Breaking News

Cara Penyebaran Biji Padi Ala Orang Jepang

Penyebaran biji merupakan pergerakan biji biasanya terjadi pada suatu tumbuhan dari tanaman induknya. Dalam suatu sistem pergerakan tumbuhan yang terbatas, tentu membutuhkan suatu vektor penyebaran untuk bisa memindahkan bijinya secara abiotik dan biotik.

Biji biasanya bisa di sebar secara individual atau dalam jumlah banyak dan penyebaran bisa dilakukan dengan variasi antar ruang serta waktu. Secara umum, mekanisme penyebaran akan berpengaruh terhadap keberadaan populasi dan struktur genetika pada suatu tumbuhan.

Penyebaran benih padi menjadi salah satu proses penyebaran biji yang sering di temukan di lingkungan masyarakat, khususnya yang memiliki profesi sebagai petani. Setidaknya ada beberapa jenis penyebaran benih yang perlu di pahami dengan baik.

Jenis Penyebaran Benih

Cara Penyebaran Biji Padi

1. Gravitasi

Gravitasi merupakan teknik yang paling simpel atau sederhana untuk suatu tanaman dalam melakukan proses penyebaran benih atau biji. Apabila buah sudah terlalu berat dalam menopang beban, maka buah tersebut akan terlepas dari bagian tangkainya.

Buah akan jatuh ke bagian permukaan tanah dan akan menjadi proses penyebaran biji yang sangat alami. Penyebaran biji seperti ini banyak terjadi pada tumbuhan apel dan kelapa. Apabila buahnya memiliki bentuk yang bulat, maka kemungkinan penyebaran benihnya akan semakin jauh.

2. Angin

Penyebaran benih juga bisa dilakukan oleh angin dan menjadi cara yang primitif dalam proses persebaran biji. Biasanya biji akan terbang akibat adanya tiupan angin dan biji akan menyebar ke atas tanah, semakin kencang angin berpengaruh terhadap jarak penyebaran.

Dandelion dan maple menjadi contoh penyebaran benih yang sering menggunakan bantuan angin. Persebaran jenis ini haruslah membutuhkan biji dalam jumlah yang besar, agar bisa meningkatkan tumbuhnya perkecambahan di lokasi akhirnya.

3. Air

Metode penyebaran benih dengan bantuan air biasanya dilakukan oleh berbagai jenis tumbuhan air dan tumbuhan yang proses hidupnya berdekatan dengan perairan. Penyebaran benih dengan bantuan air bisa menjangkau jarak yang lumayan jauh.

Lili air menjadi suatu tumbuhan yang biasanya akan mengambang di air dalam beberapa saat dan akan jatuh ke bagian dasar laut, lalu akan membentuk suatu akar di bagian dasar laut. Kelapa juga menjadi tumbuhan yang penyebaran benihnya sering di bantu dengan tenaga air.

4. Hewan

Pada dasarnya, hewan bisa melakukan penyebaran biji atau benih dengan berbagai cara. Biji biasanya akan menempel di bagian kulit, rambut atau bulu. Ciri utama biji yang penyebarannya dengan bantuan hewan biasanya memiliki lendir yang sifatnya adhesif.

Penyebaran benih juga bisa dilakukan dengan menggunakan saluran pencernaan hewan atau endozookori yang merupakan suatu mekanisme untuk sebagian spesies tumbuhan. Endozookori akan membentuk simbiosis mutualisme antara hewan dan tumbuhan. Hewan biasanya akan mendapatkan nutrisi dan tumbuhan akan sangat terbantu dalam proses penyebaran bijinya.

Penyebaran Benih Pada Tanaman Padi

Cara Penyebaran Biji Padi

Penyebaran benih padi yang sering di lakukan adalah menggunakan bantuan manusia atau antropokori. Pola Penyebaran benih padi biasanya di lakukan secara sengaja oleh manusia dan sering di lakukan dalam bidang pertanian, karena menjadi proses awal dalam menanam padi.

Teknik Penyebaran benih padi yang dilakukan di Indonesia kebanyakan masih menggunakan cara konvensional yaitu dengan menanamkan benih langsung menggunakan tangan. Prosesnya tidak hanya memerlukan biaya besar, namun memerlukan proses yang lumayan lama.

Proses penyebaran benih padi atau tandur sangat tergantung dari kelincahan para petaninya, sehingga tingkat keakuratannya sangatlah minim. Kini, sudah banyak petani di Indonesia yang melek akan teknologi dan menggunakan berbagai peralatan canggih untuk menyebarkan benih padi.

