Breaking News

Cara Merawat Pohon Karet Agar Getahnya Banyak, 100% Mudah!

Banyak orang tertarik untuk membudidayakan pohon karet karena manfaatnya yang besar. Getah karet memang menyimpan segudang manfaat dan nilai ekonomis yang tinggi. Tidak heran jika banyak orang mencari bagaimana cara merawat pohon karet agar getahnya banyak. Di Indonesia sendiri perkebunan karet memang terbilang mudah untuk Anda temui.

Beberapa daerah yang terkenal akan hasil karetnya yang tinggi adalah Jambi, Riau, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan. Hasil getah karet nantinya akan sangat berguna untuk industri lateks karet yang ada di Indonesia. Agar panen getah karet bisa melimpah, tentu harus tahu seperti apa cara supaya getah karet banyak. Lalu, bagaimana caranya? Yuk, simak informasinya berikut ini!

5 Cara Merawat Pohon Karet Agar Getahnya Banyak

Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produksi karet:

1. Perhatikan Pemupukan Pohon Karet

cara merawat pohon karet agar getahnya banyak
(sumber gambar: news.majalahhortus.com)

Sama seperti berbagai jenis tanaman lain, karet juga membutuhkan nutrisi tambahan agar pertumbuhannya bisa maksimal. Hal ini juga berlaku agar getah karet saat panen bisa melimpah. Sebagai pembudidaya, Anda harus memperhatikan betul pemberian pupuk tambahan untuk pohon karet.

Adanya pupuk bisa membantu karet agar bisa mendapatkan nutrisi dan makanan tambahan yang optimal. Selain itu, pupuk akan mempengaruhi banyak atau tidaknya hasil getah yang Anda hasilkan ketika panen nanti. Jenis pupuk terbaik untuk karet adalah pupuk kompos yang berasal dari kotoran hewan maupun sisa makanan. 

Anda memang bisa memberikan jenis pupuk kimia, akan tetapi efek samping dari pupuk kima adalah bisa merusak kandungan alami tanah dan harganya yang relatif mahal. Untuk itu, pupuk kompos alami akan jauh lebih baik untuk Anda gunakan.

a. Pembuatan Pupuk Kompos untuk Karet

Inilah cara untuk membuat pupuk kompos alami bagi pohon karet:

  • Silahkan siapkan wadah besar seperti ember dengan kapasitas paling tidak 1 liter
  • Masukkan garam dapur sekitar 1 sendok makan ke dalam ember
  • Tambahkan kotoran ternak (feses dan urine) sebanyak 3 bagian
  • Perbandingan antara kotoran dan air adalah 3:6
  • Aduk dan campurkan semua bahan yang sudah di dalam ember sampai benar-benar tercampur dengan rata
  • Untuk penggunannya, cukup siramkan sedikit demi sedikit pupuk pada sekeliling bawah batang pohon karet namun jangan sampai terkena bagian batangnya

b. Pembuatan Pupuk Garam Isotonik

Selain kompos, Anda juga bisa memberikan pupuk alami berupa garam isotonik untuk pohon karet. Pemberian garam ini bisa membantu pertumbuhan kareat karena adanya kandungan mineral yang tinggi di dalamnya. Untuk membuat pupuk garam, Anda hanya perlu melarutkan kurang lebih 10 gram ke dalam 1 liter air.  Setelah itu campur larutan garam dan berikan secara rutin pada pohon karet. Untuk hasil terbaik, Anda bisa memberikan pupuk garam setiap hari untuk pohon karet.

2. Penyiangan atau Pemberantasan Gulma

Cara merawat pohon karet agar getahnya banyak selanjutnya adalah dengan melakukan pemberantasan gulma. Gulma memang menjadi musuh bagi pertumbuhan tanaman apapun. Adanya gulma bisa menghambat penyerapan nutrisi untuk tanaman. Memang gulma bisa menjadi penahan aliran hujan agar tanah tidak tergerus, akan tetapi jika jumlahnya tidak terkendali maka hal itu justru akan merugikan pembudidaya karet.

Untuk itu, Anda harus secara rajin dan rutin melakukan penyiangan atau pemberantasan gulma. Biasanya gulma akan muncul di sekitar pohon karet dan biasanya menempel. Anda harus membersihkan gulma ini dan memastikan bahwa kondisi pohon karet bersih dan bebas gulma. Dengan begitu, penyerapan nutrisi untuk pohon karet bisa tetap terjaga dengan maksimal.

Baca Juga: Intip Cara Budidaya Tanaman Sorgum dan Potensinya

3. Menggunakan Bawang Merah

cara merawat pohon karet agar getahnya banyak
(sumber gambar: sindonews.net)

Cara merawat pohon karet agar getahnya banyak selanjutnya adalah dengan memanfaatkan bawang merah. Ya, ternyata jenis bawang yang satu ini bisa menjadi stimulator atau perangsang supaya hasil getah dari pohon karet lebih maksimal. Hal ini merupakan hasil penelitian dari mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Lalu, mengapa bawang merah bisa menjadi stimulator?

Sebab, di dalam bawang merah terdapat kandungan hormon auksin yang bisa menghasilkan getah. Apabila hormon auksin ini Anda aplikasikan pada pohon karet, maka hasil getah dari karet bisa tetap terjaga kuantitasnya. Pemberian bawang merah ini terutama untuk pohon karet yang memang sudah sering disadap.

Jika sebuah pohon karet sudah sering mendapatkan sadapan, maka lama kelamaan kandungan hormon auksin alami di dalamnya akan menurun. Nah, adanya bawang merah bisa menjaga supaya adanya hormon ini tetap seimbang. Untuk mengaplikasikan bawang merah juga terbilang mudah. Caranya adalah sebagi berikut:

  • Buatlah jalur sadapan baru pada pohon karet dengan bentuk melingkar. Usahakan untuk meletakkan jalur sadapan ini pada bagian kulit terbawah karet dengan diameter 5 sampai 10 cm dan lebar 1 sampai 2 cm
  • Setelah itu, siapkan jus bawang sebanyak 1 kilogram dan air 2 liter. Jangan lupa siapkan juga probiotik tanaman atau ramuan organik untuk tanaman sebanyak 1 liter
  • Campurkan semua cairan tersebut sampai benar-benar tercampur dengan merata
  • Oleskan cairan ke kulit bekas sadapan yang sudah Anda buat sebelumnya dengan menggunakan kuas sebagai aplikatornya
  • Lakukan secara rutin setiap 2 minggu sekali terutama pada sore hari

4. Perhatikan Teknik Penyadapan

Cara lain yang bisa Anda lakukan agar hasil getah karet bisa maksimal adalah dengan memperhatikan teknik penyadapan. Saat menyadap karet memang tidak bisa Anda lakukan dengan sembarangan. Apalagi jika Anda salah dalam penyadapan, maka bukan tidak mungkin pohon karet justru tidak bisa mengeluarkan getahnya dan akhirnya mati.

Cara terbaik untuk menyadap pohon karet adalah dengan tidak terlalu dangkal namun juga tidak terlalu dalam juga. Apabila Anda terlalu dalam, maka bagian kayu pohon karet akan ikut terluka dengan pisau sadap. Akibatnya, pohon karet bisa saja mati. Sementara jika terlalu dangkal, maka getah karet yang keluar tidak akan bisa maksimal.

Selainitu, pastikan juga bahwa pohon karet yang akan Anda sadap memang sudah memasuki waktu sadap dan sudah kuat. Kriteria pohon karet yang sudah bisa Anda ambil getahnya adalah yang sudah berusia 5 sampai 6 tahun. Selain itu, ukuran batang pohon karet setidaknya sudah memiliki diameter sekitar 45 cm.

Perlu Anda pahami juga bahwa ada waktu terbaik agar hasil getah karet bisa maksimal. Waktu terbaik untuk penyadapan karet adalah pada saat matahari belum terlampau panas yaitu sekitar pukul 4 sampai 9 pagi. Bisa juga ketika waktu sore yaitu pukul 4 sore.

5. Memanfaatkan Perangsang Getah Karet

Cara merawat pohon karet agar getahnya banyak yang terakhir adalah dengan memanfaatkan perangsang getah. Saat ini sudah banyak sekali penjual perangsang getah yang bisa Anda temukan dengan mudah. Untuk proses yang praktis, Anda memang bisa memanfaatkan produk yang sudah siap pakai. Namun, Anda tetap bisa membuatnya sendiri.

Tidak perlu khawatir karena proses pembuatannya terbilng mudah. Peralatan yang harus Anda siapkan adlah mixer, masker, drum, gayung, ember, kayu pengaduk, timbangan, sarung tangan karet, dan kacamata. Untuk bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah:

  • 2,5 kilogram DAP (Diamonium Phospate) 
  • 30 gram blue dye 
  • 88 liter air
  • 3 liter propanol
  • 2 kilogram rhodopol
  • 6,5 kilogram etephon

Cara membuatnya adalah:

  1. Silahkan masukkan 88 liter air bersih ke dalam drum yang sudah Anda siapkan
  2. Setelah itu, masukkan 6,5 kilogram etephon dan 30 gram blue dye ke dalam drum yang sebelumnya sudah Anda isi dengan air
  3. Pada wadah yang lain, campurkan 2 kilogram rhodaphol dengan 3 liter propanol sampai benar-benar tercampur dengan rata. Jika sudah, tuangkan pada ember dan campur lagi sampai kedua cairan benar-benar merata setidaknya membutuhkan 2 menit supaya campuran benar tercampur rata
  4. Masukkan 2,5 kilogram DAP (Diamonium Phospate) dan kembali aduk semua campuran sampai benar-benar rata. Pastikan tidak ada bahan yang masih menggumpal karena jika masih ada, maka hasilnya tidak akan maksimal untuk pohon karet
  5. Cairan perangsang untuk pohon karet sudah siap untuk Anda gunakan secara rutin agar pohon karet bisa menghasilkan getah dengan maksimal

Nah sobat agribisnis, itulah beberapa cara merawat pohon karet agar getahnya banyak yang bisa Anda lakukan. Memang bukan urusan yang mudah agar pohon karet bisa menghasilkan getah dengan maksimal. Kuncinya terletak pada perawatan pohon karet itu sendiri dan jangan sampai mengabaikan hal ini. Dengan begitu, ketika menyadap getah karet Anda bisa selalu mendapatkan hasil panen yang optimal dan menguntungkan!

Check Also

ciri-ciri ikan nila

Inilah Berbagai Sifat dan Ciri-ciri Ikan Nila yang Harus Anda Tahu!

Salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer di Indonesia, khususnya untuk kebutuhan konsumsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.