Breaking News

Tutorial Cara Menanam Semangka Kotak yang Unik!

Sobat agribisnis, pernahkah Anda menemukan semangka kotak? Terdengar unik bukan? Bagi yang belum tau, saat ini memang sudah ada inovasi di bidang budidaya semangka yang sangat unik. Semangka yang umumnya bulat, menjadi bentuk kotak dengan teknik dan cara tertentu. Nah, jika Anda berpikir bahwa membuat semangka menjadi kotak adalah hal yang sulit, maka Anda salah besar. Sebab, ada cara menanam semangka kotak yang mudah, bahkan bisa Anda praktekkan sendiri lho! Penasaran? Yuk, simak tutorialnya berikut ini!

Sekilas Tentang Semangka Kotak yang Unik

cara menanam semangka kotak
(sumber gambar: pinterest.com)

Sebelum memasuki cara menanam semangka kotak, agaknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu sejarah dari semangka yang unik ini. Jadi, semangka kotak sebenarnya adalah buah semangka biasa yang metode penanamannya menggunakan sebuah kotak untuk mengubah bentuk bulat semangka menjadi kotak atau persegi. Cara menanam semangka seperti ini sangat populer dan banyak orang yang menyukainya di Jepang.

Alasannya, selain lebih untuk memotong buahnya, rasa dari semangka kotak juga cenderung lebih manis daripada bentuk semangka biasa. Penemu dari inovasi semangka ini adalah orang Jepang yang berprofesi sebagai petani pada kisaran tahun 1980-an.  Setelah itu, di Jepang semangka kotak ini memiliki popularitas yang tidak kalah dengan semangka biasa karena bentuknya yang unik.

Dengan tahun penemuan selama itu, inovasi ini memang bukan hal yang baru. Akan tetapi, popularitasnya di Indonesia memang masuk secara berkala. Taman buah Mekarsari adalah salah satu pihak yang berhasil mempopulerkan semangka kotak ini di Indonesia. Dari inovasi bentuk kotak pada semangka, kemudian inovasi buah semangka juga terus berkembang dan semakin unik. Bahkan sudah muncul tren semangka bentuk piramida maupun semangka dengan bentuk hati. Sangat unik bukan?

Baca Juga: Tips Budidaya Butternut Squash Cepat Berbuah

Cara Menanam Semangka Kotak

cara menanam semangka kotak
(sumber gambar: superindo.co.id)

Lalu, apakah membuat semangka kotak itu sulit? Jawabannya adalah tidak. Sebab, menanam semangka dengan inovasi bentuk seperti ini sudah sangat populer. Bahkan, Anda juga bisa mencoba untuk menanam sendiri semangka kotak di rumah dengan mudah lho. Penasaran? Inilah cara lengkap penanamannya:

1. Penuhi Syarat Hidup Semangka

Langkah pertama untuk menanam semangka kotak pada dasarnya sama dengan penanaman semangka bulat biasa. Nantinya, perbedaan metode penanaman akan terletak pada penggunaan kotak untuk mengubah bentuk semangka. Nah, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memenuhi syarat hidup semangka. Tanpa syarat hidup yang terpenuhi, semangka yang Anda tanam tidak akan bisa tumbuh dengan optimal. Beberapa syarat hidup yang harus Anda penuhi adalah:

  • Tanah lokasi penanaman harus merupakan tanah yang gembur dan jenis porous (sarang)
  • Tingkat pH atau keasaman tanah yang ideal untuk tumbuh semangka berada pada kisaran 6 sampai 6,7. Jika pH tanahnya kurang dari 5, Anda bisa melakukan proses pengapuran terlebih dahulu untuk menaikkan kadar pH tanah. Namun, jika pHnya sudah lebih dari 7, Anda bisa menaburkan bubuk sulfur ke tanah agar pHnya turun
  • Paling tidak, suhu lingkungan berkisar pada 25 derajat celcius agar semangka bisa tumbuh dengan optimal
  • Ketinggian lokasi penanaman paling tidak berada pada ketinggian 100-300 mdpl
  • Curah hujan paling ideal untuk semangka, berkisar pada angka 40 sampai 50 milimeter setiap bulannya.

2. Mempersiapkan Lahan Penanaman Semangka

Setelah syarat hidup terpenuhi, selanjutnya adalah mengolah lahan penanaman. Pengolahan lahan akan membuat proses penanaman semangka menjadi lebih optimal. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengolah lahan adalah:

  • Membuat kondisi tanah lahan segembur mungkin dengan cara mencangkul atau membajak lahan. Tanah yang gembur akan membuat pertumbuhan semangka menjadi semakin optimal
  • Memberikan pupuk tambahan ketika menggemburkan tanah agar lahan semakin kaya nutrisi dan unsur hara untuk semangka
  • Pembuatan bedengan yang sesuai besar lahan dan jumlah semangka yang Anda akan tanam. Bedengan ini tujuannya adalah untuk mempermudah aliran air lebih lancar untuk semangka
  • Membuat lubang tanam agar proses menanam semangka lebih mudah nantinya

3. Memilih Bibit Semangka dan Persiapan Bibit

Setelah pengolahan selesai, cara menanam semangka kotak selanjutnya adalah memilih bibit yang berkualitas. Kualitas bibit akan sangat menentukan kualitas buah semangka kotak nantinya. Jadi, pastikan Anda memilih bibit atau benih yang memang bagus. Untuk jenis semangkanya sendiri, Anda bisa memilih jenis atau varietas sesuai keinginan Anda. Tidak ada patokan khusus jenis semangka apa yang harus Anda tanam.

Setelah mendapatkan bibit, maka lanjutkan dengan merendam bibit semangka terlebih dahulu. Rendam bibit semangka dengan air hangat yang sudah Anda campur dengan bakterisida, fungisida, dan hormon tubuh. Tujuannya agar nanti penyemaian bibit bisa berjalan optimal dan mudah. Rendam bibit selama kurang lebih 30 menit dan kemudian tiriskan bibit tersebut. Barulah setelah itu memasuki proses penyemaian.

4. Penyemaian dan Penanaman Bibit Semangka

Setelah bibit siap untuk penyemaian, maka siapkan media tanam berupa pupuk kandang dan juga tanah. Tanam bibit tadi dengan hati-hati dan siram dengan sedikit air. Tidak perlu terlalu banyak karena tujuannya hanya membuat tanah agar tidak terlalu kering. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu sampai semangka tumbuh.

Dalam kurun waktu 5 minggu umumnya bibit sudah tumbuh dan siap untuk Anda pindahkan ke lahan. Maka, segera pindahkan bibit ke lahan tanam dengan hati-hati supaya tidak merusak kondisi bibit itu sendiri. Tutup perlahan dengan tanah dan mulai perawatan semangka selanjutnya.

5. Merawat Semangka

Setelah bibit sudah berhasil Anda pindah, maka selanjutnya adalah merawat tanaman semangka kotak. Perawatan ini bisa Anda lakukan dengan melakukan penyiangan terlebih dahulu. Anda harus memotong tanaman semangka yang sekiranya tidak bisa tumbuh dengan sehat.

Kemudian membersihkan lahan penanaman dari rumput liar atau tanaman liar dan juga gulma. Dengan begitu, pertumbuhan semangka bisa optimal. Selain itu, Anda juga bisa memberikan pupuk tambahan pada tanaman semangka. Dengan begitu, nutrisi bagi pertumbuhannya akan semakin terpenuhi.

6. Memasang Kotak Pada Buah Semangka

Cara menanam semangka kotak selanjutnya adalah bagian yang sangat krusia, yaitu pemasangan kotak. Untuk tahap ini bisa Anda lakukan ketika tanaman semangka sudah memasuki usia 40 sampai 45 hari semenjak tanaman semangka sudah berbunga. Pastikan menyiapkan kotak yang bisa muat menampung ukuran semangka . Jangan sampai ukuran kotak terlalu besar atau kecil.

Jika terlalu besar, maka buahh semangka tidak bisa berbentuk kotak sempurna karena terlalu banyak sisa ruang kosong. Sebaliknya jika terlalu kecil, maka cetakan semangka bisa pecah atau bahkan buahnya yang bisa pecah. Maka dari itu, pastikan kotak yang Anda siapkan bisa muat untuk menampung semua bagian semangka dengan pas.

Bahan baku kotak sendiri bisa Anda buat dari bahan akrilik ataupun kayu dengan bingkai besi. Kedua bahan ini adalah yang paling sering untuk petani semangka kotak pakai. Selanjutnya, pilihlah buah semangka terbaik untuk Anda pasang dengan kotak. Kemudian, pasangkan kotak tersebut ke semangka secara perlahan dan hati-hati. Jangan sampai pemasangan kotak merusak kondisi buah atau tangkai semangka.

Setelah selesai, jaga dengan baik dan jangan sampai buah yang ada di dalam kotak ini terkena air sedikitpun. Pasalnya, air yang masuk nantinya bisa menyebabkan buah menjadi busuk. Setelah itu, Anda hanya tinggal menunggu panen semangka tiba sembari mengawasi pertumbuhan buah semangka kotak.

7. Panen Semangka Kotak

Untuk semangka kotak, panen akan memakan waktu sekitar 60 hari. Ini cenderung lebih cepat daripada semangka biasa. Perlu Anda ingat, ketika memasuki waktu kurang dari 5 hari sebelum panen, Anda harus membuka kotak cetakan semangka tersebut. Tujuannya agar tampilan semangka menjadi rapi dan bagus.

Melepaskan dan membiarkan semangka sebelum panen juga bisa membuat rasa semangka menjadi lebih manis.  Untuk melakukan panen, Anda cukup memotong tangkai semangka dengan hati-hati dan jangan sampai jatuh buahnya. Setelah itu, Anda bisa mengonsumsi sendiri semangka kotak tersebut atau menjualnya.

Nah sobat agribisnis, itulah tutorial cara menanam semangka kotak yang bisa Anda jadikan referensi. Bagaimana, cukup mudah bukan? Pada dasarnya, sama saja kok menanam semangka kotak dan bulat. Hanya kehadiran kotak saja yang membedakannya. Selain itu, Anda juga harus lebih memberikan pengawasan bagi semangka kotak ketika sudah memasang kotaknya. Dengan pengawasan yang baik, maka hasil panen semangka kotak juga akan baik dan berkualitas. Selamat mencoba cara ini ya sobat agribisnis!

Check Also

kucing muntah kuning

Waspadai Kucing Muntah Kuning: Penyebab dan Cara Penanganan

Memiliki kucing kesayangan yang sehat tentu menjadi impian siapa saja. Akan tetapi, pasti ada kalanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published.