Daftar Tumbuhan Herbal yang Bisa Tanam disekitar Rumah

  • Whatsapp

Herbal merupakan salah satu kata yang seringkali kita dengar. Apabila berbicara mengenai herbal, maka kita berbicara mengenai obat ataupun tumbuhan, yang dapat bermanfaat bagi manusia. Ada banyak sekali jenis tumbuhan herbal yang bisa dibudidayakan. Dalam artikel ini simak informasi lengkap, mengenai daftar tumbuhan herbal di rumah yang bisa ditanam dengan mudah dan tidak memerlukan alat ataupun bahan yang mahal.

Pengertian Tumbuhan Herbal

Menurut ahli, tumbuhan herbal merupakan tumbuhan atau tanaman obat yang bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional, atau berbahan alami dan sudah dimanfaatkan sejak zaman dahulu. Baik di beberapa negara maupun di Indonesia. Sampai saat ini sangat banyak diminati oleh masyarakat. Karena bahannya yang sangat mudah ditemukan.

Bacaan Lainnya

Di sisi lain tumbuhan herbal juga dikelola ataupun diolah dengan manfaat tertentu. Bagian yang diambil-pun beragam, mulai dari daun, batang, akar, ataupun buahnya. Sehingga bisa menjadi obat ataupun minuman yang mujarab untuk bisa mengobati penyakit yang diderita oleh seseorang. 

Beberapa peneliti memang telah melakukan uji coba dan juga melihat kandungan. Pada beberapa tumbuhan herbal yang terbukti mengandung bahan tertentu, yang dapat mengatasi penyakit yang disesuaikan. Ada banyak sekali jenis ataupun tipe dari tumbuhan herbal.

Daftar Tumbuhan Herbal di Rumah

Lalu bagaimana caranya, dan juga daftar tumbuhan herbal apa saja yang bisa ditanam di rumah. Dengan alat dan juga bahan yang tidak terlalu mahal, namun bisa menguntungkan. Baik untuk digunakan secara pribadi maupun dikelola dan juga dijual. 

1. Kunyit

Tanaman pertama yang bisa ditanam di rumah dan masuk ke dalam salah satu tumbuhan herbal adalah kunyit. Rempah yang satu ini merupakan salah satu rempah yang sangat populer, dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia, bukan hanya untuk menambah rasa masakan. Tetapi juga digunakan untuk jamu atau obat tradisional ala Indonesia.

Rempah kunyit umumnya disebut sebagai turmerik, karena menjadi salah satu pewarna alami untuk makanan dan sangat aman untuk dikonsumsi. Kunyit  juga dapat membantu menghilangkan bau badan, membunuh virus, dan juga menghentikan peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada bagian luar tubuh. 

Budidaya kunyit juga sangat mudah yakni dengan memanfaatkan pemecahan rimpang yang lebih mudah tumbuh. Syarat tumbuhnya wajib terpenuhi, mulai dari ketinggian tempat atau area yang tidak terlalu dingin, jenis tanah ringan dengan lempung berpasir. Sehingga tidak bisa ditanam di daerah dengan tanah gambut, dan waktu panennya kurang lebih 11 hingga 12 bulan.

2. Tumbuhan Herbal di Rumah, Kumis Kucing

Tanaman selanjutnya yaitu kumis kucing. Umumnya masih banyak beberapa orang yang bingung bagaimana cara untuk membudidayakan kumis kucing dengan benar. Tanaman yang seringkali dimanfaatkan daunnya ini, ternyata bisa membantu mengatasi berbagai penyakit.

Telah terbukti melalui penelitian mengandung banyak sekali manfaat. Kumis kucing sendiri memiliki beberapa syarat tumbuh mulai dari suhu ideal panas, hingga sedang dan teknik penanamannya dengan cara stek. Tetapi ada juga yang memanfaatkan bagian pangkal tanaman untuk bisa diperbanyak.

Selain itu untuk menanam kumis kucing, ada baiknya tidak menggunakan pot tetapi langsung ke tanah. Karena sifat akarnya yang tegak lurus dan membutuhkan tanah yang subur, disertai dengan air yang terkandung pada tanah secara alami. Pemanenan dari tanaman kumis kucing ini bisa dilangsungkan setelah 1 bulan. Ketika tangkai bunga belum muncul dan tinggi tanaman kurang lebih 50 cm.

