Breaking News

Simak Cara Menanam Bunga Teratai Pasti Berhasil Disini

Salah satu jenis tanaman air hias yang unik dan indah adalah bunga teratai. Dalam bahasa Inggris, bunga ini bisa Anda kenal dengan nama water lily. Teratai juga menjadi istilah untuk menyebut tanaman yang berasal dari genus lotus. Bunga teratai umumnya tumbuh di permukaan air yang tenang dan bagian bunga serta daunnya muncul di atas permukaan air. Banyak orang mencari bagaimana cara menanam bunga teratai karena keindahan bunganya. 

Bagian bunga teratai memang sangat indah. Umumnya, memiliki warna putih, ungu, kuning, atau warna cerah lainnya. Kepala bunga teratai umumnya memiliki diameter sekitar 5-10 cm yang merupakan perpanjangan dari bagian rimpang bunga. Ada sekitar 50 spesies teratai yang tumbuh di berbagai wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Jenis bunga teratai juga bisa Anda jual sebagai salah satu tanaman hias yang cantik. 

Cara Menanam Bunga Teratai yang Baik dan Benar 

Jika Anda tertarik untuk menanam bunga teratai, maka ada 2 (dua) cara penanaman yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah menanam bunga teratai dari benih dan tunas. Cara ini bisa Anda pilih sesuai preferensi masing-masing.

1. Menanam Bunga Teratai Melalui Benihnya

cara menanam bunga teratai
(sumber gambar: bibitbunga.com)

Untuk penanaman melalui benih, caranya adalah sebagai berikut:

a. Memilih Benih Teratai yang Berkualitas 

Sebelum masuk ke cara menanam teratai, perlu Anda pahami jika ada banyak sekali jenis teratai yang bisa Anda pilih. Mulai dari jenis dengan warna merah muda, ungu, putih, hingga kuning. Anda bisa memilih jenis teratai mana yang sesuai dengan selera. Namun, pastikan bahwa benih yang Anda beli memang berkualitas dan sehat. 

Anda bisa membelinya melalui berbagai marketplace online atau datang langsung ke toko pertanian atau bunga. Pilih benih yang berkualitas yang umumnya memiliki rentang harga cukup terjangkau. Harganya mulai dari Rp.10.000 saja.

b. Mempersiapkan Bibit 

Setelah membeli benih yang berkualitas, maka Anda harus mempersiapkan benih supaya menjadi bibit teratai yang siap tanam. Caranya adalah sebagai berikut: 

  • Siapkan gelas atau wadah plastik, air bersih dengan suhu 24-27 derajat celcius, dan alat kikir logam 
  • Kemudian, Anda harus mengikis kulit benih teratai menggunakan alat kikir secara perlahan. Tujuannya supaya air nantinya bisa masuk sampai inti benih 
  • Isi wadah yang sudah Anda siapkan dengan air bersih dan rendam benih di dalamnya 
  • Biarkan rendaman tersebut setidaknya 1 hari. Perlahan benih teratai akan tenggelam ke dasar wadah dan ukuran benihnya akan membesar 2 kali lipat. Jika mendapati benih yang mengapung, maka keluarkan dan buang benih itu karena umumnya benih yang mengapung tidak bisa Anda tanam 
  • Ganti air secara berkala sampai benih mulai berkecambah

c. Mempersiapkan Media Tanam 

Sembari menunggu benih siap, selanjutnya adalah mempersiapkan media tanam. Siapkan wadah dengan ukuran yang cukup besar serta tanah. Setelah itu, isi wadah media tanam dengan ¼ pasir sungai dan ⅔ tanah liat, urutannya masukkan tanah liat dahulu baru pasir sungai. Pastikan bahwa wadah yang Anda gunakan tidak berlubang supaya pertumbuhan teratai lebih maksimal. 

d. Memindahkan Benih ke Media Tanam dan Ke Kolam 

Cara menanam bunga teratai selanjutnya adalah memindahkan benih teratai ke media tanam. Umumnya, Anda sudah mulai bisa memindahkan benih setelah 4-5 hari perendaman dan sudah memiliki kecambah sekitar 15 cm. Angkat benih secara hati-hati dan jangan sampai merusak bagian kecambah teratai. Setelah itu, tanam langsung benih tersebut ke media tanam yang sudah Anda siapkan. Caranya adalah sebagai berikut: 

  • Letakkan benih pada bagian atas media tanam dan letakkan sedikit tanah liat pada bagian benihnya. Tujuannya agar benih tidak mengapung 
  • Beri jarak sekitar 10 cm antar benih teratai dan setelah itu tutup kembali dengan tanah
  • Jika sudah rapi, maka mulai masukkan teratai bersama media tanamnya ke dalam kolam. Pastikan setidaknya bagian benih juga berada di dalam air minimal 5-10 cm. 
  • Suhu air minimal 20 derajat celcius dan minimalisir penggunaan pupuk pada masa awal penanaman supaya teratai bisa beradaptasi dahulu dengan lingkungannya. 

Baca Juga: Rahasia Cara Menanam Bunga Matahari Paling Mudah

2. Menanam Bunga Teratai Melalui Tunas 

Selain lewat benih, cara menanam bunga teratai juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan tunas. Caranya adalah sebagai berikut:

a. Beli Tunas yang Sehat dan Apungkan Tunas 

Awali dengan membeli tunas teratai yang sehat dan berkualitas. Waktu terbaik untuk membelinya adalah saat musim panas tiba. Anda bisa membeli tunas teratai yang sehat di petani atau tempat pembibitan tanaman. Pastikan bahwa kondisinya sehat dan siap tanam. Selain itu, siapkan mangkuk terlebih dahulu yang nantinya akan berguna untuk mengapungkan tunas. 

Mangkuk kemudian harus Anda isi dengan air yang memiliki kisaran suhu 25-30 derajat celcius. Jika sudah, pindahkan tunas ke dalam mangkuk dan taruh mangkuk pada lokasi yang hangat tetapi tidak terkena sinar matahari langsung. Contohnya adalah dekat jendela. Ganti air secara berkala tiap 3-7 hari atau saat air dalam wadah sudah mulai keruh.

b. Siapkan Media Tanam Teratai 

Cara menanam bunga teratai selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Wadah yang Anda gunakan setidaknya harus memiliki diameter 1-1,5 meter dengan bentuk lingkaran dan tidak berlubang. Tujuan penggunaan wadah ini adalah supaya teratai bisa tumbuh rapi dan tidak memenuhi seluruh bagian kolam. Jika wadah sudah siap, isi dengan tanah menggunakan ketentuan seperti ini: 

  • Isi wadah dengan tanah liat terlebih dahulu sekitar 60% dari isi wadah. Setelah itu, barulah masukkan pasir sungai sekitar 40%. 
  • Beri jarak antara permukaan tanah dan bibir wadah sekitar 5-7,5 cm 

c. Menanam Tunas dan Menurunkannya ke Kolam 

Setelah wadah siap, maka langkah selanjutnya adalah menanam tunas bunga teratai ke media tanam. Memindahkan tunas ke dalam tanah dan jangan menanam seluruh bagian tunas. Pasalnya, hal ini akan membuat tunas membusuk. Anda juga bisa memberikan batu pada area sekitar tunas supaya tidak mengapung sebelum akarnya tumbuh. 

Jika tunas sudah tumbuh dengan baik dan tidak goyah, maka Anda bisa mulai menurunkan wadah penanaman bunga teratai ke dalam kolam. Pastikan dahulu bahwa kolam mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup agar pertumbuhan bunga teratai bisa lebih optimal.

3. Merawat Tanaman Teratai 

cara menanam bunga teratai
(sumber gambar: rumah.com)

Cara menanam bunga teratai yang terakhir adalah bagian perawatan. Meski merupakan tahap akhir, namun tahap ini membutuhkan ketelitian dan ketekunan yang cukup tinggi. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam tahap perawatan adalah sebagai berikut:

a. Berikan Pupuk Tambahan Secara Rutin 

Pertumbuhan bunga teratai juga akan menjadi lebih optimal jika Anda menambahkan pupuk tambahkan. Jenis pupuk yang bisa Anda gunakan adalah NPK. Pupuk ini bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi bunga teratai. Anda bisa menambahkan pupuk ini 3 bulan sekali. Caranya dengan menggunakan tisu yang sudah Anda isi 1 sendok makan pupuk dan tuangkan ke dalam wadah bunga teratai.

b. Jaga Kadar Air dan Kebersihan Kolam 

Tidak hanya pupuk, kadar air kolam juga harus Anda perhatikan dan jaga. Usahakan jangan membiarkan kadar air dalam kolam berkurang banyak. Jika memang sudah mulai berkurang, Anda bisa menambahkan kolam dengan air supaya kadar airnya kembali seperti biasa. Dengan begitu, pertumbuhan bunga teratai menjadi lebih terjaga dan sehat. 

Anda juga harus rutin menjaga kebersihan kolam teratai. Bersihkan secara teratur dari adanya daun kering yang jatuh, kotoran dari luar kolam, dan sebagainya. Selain membuat kolam selalu bersih, membersihkan kolam juga bisa mencegah hewan-hewan pengganggu seperti siput yang bisa merusak bunga teratai.

c. Jangan Memelihara Ikan yang Memakan Daun 

Sebenarnya, Anda tetap bisa memelihara ikan bersama dengan penanaman bunga teratai. Namun, pastikan untuk memilih jenis ikan yang tidak memakan daun. Beberapa ikan yang harus Anda hindari adalah jenis ikan mas, ikan koki, dan ikan gurami. Dengan begitu, kesehatan daun teratai bisa tetap terjaga dan tidak rusak karena ikan-ikan tersebut. 

Setelah perawatan, maka Anda hanya tinggal menunggu sampai bunga teratai berbunga. Bunga teratai umumnya akan muncul di permukaan kolam. Warna bunga teratai ini akan sesuai dari jenis benih yang Anda beli. Jika bunga sudah muncul, maka cara menanam bunga teratai sudah selesai dan Anda bisa menikmati hasilnya sebagai tanaman hias. 

Itulah ulasan cara menanam bunga teratai yang mudah dan pasti berhasil. Pada dasarnya, jenis bunga ini tidak sulit untuk Anda tanam dan bisa menjadi tanaman hias yang cantik. Jadi, apakah Anda tertarik menanam bunga ini? 

Check Also

kucing muntah kuning

Waspadai Kucing Muntah Kuning: Penyebab dan Cara Penanganan

Memiliki kucing kesayangan yang sehat tentu menjadi impian siapa saja. Akan tetapi, pasti ada kalanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published.