutan cara membuat konsentrat ayam: 

  1. Untuk langkah awal, silahkan tuang suplemen organik cair yang sudah Anda siapkan sebelumnya ke dalam sebuah botol spray dan isi dengan air sampai penuh. Kocok botol sampai campuran cairan benar-benar merata
  2. Setelah itu, Anda bisa menuangkan semua bahan membuat konsentrat yang sudah Anda siapkan sebelumnya ke lantai bersih yang sudah Anda alasi dengan terpal. 
  3. Kemudian silahkan mengaduk semua bahan tersebut dengan menggunakan sekop. Aduk sampai benar-benar rata dan jangan sampai masih ada bahan yang menggumpal 
  4. Adonan konsentrat yang sudah tercampur rata akan memiliki warna yang sama rata dan tekstur pakan jika Anda pegang terasa sedikit lembab
  5. Jika sudah benar-benar tercampur, silahkan masukkan adonan konsentrat ke dalam wadah ember atau drum dan tutup sampai benar-benar rapat 
  6. Biarkan pakan selama kurang lebih 2 minggu agar pakan bisa terfermentasi terlebih dahulu 
  7. Setelah 2 minggu, barulah Anda bisa memberikan pakan ke ayam

Baca Juga:  Cara Membuat Konsentrat Ayam Petelur Skala Rumah Tangga 

Manfaat Nutrisi dari Konsentrat Alami untuk Ayam 

cara membuat konsentrat ayam
(sumber gambar: lifepal.co.id)

Seperti yang sudah Anda lihat, bahwa bahan-bahan pembuatan konsentrat adalah bahan yang terbuat dari bahan alami. Tentunya masing-masing bahan akan memberikan kandungan nutrisi tersendiri yang bermanfaat untuk kesehatan ayam. Berikut adalah beberapa manfaat dari bahan konsentrat ayam alami tersebut: 

1. Ampas Tahu 

Anda akan sering sekali menjumpai ampas tahu sebagai salah satu tambahan pakan untuk hewan ternak. Banyak peternak yang menggunakan bahan ini karena adanya kandungan protein yang tinggi di dalamnya. Protein ini berasal dari kedelai sebagai bahan pembuatan tahu. Selain protein, ada pula zat lain seperti karbohidrat, lemak, dan juga serat. Anda juga bisa membeli ampas tahu dengan harga yang terjangkau. 

2. Tepung Ikan dan Kerang 

Selain ampas tahu, tepung ikan dan kerang juga menjadi salah satu bahan bernutrisi sebagai konsentrat ayam. Tepung ikan memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk ayam. Nutrisi tersebut diantaranya adalah protein, serat, lemak, dan juga abu. Bahkan kandungan protein dalam tepung ikan mencapai persentase 44,7 sampai 62 %. 

Sementara itu, tepung kerang juga memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah dengan tepung ikan. Nutrisinya hampir sama dengan tepung ikan dan kandungan protein adalah nutrisi tertinggi yang ada pada tepung kerang. Sayangnya tepung ikan dan tepung kerang cukup mahal harga belinya. Oleh karena itu Anda bisa menggunakannya dalam takaran seperlunya saja. 

3. Tepung Jagung 

Bahan selanjutnya adalah tepung jagung. Sebagai bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi, tidak heran jika tepung jagung memiliki nutrisi yang baik pula untuk ayam. Apalagi di dalam tepung jagung juga terdapat kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Tidak heran jika adanya tepung ini bisa membantu menambah energi untuk ayam. Beberapa nutrisi lain yang bisa Anda temukan dalam tepung ini adalah protein, serat, lemak, karbohidrat, dan abu. 

4. Dedak Padi 

Selain bekatul, bahan lain yang penting untuk membuat konsentrat alami ayam adalah dedak padi. Banyak peternak ayam yang menggunakan bahan ini untuk ayam mereka karena nutrisi di dalamnya. Nutrisi tersebut adalah protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, asam fitat, dan abu. Namun, karena adanya kandungan asam fitat, Anda tidak bisa menggunakan dedak padi sebagai pakan utama bagi ayam. 

Hal ini karena asam fitat yang terlalu banyak, justru akan memicu sifat anti nutrisi menjadi muncul dan tidak baik untuk kesehatan ayam. Maka dari itu, pastikan memberikan dedak padi dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Dedak padi juga bisa Anda beli dengan harga yang cukup terjangkau dan bisa Anda temukan dengan mudah. 

Tips Tambahan Menjaga Kesehatan Ayam 

Tidak hanya dengan memberikan konsentrat, agar kesehatan ayam terjaga Anda juga harus menerapkan tips lain supaya kesehatan ayam bisa optimal. Sebab, tanpa adanya usaha lain kesehatan ayam tidak akan bisa terjaga dengan optimal. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kebersihan kandang. Kandang yang bersih tentu akan mendukung kesehatan dan pertumbuhan ayam menjadi lebih optimal. 

Sebaliknya, kandang ayam yang kotor akan mengundang kuman, bakteri, dan bahkan virus yang bisa menyebabkan penyakit untuk ayam. Untuk itulah Anda harus membersihkan kandang secara rutin. Agar lebih bersih, Anda juga bisa menyemprotkan desinfektan ke kandang ayam secara rutin. 

Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah kualitas pakan utama. Konsentrat adalah nutrisi tambahan untuk ayam, dan pakan utama tetap memegang peran penting untuk kesehatan ayam. Maka dari itu, usahakan untuk memberi ayam dengan pakan yang bersih, penuh nutrisi, dan terhindar dari racun. Dengan begitu, kesehatan ayam bisa lebih terjaga. 

Terakhir, agar kesehatan ayam bisa lebih maksimal, Anda juga bisa melakukan vaksinasi pada ayam. Tujuan vaksinasi ini adalah agar ayam bisa lebih kebal terhadap penyakit. Anda bisa meminta bantuan dari dokter hewan terdekat dengan tempat tinggal Anda untuk melakukan vaksinasi pada ayam. Dengan begitu, ayam bisa lebih sehat dan penyerapan nutrisi dalam tubuhnya bisa lebih optimal. 

Nah sobat agribisnis, itulah urutan cara membuat konsentrat ayam alami yang bisa Anda ikuti sekaligus kandungan nutrisinya. Anda juga bisa menerapkan beberapa tips yang sudah kami berikan agar kesehatan ayam lebih terjaga. Yang terpenting adalah bagaimana memberikan perawatan terbaik untuk ayam ternak supaya hasil akhir ternak. Baik itu ayam petelur atau pedaging bisa tercapai dengan maksimal. Jadi, jangan lupa untuk menerapkan tips dan mengikuti cara membuat konsentrat ini ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *