Cara Menanam Pohon Kelor dalam 3 Langkah Mudah!

cara menanam pohon kelor

Salah satu tanaman yang sudah pasti tidak asing bagi Anda adalah kelor. Anda bisa menemukan tanaman ini dengan sangat mudah di kebun atau halaman rumah. Cara menanam pohon kelor yang mudah dan manfaatnya yang besar, membuat tanaman ini sangat populer. Anda bisa mengolah daun kelor menjadi berbagai olahan dan bisa juga untuk pengobatan.

Karena banyaknya manfaat daun ini, tidak heran jika permintaan daun kelor memang tergolong tinggi. Hal ini membuat budidaya kelor juga semakin marak. Nah, jika Anda juga tertarik dengan kelor Anda bisa mencoba cara menanam pohon kelor berikut ini. Yuk, simak informasi ini sampai selesai!

3 Langkah Cara Menanam Pohon Kelor

cara menanam pohon kelor
(sumber gambar: tokopedia.net)

Menanam pohon kelor memang tergolong sangat mudah. Anda yang pemula dan tidak memiliki pengalaman di bidang pertanian pun bisa menanamnya dengan mudah. Inilah 3 (tiga) langkah yang bisa Anda tempuh untuk menanam kelor:

1. Memulai Teknik Pembibitan Kelor

Saat akan menanam kelor, perlu Anda ketahui bahwa ada 2 (dua) teknik pembibitan yang bisa Anda coba. Pertama adalah dengan pembibitan biji, dan kedua adalah dengan teknik stek batang. Kedua teknik ini bisa Anda pilih dengan bebas sesuai preferensi masing-masing. Inilah cara pembibitan kelor tersebut:

a. Teknik Pembibitan dari Biji Kelor

Keunggulan dari teknik pembibitan menggunakan biji adalah usia tanaman yang bisa lebih lama yaitu sekitar 50 tahunan. Teknik biji juga bisa menghasilkan pohon kelor yang tahan terhadap penyakit. Hanya saja, kelemahan dari teknik ini adalah waktu yang terbilang lama sampai masa panennya tiba.

Untuk teknik menggunakan biji terbilang mudah dan cepat. Inilah proses yang harus Anda lalui:

  • Sebagai langkah awal, silahkan pilih biji dari tanaman kelor yang memang berkualitas baik dan juga sehat. Pastikan pemilihan biji Anda lakukan dengan baik karena kualitas biji nantinya juga akan mempengaruhi hasil panen daun kelor yang Anda dapatkan. Jadi pastikan biji kelor yang Anda peroleh memang benar berkualitas
  • Jika sudah mendapatkan biji kelor, maka selanjutnya adalah menjemur biji kelor selama kurang lebih 1 jam dibawah sinar matahari
  • Kemudian, lanjutkan dengan merendam biji di dalam air terlebih dahulu. Proses perendaman ini harus Anda lakukan untuk menyeleksi biji mana yang bisa Anda tanam dan tidak rusak. Jangan gunakan biji kelor yang mengapung di permukaan air. Pilihlah biji yang tenggelam di dasar permukaan wadah karena itu merupakan kriteria dari biji yang baik untuk Anda tanam
  • Siapkan media untuk penyemaian biji kelor dimana Anda bisa menggunakan polybag. Campur pupuk kandang dan tanah, setelah itu masukkan ke dalam polybag untuk media penyemaian
  • Taburkan biji ke atas media semai dan letakkan di tempat yang teduh. Sirami bijii secara rutin
  • Proses penyemaian umumnya akan memakan waktu 7 sampai 12 hari. Jika sudah mulai tumbuh, silahkan pindahkan bibit kelor ke polybag yang memiliki ukuran lebih besar. Baru setelah itu bibit bisa Anda pindahkan ke lahan tanam

b. Teknik Pembibitan dengan Stek Batang

Agar mendapatkan bibit yang berkualitas, Anda juga bisa menggunakan teknik pembibitan dengan stek batang. Kelemahan dari teknik ini adalah pohon kelor yang Anda tanam hanya bisa bertahan kurang lebih 30 sampai 40 tahun saja dan lebih rentan untuk terkena penyakit.

Meski memiliki kelemahan ini, teknik pembibitan dengan stek batang memang lebih banyak masyarakat pilih. Pasalnya,, dengan teknik penanaman menggunakan stek batang Anda bisa memanen daun kelor dengan lebih cepat dari pada menggunakan biji. Caranya juga tidak kalah mudah dengan pembibitan melalui biji. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan batang pohon kelor yang sudah Anda potong sebelumnya. Ukuran batang ini setidaknya adalah 30 sampai 50 cm dan memiliki diameter 3 sampai 5 cm
  • Usahakan memotong batang dengan posisi mendatar supaya akar yang tumbuh bisa lebih banyak dan pertumbuhannya lebih cepat
  • Setelah itu silahkan potong bagian tangkai yang akan Anda jadikan bibit dan masukkan ke dalam polybag. Sebelumnya, isi polybag dengan campuran tanah dan juga pupuk kandang terlebih dahulu
  • Taruh polybag di lokasi yang teduh dan siram dengan rutin
  • Jika sudah muncul akar dan sudah bertambah besar, barulah bibit bisa Anda pindah ke lahan penanaman

2. Menanam Pohon Kelor

Cara menanam pohon kelor selanjutnya adalah memindahkan bibit ke lahan tanam. Proses ini bisa Anda lakukan ketika ukuran bibit sudah mulai besar dan siap tanam. Sebelumnya pastikan dahulu bahwa lahan tanam yang akan Anda pakai sudah bersih dari adanya tanaman pengganggu berupa tanaman liar dan juga gulma. Selain itu, pastikan juga kondisi tanah gembur dan bernutrisi agar pertumbuhan kelor bisa lebih optimak.

Jika sudah, buatlah lubang tanam dengan kedalaman 30 sampai 40 cm. Ukuran lubang tanam adalah sebesar 40 x 40 cm. Setelah lubang tanam jadi, isi lubang tersebut dengan pupuk kandang dan biarkan lebih dulu selama kurang lebih 1 minggu agar tanah bisa lebih ternutrisi.

Setelah 1 minggu, silahkan masukkan bibit pohon kelor dari teknik biji maupun stek batang yang sudah siap tanam. Masukkan secara perlahan ke lubang tanam dan jangan sampai merusak bagian akar kelor. Setelah itu, padatkan tanah pada area sekitar pohon kelor supaya pohon bisa berdiri dengan tegak dan sirami secara rutin dan jangan sampai kekeringan.

Baca Juga: Cara Merawat Pohon Karet Agar Getahnya Banyak, 100% Mudah!

3. Merawat Daun Kelor

Cara menanam pohon kelor sebenarnya sudah selesai ketika Anda sudah memindahkan bibit ke lahan tanam. Pasalnya, kelor termasuk jenis tanaman yang tidak membutuhkan perawatan khusus yang rumit. Kunci perawatan pohon kelor hanyalah frekuensi penyiramannya saja.

Anda hanya perlu untuk menyiram pohon kelor setiap 5 sampai 7 hari sekali saja. Bisa juga menyiram pohon kelor ketika Anda rasa memang tanahnya terlalu kering. Namun pastikan untuk tidak berlebihan daam menyirami pohon kelor karena jika terlalu banyak air, bagian akar pohon bisa membusuk. Jika pohon kelor sudah berukuran besar, maka Anda sudah bisa mengambil daun kelor untuk berbagai keperluan.

Manfaat Daun Kelor yang Sangat Beragam

cara menanam pohon kelor
(sumber gambar: odesa.id)

Memiliki julukan sebagai super food, daun kelor memang menyimpan banyak sekali manfaat. Manfaat ini terutama bisa Anda rasakan untuk kesehatan. Setidaknya inilah beberapa manfaat dari daun kelor:

1. Membantu Menurunkan Kadar Gula dan Mengontrol Tekanan Darah

Daun kelor bisa membantu untuk menurunkan kadar gula ddalam darah. Tidak hanya itu, daun kelor juga bisa meningkatkan kinerja dari hormon insulin. Berkat manfaat ini, daun kelor bisa membantu Anda untuk mencegah diabetes dan terjadinya resistensi insulin.

Tidak hanya untuk gula darah, daun kelor juga terbilang baik untuk mengontrol tekanan darah. Manfaat ini berasal dari kandungan kalium yang bisa Anda temukan dalam daun kelor. Kandungan inilah yang bisa membantu tekanan darah supaya tetap stabil.

2. Sebagai Penangkal Radikal Bebas

Manfaat lain dari daun kelor adalah bisa berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Pasalnya, di dalam daun kelor terkandung berbagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Jika terlalu tinggi radikal bebas, maka tubuh bisa mengalami stres oksidatif yang menyebabkan berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Daun kelor juga tergolong sangat baik untuk menjaga fungsi dan juga kesehatan otak. Lagi-lagi manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan yang ada di dalam daun kelor tersebut. Antioksidan bisa membantu tubuh supaya resiko terkena penyakit Alzheimer dan Parkinson yang menyerang otak bisa menjadi lebih rendah. Daun kelor juga bisa menunjang kesehatan dan kinerja otak secara keseluruhan.

4. Menghambat Tumbuhnya Sel Kanker

Manfaat terakhir dari daun kelor adalah untuk menghambat pertumbuhan dari sel kanker. Terutama untuk menghambat pertumbuhan sel kanker yang bisa menyerang pankreas, payudara, dan juga usus besar. Manfaat ini berasal dari antioksidan yang memang bermanfaat untuk pencegahan sel kanker. Dalam daun kelor banyak terdapat antioksidan sehingga memang daun ini sangat baik untuk mencegah kanker.

Nah, itulah cara menanam pohon kelor sekaligus berbagai manfaatnya. Dengan berbagai manfaat yang melimpah terutama untuk kesehatan, tidak heran jika daun kelor banyak sekali peminatnya. Anda bisa mengonsumsi daun kelor secara rutin dengan mengolahnya sebagai sayur agar merasakan manfaatnya. Apalagi Anda juga bisa menanamnya dengan mudah di rumah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.