Breaking News

Inilah Berbagai Sifat dan Ciri-ciri Ikan Nila yang Harus Anda Tahu!

Salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer di Indonesia, khususnya untuk kebutuhan konsumsi adalah ikan nila. Banyak orang yang memilih budidaya ikan jenis ini karena prosesnya tergolong mudah dan tidak memakan banyak biaya. Sebelum beternak ikan ini, tentu harus Anda kenali dahulu ciri-ciri ikan nila yang khas dan unik. Apa saja? Inilah ulasan lengkapnya.

Berkenalan dengan Ikan Nila

ciri-ciri ikan nila
(sumber gambar: kompas.com)

Sebelum membahas lebih lanjut tentang ciri ikan ini, maka Anda harus berkenalan dengan nila terlebih dahulu. Ikan nila memiliki nama latin Oreochromis niloticus dan berasal dar wilayah Afrika Timur. Ia termasuk jenis ikan peliharaan dengan ukuran tubuh yang tergolong sedang. Panjangnya sekitar 20-25 cm, meski ada juga yang mencapai 30 cm.

Di Indonesia sendiri ikan nila menjadi salah satu komoditas perairan yang cukup menjanjikan karena memang masyarakat sering mengonsumsinya. Meskipun rasa dagingnya kurang khas, namun nilai gizi ikan ini tergolong cukup baik. Harga daging ikan nila juga tidak terlalu mahal, sehingga cocok untuk semua kalangan masyarakat. Tidak hanya dijual dalam kondisi yang masih segar, Anda juga bisa membeli daging nila dalam bentuk fillet yang mudah untuk diolah.

Selain itu, budidaya ikan nila juga banyak dipilih karena sangat mudah dan fleksibel. Bahkan Anda bisa memanfaatkan tangki untuk tempat pembesarannya. Namun perlu Anda ingat bahwa sebaiknya tidak mencampurkan ikan nila bersama jenis ikan lain ketika memeliharanya karena ikan nila memiliki sifat alami yang agresif. Meski begitu, ikan nila memang seringkali menjadi pengganggu di sungai atau danau di Indonesia.

8 Ciri-ciri Ikan Nila

ciri-ciri ikan nila
(sumber gambar: ikanesia.id)

Banyak orang yang salah mengartikan bahwa ikan nila dan mujair adalah sama. Meski bentuk tubuh dan tampilannya cukup mirip, namun sebenarnya jika Anda perhatikan dengan seksama ciri-ciri ikan nila berbeda cukup jelas dengan mujair. Inilah beberapa ciri yang khas dari ikan nila:

1. Ukuran Tubuh yang Sedang dan Memiliki Duri

Ciri dari ikan nila yang pertama adalah ukuran tubuhnya yang sedang, sekaligus memiliki duri. Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya panjang ikan nila berkisar antara 20 sampai 25 cm per ekornya. Ada juga beberapa jenis yang memiliki panjang 30 cm, namun selain itu tidak ada ukuran yang lebih besar lagi.

Selain itu, jika Anda perhatikan ikan nila juga memiliki duri yang tersebar di beberapa area tubuhnya. Area tersebut adalah di ekor dan juga sirip ikan. Fungsi dari duri ini sendiri adalah untuk melindungi nila dari ancaman predator yang di alam bebas bisa saja mengancam keselamatannya. Ketika ingin membersihkan ikan nila untuk konsumsi, maka jangan lupa juga bersihkan bagian duri ini.

2. Warna Tubuh

Selain dari ukuran dan adanya duri, ciri khas lain dari ikan nila adalah warna tubuhnya yang unik. Mayoritas ikan nila akan memiliki warna yang hitam cukup pekat, namun ada juga beberapa yang berwarna abu-abu. Ketika masih berusia kecil, Anda juga bisa melihat garis-garis yang melintang di area tubuhnya. Garis ini akan hilang seiring dengan pertumbuhan ukuran ikan dan usianya. Semakin tua juga warna tubuh nila akan cenderung lebih abu-abu.

Tidak hanya itu, beberapa ikan nila juga dikenal ada yang berwarna tubuh orange. Selain itu sisiknya juga ada yang berbentuk bulat dan berbebeda dengan nila pada umumnya. Variasi warna dan pola motif tubuh inilah yang membuatnya berbeda dengan mujair.

Baca Juga: 7 Makanan Ikan Gabus Terbaik dan Tips Budidaya Agar Cepat Besar

3. Omnivora

Ciri-ciri ikan nila selanjutnya adalah sifatnya yang pemakan segala atau omnivora. Dengan memiliki sifat seperti ini, tidak heran jika nila termasuk ikan yang bisa bertahan hidup di sungai-sungai yang cukup keruh karena bisa memakan apa saja. Beberapa makanan yang paling nila sukai adalah lumut atau gulma. Selain itu ikan nila juga akan sering mengonsumsi ikan yang ukurannya jauh lebih kecil atau hewan sungai kecil yang lain.

4. Tubuhnya Pipih

Selain berukuran sedang, ciri fisik lain yang paling terlihat dari ikan nila adalah bentuk tubuhnya yang pipih. Nila cenderung memiliki tubuh yang memanjang ke samping dan terlihat ramping. Karena bentuknya yang ramping, kemampuan berenang nila juga tergolong baik dan membuatnya menjadi ikan yang gesit.

5. Mata yang Menonjol

Ciri-ciri ikan nila selanjutnya adalah bentuk matanya yang menonjol. Bagian mata nila akan menonjol dengan tepian yang berbentuk lingkaran berwarna putih. Ini menjadi salah satu ciri khas yang bisa dengan mudah Anda amati ketika melihat ikan nila.

6. Mudah Berkembang Biak

Ciri selanjutnya dari ikan nila adalah termasuk jenis ikan yang mudah sekali untuk berkembang biak. Ketika akan bertelur, maka ia akan menggali dasar tanah yang ada di dalam air hingga membentuk seperti lubang kecil. Setelah itu, nila betina akan meletakkan telur-telur tersebut di dalam lubang yang selanjutnya akan pejantan buahi. Baru selanjutnya setelah pembuahan berakhir, telur nila akan masuk ke dalam mulut betina.

Karena mengerami telur di dalam mulut, ikan nila memiliki sebutan “Pengeram Mulut” atau Mouthbrooder. Pengeraman di dalam mulut ini juga bukan tanpa alasan. Maksud nila memasukkan telur di dalam mulut adalah untuk melindunginya dari serangan predator yang bisa membahayakan kelangsungan telur-telur tersebut. Betina nila akan menyimpan telur di dalam mulut sampai menetas menjadi bentuk larva ikan.

Karena sangat menjaga anak-anaknya, ikan nila juga termasuk hewan yang sangat parental care, atau melindungi anaknya dengan baik. Selain mudah berkembang biak, nila juga bisa menghasilkan telur dalam jumlah yang sangat besar. Dalam sekali bertelur, ikan nila bisa mengeluarkan 1.500 butir telur. Tentu termasuk jumlah yang sangat besar, mengingat ukuran tubuhnya yang tidak terlalu besar.

7. Bertulang Belakang dan Sisiknya Berlendir

Ciri-ciri ikan nila selanjutnya adalah memiliki tulang belakang. Adanya tulang belakang ini membuatnya termasuk dalam jenis hewan vertebrata (hewan bertulang belakang). Tidak tanggung-tanggung, tulang ini juga terbilang kokoh dan sangat keras dan menjadi penunjang struktur tubuh yang sangat krusial bagi ikan nila.

Ciri khas lain yang bisa Anda jumpai dari ikan nila adalah sisiknya yang berlendir. Sama seperti jenis ikan lainnya, nila juga memiliki sisik yang menyelimuti tubuhnya. Namun sedikit berbeda dengan ikan lain, terdapat lendir yang menyelimuti sisik ini. Keberadaan sisik membuat tubuh nila menjadi licin sehingga bisa sekaligus melindunginya dari predator.

Sebab, ketika ada predator yang ingin mencengkramnya, nila bisa bebas dengan memanfaatkan licinya lendir yang ada di tubuhnya. Selain itu, keunikan lain dari tubuh ikan nila terletak pada adanya gurat yang ada disisi tubuh ikan. Gurat sisi ini memiliki sebutan Linea lateralis dan berfungsi menjaga keseimbangan ikan nila ketika ia sedang berenang. Selain itu guratan ini juga memiliki fungsi untuk mengukur kedalaman dan arus air.

8. Kemampuan Adaptasi yang Baik

Ciri-ciri ikan nila yang terakhir adalah memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik. Perlu Anda tahu bahwa ikan nila termasuk dalam jenis hewan yang berdarah dingin atau poikiloterm. Karena berdarah dingin, nila akhirnya memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menyesuaikan suhu tubuhnya sesuai dengan lingkungan tempat tinggalnya. Hal ini membuat ikan nila memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dengan sangat baik, di lingkungan yang dingin maupun panas.

Habitat ikan nila sendiri memang berasal di sungai, dan Anda bisa menemukan jenis ikan ini dengan mudah di habitat tersebut. Apalagi pada sungai yang memiliki kedalaman yang tidak terlalu tinggi. Akan tetapi, nila juga bisa bertahan hidup di area persawahan bahkan di perairan yang payau sekalipun. Dengan fakta ini, memang benar jika ikan nila sangat baik untuk beradaptasi di berbagai kondisi lingkungan.

Nah sobat agribisnis, itulah ciri-ciri ikan nila yang bisa Anda amati. Meski terlihat sama dengan ikan mujair, nyatanya sangat banyak perbedaan ikan ini dengan mujair bukan? Baik itu dari segi fisik maupun dari sifatnya sebagai ikan air tawar yang mudah beradaptasi dan bisa berkembang biak dengan sangat mudah.  Selain itu, ikan nila juga bisa menjadi alternatif sumber protein yang baik sekaligus terjangkau. Inilah yang membuat Anda bisa memilih daging ikan nila sebagai bagian dari konsumsi sehat harian.

Check Also

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

Hasilbumi.net – La mayoría de los artrópodos tienen antenas, que son órganos sensoriales móviles ubicados …

Leave a Reply

Your email address will not be published.