Breaking News

Cara Membuat Pestisida Nabati dari Serai untuk Membasmi Hama

Sobat agribisnis, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan penggunaan pestisida untuk menyehatkan tanaman. Meski banyak sekali pestisida kimia yang bisa dengan mudah Anda beli, namun pestisida organik sebenarnya juga tidak kalah manfaatnya lho. Salah satunya adalah pestisida nabati dari serai. Cara membuat pestisida nabati dari serai juga terbilang sangat mudah. Penasaran? Intip caranya lengkapnya berikut ini yuk!

Cara Membuat Pestisida Nabati dari Serai

cara membuat pestisida nabati dari serai
(sumber gambar: kompas.com)

Sebelum memasuki cara membuat pestisida nabati dari serai, perlu Anda ketahui dulu apa itu pestisida nabati. Pada dasarnya, pestisida nabati adalah cairan pestisida yang berbuat dari tumbuhan dan bahan organik lain yang bisa berguna untuk mengendalikan serangan hama pada tanaman. Berbeda dengan pestisida kimiawi, jenis pestisida ini tidak akan meninggalkan zat residu yang berbahaya bagi lingkungan atau tanaman lain.

Pestisida nabati juga cenderung lebih mudah pembuatannya dan sangat terjangkau. Pasalnya, bahan-bahan untuk membuat pestisida ini bisa Anda temukan dengan mudah dan murah. Contoh pestisida nabati yang terkenal di daerah Jawa Barat adalah terung teter. Adanya tanaman ini bisa menjadi pengusir hama tanaman sekaligus bisa membantu menyuburkan tanah.

Beberapa contoh lainnya adalah daun pepaya, tembakau, sirsak, dan juga serai. Terkenal sebagai salah satu tanaman yang bermanfaat, serai memang memiliki segudang khasiat baik. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, serai bahkan juga bisa Anda manfaatkan untuk membuat pestisida.

Khasiat serai untuk tanaman ini adalah akibat dari adanya senyawa aktif Silica. Senyawa ini utamanya berada pada bagian daun dan batang serai. Senyawa inilah yang bisa mengendalikan adanya kutu daun dan juga ulat. Tidak hanya itu, serai juga salah satu tanaman yang paling tikus benci. Dengan begitu, hama yang berupa tikus juga bisa musnah jika Anda menggunakan pestisida dari serai.

Inilah beberapa langkah cara membuat pestisida nabati dari serai:

1. Pestisida Nabati dari Serai

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan serai yang sehat dan berkualitas baik. Setelah itu, haluskan semua bagian serai mulai dari akar, batang, sekaligus daunnya sampai benar-benar halus. Jika sudah, silahkan rendam adonan serai yang sudah halus ke dalam air bersih.

Untuk takarannya adalah 2 ons atau 200 gram serai dengan 10 liter air.  Rendam serai dengan air bersih selama kurang lebih 24 jam lamanya. Jika sudah, Anda bisa melanjutkan dengan menyaring endapan air serai. Nah, air endapan serai inilah yang bisa Anda gunakan sebagai pestisida alami untuk tanaman.

Untuk menggunakannya, Anda cukup memasukkan pestisida serai ke dalam tangki sprayer pestisda dan lanjutkan dengan menyemprotkannya pada tanaman. Lakukan penyemprotan secara berkala dan rutin terutama jika tanaman memang sudah terlanjur terkena hama dan penyakit. Semprot secara rutin sampai hama dan penyakit hilang.

2. Pestisida Nabati dari Serai dan Tembakau

Cara membuat pestisida nabati dari serai juga bisa Anda kombinasikan dengan tembakau. Apalagi tembakau memang bisa menjadi pestisida nabati yang baik untuk tanaman. Cara membuatnya juga tidak kalah mudah dengan cara pertama. Inilah urutannya:

  1. Haluskan semua bagian serai mulai dari akar, batang, sampai daun serai
  2. Setelah serai benar-benar halus rendam dengan air bersih. Perbandingannya adalah 1000 gram serai : 10 liter air bersih
  3. Rendam serai ke dalam air bersih selama kurang lebih 24 jam
  4. Selama menunggu, Anda bisa menyiapkan larutan tembakau. Caranya adalah siapkan 1000 gram tembakau dan rebus dengan 10 liter air. Jika tidak mau merebusnya, Anda bisa juga untuk merendamnya saja. Namun untuk hasil terbaik tetap dianjurkan untk merebusnya
  5. Jika sudah, silahkan campurkan air saringan tembakau dan serai dalam 1 wadah besar
  6. Setelah itu, Anda membutuhkan lapisan perekat tambahan yang bisa merekatkan pestisida serai dan tembakau ke tanaman dengan lebih optimal. Perekat alami tersebut adalah dari sabun colek
  7. Takarannya adalah 250 ml cairan serai dan tembakau dengan 1 sendok makan sabun colek
  8. Setiap mengaplikasikan pestisida alami dari serai dan tembakau ini, jangan sampai lupa menambahkan sabun colek ya.
  9. Untuk aplikasinya, cukup masukkan semua campuran bahan tersebut ke dalam tangki spray dan semprotkan ke tanaman secara keseluruhan dengan rutin

Baik cara pertama maupun kedua, sama-sama bisa Anda andalkan untuk menghilangkan hama dan penyakit. Tinggal pilih ramuan mana yang paling sesuai dengan preferensi Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Perekat Pestisida Sendiri, Murah dan Mudah!

Mekanisme Pestisida Serai untuk Membunuh Hama

Setelah memahami cara membuat pestisida nabati dari serai, Anda tentu harus tahu bagaimana mekanisme pestisida serai dalam membasmi hama. Inilah beberapa mekanisme tersebut:

1. Repellent (Menolak Hama)

Tahap pertama dari pestisida serai adalah menolak hadirnya hama ke tanaman. Mekanisme ini merupakan hasil dari minyak atsiri yang ada di dalam serai. Selain itu, senyawa Sitronela. Senyawa ini tidak disukai oleh hama, serangga, dan jenis kutu-kutuan yang biasa merusak tanaman. Minyak dan senyawa ini akan mengacaukan aroma tanaman yang bisa menarik hama untuk hinggap. Akibatnya, hama bisa teralihkan dan tidak jadi hinggap di tanaman.

2. Penghambat Makan

Mekanisme kedua dari pestisida serai adalah menghambat makan. Minyak atsiri yang ada di dalam serai juga bisa menekan perangsang makanan yang tanaman hasilkan. Hasilnya, hama menjadi kurang berselera untuk mengonsumsi tanaman yang sudah berhasil mereka hinggapi. Hal ini jelas membuat pertumbuhan dan perkembangan hama jadi terhambat atau bahkan gagal.

3. Membunuh Hama

Tidak hanya mengacaukan aroma dan menghambat selera hama, minyak atsiri di dalam serai juga bisa menimbulkan iritasi pada hama. Jika terkena minyak atsiri, hama bisa mengalami proses transpirasi yang tinggi yang bisa memicu kematian.

Tanaman Lain yang Bisa Menjadi Pestisida Nabati

cara membuat pestisida nabati dari serai
(sumber gambar: panna.org)

Tidak hanya serai, masih ada banyak sekali tanaman yang bisa Anda manfaatkan untuk pestisida nabati. Inilah beberapa tanaman tersebut:

1. Bawang Putih

Bawang putih memang tidak hanya menjadi bumbu masakan dan berkhasiat dalam kesehatan saja. Lebih dari itu, bawang putih juga bisa Anda manfaatkan sebagai bahan pestisida nabati. Di dalam bawang putih tersimpan bahan aktif berupa Allisin yang bisa mengendalikan adanya hama. Mulai dari wereng, walang sangit, sampai penggerek batang pagi. Bawang putih juga bsia membantu mengatasi penyakit pada tanaman yang merupakan akibat jamur maupun bakteri.

2. Sirsak

Seperti yang sudah disinggung pada bagian sebelumnya, daun sirsak juga bisa Anda manfaatkan sebagai bahan pestisida alami. Kemampuan daun sirsak ini berasal dari bahan aktif yang berupa Resin dan juga Annonain. Nantinya kedua bahan ini bisa membantu mengendalikan hama seperti wereng, penggerek batang, sampai dengan walang sangit. Tidak heran jika banyak juga pelaku budidaya tanaman yang menggunakan pestisida nabati dari daun sirsak.

3. Mimba

Tanaman selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk pestisida nabati adalah mimba. Tepatnya bagian biji dan daun mimba. Di dalam biji serta daun mimba terdapat senyawa berupa Salanin, Nimbenen, Mellantriol, dan Azadirachtin. 

Kombinasi dari berbagai senyawa ini bisa sangat ampuh dalam mengendalikan hama, ulat, kutu-kutuan, nematoda, bahkan sampai jamur dan bakteri.  Jika Anda memiliki tanaman yang layu akibat jamur, Anda juga bisa mengobatinya dengan pestisida yang terbuat dari daun maupun biji mimba.

4. Pepaya

Daun pepaya juga bisa Anda gunakan sebagai salah satu pestisida nabati yang ampuh. Khasiat daun pepaya ini berasal dari senyawa Papain yang bisa Anda jumpai di dalam daun pepaya. Senyawa ini membuat daun pepaya bisa mengendalikan ulat maupun hama penghisap seperti Aphis sp. 

5. Gadung

Tanaman terakhir yang bisa Anda gunakan untuk pestisida adalah gadung. Umbi gadung memiliki beberapa bahan aktif seperti Alkoloid, Fenol, Steroid saponin, dan Diosgenin. Berbagai bahan aktif ini juga bisa mengendalikan hama penghisap sekaligus ulat yang bisa berpotensi merusak tanaman.

Nah sobat agribisnis, itulah berbagai informasi seputar cara membuat pestisida nabati dari serai. Dengan pestisida dari serai ini, Anda bisa semakin menghemat pengeluaran untuk membeli pestisida kimiawi. Apalagi bahan membuat pestisida ini juga sangat mudah dan murah untuk Anda beli.

Selain itu, penggunaan pestisida dari serai ini juga tentunya lebih ramah untuk lingkungan dan tidak menimbulkan residu apapun. Jadi memang tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak mencoba ramuan pesitisida nabati ini. Selamat mencoba pestisida nabati ini ya!

Check Also

jenis kura-kura

Jenis Kura-Kura Darat untuk Dipelihara dan Tips Merawatnya

Jika Anda berniat memiliki hewan peliharaan yang unik, maka kura-kura bisa menjadi pilihan. Hewan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published.