Breaking News

Lima Cara Ternak Kelinci Dengan Mudah

Sebagai hewan mamalia yang lucu, membuat anak-anak banyak menggemari hewan satu ini sebagai hewan peliharaan. Selain itu masyarakat juga memanfaatkan daging, kulit dan bulu dari kelinci ini. Manfaat dari daging kelinci adalah mengandung protein hewani rendah lemak sehingga sebagai makanan favorit oleh masyarakat. Dan bagi pelaku industri kreatif tanah air kulit dan bulu kelinci sebagai bahan membuat kerajinan.

Dengan tiga manfaat dari hewan kelinci tersebut menjadikan hewan ini sebagai hewan ternak disekitar rumah. Sehingga Kementerian Pertanian juga mendorong pengembangan ternak hewan ini sebagai sumber protein hewani yang sangat tinggi. Mungkin ada pertanyaan dari Sobat Agibisnis, apakah mengembangbiakan kelinci itu susah? Menjawab pertanyaan tersebut, Sobat Agribisnis dapat melakukan 5 cara ternak kelinci dengan mudah. Dengan ketekunan dan keuletan Sobat semua akan memperoleh hasil yang memuaskan dalam menjalankan ternak hewan ini.

Jenis Kelinci.

Sesungguhnya tidak terdapat batasan tersendiri jenis kelinci dimasyarakat. Jadi terkadang kelinci untuk peliharaan pun dapat berubah peruntukan menjadi pedaging.

Namun demikian dengan melihat fokus utama dalam budidaya kelinci ini terdapat tiga orientasi pemanfaatan yaitu pemanfaatan untuk daging, kulit dan bulu. Oleh karena itu sebelum Sobat Agribisnis memulai ternak kelinci ini ada baiknya mengetahui jenis-jenis kelinci yang akan Sobat budidayakan tersebut.

Untuk Kelinci Hias.

Pada umumnya kelinci hias mempunyai penampilan yang lucu dan menawan. Sehingga jenis kelinci banyak sebagai hewan kesayangan sebagaimana kucing. Sebagai kelinci hias mempunyai postur tubuh yang ideal dan bulu yang halus serta tebal.

Oleh karena itu kelinci ini memerlukan perawatan bulu dan pertumbuhan badannya. Tentu saja harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk perawatan bulu dan kulitnya. Serta untuk menjaga kondisi tubuhnya juga memerlukan vitamin tersendiri.

Jenis Kelinci Budidaya.

Selain itu ternak kelinci juga untuk keperluan budidaya. Mengapa untuk keperluan budidaya? Karena pengembangbiakan kelinci ini untuk keperluan bisnis dengan memanfaatkan daging, kulit dan bulu dari hewan ini. Daging kelinci biasanya untuk kuliner sate kelinci sementara kulit dan bulu kelinci untuk membuat kerajinan. Berikut ini contoh kelinci untuk budidaya antara lain:

  • Sebagai pedaging: kelinci jenis Flemish Giant dan New Zealand White;
  • Untuk diambil kulitnya: Rex dan Satin.
  • Pemanfaatan bulunya: Angora.

5 Cara Ternak Kelinci Dengan Mudah.

Setelah mengetahui tujuan dan jenis kelinci yang akan Sobat kembangkan, maka Sobat dapat memulai ternak kelinci. Dalam memulai ternak kelinci terlebih dahulu penyiapan kandang, pengembangbiakannya, pemberian pakan, perawatan dan yang terakhir panen kelinci.

Penyiapan Kandang.

Untuk penyiapan kandang dapat menyesuaikan dengan ketersediaan halaman Sobat. Sehingga kandang kelinci mempunyai dua tipe kandang yaitu kandang terbuka dan kandang tertutup.

  • Kandang terbuka. Dalam tipe kandang terbuka, areal lahan yang sekelilingnya diberi pagar setinggi 0,5-1 meter. Kelinci bebas berkeliaran dan memiliki tempat berteduh serta beristirahat. Pada kandang tipe terbuka ini memerlukan lahan yang luas dan terbuka. Sehingga tipe kandang ini banyak dilakukan oleh peternak dipedesaan. Selain itu harus tersedia tempat minum dan pakan bagi kelinci. Karena kelinci tidak menyukai lingkungan yang lembab, maka drainase kandang juga harus baik. Kelebihan dari kandang ini adalah kelinci bebas berkeliaran mencari makan sehingga tidak bergantung jadwal makan dari peternak.
  • Kandang tertutup. Ukuran kandang tertutup dapat meyesuaikan halam yang kita punya. Sehingga kondisi ini akan berpengaruh banyaknya kelinci. Penggunaan kandang tertutup untuk usaha ternak kelinci yang lebih serius. Sehingga dapat mengkontrol perkembangan dari kelinci. Pada kandang tertutup memerlukan kandang tipe postal dan tipe baterai. Kandang tipe postal untuk keperluan perkawinan dan penyapihan anak. Sedangkan kandang tipe baterai untuk pembesaran. Pada umumnya kandang tipe baterai mempunyai ukuran 60 x 40 x 40 cm menyesuaikan besar kecilnya kelinci.

Pengembangbiakan.

Dalam pengembangbiakan kelinci, langkah awal yang harus Sobat lakukan adalah memilih indukan yang sesuai dan selanjutnya melakukan reproduksi kelinci.

  • Memilih Indukan. Dalam memilih indukan, Sobat harus memilih indukan yang berkualitas unggul. Karena dari indukan ini akan menetukan produktivitas dan kualitas hasil ternak kelinci. Beberapa kriteria indukan yang berkualitas adalah memiliki kesehatan yang baik, berat kelinci betina minimal 4-5 kg dan jantan 3-5 kg, pinggulnya bulat, mata cerah dan tidak mudah nervous, bulu bersih dan punggung tidak cekung.
  • Reproduksi Kelinci. Kelinci memasuki masa birahi pada usia 6-12 bulan sesuai dengan jenis ras kelinci. Dengan masa birahinya selama 11-15 hari. Pada kelinci betina pada saat birahi menunjukkan tanda-tanda gelisah mencari pejantan, menggosok dagunya pada benda atau kelinci lain dan vulva berwarna kemerahan dan basah. Mengawinkan kelinci dapat dengan cara berkelompok dan berpasangan. Dengan cara berkelompok, memasukkan sejumlah kelinci betina dan pejantan dalam satu area. Dimana satu pejantan dapat membuahi 5-10 betina. Sedangkan cara berpasangan memasukkan satu kelinci betina dan satu jantan dalam satu kandang. Dalam hal ini menggunakan kandang tertutup tipe postal. Setelah masa pembuahan, masa kehamilan selama 28-35 hari sesuai dengan kondisi ras kelinci. Kelinci betina dapat dibuahi kembali setelah 2 minggu dari melahirkan. Jumlah anak dalam satu kelahiran 4-12 ekor sesuai jenis rasnya.

Pemberian Pakan.

Kelinci membutuhkan pakan mencapai 4-5% dari bobot tubuhnya per hari. Dimana kelinci mengkonsumsi pakan berupa hijauan dan konsentrat serta vitamin.

  • Hijauan. Kelinci mengkonsumsi pakan hujauan berupa limbah sayuran seperti sawi, wortel, lobak dan daun singkong. Selain itu juga memakan rumput-rumputan dan dedaunan dari tanaman kacang tanah, jagung dan pepaya. Pemberian pakan hijauan pada umur 2 minggu dengan porsi sedikit demi sedikit. Dengan melayukan daun dauanan tersebut terlebih dahulu. Kelinci muda hingga umur 4 bulan mengkonsumsi 20% hijauan dari total pakannya. Dan setelah 4 bulan membutuhkan 60% dari total pakan.
  • Konsentrat. Pakan konsentrat biasanya berupa pelet buatan pabrik. Dimana pelet ini mengandung nutrisi yang lengkap. Oleh karena itu harga pelet relatif mahal, sehingga cocok untuk usaha ternak kelinci secara intensif.

Perawatan.

Perawatan kelinci dimulai dari menjaga kebersihan kandang. Ukuran kandang harus menyesuaikan jenis dan ukuran kelincinya. Seminggu sekali Sobat Agribisnis harus membersihkan kandang tersebut serta bersihkan jerami nya dari kotoran kelinci setiap hari. Menyediakan makanan sehat sesuai dengan usia dari kelinci. Dalam hal ini pemberian pakan hijauan dan konsentrat harus seimbang.

Baca Juga: Peluang Usaha Budidaya Kelinci Pedaging

Agar asupan gizi bagi kelinci dapat terpenuhi. Menyediakan air minum bersih, Sobat harus mengganti air minum kelinci setiap harinya. Tujuannya adalah selain untuk kebersihan air minumnya juga untuk menghindari sebagai sarang nyamuk. Sterilisasi kelinci, tujuan dari sterilisasi ini untuk mencegah kanker ganas yang menyerang kelinci yaitu Uterine Adenocarcinoma. Kanker ini kebanyakan menyerang 80% kelinci betina yang belum di steril. Kelinci sudah dapat di steril pada umur 4-6 bulan.

Panen.

Pada ternak kelinci tidak ada patokan usia kelinci sudah dapat dipanen. Untuk keperluan hewan peliharaan, peternak dapat menjual kelinci pada usia 2 bulan lebih atau setelah masa penyusuan. Sementara untuk pedaging dapat dipanen pada usia 3,5 bulan atau setelah mempunyai bobot antara 2-3 kg. Lama waktu untuk menggemukan berkisar 2-3 bulan. Tergantung dari kebutuhan peternak dan jenis kelinci.

Oke Sobat Agribisnis, demikian cara ternak kelinci dengan mudah. Selamat mengembangkan bisnis agribisnis ternak kelinci. Semoga sukses.

 

Check Also

Best car insurance in New Jersey with price in 2022

Best car insurance in New Jersey with price in 2022

The Best car insurance in New Jersey with price in 2022. Here you get the …

Leave a Reply

Your email address will not be published.