Breaking News

Panduan Cara Memperbanyak EM4 untuk Kebutuhan Pertanian

Dalam dunia pertanian, salah satu bahan yang sangat penting keberadaannya adalah kompos dan juga pupuk. Perlu Anda tahu, bahwa pembuatan kedua bahan ini membutuhkan bakteri yaitu EM4. Lalu, apa sebenarnya bakteri EM4 itu? Bagaimana cara memperbanyak EM4 untuk kebutuhan penguraian pupuk dan kompos? Inilah ulasan selengkapnya.

Mengenal Cairan EM4 dan Manfaatnya

cara memperbanyak EM4
(sumber gambar: Lazada.co.id)

Bagi Anda yang masih asing dengan cairan ini, EM4 pada dasarnya adalah kepanjangan dari Efektif Mikroorganisme 4. Bahan ini berbentuk cairan dan di dalamnya terdapat banyak sekali macam bakteri yang bersifat menguntungkan. EM4 merupakan wujud dari proses fermentasi berbagai bahan organik yang berwarna coklat kekuningan.

Penemu dari  cairan ini adalah seorang Profesor dari Universitas Ryukyus, Okinawa, Jepang. Prof. Dr. Teruo Higa menemukan larutan EM4 yang berisi berbagai mikroorganisme fermentasi. Jumlah mikroorganisme ini juga tidak main-main yaitu sebanyak 80 genius.

Nantinya semua mikroorganisme ini akan bekerja secara efektif dalam memfermantasikan berbagai bahan organik. Ada 5 (lima) bakteri utama yang berperan penting dalam EM4 adalah bakteri Lactobacillus sp, Streptomyces sp, Ragi, dan juga Actinomycetes. Bersama dengan mikroorganisme lainnya, proses fermentasi bahan organik bisa menjadi lebih cepat dan efektif.

Perlu Anda pahami bahwa EM4 bukanlah pupuk, akan tetapi merupakan bahan yang bisa mempercepat pembuatan pupuk. Sebab banyak orang yang masih salah paham dan mengira jika EM4 merupakan sejenis pupuk. Berkat adanya EM4, pupuk kompos maupun jenis pupuk lain bisa dihasilkan dalam waktu yang lebih singkat daripada cara konvensional tanpa EM4.

Manfaat EM4 tidak hanya itu saja, adanya EM4 juga bisa membantu menekan adanya patogen atau bakteri penyebab penyakit yang ada di dalam tanah. EM4 juga bisa membantu meningkatkan ketersediaan unsur hara yang ada di dalam tanaman. Aktivitas serangga hama dan patogen juga bisa lebih terkontrol berkat adanya EM4. Kebutuhan pupuk dan pestisida kimia juga bisa tekurangi dengan adanya EM4.

Cara Memperbanyak EM4 yang Mudah

Banyak petani yang ragu untuk mempraktekkan cara memperbanyak EM4 yang mereka miliki. Padahal, cara perbanyakan cairan ini sebenarnya tidak terlalu sulit lho. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan juga tergolong mudah untuk Anda dapat.

1. Siapkan Bahan dan Peralatan Terlebih Dahulu

Untuk langkah awal, Anda harus menyiapkan beberapa bahan berikut ini terlebih dahulu:

  • EM4 Pertanian (biasanya kemasan berwarna kuning) sebanyak 200 ml atau sama dengan 1 gelas air mineral yang kecil
  • 50 gram terasi
  • Molase atau tetes tebu sebanyak 300 ml yang bisa Anda ganti dengan gula pasir maupun gula merah
  • 5 liter air bersih
  • Botol kemasan air mineral, gayung, dan juga corong
  • Ember

2. Cara Memperbanyak EM4

Setelahh semua bahan siap, maka Anda bisa lanjut pada proses selanjutnya. Cara memperbanyak EM4 adalah sebagai berikut:

  1. Cairkan atau larutkan 50 gram terasi ke dalam air dengan cara merebusnya menggunakan 1 sampai 2 gelas air bersih. Rebus sampai semua bahan benar-benar larut. Jika sudah silahkan angkat dan biarkan sampai dingin terlebih dahulu
  2. Siapkan sebuah ember dan masukkan 5 liter air bersih ke dalamnya
  3. Tuang 200 ml EM4 pertanian atau sebanyak 1 gelas air mineral ke dalam ember. Lanjutkan dengan menambah 300 ml molase. Abila menggunakan gula merah atau gula pasir, maka sebaiknya haluskan terlebih dahulu agar lebih mudah untuk larut dan tercampur
  4. Cairkan terasi dan kemudian campur dengan larutan EM4, air bersih, dan juga molase. Aduk semua bahan yang ada sampai benar-benar merata
  5. Jika sudah merata silahkan masukkan bahan cair tersebut ke dalam botol air mineral yang berukuran cukup besar dengan menggunakan gayung dan corong. Kemudian tutup botol air mineral sampai benar-benar rapat dan simpan ke tempat yang teduh dan biarkan selama beberapa hari
  6. Setelah 3 hari, silahkan buka tutup botol secara berkala. Pasalnya, di dalam botol nanti akan terdapat gas dan harus Anda buka untuk kemudian tutup kembali
  7. Pada hari ke-7 cairan EM4 hasil perbanyakan sudah jadi dan bisa Anda pakai untuk kebutuhan pertanian. Jika Anda ingin memperbanyak EM4 dalam jumlah yang jauh lebih besar, maka sesuaikan saja dengan takaran atau dosis yang sudah ada

Setelah mempraktekkan cara memperbanyak EM4, bisa Anda ketahui bahwa dari 200 ml EM4, Anda bisa menghasilkan 5 liter EM4 lebih banyak. Dengan perbanyakan ini tentu Anda bisa lebih menghemat biaya untuk membeli EM4.

Baca Juga: Cara Membuat Herbarium Tanaman Sederhana dan Manfaatnya

Cara Membuat EM4 Sendiri dengan Bahan Sederhana

cara memperbanyak EM4
(sumber gambar: youtube.com)

Cara sebelumnya merupakan proses untuk memperbanyak cairan EM4. Artinya, Anda sudah membeli EM4 dan kemudian Anda gandakan jumlahnya. Namun selain itu sebenarnya Anda juga bisa membuat sendiri cairan EM4 ini lho. Bahan yang harus Anda siapkan juga terbilang sangat sederhana dan bisa Anda jumpai dengan mudah. Inilah langkah selengkapnya:

1. Siapkan Bahan dan Peraltan Terlebih Dahulu

  • Pepaya matang atau bisa menggunakan kulitnya saja sebanyak 0,5 kilogram
  • Pisang matang atau bisa menggunakan kulitnya saja sebanyak 0,5 kilogram
  • Nanas matang atau bisa menggunakan kulitnya saja sebanyak 0,5 kilogram
  • Kacang panjang segar sebanyak 0,25 kilogram
  • Kangkung air sebanyak 0,25 kilogram
  • Bagian dalam batang pisang muda sebanyak 1,5 kilohram
  • Gula pasir sebanyak 1 kilogram
  • Air kelapa atau air nira sebanyak 0,5 liter
  • Jerigen
  • Saringan
  • Tong atau ember

2. Tahap Pembuatan

Setelah semua bahan siap, silahkan membuat cairan EM4 dengan langkah sebagai berikut:

  1. Silahkan blender semua bahan berupa pepaya, pisang, nanas, kacang panjang, kangkung air, dan bagian dalam batang pisang muda sampai halus
  2. Jika sudah halus, silahkan masukkan ke dalam ember besar
  3. Tambahkan gula pasir dan juga air nira atau air kelapa. Aduk semua bahan sampai benar-benar tercampur dengan rata
  4. Tutup ember dengan rapat dan biarkan selama 7 hari terlebih dahulu supaya proses fermentasi bisa berjalan. Usahakan untuk menyimpan ember di tempat yang teduh dan tidak terkena paparan sinar matahari. Menyimpannya di dalam rumah adalah pilihan yang bagus
  5. Setelah 7 hari, buka tutup ember secara perlahan dan saring cairan EM4
  6. Hasil saringan inilah yang kemudian harus Anda masukkan ke dalam jerigen dan tutup dengan rapat
  7. Cairan EM4 sederhana sudah berhasil Anda pakai untuk kebutuhan pertanian. Masa pakai dari cairan ini juga terbilang sangat lama yaitu bisa bertahan selama 6 bulan di dalam penyimpanan.

Manfaat EM4 Untuk Pertanian, Perikanan, dan Peternakan

Pemanfaatan cairan EM4 tidak hanya terbatas pada pembuatan kompos saja. Lebih dari itu, EM4 juga bisa Anda aplikasikan untuk kebutuhan pertanian, perikanan, dan bajkan untuk peternakan. Inilah manfaat dan cara pakainya:

1. Pertanian

Untuk kebutuhan petanian, penggunaan EM4 bisa memberikan manfaat yang cukup besar. EM4 bisa mempercepat proses bintil akar dan juga meningkatkan kualitas serta kuantitas hasil panen. Selain itu, EM4 juga bermanfaat untuk memperbaiki nutrisi bagi tanaman yang berasal dari dalam tanah. Langkah pengaplikasian EM4 untuk pertanian adalah sebagai berikut:

  • Larutkan 10 ml EM4 dengan 1 liter air dan aduk sampai rata
  • Siramkan campuran larutan tersebut setiap 1 minggu sekali agar kesuburan tanah terjaga
  • 1 tanaman bisa Anda beri EM4 sebanyak 100 ml

2. Perikanan

Untuk perikanan, EM4 juga sangat bermanfaat. Pengaplikasiannya bisa membantu meningkatkan bakteri pengurai bahan organik. EM4 yang Anda berikan ke tanah dasar tambak atau kolam bisa membantu meningkatkan kualitas air secara keseluruhan dan menekan pertumbuhan bakteri patogen. Untuk pengaplikasian, cukup tebarkan pada media kolam atau tambak.

3. Peternakan

EM4 juga memiliki manfaat yang besar di bidang peternakan, khususnya untuk membantu fermentasi pakan ternak. Adanya EM4 bisa membantu perbaikan jasad renik yang ada di saluran cerna peternakan sehingga ternak bisa meningkat kesehatannya. Hewan ternak juga tidak mudah stress dan bau dari kotorannya bisa berkurang.

Untuk aplikasinya, Anda bisa mencampurnya pada pakan ataupun air minum. Jika menggunakan air minum, campurakn 1-2 cc ke dalam 1-1,5 liter air dan berikan setiap hari pada ternak. Sementara pada pakan, silahkan campur EM4 pada dedak, konsentrat, dan juga jagung dengan perbandingan 10 dedak, 2 bagian konsentrat, dan 2 bagian untuk jagung.

Nah sobat agribisnis, itulah informasi selengkapnya tentang cara memperbanyak EM4. Tidak hanya memperbanyak, Anda juga bisa membuat sendiri EM4 dari bahan-bahan yang sederhana. Pemberian EM4 memang sangat bermanfaat untuk pertanian, peternakan, bahkan perikanan. Dengan informasi ini semoga Anda bisa mempraktekkan cara pembuatannya sendiri ya!

Check Also

makanan-ikan-gabus

7 Makanan Ikan Gabus Terbaik dan Tips Budidaya Agar Cepat Besar

Indonesia memang memiliki potensi budidaya ikan air tawar yang sangat menjanjikan, salah satunya adalah ikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.