Teknik dan Cara Mencangkok Pohon Tin untuk Hasil Terbaik

  • Whatsapp
cara mencangkok pohon tin

Sobat agribisnis, pernahkah Anda mendengar tentang pohon tin? Pohon ini akan menghasilkan buah tin atau yang bisa Anda sebut sebagai buah ara. Asal dari pohon ini adalah dari kawasan Asia Barat dan terkenal akan khasiat buahnya yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh. Sayangnya, meski bermanfaat untuk kesehatan, namun buah ini sudah sangat jarang karena budidayanya yang sulit. Cara mencangkok pohon tin harus benar-benar Anda lakukan dengan tepat sebagai jalan untuk memperbanyak pohon tin.

Ya, pohon tin memang terkenal sulit untuk Anda tanam dan budidayakan. Apalagi jika Anda menanamnya menggunakan buah atau biji. Jadi jalan terbaik untuk mendapatkan pohon tin adalah dengan cara mencangkoknya. Sebenarnya, masih ada cara lain untuk memperbanyak pohon ini. Akan tetapi, cara pencangkokan memang banyak petani pilih untuk mendapatkan pohon tin yang berkualitas. Lalu, bagaimana cara mencangkok pohon tin yang benar?

Persiapan Sebelum Mencangkok Pohon Tin

cara mencangkok pohon tin
(sumber gambar: pikiran-rakyat.com)

Sebelum mulai mencangkok, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Persiapan ini menjadi penting karena bisa mempengaruhi keberhasilan cangkok yang Anda lakukan. Hal-hal tersebut adalah:

  1. Pastikan kondisi tanaman sehat dan memungkinkan untuk Anda cangkok bagian batangnya. Cirii indukan yang sehat adalah tidak ada jamur, penyakit, ataupun hama.
  2. Kondisi bibit yang akan Anda cangkok berasal dari kualitas bibit yang bagus
  3. Perhatikan cuaca sebelum melakukan proses pencangkokan. Jika masih musim hujan, maka sebaiknya urungkan dahulu proses pencangkokan pohon tin. Sebab, kondisi terbaik untuk mencangkok tanaman adalah pada saat musim kemarau.

Jika ketiga hal ini sudah Anda perhatikan dan sudah memenuhi syarat, maka Anda bisa melanjutkan proses pencangkokan pohon tin.

Baca Juga: Referensi Obat Penyakit Snot Ayam, 100% Manjur!

Teknik dan Cara Mencangkok Pohon Tin yang Benar

cara mencangkok pohon tin
(sumber gambar: klikhijau.com)

Ada beberapa cara mencangkok pohon tin yang bisa Anda lakukan. Semua teknik ini pada dasarnya baik untuk Anda coba dan berhasil untuk memperbanyak buah tin. Anda hanya tinggal memilih salah satu dari teknik tersebut sesuai preferensi Anda. Inilah cara lengkapnya:

1. Cara Mencangkok Pohon Tin Tanpa Proses Pengeratan

Teknik cangkok yang pertama ini bisa membantu Anda mendapatkan pohon tin tanpa melalui proses pengeratan batang. Beberapa alat yang harus Anda siapkan adalah gelas plastik bekas air mineral, media, isolasi, dan juga gunting. Setelah peralatan siap, langkah cangkonya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan belah gelas plastik dan beri lubang pada bagian bawah gelas. Setelah itu, silahkan masukkan gelas pada batang pohon tin yang akan Anda cangkok tanpa proses pengeratan. Kemudian rekatkan gelas plastik dengan menggunakan isolasi dan pastikan benar-benar rapat pada bagian belahan gelas.
  • Setelah itu, silahkan masukkan media tanah ke dalam gelas plastik hingga penuh. Agar posisi batang tetap berada di tengah media tanam, Anda bisa menambahkan bata di dalam gelas tersebut. Setelah itu, cangkok selesai Anda lakukan.

Keunggulan dari teknik cangkok tanpa pengeratan adalah pohon tin bisa berkembang dengan optimal tanpa terganggu luka bekas cangkok. Selain itu, buah tin juga akan matang dengan sendirinya. Dalam waktu 2-3 minggu, akar sudah mulai tumbuh dan Anda bisa membuka gelas mineral. Barulah setelah itu, Anda bisa memindahkannya ke polybag.

Untuk polybagnya sendiri, usahakan sudah Anda isi dengan kompos yang Anda campur dengan kotoran sapi dan sekam bakar. Tujuannya agar media tanamnya kaya akan nutrisi dan maksimal untuk pertumbuhan pohon tin. Setelah itu, siram dengan air secukupnya.

2. Cara Mencangkok Pohon Tin dengan Pengeratan Barang

Cara yang kedua adalah dengan teknik pengeratan. Untuk cara ini, peralatan yang harus Anda siapkan adalah cocopeat yang sudah Anda campur dengan penumbuhh akar, tali rafia, dan pisau atau cutter untuk mengerat. Langkah cangkonya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan ambil 1 ruas batang pohon tin
  • Setelah itu, bersihkan bagian kambium batang dan mulai kerat batang secara perlahan
  • Setelah itu, tempelkan media berupa cocopeat dan penumbuh akan pada bagian batang yang sudah Anda kerat sebelumnya
  • Ikat dengan rapat menggunakan tali rafia agar tidak bergerak ketika tertiup angin
  • Cangkok pohon tin sudah selesai Anda lakukan dan hanya tinggal menunggu cangkok menghasilkan akar dan kemudian pindahkan ke media tanam pembesaran

3. Cara Mencangkok Pohon Tin dengan Teknik Cangkok Tertutup

Selain dengan metode pengeratan dan tanpa kerat, Anda juga bisa mencangkok pohon tin dengan teknik cangkok tertutup. Cara ini intinya adalah menutup semua celah yang ada pada plastik cangkok. Tujuannya agar tidak ada air yang masuk pada bagian cangkok dan bisa menyebabkan kebusukan.

Siapkan peraltan dan bahan seperti tanah kompos yang tidak basah, plastik es, tali rafia, cutter, pohon tin yang akan Anda cangkok, dan hormon penumbuh akar. Jika sudah siap, Anda bisa memulai langkah pencangkokan yang meliputi:

a. Cara Cangkok 

  • Memilih batang pohon tin yang sehat dan tidak memiliki banyak cabang serta lurus
  • Setelah itu, mulai kerat bagian bawah ruas batang dengan panjang 1.5 cm saja. Jika sudah, berikan hormon penumbuh akar dan tunggu beberapa saat agar hormon meresap
  • Jika sudah, masukkan plastik es dan ikat ujung plastik ke bagian bawah keratan cangkok
  • Masukkan tanah kompos dan siram sedikit dengan air agar lembap. Namun jika kondisi tanah sudah agak lembap, maka tidak perlu menyiramnya lagi. Mengingat cangkokan pohon tin tidak akan baik jika mendapatkan air terlalu banyak
  • Jika sudah, padatkan lagi media cangkok dan ikat dengan kuat agar tidak pecah dan rusak apabila tertiup angin
  • Silahkan tutup cangkokan dengan plastik yang berwarna hitam atau bisa juga menggunakan polybag. Warna hitam bisa membantu stimulasi akar supaya cepat tumbuh. Kemudian, ikat lagi dengan kuat agar air tidak bisa masuk ke bagian dalam cangkokan jika kondisinya sedang hujan.
  • Tunggu selama 4 minggu sampai muncul akar pada bagian cangkokan. Jika akar tidak muncul, maka cangkok yang Anda lakukan gagal. Setelah itu, Anda bisa memundahkan ke tempat pembesaran pohon tin yang baru

b. Pemindahan ke Polybag

  • Pindahkan ke polybag yang sebelumnya harus Anda isi dahulu dengan media tanah kompos dan sekam bakar. Perbandingannya 1 untuk kompos, dan 2 untuk sekam bakar. Jika sudah Anda pindah, siram media dengan menggunakan alat penyemprot tanaman supaya air bisa merata.
  • Umumnya setelah usianya memasukii 3 minggu, bibit sudah bisa terkena matahari. Namun pastikan untuk mengenalkannya ke matahari secara bertahap dan tidak langsung. Sebab, pohon tin bisa kaget dan menjadi layu.
  • Tunggu sampai cangkok lepas dari batang asal. Setelah 1 bulan penanaman maka Anda sudah bisa meletakkan pohon tin di tempat yang terbuka dan juga panas. Tinggal rawat dan sirami dengan teratur agar pohon tin bisa tumbuh dengan sehat.

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

Setelah berhasil mencangkok pohon tin, Anda bisa menikmati buah tin yang kaya manfaat untuk kesehatan. Meski tampilan dan tekstur buah tin ini memang cukup unik, namun berbanding terbalik dengan nutrisi yang sangat kaya dalam buah ini. Beberapa nutrisi yang bisa Anda temukan dalam buah ini adalah vitamin B6, serat, antioksidan, dan tembaga. Kandungan nutrisi itulah yang membuat buah tin sangat baik untuk Anda konsumsi.

Manfaat yang pertama adalah untuk kesehatan pencernaan. Adanya serat dalam buah ini bisa membantu kelancaran pencernaan Anda karena serat bisa berfungsi sebagai prebiotik. Serat akan menambah pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna sehingga kondisi pencernaan Anda selalu sehat dan lancar.

Buah tin juga berkhasiat untuk mencegah kanker. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan yang cukup tinggi dari buah tin ini. Antioksidan bisa menangkal efek radikal bebas yang bisa memicu penyakit kronis seperti kanker. Selain itu, buah tin juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengatasi adanya gejala IBS atau Irritable Bowel Syndrome. Sangat besar bukan manfaat dari buah ini?

Itulah berbagai manfaat dari buah tin sekaligus cara mencangkok buah tin yang bisa Anda ikuti. Anda hanya tinggal memilih teknik cangkok mana yang paling sesuai dengan preferensi Anda. Dengan cara-cara cangkok tersebut, Anda bisa memperbanyak pohon tin dengan mudah dan tidak sulit. Selamat mencoba cara ini ya sobat agribisnis!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *