Breaking News

Cara Menghilangkan Semut pada Tanaman

Pada tanaman  seringkali ditemukan gerombolan semut yang biasanya hinggap pada cabang, daun dan batang tanaman. Walaupun keberadaan gerombolan semut tersebut tidak berbahaya untuk tanaman, namun sangat jelas hal tersebut merupakan sesuatu hal yang tidak indah untuk dilihat.

Biasanya gerombolan semut tersebut juga membuat sarang pada bagian daun sehingga daun menjadi keriput atau ada juga jenis gerombolan semut tersebut yang suka membuat sarang didalam pot dibawah akar tanaman. Daripada itu untuk membasmi semut pada tanaman juga merupakan hal yang  sedikit sulit, karena ketika mereka sudah dibasmi tidak lama mereka akan kembali lagi.

Namun jika gerombolan semut tersebut tetap tidak mau pergi dari tanaman anda maka lakukan hal dengan cara membersihkan tanaman anda dengan mengganti tanah dan pot. Semut juga menyukai kotoran bergizi dan manis yang ditinggalkan oleh serangga-serangga yang menyerang tanaman anda yang biasa disebut dengan melon, jadi semut menggeromboli tanaman hanya untuk memakan melon dan melindungi serangga-serangga tersebut dari serangan musuh mereka.

 

Cara Menghilangkan Semut pada Tanaman

Cara Menghilangkan Semut pada Tanaman:

Cara Menghilangkan Semut pada Tanaman

1. Metode Umpan

Cara paling ampuh untuk membasmi semut pada tanaman di dalam pot yaitu dengan cara mengkombinasikan umpan dengan insektisida. Semut lebih tertarik jika umpan yang dibuat dari bahan minyak, gula serta protein yang diracik dengan insektisida yang didalamnya terkandung zat aktif aksi lambat.

Gerombolan semut tersebut akan membawa umpan ini dengan cara bekerja sama dari satu mulut semut kemulut semut lainnya, sehingga racunnnya mudah menyebar ke seluruh gerombolan semut. Hal ini akan membuat populasi semut di sarang berkurang karena perlahan semut yang telah menggigit umpan ini akan mati.

Umpan semut seperti itu biasanya di jual dalam bentuk batangan sehingga akan mudah pengaplikasiannya dengan hanya tinggal menyimpannya dalam pot tanaman yang terserang atau dalam sarang semut di sekitar tanaman.

Biasanya juga ada jenis umpan yang bentuknya berupa peralatan yang dapat di gunakan beberapa kali dan di isi ulang dengan insektisida . Namun jika menggunakan umpan jenis peralatan isi ulang ini biasanya menyita waktu agak lama untuk membasmi semut karena sifatnya yang tidak instan dan agak ribet karena anda harus sering mengecek alat ini untuk membuang semut-semut yang sudah terperangkap.

2. Metode Larutan Insektisida

Cara berikutnya bisa dengan penggunaan larutan insektisida yakni dengan melarutkan 1 sampai 2 sendok makan insektisida dengan air sebanyak 1 liter lalu rendamkan tanaman sampai terendam tepat pada permukaan tanah tanaman pada pot dan biarkan kurang lebih sampai 20 menit.

Cara ini juga akan membasmi semut yang masih hidup di tanah, lalu bersihkan beberapa semut yang masih menempel pada tanaman. Sterilkan juga tanaman dari larutan insektisida lalu biarkan hingga seluruh bagian tanaman kering .

Insektisida yang di gunakan bisa di beli pada toko obat dan alat pertanian atau untuk penggunaan insektisida ini sendiri bisa di gunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan obat insektisida pada kemasannya. Dalam penggunaan insektisida harus lebih berhati-hati apalagi jika di lingkungan rumah ada anak-anak dan hewan peliharaan.

Insektisida sifatnya obat bahan kimia keras dapat membahayakan keselamatan anak-anak dan hewan peliharaan. Segeralah hubungi dokter hewan apabila anda, anggota keluarga atau hewan peliharaan anda yang terkena larutan insektisida pada area sensitif.

Namun jika anda tidak terlalu menyukai penggunaan bahan kimia untuk tanaman , banyak solusi secara alami yang dapat anda coba, yang diantaranya sebagai berikut :

Cara Menghilangkan Semut pada Tanaman

1. Dengan Penggunaan Buah Jeruk

Pada umumnya semut tidak  menyukai buah jeruk. Cara penggunaan buah jeruk untuk membantu mengusir semut pada tanaman yaitu dengan memeras kulit jeruk sampai sarinya menyebar pada seluruh arah bagian tanaman .

Cara penggunaan kulit jeruk yang lebih ampuh yaitu dengan cara merebus setengah kilo kulit jeruk dengan air selama 15 menit. Lalu haluskan tekstur kulit jeruk dan air menggunakan food processor atau blender. Lalu semprotkan hasil campuran rebusan kulit jeruk ke seluruh bagian tanaman anda.

2. Dengan Larutan Sabun Cuci Piring

Cara Menghilangkan Semut pada Tanaman juga bisa menggunakan larutan sabun cuci piring. Air sabun dapat membunuh semut dengan cara menghancurkan bagian lilin yang berada pada bagian  luar tubuh semut dan hal itu membuat semut menjadi dehidrasi dan kepanasan yang membuatnya mati.

Membuat larutan sabun anda sendiri dengan melarutkan  1 sendok teh sabun kedalam 1 liter air panas atau hangat lalu aduk. Setelah sabun larut anda dapat menyemprotkannya langsung pada seluruh bagian tanaman anda. Alangkah lebih bagusnya anda memilih sabun yang memiliki kandungan peppermint karena biasanya yg memiliki kandungan ini biasanya lebih efektif.

3. Penggunaan Bubuk Kopi

Semut sangat tidak menyukai dengan bubuk kopi sehingga akan membuat semut sebisa mungkin untuk tidak menginjak bubuk kopi. Dengan pertimbangan hal ini, maka anda bisa menjadikan kopi sebagai salah satu alat agar semut tidak mengerumuni tanaman.

Cara penerapannya juga sangat mudah hanya dengan menaburkan bubuk kopi pada area tanah di bawah pangkal tanaman. Penaburan di buat dalam bentuk lingkaran sepenuhnya permukaan tanah pada pot.

4. Penggunaan Bubuk Rempah-Rempah

Selain untuk memasak dan kesehatan rempah-rempah juga ampuh untuk mengusir gerombolan semut pada tanaman hias, seperti bubuk cengkeh, bubuk cabai, bubuk kayu manis  dan bubuk daun teh mint yang kering. Rempah-rempah bisa di aplikasikan dengan cara menyebarkan rempah-rempah tersebut pada seluruh bagian bahkan pada pangkal-pangkal tanaman .

5. Larutan Air dan Cuka

Asam etanoat atau asam cuka yakni senyawa kimia berupa asam organik yang dapat di gunakan untuk penambah rasa asam makanan. Cuka sendiri memiliki ciri rasa yang sangat masam dan bau yang sangat menyengat. Dengan demikian ciri tersebut membuat semut tidak menyukai cuka. Maka dari itu cuka bisa menjadi salah satu alat untuk membunuh gerombolan semut pada tanaman.

Pengaplikasiannya pun cukup mudah hanya dengan menyemprotkan atau mengoleskan cuka pada bagian tanaman yang di geromboli semut.

6. Perangkap semut dari kertas dengan lem

Jika anda tidak ingin melukai semut dalam proses pembasmian, anda bisa membuat perangkap yang di lapisi lem. Perangkap ini akan menjadi lengket ketika di lewati oleh semut, seperti halnya perangkap untuk lalat. Caranya anda memotong kertas dengan berbentuk lingkaran sesuai dengan bentuk pot di bawah pangkal tanaman. Lalu kertas yang telah di gunting tadi atasnya di beri olesan lem yang lengket.

Baca Juga: Cara Menanam Jahe di Polybag Hasil Melimpah

Letakan kertas tersebut di dekat pangkal tanaman dengan bentuk mengelilingi area tanaman, sehingga tidak ada celah semut bisa keluar. Nantinya semut yang melewati kertas akan terperangkap serta tidak berdaya. Cara ini menjadi cara yang sangat aman, namun sayangnya cara ini juga kurang begitu efektif. Anda harus sering mengganti kertas yang telah di penuhi semut dengan perangkap kertas yang baru.

Demikian ulasan lengkap mengenai Cara Menghilangkan Semut pada Tanaman dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat untuk para pembacanya.

Check Also

Jenis Penyakit Mulut Pada Kucing

8 Jenis Penyakit Mulut Pada Kucing, Yang Perlu Dikatahui Para Pecinta Kucing

Selamat Datang di Web Hasilbumi.net, tempat beraneka ragam berbagai budidaya yang hendak disuguhkan dalam website ini dengan cara rinci serta perinci. Dibawah ini admin bakal mangulas modul mengenai Penyakit Mulut , berikut penjelasannya: Kucing merupakan salah satu dari banyak fauna lucu yang hendak Kamu temui di area. Inilah kenapa banyak orang amat bergairah, sebab binatang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.