Breaking News

Cara Menanam Kacang Hijau dan Peluang Bisnisnya

Kamu penyuka makanan yang terbuat dari kacang hijau? Menurut Wikipedia, kacang hijau atau mung bean adalah sejenis palawija yang terkenal luas di daerah tropika. Tumbuhan polong-polongan yang satu ini memiliki segudang manfaat. Ada banyak cara menanam kacang hijau, namun masing-masing memberikan hasil yang berbeda.

Nah, jika kamu ingin memulai budidaya kacang hijau, apakah kamu sudah tahu betul peluang bisnisnya seperti apa? Pasar dari kacang hijau sangat menjanjikan. Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, termasuk protein nabati. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kita bahkan tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Harga kacang hijau di pasaran cukup terjangkau.

Apakah ini menjadi alasan kamu mulai melirik cara menanam kacang hijau di rumah? Terlepas dari apapun alasan kamu, mulai lah bisnis ini dengan sungguh-sungguh. Persiapkan semuanya dengan baik agar hasil panen juga baik.

Hal-hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Menanam Kacang Hijau

Sudah tahu apa saja syarat agar kacang hijau tumbuh dengan optimal? Ingat beberapa hal ini baik-baik atau catat bila perlu.

  • Kacang hijau bisa tumbuh dengan baik di negara tropis, seperti Indonesia
  • Kacang hijau akan tumbuh dengan baik di dataran rendah (sekitar 500 MDPL)
  • PH tanah yang baik adalah 5-6
  • Lakukan pengapuran untuk tanah dengan pH di bawah 5
  • Tanam kacang hijau di lahan gembur yang kaya unsur hara
  • Manfaatkan lahan kosong seperti lahan persawahan yang sudah tidak digunakan agar lebih hemat

Tips dan Cara Menanam Kacang Hijau dengan Baik

Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan dengan baik terlepas dari apakah kamu akan lebih fokus pada cara menanam kacang hijau di polybag atau media tanam lainnya.

Persiapkan Lahan

Mempersiapkan lahan merupakan langkah awal dari budidaya kacang hijau. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan:

  • Bajak atau cangkul tanah
  • Tambahkan pupuk kandang guna meningkatkan nutrisi tanah
  • Buat bedengan dengan tinggi 30-50 cm dan lebar 1 meter atau sesuai kondisi lahan kamu
  • Gunakan jarak 2 meter antar bedeng agar air hujan bisa mengalir tanpa meninggalkan genangan di tengah lahan
  • Siapkan lubang tanam 20×20 atau 25×25 cm
  • Pastikan setiap lubang memiliki tiga mata, dimana 1 lubang untuk menanam benih memiliki kedalaman 4 cm dan 2 lubang lainnya memiliki kedalaman 80-10 cm untuk pupuk

Penyemaian Benih

Langkah ini cukup penting terutama jika kamu belum pernah menanam kacang hijau di lahan yang sudah kamu persiapkan. Caranya adalah dengan membasahi benih kacang hijau dengan air. Setelah itu, angin-anginkan selama 4 jam hingga benih berkecambah.

Tanam Bibit Kacang Hijau

Mungkin sebagian dari kamu ingin mencoba cara menanam kacang hijau di botol. Namun, akan lebih baik jika kamu mencoba satu per satu cara yang kamu pilih. Alhasil, kamu bisa membandingkan cara mana yang lebih efektif dan efisien untuk bisnis budidaya.

Untuk menanam, masukkan 2 benih kacang hijau pada masing-masing lubang. Pastikan benih tersebut sudah berkecambah dan dalam kondisi baik. Penanaman bisa dilakukan di media apa saja baik tanah, pot, polybag dan lainnya.

Penyiraman

Agar tanaman kacang hijau mendapatkan nutrisi yang cukup, jangan pernah melewatkan tahap penyiraman. Jika lahan cukup lembab, cukup lakukan penyiraman satu kali dalam sehari. Sebaliknya, jika lahan cukup kering, siram tanaman dua kali sehari di pagi dan sore hari agar asupan air cukup.

Penyulaman

Penyulaman biasanya dilakukan saat kacang hijau berusia 15-20 hari. Jika ada tanaman yang tidak tumbuh sempurna, segera ganti dengan benih yang baru.

Penyiangan

Sama seperti tanaman lainnya, kacang hijau tidak akan tumbuh sempurna jika bersaing dengan rumput liar dan gulma. Jadi, bersihkan tumbuhan tersebut saat tanaman kacang hijau berusia 15-30 hari.

Pemberian Pupuk

Guna menjaga pertumbuhan kacang hijau, berikan pupuk pada tanaman kamu ya. Kamu bisa melakukannya saat tanaman hendak berbunga, yaitu 1 bulan setelah masa tanam. Untuk mendapatkan hasil panen yang baik, perhatikan dosis pupuk. 1 hektar lahan mungkin membutuhkan:

  • 50 kg urea
  • 50 kg KCL
  • 100 kg TSP

Masa Panen

Tidak bisa dipungkiri jika panen adalah saat yang paling dinantikan. Dengan mengetahui harga pasaran di waktu panen, kamu bisa membuat estimasi berapa banyak uang yang bisa kamu dapatkan, bukan?

Biasanya, kacang hijau masuk masa panen saat berusia 60 hingga 80 hari setelah penanaman. Salah satu ciri tanaman kacang hijau siap dipanen adalah polong yang mulai mengering dan mudah pecah. Agar biji kacang hijau terlepas dari polong dengan mudah, lakukan penjemuran hingga kolong menguning.

Peluang Bisnis Kacang Hijau

Peluang usaha budidaya kacang hijau terbilang menjanjikan serta menguntungkan. Tidak heran jika banyak orang yang fokus pada budidaya kacang hijau di Indonesia.

Tanaman dengan nama latin Vigna Radiata memiliki peminat yang sangat banyak. Faktanya, permintaan dan kebutuhan kacang hijau di pasaran tidak pernah turun. Sebaliknya, malih dinilai semakin meningkat.

Memulai Budidaya Kacang Hijau

Budidaya kacang hijau bisa dilakukan oleh siapa saja dengan modal yang tidak besar. Jika hendak memulai bisnis ini namun tidak memiliki lahan luas dan modal besar, kamu mulai dengan lahan kecil di sekitar rumah.

Keuntungan

Kacang hijau bisa diolah dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa keuntungan dari bisnis tanaman kacang hijau.

  • Perawatan yang relatif mudah
  • Kebutuhan pangan dan gizi keluarga tercinta tercukupi
  • Biaya belanja bulanan lebih hemat
  • Mendapatkan penghasilan dari penjualan
  • Memiliki nilai jual yang tinggi karena merupakan bahan yang banyak peminat di pasaran

Kekurangan

Sama seperti pilihan bisnis lainnya, budidaya kacang hijau juga hadir dengan kekurangannya. Sebelum memutuskan untuk memulai bisnis ini, maka perhatikan kekurangannya, seperti:

  • Persaingan yang tinggi dan ketat
  • Harga jual bisa jatuh pada masa panen raya kacang hijau
  • Mudah busuk jika tidak disimpan dengan cara yang benar
  • Harus sabar menunggu masa panen (sekitar 2-3 bulan)

Pemasaran Kacang Hijau

Untuk mendapatkan untung sesuai perhitungan, kamu harus pintar dalam memilih pasar yang menjanjikan. Biasanya, kacang hijau bisa dipasarkan di pasar, supermarket, atau dijual ke pengepul. Kamu juga bisa menjualnya ke pelaku bisnis yang menggunakan kacang hijau untuk bahan produk mereka.

Kesimpulan

Beberapa cara menanam kacang hijau di atas bisa kamu praktekkan. Akan tetapi, kamu harus bersungguh-sungguh dalam budidaya kacang hijau. Meskipun bisnis tanaman yang satu ini terlihat menguntungkan, kamu harus siap dengan segala resiko dan kemungkinan, termasuk gagal panen. Belum lagi jika harga pasaran jatuh atau turun saat kamu hendak menjualnya.

Seorang pelaku bisnis sejati akan selalu melihat peluang dari setiap risiko dan kekurangan. Sebagai pemula, alangkah baiknya untuk terlebih dahulu mencari tahu dan belajar cara budidaya kacang hijau yang baik dan benar. Jika memiliki modal yang cukup, kamu bahkan bisa melibatkan sang ahli di bidangnya. Selamat mencoba dan semoga bisnismu sukses.

Check Also

7 Cara Budidaya Tanaman Cocor Bebek Hias Sederhana Banget

7 Cara Budidaya Tanaman Cocor Bebek Hias Sederhana Banget

Selamat Datang di Web Hasilbumi.net, tempat beraneka ragam berbagai budidaya yang hendak dihidangkan dalam website ini dengan cara rinci serta perinci. Dibawah ini aku hendak mangulas modul mengenai Congor Bebek berikut uraiannya. Metode menanam congor angsa amatlah gampang, tumbuhan yang satu ini dapat berkembang produktif dimana saja. Congor angsa sendiri terkenal selaku tumbuhan mempercantik, wujud daunnya [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.