3. Lidah Buaya

Selanjutnya daftar tanaman herbal yang bisa kamu budidayakan adalah lidah buaya. Salah satu tanaman dengan tampilan yang sangat unik ini, bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Sehingga menjadi salah satu bahan yang cukup populer untuk berbagai kosmetik yang digunakan oleh para wanita.

Khasiat dari lidah buaya terutama bagian lendir dan juga dagingnya, dapat membantu menyembuhkan luka, meningkatkan kesehatan, dan juga sistem pencernaan serta menghilangkan sel kulit mati ataupun jerawat. Budidaya lidah buaya bisa dikatakan sebagai salah satu tanaman yang paling mudah.

Siapkan ember ataupun pot dengan ukuran yang cukup besar karena lidah buaya nantinya akan berkembang. Kemudian setelah itu potong tanaman induk atau menggunakan anakan yang umumnya menempel pada bagian akar. Setelah itu, diisi dengan tanah dengan tingkat kesuburan yang tinggi. Hal yang perlu diingat adalah lidah buaya tidak perlu disiram terlalu sering, dan gunakan pupuk seperti urea atau NPK, dan KCL, untuk membantu menyuburkan tanah.

4. Tumbuhan Herbal di Rumah, Jintan Hitam

Selanjutnya tanaman yang tidak boleh dilewatkan karena bisa ditanam dirumah dan bermanfaat adalah jintan hitam. Obat herbal yang satu ini sudah sangat populer. Jintan hitam ini dapat membantu meredakan berbagai penyakit yang cukup parah. 

Ternyata salah satu tanaman herbal ini, sangat bermanfaat dan bisa dibudidayakan di rumah dengan mudah. Jintan hitam membutuhkan sinar matahari dengan cukup baik dan membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan bahan organik serta pupuk. Selain itu pH dari tanah tersebut mulai dari 4,8 hingga 7,8.

Sehingga bisa dikatakan tanaman jintan tidak terlalu rentan, terhadap ph dan tetap bisa bertahan walau kondisi syarat tumbuhnya kurang baik. Namun tanaman ini harus diwaspadai. Karena sangat mudah rusak ketika cuaca dingin.

5. Daun Sirih

indiamart

Tanaman ke-5 yang masuk ke dalam salah satu daftar tumbuhan herbal yang dapat ditanam di rumah yakni daun sirih. Mengandung kalium, yodium, vitamin A, B1 dan B2 serta asam nikotinat, yang dimiliki oleh daun sirih. Tanaman ini sama seperti jenis semak belukar pada umumnya. 

Syarat tumbuhnya berada di area panas hingga sedang, serta bisa langsung ditanam baik di pusat maupun di tanah sifat tanaman yang rambat. Umumnya membutuhkan tempat untuk berkembang biak. Baik itu sulur ataupun kayu yang dibuat, bisa juga dinding. 

Selain itu ketika ingin menanam daun sirih di rumah, pastikan telah menyiapkan media tanam berupa tanah pasir dan juga bahan. Seperti pupuk organik diaduk hingga homogen dan siap menjadi media tanam yang tepat. Jika kamu tidak memiliki kayu kamu juga bisa memanfaatkan pipa bekas yang tidak digunakan. Agar sulur daun sirih bisa merambat dengan baik.

6. Tumbuhan Herbal di Rumah, Jahe

Terakhir tumbuhan herbal di rumah yang bisa ditanam atau dibudidayakan tentu saja jahe. Salah satu tanaman yang sangat sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai penghangat tubuh, dan menghindari penyakit ini, sangat mudah untuk ditanam. Jahe juga mudah untuk dibudidayakan, dan tidak memerlukan bahan yang terlalu besar tumbuhan jahe umumnya bisa tumbuh di daerah panas hingga sedang.

Jahe, dapat dipanen kurang lebih berusia 7 bulan. Selain itu disarankan di tempat yang terbuka namun tumbuhan ini juga memerlukan naungan, agar tidak terpengaruh oleh sinar matahari secara langsung. Cara membibitkan jahe, kamu hanya tinggal membeli jahe yang baru saja dipanen kemudian dijemur dan ditanam langsung di tanah. Bisa juga memanfaatkan rimpang sebagai salah satu bibit tanamannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *