Breaking News

Cara Mengobati Ayam Korep yang Efektif, 100% Berhasil!

Pernahkah Anda mendengar penyakit korep pada ayam? Ya, ternyata penyakit korep yang notabenenya adalah masalah penyakit kulit ternyata juga bisa menyerang ayam, dan tidak hanya manusia saja.  Umumnya, penyakit ini akan lebih sering menyerang jenis ayam petarung, ayam laga, atau ayam aduan yang memang besar untuk bisa beradu dengan ayam lainnya. Karena menjadi masalah yang umum terjadi, cara mengobati ayam korep penting untuk Anda pahami.

Lalu, apakah sulit untuk mengobati korep ini? Jawabannya adalah tidak. Meski begitu, memang Anda membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang besar agar korep pada ayam bisa sembuh dengan cepat dan optimal. Bagi Anda yang memiliki masalah korep pada ayam aduan, inilah cara mengobati ayam korep yang bisa Anda ikuti.

Mengenal Penyakit Korep Pada Ayam Aduan 

cara mengobati ayam korep
(sumber gambar: statically.io)

Sebelum membahas cara pengobatan penyakit ini, agaknya Anda harus memahami lebih dahulu tentang korep yang bisa menyerang ayam. Penyakit korep pada ayam sebenarnya merupakan suatu jenis penyakit jamur yang menyerang kulit ayam. Kondisi ini juga sering masyarakat sebut sebagai korepan atau buras. Meski bukanlah penyakit yang tergolong berbahaya, namun adanya korep bisa sangat mempengaruhi performa dan kesehatan ayam aduan.

Seperti yang Anda tahu, tujuan perawatan dan pembesaran dari ayam aduan adalah untuk mengadunya dengan jenis ayam lain dan memperoleh kemenangan. Tentunya, ayam yang Anda adukan harus memiliki kondisi tubuh yang sehat dan prima. Hal ini tentu akan sulit tercapai apabila ayam aduan menderita penyakit korep. Kenyamanan ayam bisa terganggu karena rasa gatal dan kesehatannya bisa menurun akibat korep ini. Bahkan, kebotakan bisa terjadi pada ayam yang terkena korep. Lalu, apa penyebab korep ini?

Pada dasarnya, korep yang menyerang ayam adalah akibat dari serangan jamur. Beberapa jenis jamur tersebut adalah Microsporum gypseum, Trichophyton megnini, Trycophyton simii, Epidermophyton sp, dan Microsporum gallinae. Ketika suatu ayam aduan terkena jamur ini, maka ia bisa menulari ayam lain yang sehat, sehingga Anda harus waspada jika sudah ada satu ayam yang terkena serangan korep.

Baca Juga: Budidaya Kerang Mutiara Sukses dan Menguntungkan

Gejala dan Penyebab Munculnya Penyakit Korep Pada Ayam 

Sama seperti penyakit lain, korep yang menyerang ayam juga bisa memunculkan gejalanya tersendiri. Gejala pertama yang bisa Anda amati adalah adanya lapisan kulit yang berwarna putih pada bagian muka ayam dan cenderung mengelupas. Selain itu, bagian jengger ayam aduan juga bisa terkena korep ini dan membuatnya menjadi kering dan mengelupas.

Gejala lain yang bisa muncul juga bisa Anda lihat dari gelagat ayam aduan yang cenderung gelisah serta menampakkan gestur yang tidak nyaman. Selain itu, bagian kulit ayam yang ada pada sekitar muka dan jengger juga menebal atau bahkan muncul kerak. Terakhir, bulu ayam aduan yang terkena korep juga cenderung lebih mudah rontok. Lalu, apa penyebab korep pada ayam bisa terjadi? Inilah beberapa penyebab korep bisa muncul:

  1. Ayam aduan tertular dari ayam lain yang lebih dahulu terinfeksi jamur korep saat bertanding ataupun saat proses pemeliharaannya
  2. Pemilik ayam tidak sepenuhnya bersih saat memandikan ayam setelah bertanding, terutama bagi ayam yang usianya 6-8 bulan saat kulitnya masih sangat tipis dan rentan terkena jamur
  3. Membasuh muka ayam yang kurang bersih sehingga menjadi tempat munculnya jamur
  4. Ruangan kandang ayam yang kurang mendapatkan sinar matahari sehingga menjadi lembab
  5. Penggunaan spons yang sama pada banyak ayam saat memandikannya

Bahaya dari korep pada ayam adalah apabila Anda tidak segera menanganinya dengan serius dan benar. Sebab, jika Anda biarkan saja, jamur yang menyebabkan korep bisa dengan sangat cepat dan mudah menjalar ke bagian ayam lainnya. Awalnya, mungkin hanya bagian muka dan jengger saja, namun lama kelamaan jamur korep bisa saja menyerang bagian leher, kelopak mata, kulit yang berada di dekat paruh ayam, bahkan bisa saja menyerang seluruh bagian kulit tubuh ayam. Tentunya hal ini sangat patut untuk Anda waspadai dan segera tangani dengan baik.

Cara Mengobati Ayam Korep yang Efektif 

cara mengobati ayam korep
(sumber gambar: HoBintang.blogspot.com)

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, meski terdengar ringan dan bukan penyakit yang mematikan, namun korep bisa sangat berpengaruh pada kesehatan ayam aduan. Ayam aduan bisa menurun kesehatan dan performanya. Untuk itu, Anda harus paham cara mengobati ayam korep seperti berikut ini:

1. Menggunakan Sabun Belerang 

Cara mengobati ayam korep yang pertama adalah dengan menggunakan sabun belerang. Sebenarnya, akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan belerang asli yang utuh. Namun mengingat sulit untuk mendapatkannya, Anda bisa mengganti belerang ini dengan menggunakan sabun belerang yang bisa Anda beli di toko hewan ataupun apotek. Belerang memiliki kandungan antibakteri yang nantinya bisa membantu proses penyembuhan korep pada ayam menjadi lebih cepat. Berikan sabun belerang ini ketika Anda memandikannya secara rutin.

2. Menggunakan Betadin 

Betadin atau obat merah memang memiliki banyak sekali fungsi pengobatan baik untuk manusia ataupun hewan. Nah, Anda juga bisa menggunakan betadin sebagai cara mengobati ayam korep yang efektif. Caranya Anda hanya harus meneteskan beberapa tetes betadine pada bagian kulit atau jengger ayam yang sudah terkena korep. Namun, pastikan pemberian betadin ini ketika kondisi ayam sudah bersih atau sudah mandi ya.

3. Menggunakan Daun Sirih 

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih tentunya akan sangat mudah untuk Anda temukan. Nah, rebusan daun sirih juga bisa menjadi obat tradisional yang efetif karena adanya kandungan antibakteri yang bisa membunuh jamur penyebab korep.

Caranya juga sangat mudah, Anda hanya perlu untuk memandikan ayam aduan dengan menggunakan air rebusan daun sirih. Basuh secara merata bagian tubuh ayam terutama pada bagian muka dan jenggernya yang menjadi pusat korep.

4. Salep 88 

Selain menggunakan bahan tradisional, Anda juga bisa memanfaatkan salep 88 untuk mengatasi korep pada ayam. Salep 88 ini juga tergolong mudah untuk Anda temukan di apotek. Anda juga bisa dengan mudah untuk mengaplikasikan salep 88 ini, dengan cara langsung mengoleskannya pada bagian jengger atau kulit muka ayam yang terkena jamur. Lebih baik lagi jika mengoleskannya setelah memandikan ayam dengan menggunakan rebusan daun sirih terlebih dahulu.

5. Minyak Goreng 

Cara mengobati ayam korep yang selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak goreng. Anda cukup mengoleskan minyak goreng tersebut pada area kulit ayam yang terdapat jamur atau korepnya. Meski sulit dijelaskan khasiat dari minyak goreng untuk korep, namun sudah banyak sekali para pemilik ayam aduan yang menyembuhkan korep dengan menggunakan minyak goreng. Hasilnya, korep juga bisa sembuh dengan terbilang cepat dan efektif. Tidak heran jika cara ini tetap layak untuk Anda coba.

6. Gunakan Salep Lain 

Cara mengobati ayam korep yang terakhir adalah dengan memanfaatkan salep lain yang bisa Anda jumpai di toko hewan ataupun apotek. Selain merk salep 88, ada banyak sekali merk salep yang bisa Anda manfaatkan. Contohnya adalah salep dengan merk alber-t dan juga daktarin. Kedua salep ini bisa menjadi pilihan yang layak untuk Anda pertimbangkan untuk mengatasi korep. Cukup beli saja salepnya dan oleskan pada bagian kulit ayam yang terkena korep.

Dengan memanfaatkan 6 (enam) cara mengobati ayam korep tersebut, Anda diharapkan bisa mengobati korep yang bisa mengganggu kesehatan ayam aduan Anda. Jangan lupa juga untuk senantiasa melakukan pencegahan supaya ayam terbebas dari penyakit korep. Beberapa pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah seperti:

  • Buat kebiasaan untuk membasuh ayam sampai bersih setelah ayam bertanding
  • Segera obati jika memang ada luka yang muncul ketika ayam selesai bertanding
  • Selalu pastikan untuk rutin membersihkan area kandang dengan menggunakan cairan desinfektan pada seluruh bagian kandang ayam agar jamur dan bakteri tidak bisa berkembang
  • Pastikan sirkulasi udara dan cahaya matahari bisa masuk dengan lancar dan leluasa pada kandang aya
  • Segera pisahkan dan rawat ayam yang memang sudah terkena jamur dari ayam lain yang masih sehat supaya penyebaran korep bisa terhindar

Itulah cara mengobati ayam korep sekaligus lengkap dengan informasi seputar korep pada ayam itu sendiri. Diharapkan dengan informasi ini, Anda bisa segera menangani kondisi korep pada ayam dengan tepat dan efektif agar tidak menyebabkan penurunan performa ayam aduan Anda. Semoga bermanfaat ya!

Check Also

Jenis Penyakit Mulut Pada Kucing

8 Jenis Penyakit Mulut Pada Kucing, Yang Perlu Dikatahui Para Pecinta Kucing

Selamat Datang di Web Hasilbumi.net, tempat beraneka ragam berbagai budidaya yang hendak disuguhkan dalam website ini dengan cara rinci serta perinci. Dibawah ini admin bakal mangulas modul mengenai Penyakit Mulut , berikut penjelasannya: Kucing merupakan salah satu dari banyak fauna lucu yang hendak Kamu temui di area. Inilah kenapa banyak orang amat bergairah, sebab binatang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *