Breaking News

Cara Menanam Durian Cepat Berbuah

Siapa yang tak mengenal dengan buah durian, buah yang memiliki khas pada kulit yang di penuhi dengan duri dan aroma yang khas asli Asia Tenggara. Kelezatan rasa dan tekstur dari daging buah yang sangat lembut menjadikan daya tarik utama durian.

Banyak orang yang menyukai kelezatan dari buah ini, bahkan ada yang sampai rela membeli buah ini dengan harga yang fantastis agar dapat menikmati kelezatan dari buah ini.

Buah ini juga sama halnya dengan buah lainnya, karena hadirnya biasanya musiman dan jika musim durian telah tiba, buah durian dapat di temukan di berbagai tempat. Anda bisa menemukan durian di pasar kalangan bawah hingga kelas supermarket dan jenis durian yang di jual biasanya bervariasi.

Di Indonesia sendiri tercatat lebih dari 20 jenis durian yang tersebar diseluruh wilayah indonesia dan penyebaran terluasnya berada di pulau kalimantan. Untuk varietas lokal yang unggul yaitu durian bangkok, petruk dan montong. Varietas ini sendiri memiliki aroma yang begitu khas dan rasa yang sangat legit.

Cara Budidaya Durian, Agar Gizi Buah Tinggi

Cara Menanam Durian

Tak hanya memiliki rasa yang sangat lezat buah durian sendiri memiliki kandungan gizi yang tinggi serta memiliki khasiat untuk tubuh. Kandungan gizi dari buah durian memiliki kandungan antioksidan, energy, karbohidrat, zat fosfor, kalium, vitamin, folat, protein dan serat yang tinggi.

Seperti anda ketahui kandungan antioksidan sendiri dapat mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Jika mengkonsumsi buah durian secara rutin juga dapat  menjaga kekuatan tulang dan otot.

Sampai saat ini jenis buah durian yang masih menjadi primadona yang utama yaitu jenis buah durian montong. Tekstur buah durian sangatlah lembut dan sangat tebal, tetapi memiliki biji yang cukup kecil. Durian montong juga memiliki ukuran yang lebih besar di bandingkan dengan buah durian jenis lainnya. Dengan kualitas rasa dan ukuran, tak heran kalo durian montomh terbilang cukup mahal.

Banyak sekali orang yang tertarik untuk menikmati kelezatan dari buah ini menjadikan harga jual buah durian sangat tinggi, sehingga tak sedikit orang yang tertarik untuk membudidayakan buah ini. Cara membudidayakan durian terbilang sangat mudah, karena dapat di tanam di rumah. Meskipun mudah, namun menanam durian tidak bisa sembarangan dan memerlukan teknik atau cara yang benar.

Dengan menanam pohon durian sendiri, maka anda tidak hanya dapat mengkonsumsi buah duriannya saja tetapi juga bisa menjadi lahan bisnis yang menjajikan. Dilihat dari sisi keuntungan yang lumayan menjanjikan setiap tahunnya, tentu daya tarik bisnis durian sangatlah tinggi. Anda pasti ingin mendapatkan hasil panen yang bagus dengan buah yang melimpah, sehingga anda harus mengetahui bagaimana cara membudidayakan pohon durian yang baik dan benar.

Cara Budidaya Pohon Durian Montong Terbaik

1. Memilih Benih Durian Montong

Untuk menanam pohon durian dari biji langkah pertama yaitu anda harus memilih benih durian jenis montong yang berkualitas. Biji yang di katakan bisa layak di tanam jika biji tidak memiliki cacat dan permukaan kulit dari biji terlihat sangat halus atau kinclong. Untuk mendapatkan benih biji durian itu sendiri, anda dapat menggunakan biji durian montong secara langsung dari durian yang anda makan ataupun anda bisa membelinya di toko pertanian terdekat.

2. Melakukan Pembenihan Durian Montong

Proses pembenihan dari biji durian terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu mempersiapkan wadah yang telah di isi air, lalu anda rendamkan biji durian di dalam wadah tersebut. Untuk wadahnya itu sendiri anda bisa menggunakan peralatan rumah tangga seperti baskom ataupun ember.

Pastikan jika biji durian tersebut terendam semuanya. Jika terdapat biji durian yang terapung, maka anda bisa langsung membuangnya saja. Sudah bisa di pastikan bahwa biji durian tersebut memilki kualitas yang buruk sehingga tidak layak untuk ditanam. Untuk biji durian yang terendam, maka biarkan saja terendam sampai biji memiliki tunas dan akar.

3. Memilih Lokasi Tanam

Pemilihan lokasi tanam durian montong  yang tepat amatlah penting. Lebih baik anda pilih lokasi tanam yang cukup luas seperti pekarangan atau kebun, karena ukuran dari pohon durian cenderung kokoh dan besar. Jika anda menanam pohon durian di lahan yang sangat dekat dengan rumah, maka kemungkinan akarnya yang menjalar akan merusak pondasi rumah.

4. Mempersiapkan Lahan Untuk Tanam Durian Montong

Jika anda telah menentukan lokasi tanam, maka langkah selanjutnya anda mempersiapkan lahan untuk tanam durian montong. Simak tahapannya berikut ini :

Mempersiapkan pupuk menjadi tahapan dalam proses penanaman buah durian. Alangkah baiknya jika pupuk yang di gunakan adalah pupuk organik supaya kandungan pada tanah tidak akan berubah. Anda bisa gunakan pupuk kompos tanaman maupun pupuk kandang. Proses penggemburan tanah pada area tanam bisa menggunakan cangkul. Jika area tanam luas, maka anda bisa mennggunakan mesin gembur tanah.

Jika tanah sudah pada posisi gembur, maka anda bisa mencapurkan pupuk sekam padi dengan komposisi bisa 2:1. Pastikan juga kelembabaan tanah, apabila tanah dirasa terlalu kering anda bisa menyiramnya dengan air. Persiapan lahan ini biasanya dilakukan kurang lebih 2 minggu sebelum proses penanam biji durian montong. Lakukan juga penyiraman sebanyak 2 kali sehari dan pemupukan organik 1 kali dalam seminggu.

5. Proses Penanaman Bibit Durian

Tahapan ini dilakukan setelah tunas muncul lengkap dengan akar yang tumbuh. Pilihlah bibit yang mempunyai tunas yang  segar, batang sehat dan akar yang kuat. Prosesnya buatlah lubang pada area tanam sesuai dengan ukuran bibit yang akan di tanam. Lalu, timbunlah bibit menggunakan campuran pupuk dan tanah tutupi dengan pupuk kandang serta sekam lalu padatkan. Selanjutnya siramlah tanah menggunakan air supaya suhu tanah tetap lembab.

6. Melakukan Perawatan Serta Penangan Dari Hama

Perawatan pohon durian tidaklah susah hanya cukup dengan menyiram dan memupuknya secara teratur saja. Untuk penangan serta pencegahan hama dan penyakit tanaman anda bisa menngunakan pestisida.

7. Proses Pemupukan serta Penyiangan

Tahapan ini dilakukan agar kesuburan pohon tetap terjaga. Proses pemupukan lanjutan bisa dilakukan setiap 2 minggu sekali dan sangat di anjurkan agar pohon durian tumbuh subur. Sebelum pemupukan lakukanlah penyiangan pada rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar pohon, agar pupuk dapat di serap baik oleh pohon.

8. Tahapan Memanen Durian

Durian jenis montong dapat berbuah kurang lebih 4-5 tahun setelah proses masa tanam. Ketika proses panen di mulai, langkah pertama ikatlah buah durian yang sudah matang pada batang pohon dan anda bisa menggunakan tali raffia. Hal ini dilakukan agar buah tidak jatuh ketika sudah matang.

Baca Juga: Cara Menanam Jahe di Polybag Hasil Melimpah

Durian jenis montong yang sudah siap dipanen memiliki warna yang agak kekuningan serta aroma yang khas akan tercium sangat menyengat.

Begitulah sedikit informasi bagaimana cara budidaya pohon durian yang sederhana. Tetap perhatikan serta lakukan setiap tahapannya dengan benar agar pohon berbuah dengan subur serta berkualitas tinggi. Karena sesungguhnya hasil yang maksimal akan di dapatkan jika anda melakukannya dengan sungguh-sungguh dan tekad yang kuat dalam bercocok dalam.

Sekian bahasan lengkap mengenai Cara Menanam Durian dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat untuk para pembacanya.

Check Also

ciri-ciri ikan nila

Inilah Berbagai Sifat dan Ciri-ciri Ikan Nila yang Harus Anda Tahu!

Salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer di Indonesia, khususnya untuk kebutuhan konsumsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.