Breaking News

Intip Fakta Dibalik Mahalnya Harga Buah Melon Yubari King

Siapa yang tidak menyukai melon? Buah satu ini memang banyak penggemar karena rasa manisnya yang segar. Anda juga bisa mengolah melon menjadi berbagai makanan atau minuman. Salah satu jenis melon yang ramai di jagat media sosial adalah buah melon Yubari King. Jenis melon ini menarik perhatian karena harganya yang selangit. Bahkan, Anda bisa harus mengeluarkan ratusan juta rupiah hanya untuk satu buah melon saja lho! Sungguh harga yang fantastis bukan? 

Sebenarnya, harga buah melon Yubari King yang mahal ini sudah bukan menjadi hal baru untuk masyarakat Jepang. Apalagi jumlah melon ini juga sangat terbatas. Nah sebenarnya, apa sih yang membuat harga melon ini menjadi sangat mahal? Serta apa saja yang membedakannya dengan jenis melon biasa? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Buah Melon Yubari King: Melon Mahal Asal Jepang 

buah melon Yubari King
(sumber gambar: detik.net.id)

Jenis melon Yubari King berasal dari Pulau Hokkaido, Jepang tepatnya di daerah Yubari. Setiap tahunnya buah melon ini dilelang dengan harga yang sangat fantastis dan bikin geleng-geleng kepala. Negara Jepang memang memiliki tradisi dan kebudayaan yang sangat kental meski sudah menjadi negara yang maju dan melek teknologi. Salah satu budaya tersebut adalah memberikan perlakuan mewah kepada buah.

Di Jepang, buah bisa menjadi salah satu komoditas yang setara dengan barang mereah. Tidak jarang, masyarakat Jepang memberikan buah-buahan kepada keluarga dan orang yang mereka hormati, atau sebagai buah tangan untuk rekan bisnis. Tradisi ini berkembang sejak abad ke-13 saat para samurai memberikan pemimpin mereka dengan buah melon sebagai tanda kesetiaan.

Diantara berbagai buah berkualitas dan berharga tinggi, buah melon Yubari King masih menempati urutan pertama sebagai buah termahal di Jepang. Bahkan kemewahan buah melon ini sudah ada sejak tahun 1885 lho! Sejak saat itu, melon Yubari King memiliki juukan sebagai “Raja Buah” di Jepang. Umumnya, untuk melon jenis biasa, memiliki harga sekitar Rp.1.300.000 sampai Rp.5.500.000. Sedangkan untuk Yubari King, tentu harganya lebih mahal dari pada itu.

Setiap tahunnya, para petani atau pembudidaya melon yang ada di Jepang akan berkumpul dan mengadakan kompetisi untuk mencari melon terbaik di Jepang. Kompetisi ini populer  dengan nama Crown Melon Show. Kriteria melon yang menang akan dinilai dari aroma, warna, bentuk, dan rasa manis. Hasilnya, hanya melon terbaiklah yang akan muncul sebagai pemenang.

Dalam acara tersebut juga seringkali diadakan pelelangan buah melon termasuk Yubari King. Dari acara kompetisi inilah melon Yubari King berhasil menarik perhatian karena seringkali berhasil terjual dengan harga yang sangat mahal. Bahkan ada yang mencapari 400-600 juta rupiah lho! Wow.. Seharga mobil ya!

Baca Juga: Mengenal Varietas Mangga Miyazaki yang Viral 

Fakta Dibalik Mahalnya Melon Yubari King

buah melon Yubari King
(sumber gambar: detik.net.id)

Lalu, apa yang membuat harga buah Melon Yubari King ini menjadi sangat mahal? Jawabannya adalah dari teknik perawatan dan budidaya melon itu sendiri. Budidaya melon di Jepang membutuhkan ketekunan, ketelitian, dan kesabaran yang tinggi untuk mendapatkan hasil terbaik. Bahkan para petani juga harus memperhatikan jumlah air  untuk pengairan melon dan mengorbankan waktu istirahat mereka setiap harinya.

1. Ditanam dalam Jumlah yang Terbatas dan Dirawat dengan Penuh Kasih Sayang

Penanaman melon Yubari King juga dalam jumlah yang sangat terbatas. Berbeda dengan melon biasa, jenis melon ini menggunakan rumah kaca sebagai tempat budidayanya. Para petani juga harus menyilangkan dua jenis melon terlebih dahulu sebelum meletakkannya dalam rumah kaca. Setelah menanam, petani harus memperhatikan pengairan dan perawatan melon Yubari King. Tidak berlebihan, beberapa petani bahkan menyebut sudah merawat melon dengan penuh kasih sayang seperti kepada anak mereka sendiri.

Saat buah melon sudah semakin besar, petani akan memberikan kertas pembungkus atau jaring pada bagia buahnya. Tujuannya adalah untuk menghasilkan pola kulit melon yang bercorak unik. Semakin indah corak kulit melon maka harganya juga akan semakin mahal.

2. Masa Panen Melon Yubari King

Masa panen melon Yubari King juga tidak bisa sembarangan. Petani yang sudah berpengalaman akan mengetahui dengan pasti kapan waktu terbaik untuk memetik melon. Umumnya, masa panen melon adalah 100 hari dari waktu penanamannya. Panen melon Yubari King diawali dengan memetik melon lebih dahulu, setelah itu barulah melon matang dengan sendirinya.

Matangnya melon berjarak beberapa hari setelah petani memetik melon. Melon yang matang akan dimulai dari bagian bawah. Kulit buahnya akan mulai menguning dan muncul aroma manis yang khas dari buah melon. Jika terlambat memetik melon, maka bisa saja hasil panen menjadi tidak berkualitas. Oleh sebab itu, petani harus memperhatikan waktu pemetikan ini. Dengan teknik budidaya yang baik, buah melon Yubari King bisa tumbuh dan dipanen dengan sempurna.

Buah melon Yubari King terbagi atas beberapa kategori yang berbeda. Mulai dari jenis Fuji, Yama, Shiro, Yuki, dan seterusnya. Melon dengan kualitas terbaik berada dalam tingkatan atau kategori Fuji. Perbandingan untuk mendapatkan melon Yubari King kategori Fuji juga sangat sulit. Dari sekitar 1000 melon yang dipanen, mungkin hanya 1 buah saja yang bisa masuk pada kategori fuji. Mengingat sulitnya budidaya melon ini, tidak heran jika harganya sangat mahal dan selalu membuat heran.

Harga Melon Yubari King Turun Akibat Pandemi 

buah melon Yubari King
(sumber gambar: detik.net.id)

Adanya pandemi COVID-19 memang berdampak sangat besar untuk seluruh negara termasuk Jepang. Harga melon Yubari King juga merosot drastis akibat pandemi ini. Terhitung hingga lebih dari 40% penurunan harga melon Yubari King.  Jika sebelum pandemi melon Yubari King bisa dijual ratusan juta, saat ini melon ini hanya mampu terjual dengan harga 16,4 juta rupiah saja.

Banyak yang percaya jika penurunan harga buah melon Yubari King yang drastis ini adalah akibat pandemi COVID-19. Pandemi membuat para pembeli potensial melon Yubari King menjadi menjauh karena lebih terfokus untuk menangani pandemi COVID-19.

Pasar tempat acara lelang tahunan dan kompetisi melon juga telah tutup sejak 20 April 2020 lalu. Hal ini bertujuan untuk mencegah dan memotong rantai penyebaran virus corona di negara Jepang. Saat ini setelah angka kasus COVID-19 mulai turun, pasar grosir buah sudah mulai buka lagi.

Meski saat pandemi kompetisi Crown Melon Show, tetap berlangsung, namun harga melon Yubari King tetap tidak bisa tinggi seperti sebelumnya. Kompetisi buah melon berlangsung dalam taraf yang jauh lebih kecil dari sebelumnya. Harga melon juga lebih rendah, tidak seperti sebelum pandemi. Meski tidak terjual dengan harga yang sangat mahal, penjualan melon ini sudah cukup bisa menjadi penyelamat ekonomi petani yang ada di daerah Hokkaido.

Itulah informasi dan fakta seputar buah melon Yubari King yang sangat mahal. Pada dasarnya, mahalnya buah ini adalah hasil dari rumit dan kompleksnya perawatan budidaya melon. Tidak mengherankan jika melon Yubari King bisa terjual dengan harga yang mahal. Budidaya melon ini juga sulit jika tidak di Jepang. Apabila berhasil seperti yang ada di Malaysia, maka itu hanyalah jenis melon biasa dan belum sampai pada taraf dan kualitas melon Yubari King. Jadi, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membeli melon ini?

Check Also

7 Cara Budidaya Tanaman Cocor Bebek Hias Sederhana Banget

7 Cara Budidaya Tanaman Cocor Bebek Hias Sederhana Banget

Selamat Datang di Web Hasilbumi.net, tempat beraneka ragam berbagai budidaya yang hendak dihidangkan dalam website ini dengan cara rinci serta perinci. Dibawah ini aku hendak mangulas modul mengenai Congor Bebek berikut uraiannya. Metode menanam congor angsa amatlah gampang, tumbuhan yang satu ini dapat berkembang produktif dimana saja. Congor angsa sendiri terkenal selaku tumbuhan mempercantik, wujud daunnya [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *