Breaking News

Panduan Cara Menanam Kacang Hijau Paling Lengkap

Siapa sih yang tidak mengenal kacang hijau? Salah satu jenis kacang ini memang sangat populer akan manfaat serta kegunaannya yang bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Mulai makanan hingga minuman bisa diolah dengan tambahan kacang hijau dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak heran jika banyak orang yang mencari bagaimana cara menanam kacang hijau supaya bisa memilikinya sendiri di rumah. 

Dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, per 100 gram sajian kacang hijau, Anda bisa mendapatkan nutrisi yang sangat beragam. Mulai dari air, energi, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, beta karoten, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, hingga kalium. Variasi nutrisi inilah yang membuat kacang hijau sangat dianjurkan untuk Anda konsumsi secara rutin. Konsumsi kacang hijau bisa melancarkan pencernaan, menjaga tubuh ideal, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan stamina dalam tubuh, dan menurunkan kolesterol.

Perhatikan Cara Menanam Kacang Hijau Berikut Ini

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki tanaman kacang hijau sendiri di rumah, inilah cara menanam kacang hijau yang bisa Anda jadikan referensi. 

1. Pastikan Syarat Hidup Tanaman Kacang Hijau Terpenuhi 

cara menanam kacang hijau
(sumber gambar: Tanipedia.co.id)

Sebelum menanam kacang hijau, Anda terlebih dahulu harus mengetahui syarat hidup tanaman ini. Sebab, dengan memahami syarat hidup ini, kacang hijau yang ditanam bisa tumbuh dengan optimal dan sehat. Inilah beberapa syarat tersebut: 

  1. Tingkat keasaman tanah atau pH yang dibutuhkan kacang hijau adalah sekitar 5-6. Jika tanah yang digunakan keasamannya dibawah 5, maka usahakan untuk melakukan proses pengapuran terlebih dahulu pada tanah memakai bahan dolomit. Untuk takarannya adalah 1 ton dolomit untuk 1 hektar lahan. Akan jauh lebih baik jika proses pengasaman tanah ini Anda lakukan 1 bulan sebelum menanam kacang hijau. 
  2. Pastikan memakai tanah gembur dan banyak memiliki unsur hara agar kacang hijau tumbuh subur 
  3. Kacang hijau akan tumbuh dengan optimal di negara tropis. Itu berarti, Indonesia bisa menjadi tempat yang sesuai untuk tanaman kacang hijau. 
  4. Jenis kacang ini bisa tumbuh di dataran rendah kurang lebih 500 meter diatas permukaan laut. 

Jika semua syarat hidup ini sudah dipenuhi, maka Anda bisa memasuki cara menanam kacang hijau selanjutnya. Benih kacang hijau juga sangat terjangkau. Dijual mulai dari Rp.20.000 sampai Rp.30.000 perkilonya. Anda bisa membeli benih kacang hijau di toko online, pasar, atau supermarket. Pilih yang berkualitas tinggi supaya hasil budidaya juga bagus. 

2. Lakukan Persiapan Lahan Tanam 

Cara menanam kacang hijau dilanjutkan dengan persiapan lahan agar kacang hijau bisa tumbuh dengan baik. Sebelumnya, pastikan juga bahwa lahan tanam kacang hijau memiliki lokasi yang tepat. Kriteria tersebut antara lain:

  1. tempat yang teduh dan tidak terlalu panas 
  2. lahan tanam jauh dari kotoran dan jauh dari lalu lalang kendaraan bermotor supaya tidak terkena polusi 
  3. memiliki suhu ruangan sekitar 25 derajat celcius 

Jika sudah memilih lokasi, lanjutkan dengan mencangkul atau membajak tanah. Apabila memang lahan tidak terlalu besar, maka cangkul-cangkul tanah lahan sedalam 15-20 cm sampai sekiranya gembur. Jika membajak, bajak sedalam 30-50 cm.  Agar tanah yang dipakai lebih kaya nutrisi dan unsur hara, Anda bisa menambahkan pupuk kandang. 

Selanjutnya, Anda bisa membuat bedengan yang besar dan tingginya bisa disesuaikan dengan luas lahan. Namun umumnya, lebar bedengan adalah sebesar 1 meter dan tinggi 30-50 cm. Setelah bedengan jadi, lanjutkan dengan membuat lubang untuk menanam kacang hijau sebesar 20 x 20 cm. Lubangi menjadi 3 bagian kecil dengan kedalaman yang berbeda:

  1. lubang pertama, dengan kedalaman 4 cm nantinya harus Anda isi dengan benih kacang hijau. 
  2. lubang kedua dan ketiga, memiliki kedalaman 8-10 cm dan berfungsi sebagai tempat untuk Anda memasukkan pupuk tanaman kacang hijau.

3. Proses Penyemaian Benih Kacang Hijau

Cara menanam kacang hijau selanjutnya adalah menyemaikan benih kacang hijau. Caranya juga sangat mudah sekali. Anda cukup menyiapkan kapas yang sudah dimasukkan ke dalam gelas plastik atau wadah baskom. Selanjutnya, letakkan benih kacang hijau diatas kapas yang sudah disiapkan. Kemudian, basahi benih pada kapas lalu diamkan selama 4 jam. Bisa juga sampai benih mengeluarkan kecambah. Selama proses inokulasi tersebut, akar kecambah kacang hijau akan muncul dengan sendirinya.

4. Menanam Benih Hasil Penyemaian Kacang Hijau 

Cara menanam kacang hijau selanjutnya adalah proses untuk menanam kacang hijau. Ambil kecambah kacang hijau yang siap tanam kemudian masukkan pada lubang di lahan tanam. Untuk 1 lubang tanam, Anda bisa memasukkan 2 kecambah kacang hijau yang memiliki kondisi baik. Sementara itu, untuk lubang tanam yang lain bisa Anda tutup dengan tanah tipis. Fungsinya untuk mengisi pupuk pertumbuhan kacang hijau. 

Baca Juga: Peluang Usaha Budidaya Tanaman Karet 

5. Menyiram Tanaman Kacang Hijau 

cara menanam kacang hijau
(sumber gambar: Kebumenhow.com)

Cara menanam kacang hijau selanjutnya adalah menyirami benih. Tahap menyiram kacang hijau ini termasuk dalam bagian yang penting dan krusial agar kacang hijau bisa mendapatkan sumber air dan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya. 

Waktu penyiraman kacang hijau juga harus Anda perhatikan. Apabila kondisi tanah yang dipakai lembab, maka siram 1 kali sehari. Jika kondisi tanah kering, maka siram 2 kali (pagi dan sore) hari. Dengan begitu, kacang hijau bisa tumbuh subur.

6. Proses Penyulaman Kacang Hijau 

Cara menanam kacang hijau selanjutnya adalah penyulaman. Dilakukan ketika waktu tanam kacang hijau sudah memasuki 15-20 hari. Di tahap ini, Anda harus menyortir dan memilah-milah kiranya tanaman kacang hijau mana yang bisa tumbuh dengan baik dan yang tidak bisa tumbuh dengan baik. Misalnya tanaman menjadi kering atau tidak berkembang. Tujuannya agar Anda bisa mendapatkan kacang hijau berkualitas di akhir panen dan bisa mengganti kacang hijau yang tidak tumbuh dengan benih baru. 

7. Proses Penyiangan Tanaman Kacang Hijau 

Cara menanam kacang hijau selanjutnya adalah proses penyiangan. Apa itu penyiangan? Penyiangan adalah proses membersihkan lahan tanam kacang hijau dari gulma atau rumput liar. Proses ini sangat penting untuk dilakukan karena rumput liar dan gulma bisa mengganggu pertumbuhan kacang hijau dan menyerap semua nutrisinya. Penyiangan bisa Anda lakukan ketika kacang hijau masuk waktu 15-30 hari masa tanam.

8. Perawatan Tanaman Kacang Hijau 

Selanjutnya adalah proses perawatan kacang hijau. Cara menanam kacang hijau nantinya akan terbagi menjadi 2 (dua) tahapan. Pertama, pemberian pupuk dan menghilangkan hama. Penjelasanya adalah sebagai berikut: 

a. Pemberian Pupuk 

Pupuk selalu menjadi hal kunci untuk keberhasilan budidaya tanaman, termasuk kacang hijau. Untuk jenis pupuk, Anda bisa memberikan urea, KCL, ataupun TSP. Jika menggunakan urea, maka takarannya adalah 50 kg per 1 hektar lahan. Untuk KCL takarannya adalah 50 kg per 1 hektar lahan tanam. Sementara itu jika menggunakan TSP, maka takarannya adalah 100 kg per 1 hektar lahan tanam. Beri pupuk saat usia kacang hijau sudah 1 bulan.

b. Pastikan Kacang Hijau Terhindar dari Hama 

Hama bisa menyebabkan gagal panen. Agar hal ini tidak terjadi, maka jangan lupa untuk menyemprotkan pestisida pada kacang hijau jika memang ada hama yang menyerang. Dengan begitu, kacang hijau bisa selalu sehat bebas dari hama dan hasil panen menjadi berkualitas bagus.

9. Waktu Panen

cara menanam kacang hijau
(sumber gambar: Pixabay.com)

Cara menanam kacang hijau yang terakhir adalah panen. Umumnya, masa tanam kacang hijau sampai panen adalah 60-80 hari. Kacang hijau siap panen polongnya mulai mengering dan mudah pecah. Cara panen kacang hijau juga cukup sederhana. Anda cukup memetik atau memanen polong kacang hijau. Setelah itu, jemur polong kacang hijau sampai berwarna kuning dan biji bisa terlepas dengan mudah.

Anda bisa melakukan panen setiap hari sampai tanaman habis. Umumnya, luas 1,5 hektar bisa menghasilkan 3000 kg kacang hijau. Perkilo kacang hijau dari petani saat ini berharga Rp.18.000. Anda juga bisa mengepack kacang hijau dan menjualnya ke supermarket atau swalayan terdekat. Itu artinya, dalam sekali panen Anda bisa mendapat keuntungan hingga Rp.50.000.000. Tentu sangat menggiurkan sebagai pilihan budidaya yang menghasilkan bukan?

Demikianlah teknik dan cara menanam kacang hijau yang bisa Anda praktekkan. Kacang hijau mudah dan cepat untuk ditanam. Peluang usahanya juga terbilang sangat besar dan masih terbuka lebar. Para pemula juga bisa memulainya dengan mudah. Semoga dengan informasi ini, Anda bisa menanam kacang hijau sendiri tanpa harus selalu membelinya dan bisa menjadi ide budidaya yang bagus ya! 

Check Also

ciri-ciri ikan nila

Inilah Berbagai Sifat dan Ciri-ciri Ikan Nila yang Harus Anda Tahu!

Salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer di Indonesia, khususnya untuk kebutuhan konsumsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.