Breaking News

10 Daftar Hewan Peliharaan Termahal Irfan Hakim

Irfan Hakim merupakan salah satu artis papan atas yang terkenal memiliki banyak hewan peliharaan di rumahnya. Di antara hewan peliharaan Irfan Hakim ada juga beragam jenis ikan yang dia miliki. Bahkan Irfan Hakim juga memiliki  beberapa akuarium megatank di rumahnya yang terdapat ratusan jenis ikan.

Memelihara hewan memang sudah menjadi kegemaran Irfan Hakim. Irfan Hakim rela menghabiskan uang jutaan rupiah untuk memberi makan hewan peliharaannya. Irfan hakim bahkan sampai merekrut keeper untuk hewan peliharaanya.

Rumah Irfan Hakim kini sudah menjadi layaknya kebun binatang mini. Irfan Hakim juga memiliki kandang burung aviary untuk menampung berbagai jenis burung peliharaannya. Meskipun tidak semua hewan peliharaanya memiliki harga yang fantastis, ada juga yang berasal dari pemberian orang lain ataupun hasil rescue.

Namun, Irfan Hakim juga rela menghabiskan uang sampai puluhan juta demi membeli satu hewan peliharaanya. Kini, hewan peliharaan yang ada di rumah Irfan Hakim sudah mencapai puluhan. Semua hewan peliharaan yang Irfan Hakim memiliki sertifikat resmi. Sehingga setiap hewan peliharaannya memang telah legal untuk dipelihara dan bukan termasuk jenis satwa yang terlindungi.

Berikut Ini 10 Daftar Hewan Peliharaan Termahal Irfan Hakim

1.Tiger Fish

Ikan tiger fish
kompas.com

Hewan peliharaan Irfan Hakim yaitu ada tiger fish masuk ke dalam genus hydrocynus dari keluarga alestidae yang berasal dari daerah Afrika. Ikan ini terkenal sebagai ikan yang memiliki sifat predator yang buas dan biasanya memiliki habitat di sekitar sungai dan benua.

Tiger fish memiliki gigi yang tajam dan ada di sepanjang mulutnya. Salah satu jenis tiger fish terbesar yang pernah ditemukan  di Sungai Kongo dan Danau Tanganyika yang merupakan salah satu ikan berasal dari keluarga alestidae. Ikan juga memiliki julukan sebagai ikan piranha Amerika Selatan yang memiliki gigi tajam dengan sifat agresif.

Tigerfish juga biasanya digunakan untuk spesies cichlid. Ikan ini cukup populer sebagai ikan penghuni akuarium. Memiliki warna kulit kuning keemasan dengan corak loreng hitam layaknya seekor macan. Corek unik yang tigerfish miliki menjadikannya salah satu ikan favorite yang sangat populer di kalangan pecinta ikan. Ikan jenis predator ini bisa kita temukan di wilayah Asia Tenggara.

Seperti di perairan tawar yang ada di Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Biasanya tigerfish memiliki corak julukan yang berbeda-beda tergantung pada daerah asalnya. Ikan ini sebenarnya memiliki ukuran yang cukup besar untuk ukuran ikan yang terdapat di akuarium. Harga perekor ikan tiger fish ini bisa mencapai 25 juta rupiah.

2. Arwana

Ikan arwana
rumah.com

Ikan arwana merupakan salah satu ikan purba yang masih hidup sampai saat ini. Arwana ini masuk dalam golongan ikan yang memiliki kepala bertulang dan tubuh yang memanjang dan tertutup oleh sisik. Ikan arwana sudah ada sejak zaman kapur dan saat ini spesiesnya banyak  terdapat di beberapa wilayah Afrika, Asia, dan Australia.

Saat ini, arwana merupakan salah satu hewan yang memiliki harga mahal dan perawatannya juga tidak boleh sembarangan. Sisik ikan arwana ini sangat cantik dan tidak ada pada ikan jenis lainnya. Harga untuk satu ekor ikan arwana berkisar antara jutaan sampai puluhan juta. Ikan ini memiliki perilaku yang agresif dan cukup ganas.

Arwana memiliki sifat soliter dan hanya bisa satu tempat dengan ikan lain saat masih muda saja. Namun beberapa jenis arwana masih bisa satu akuarium dengan ikan jenis clown knifefish, oscars, jaguar cichlids, green terrors, dan siamese tigerfish.

Untuk pemeliharaan ikan arwana, keadaan air memang harus benar-benar kita perhatikan dengan baik meliputi secara pH, tingkat oksigen, dan lainnya. Ikan arwana akan cepat mati jika tidak berada pada lingkungan air yang cocok. Untuk pakan ikan arwana bisa berupa udang, cacing, jangkrik, kelabang, beberapa jenis kodok.

3. Ikan Channa Maru

Ikan channa maru
ikantani.com

Ikan channa maru merupakan jenis ikan gabus yang banyak terdapat di wilayah Indonesia. Channa maru ini memiliki ciri fisik yang unik yaitu kepalanya yang berbentuk seperti ular. Ikan ini bisa tumbuh hingga mencapai ukuran 1 meter dna berat lebih dari 5 kg.

Jenis ini banyak tersebar di wilayah Pakistan Barat, Nepal, India, Bangladesh, Sri Lanka, Tiongkok, dan sebagian besar wilayah Asia Tenggara. Ikan bergenus channa ini memiliki lebih dari 30 jenis spesies. Habitat asli hewan ini yaitu di daerah danau, rawa, sungai, sawah, hingga ke saluran air. Ikan ini banyak memangsa hewan air yang kecil termasuk berudu.

Jenis ikan ini sering terjebak di antara parit-parit di sekitar rumah atau sawah. Jika terjebak dalam wilayah yang tidak memiliki air maka ikan ini akan menguburkann dirinya ke dalam tanah hingg lahan itu terkena air lagi. Ada pula kasus di mana ikan gabus berjalan di darat untuk menemukan air.

Hal ini karena ikan gabus memiliki kemampuan bernapas langsung di udara, sebab ikan gabus memiliki organ semacam labirin untuk membantu pernapasannya di udara. Salah satu ikan yang memberi banyak keuntungan di saat pandemi adalah ikan gabus. Peningkatan pembelian ikan gabus di masa sekarang menjadikan banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan ikan ini.

4. Kura Kura Sulcata

kura kura sulcata
idntimes.com

Sulcata merupakan salah satu jenis kura-kura yang memiliki habitat asli di tepi selatan gurun Sahara di Afrika. Kura-kura sulcata adalah salah satu jenis kura-kura terbesar yang ada di dunia. Sulcata memiliki kebiasaan unik yaitu menggali dengan kedalaaman tertentu saat merasa kondisi di sekitarnya gersang.

Hal itu juga berguna untuk menjaga kelembaban tubuhnya. Untuk perkembangbiakannya, kura-kura tergolong hewan ovipar yang berkembang biak secara bertelur. Biasanya musim kawin kura-kura sulcata terjadi pada musim hujan.

Kura-kura betina akan bertelur dengan menggali tanah dan kemudian mengubur telur-telur yang dia keluarkan. Perbedaan suhu juga memengaruhi jenis kelamin kura-kura tersebut. Pemeliharaan bayi sulcata harus hati-hati karena bayi sulcata masih rentan. Usahakan jangan memelihara bayi sulcata di luar ruangan karena tidak aman untuk ukuran bayi sulcata yang masih sangat kecil.

Pemberian makanan juga harus diperhatikan karena menentukan kecukupan nutrisi bayi sulcata. Sediakan pula tempat penerangan, karena bayi sulcata sangat membutuhkan tempat yang hangat. Sebenarnya sulcata membutuhkan perawatan yang benar-benar harus selalu diperhatikan. Tidak heran apabila sulcata ini memiliki harga yang mahal dan bisa terjual dengan harga 15 juta per ekornya.

5. Kucing Bengal

kucing bengal
JawaPos.com

Kucing bengal memang saat ini menjadi banyak kegemaran bagi para pecinta kucing. Apalagi saat ini banyak orang yang sudah memelihara kucing. Sehingga saat ini muncul berbagai jenis kucing hasil persilangan yang memiliki penampilan menarik dan lucu.

Salah satu kucing hasil dari persilangan yaitu kucing bengal. Kucing bengal merupakan kucing yang berasal dari persilangan american shorthair dengan kucing asian leopard.

Kucing ini awalnya berasal dari daerah California, Amerika Serikat. Meskipun masih satu kerabat dengan kucing hutan bahkan ciri fisiknya pun mirip dengan kucing hutan, kucing bengal ini masih sangat digemari untuk dipelihara.

Bengal merupakan kucing yang sangat aktif, sekilas memang ciri fisiknya mirip juga dengan leopard. Kucing ini memiliki otot yang kuat dan ukuran badan yang cukup panjang. Pemeliharaan kucing ini memerlukan perawatan yang cukup khusus terutama untuk bulunya. Populasi kucing bengal saat ini memang belum terlalu banyak sehingga harga satu ekor kucing bengal ini mencapai 40 jutaan.

6.   Burung Unta

burung unta
idn.berita.yahoo.com

Merupakan salah satu jenis spesies burung terbesar di dunia. Burung unta merupakan burung yang tidak bisa terbang. Memiliki habitat asli di daerah sabana dan bagian Afrika Utara di sebelah zona khatulistiwa. Burung unta ini bisa tumbuh hingga ketinggian 2,5 meter.

Di beberapa daerah Afrika dan Arab, burung unta ini dipakai sebagai tunggangan perlombaan balapan burung unta. Burung unta merupakan spesies yang sudah ada sejak zaman primitif namun belum terlalu banyak yang mengenalnya.

Terkenal dengan sifat agresif dan galaknya, burung unta tidak segan-segan menyerang siapapun yang akan menganggunya. Namun, untuk burung unta yang mengikuti perlombaan sudah melalui proses penjinakan terlebih dahulu.

Dalam pembudidayaan burung unta bertujuan untuk memanfaatkan bulunya sebagai hiasan yang bisa menguntungkan dalam segi ekonomi. Burung unta memiliki leher yang panjang dan akan merendahkan lehernya ketika merasa dalam bahaya.

Adanya kaki yang panjang juga mengakibatkan burung unta menjadi hewan yang memiliki kemampuan lari dengan sangat cepat bahkan bisa sampai 70 km per jam. Keberadaan burung unta sebagai hewan peliharaan memang sangat jarang, oleh karena itu harga untuk satu ekor burung unta bahkan mencapai 50 juta rupiah

7. Burung Kakatua Raja

kakatua raja
id.wikipedia.org

Memiliki nama latin Probosciger aterrimus yang memiliki warna hitam eksotis dengan bulu yang di sekitar pipi berwarna merah. Burung ini memiliki jambul yang sangat unik dan menarik. Jambul merupakan salah satu bagian yang membuat burung ini lebih menarik dari pada kakatua yang lain.

Paruh burung kakatua raja tidak menutup dengan erat karena ukuran paruh pada bagian bawah dan atas sangat berbeda. Paruh burung kakatua raja ini berguna untuk membantunya dalam menahan dan membuka biji-bijian yang kakatua makan.

Untuk pemeliharaan kakatua raja ini memerlukan perhatian yang khusus. Burung kakatua raja perlu juga seminggu sekali memandikannya cukup dengan mengelap bulu burung kakatua raja kemudian jemurlah burung di bawah matahari pagi. Mandikan burung ini hanya saat pagi hari.

Perlu juga memperhatikan nutrisi yang ada pada makanan burung kakatua raja. Habitat asli burung ini yaitu ada di sekitar wilayah Irian dan bagian Australia Utara. Kakatua Raja ini tergolong burung yang memiliki populasi yang semakin mengurang karena adanya perburuan liar dan pembukaan lahan. Sehingga untuk satu kakaturaja bisa memiliki harga mencapai 50 juta per ekor.

8. Burung Macaw

Burung macaw
idntimes.com

Salah satu burung yang berasal dari anggota psittacidae. Burung macaw memiliki warna bulu yang menarik dan bervariasi dalam banyak warna. Berasal dari wilayah Meksiko, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Kebanyakan dari burung macaw memiliki habitat di hutan khususnya hutan hujan. Namun ada pula beberapa spesies yang lebih menyukai perkebunan atau savanah.

Burung macaw memiliki bentuk tubuh yang lumayan besar dengan paruh bengkok yang unik. Memiliki kemampuan seperti layaknya burung beo yaitu menirukan suara manusia. Burung macaw banyak tampil di berbagai pertunjukan ataupun hiburan di kebun binatang atau sirkus.

Macaw merupakan salah satu burung yang memiliki usia panjang, macaw bisa hidup hingga umur 60 tahun. Di habitat aslinya, burung macaw akan membuat sarang dengan cara melubangi batang pohon yang besar. Burung ini akan tidur di malam hari dan memulai aktivitasnya di pagi hari dan bisa terbang jauh untuk sekadar mencari makan.

Pemeliharaan burung macaw di Indonesia temasuk mudah. Karena burung macaw merupakan tipikal burung yang lebih nyaman dengan cuaca tropis. Namun jangan letakan burung macaw di daerah yang terlalu panas. Jika macaw mengalami dehidrasi maka bisa menyebabkan sakit atau bahkan mati.

Usahakan dalam memelihara burung macaw secara sepasang agar burung macaw tidak sakit dan tidak mudah stress. Karena burung macaw adalah burung yang hidupnya bergerombol dan bersosialisasi. Harga burung macaw di pasaran saat ini mencapai 60 jutaan satu ekornya.

9. Iguana

iguana
matamata.com

Iguana merupakan salah satu jenis kadal besar yang berasal dari wilayah Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Kepulauan Karibia. Hewan ini memiliki ciri khas yaitu adanya sisik pada bagian atasnya berjejer dari kepala hingga ujung ekornya. Iguana memiliki kemampua beradaptasi yang sangat baik. Iguana merupakan hewan pemakan tumbuhan namun sesekali juga memakan serangga kecil untuk kebutuhan proteinnya.

Masuk ke dalam salah satu jenis reptil sehingga pemeliharaanya juga tidak beda jauh dengan pemeliharaan reptil lainnya. Dalam memelihara iguana buatlah kondisi lingkungan yang baik dengan keadaan cahaya yang cukup. Pemberian kandang yang luas juga akan membuat iguana merasa nyaman, kandang yang luas akan menunjang pertumbuhan iguana.

Iguana berkembang biak dengan cara bertelur dan telur iguana bisa mencapai puluhan butir telur. Pemberian makan pada iguana juga perlu kita perhatikan, hindari pemberian bayam pada iguana karena bisa mengikat kalsium dan berbahaya bagi tubuh iguana. Saat ini harga untuk satu ekor iguana yaitu sebesar 5 juta rupiah.

10. Burung African Grey

african grey
allaboutparrots.com

Terakhir, hewan peliharaan Irfan Hakim ada ikan african grey atau burung nuri abu-abu merupakan burung yang masuk dalam golongan keluarga Psittacidae. Burung ini memiliki warna badan dominasi abu-abu. Habitat asli burung ini yaitu ada pada kawasan Afrika di dekat khatulistiwa termasuk Angola, Kamerun, Kongo, Pantai Gading, Uganda, dan lainnya.

Spesies ini mampu bertahan hidup selama 60 tahun. Burung African Grey ini biasanya memiliki habitat di daerah hutan lebat namun juga bisa kita temukan di tepi hutan dengan vegetasi yang lebih terbuka. Burung jenis African Grey menjadi kegemaran banyak pecinta burung.

Baca Juga : Budidaya Tanaman Peperomia Watermelon Dijamin Sukses

Jenis  burung ini juga memiliki kemampuan untuk menirukan suara atau mengingat kata-kata. Dalam pemeliharaannya, kita harus membangun hubungan yang baik dengan burung ini. Perawatan yang baik akan menghindarkan African Grey mengalami stress.

Perawatan African Grey tergolong mudah karena hanya perlu menyediakan makanan dan kebersihan kandang. Tiap harinya, bisa dengan memberikan sebonggol jagung yang ada di segelas air. Untuk variasi makanannya agar burung ini tidak bosan maka berikanlah makanan tambahan seperti pisang.

Seminggu sekali perlu memandikan burung African Grey ini, proses pemandiannya cukup dengan menyemprotkan air dan gosok ke badan burung tanpa sabun. Lalu keringkan burung dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari pagi. Normalnya, African Grey ini bisa hidup sampai umur 49 tahun. Memandikan burung African Grey usahakan hanya pada pagi hari saja. Saat ini harga untuk satu ekor burung African Grey mencapai 15 juta rupiah satu ekornya.

Check Also

8 Tipe Sakit Mata Pada Kucing

8 Tipe Sakit Mata Pada Kucing

Selamat Datang di Web Hasilbumi.net, tempat beraneka ragam berbagai budidaya yang hendak dihidangkan dalam website ini dengan cara rinci serta perinci. Dibawah ini aku hendak mangulas modul mengenai Sakit Mata, selanjutnya uraiannya: Di Indonesia sendiri, aku apalagi sudah memandang beberapa besar kucing serta pengkhususan lokal aku berkeliaran. Banyak orang kekurangan tipe ini ataupun tidak menyukainya [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.