Jepang menjadi negara yang memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan pertanian di Indonesia, karena banyak peralatan pertanian canggih yang mulai di terapkan di Indonesia. Efisiensi menjadi alasan utama para petani menggunakan peralatan pertanian canggih dari Jepang.

Cara Penyebaran Biji Padi Ala Orang Jepang

Cara Penyebaran Biji Padi

Penyebaran benih ala Jepang telah menggunakan mesin-mesin yang sangat canggih dan setiap mesin tanam padi pasti memiliki penggeran sendiri atau self propulsion. Mesin tandur atau penyebaran benih ala Jepang biasanya di operasikan dengan cara di tuntun atau ada juga yang di kendarai.

Mesin tandur yang di operasikan dengan cara di tuntun biasanya memiliki alur tanam sekitar 2 sampai dengan 6 alur. Sedangkan untuk tipe mesin yang di kendarai bisanya memiliki alur tanam sekitar 4 sampai 12 jalur tanam dalam satu lintasan penanamannya.

Jarak antar tanamannya biasanya di buat dengan jarak sekitar 30 cm dan jarak antar bibitnya biasanya di sesuaikan antara 11 sampai 18 cm. Jumlah bibit yang biasanya di tanam dalam setiap titik yaitu sekitar 3 sampai 5 bibit.

Kecepatan tanam yang bisa dilakukan menggunakan mesin tandur yaitu sekitar 200 titik per menit dalam satu jalur yang sama. Apabila suatu mesin bisa menanamkan benih sebanyak 4 jalur, maka jarak antar jalurnya sekitar 40 cm dan jarak antar titik tanamnya adalah sekitar 16 cm.

Berdasarkan indikator tersebut, maka di butuhkan waktu sekitar 4 jam untuk menyelesaikan penyebaran benih padi per hektar. Dengan menggunakan mesin, tentu penyebaran benih lebih efisien dan lebih cepat di bandingkan dengan menggunakan cara konvensional.

Dalam prakternya, maka di perlukan waktu yang lumayan lama untuk proses berbelok, berpindah petakan, menambah bibit dan lainnya. Namun penanaman dengan menggunakan mesin ala Jepang lebih efektif di bandingkan dengan mengandalkan kelincahan tangan manusia.

Dengan menggunakan mesin penyebaran benih padi ala Jepang, maka tingkat kegagalannya sekitar 1%. Kegagalan tersebut biasanya benih rusak karena tercabik, mengapung atau terbenam. Sebelum menggunakan mesin yang canggih, maka di perlukan pelatihan terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Menanam Jahe di Polybag Hasil Melimpah

Proses pembuatan bibit padi biasanya dilakukan dengan cara menyemaikan 200 gram benih dalam suatu kotak berukuran 60 x 30 x 3 cm. Biasanya benih akan di semaikan dalam ruang yang gelap sampai benih menghasilkan kecambah, lalu harus di berikan penyinaran sinar matahari selama 2 hari sampai benih berwarna hijau merata.

Lalu benih harus di pelihara sampai ukurannya sesuai dengan keinginan anda. Pembibitan ala orang Jepang biasanya membutuhkan 7000 sampai 30000 kotak benih untuk penanaman dengan luas 50 sampai 200 hektar.

Mesin tandur menjadi peralatan canggih yang sangat rekomended di pakai oleh para petani Indonesia, karena bisa membantu mempermudah dalam proses penyebaran benih padi dan memperkecil modal untuk biaya penanaman padi.

Ketika petani menggunakan cara yang konvensional, tentu biaya yang di keluarkan sangatlah besar. Bukan hanya soal biaya jasa, namun juga biaya untuk menyiapkan makanan atau minuman. Namun saat menggunakan mesin tandur, maka anda tidak perlu memperkerjakan banyak orang.

Pemerintah Indonesia juga sangat mendorong para petani untuk menggunakan peralatan canggih asal Jepang dan memberikan bantuan kepada kelompok tani yang membutuhkan peralatan canggih asal Jepang tersebut.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara penyebaran biji padi ala orang Jepang dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat untuk para pembaca.

Check Also

5 Cara Menanam Buah Bit agar tumbuh baik

Bit adalah bagian akar dari tanaman bit yang umum dikenal di Kanada dan Amerika Serikat. Bit memiliki warna buah merah seperti bawang merah saat dimasak. Jadi bagaimana bit Anda bisa tumbuh? Kali ini, hasilbumi akan berbicara tentang bagaimana Anda bisa menanam tanaman bit. Cara menanam bit yang ringkas dan sederhana, sehingga mudah dipahami bagi pemula. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *