Breaking News

10 Hewan Peliharaan Unik Wajib Kamu Miliki

Hewan peliharaan saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Menusia menjadikan hewan peliharaan sebagai teman sehari-hari ataupun untuk kepentingan ekonomi atau urusan tertentu. Hewan peliharaan yang populer merupakan hewan peliharaan unik yang memiliki karakter setia. Penampilan yang menarik juga bisa menjadi salah satu daya tarik manusia memelihara hewan itu. Ada banyak manfaat psikologis yang bisa manusia dapatkan ketika memelihara hewan peliharaan.

Berikut ini 10 Daftar Hewan Peliharaan Unik yang Bisa Kamu Miliki

1. Sugar Glider

Sugar Glider
sumber foto : minews.coom

Memiliki nama latin Petaurus breviceps yang merupakan hewan bertubuh kecil dengan mata yang cukup besar. Sugar Glider adalah salah satu hewan nokturnal yang memiliki kantung pada perutnya. Saat siang hari sugar glider akan bersembunyi di lubang pohon yang terlapisi ranting daun. Memiliki penampilan yang sangat mirip dengan tupai terbang dan memiliki kemampuan untuk meluncur di udara. Berdasarkan namanya, hewan ini sering dikaitkan dengan makanan yang manis. Hewan ini sebenarnya merupakan hewan omnivora. Badannya tertutupi bulu yang halus dan berwarna coklat muda keabu-abuan.

Sugar glider memililiki populasi yang tersebar di sebagian kecil Australia tenggara, yang ada di wilayah New South Wales dan Queensland. Populasi sugar glider terbanyak ada di Australia. Banyak hidup di wilayah dengan ketinggian 2000 meter. Sekilas bentuk tubuh hewan ini seperti hamster dengan berat 115 hingga 140 gram. Tubuh jantan akan lebih besar dari tubuh betina. Memiliki lima jari pada jari kaki dan tangan. Bentuk jarinya tidak memiliki cakar dan berbentuk mirip dengan jari manusia. Sehingga menunjang kehidupan sugar glider di pohon dan ranting.

Hewan ini nyaman tinggal di suhu udara yang berkisar antara 40 derajat celcius. Ada salah satu kebiasaan unik dari sugar glider yaitu mereka bisa mati suri untuk menghemat energi pada musim dingin dengan durasi sekitar 2-23 jam perhari. Termasuk ke dalam kelompok hewan peliharaan unik yang sosialis karena hidup dalam suatu kelompok tertentu. Salah satu hewan peliharaan yang cukup unik dan eksotis.

2. Jelly Fish

jelly fish
Sumber foto : en.wikipedia.org

Biasa kita sebut dengan sebutan ubur-ubur. Masuk ke dalam kelompok hewan dalam filum Cnidaria dan kelas Schypozoa. Jelly fish atau ubur-ubur memiliki dua fase kehidupan yaitu fase polip dan fase medusa. Hewan yang satu ini hidup di laut lepas dan akan berenang ke atas bawah dengan bentuk cangkir yang terbalik. Normalnya, hanya tumbuh dengan ukuran 2-40 cm namun ada juga yang mencapai ukuran 1-2 meter. Persebaran habitat hewan ini tersebar di seluruh lautan. Jelly fish makan beragam makanan seperti crustasea ataupun ikan. Jelly fish memburu makanan nya dengan menggunakan nematoda yang berada di tentakelnya.

Nematoda adalah bagian dari sel jelly fish yang berfungsi untuk menusuk dan menyuntikan racun.  Terdiri dari beberapa sel berbentuk kapsul dan gulungan benang yang terdapat kait berfungsi untuk menusuk mangsa. Keunikan dari jelly fish ini adalah tidak memiliki otak atau saraf pusat sehingga semua pergerakan yang jelly fish lakukan dipicu karena adanya rangsangan dari ujung saraf. Jelly fish memiliki mulut dan anus dalam satu lubang yang sama, sehingga apabila telah melumpuhkan mangsa kemudian akan memasukannya ke dalam mulut dan mengeluarkan sisa makanan yang tidak dapat tercerna menggunakan aliran air.

3. Tarantula

tarantula
Sumber foto : jawapos.com

Sebagian orang mungkin takut untuk memelihara hewan yang satu ini. Memiliki nama latin Lycosa tarantula. Salah satu jenis laba-laba yang memiliki ukuran lebih besar dari pada laba-laba pada umumnya. Termasuk ke dalam famili Theraphosidae yang memiliki sekitar 800 lebih spesies yang sudah berhasil teridentifikasi. Tarantula memiliki bulu yang menutupi hampir di sekujur tubuhnya. Beberapa jenis tarantula memang tidak berbahaya bagi manusia dan beberapa lainnya juga laku untuk diperjualbelikan.

Salah satu hewan peliharaan yang eksotis dan unik. Hewan ini memiliki taring yang bisa menggigit dan gigitannya terkenal cukup menyakitkan. Namun, racun pada gigitannya lebih lemah dari racun sengatan yang terdapat pada lebah. Tarantula memiliki habitat yang ada di tempat hangat. Biasanya tarantula akan hidup pada lubang tanah yang telah mereka gali.

4. Axolotl

axolotl
sumber foto : idntimes.com

Axolotl memiliki nama latin Ambystoma mexicanum, hewan ini bentuk yang unik dan menarik. Biasa kita kenal dengan nama Salamander Meksiko, salah satu hewan jenis amfibi yang bisa kita pelihara. Axolotl juga memiliki julukan sebagai ikan berjalan. Namun, axolotl memiliki perbedaan dengan jenis amfibi lainnya yaitu karena tidak mengalami metamorfosis sampai usianya dewasa. Hewan ini memiliki habitat asli yang tersebar luas di Amerika Utara dan Meksiko. Banyak orang yang mengira bahwa axolotl ini masuk ke dalam jenis ikan, karena memiliki bentuk yang mirip ikan dan bisa hidup di dalam air.

Saat ini keberadaan axolotl hampir punah di alam bebas. Karena dampak urbanisasi di Meksiko yang mengakibatkan menurunnya kualitas air bersih sebagai tempat hidup axolotl di alam bebas. Axolotl banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan oleh masyarakat Meksiko. Juga sebagai objek penelitian karena kemampuan untuk meregenerasi anggota badan. Axolotl dapat tumbuh mencapai ukuran 15 hingga 45 cm dan melakukan kawin pada usia 18 sampai 24 bulan. Masih memiliki insang eksternal yang akan hilang saat axolotl memasuki usia dewasa. Insang eksternal bermanfaat untuk sistem respirasi dan sistem penyaluran oksigen ke paru-paru.

Axolotl bisa melakukan mutasi dengan mengeluarkan pigmen warna yang berbeda. Hewan ini memiliki habitat di air tawar yang memiiliki suhu optimal 20 derajat celcius. Axolotl bertahan hidup dengan memakan serangga kecil seperti cacaing, serangga, dan ikan-ikan kecil.

5. Serangga Batang

serangga batang
sumber foto : mongabay.co.id

Memiliki nama latin Eucomatocera vittata. Salah satu hewan yang memiliki bentuk unik dan menarik. Kebanyakan orang pasti akan terkecoh dengan bentuk dari serangga ini yang sangat mirip dengan dahan batang kering. Cocok dengan tempat hidupnya yang ada di batang tanaman, hewan ini memiliki sistem kamuflase yang baik. Serangga batang merupakan salah satu hewan yang memiliki hubungan kekerabatan dengan serangga.

Berdasarkan penemuan di China, serangga batang bisa bertumbuh mencapai ukuran 62,4 cm yang bahkan telah mengalahkan rekor serangga batang sebelumnya. Serangga batang bereproduksi dengan cara bertelur. Dalam setiap tahunnya, serangga batang bisa mengeluarkan 6 buah telur. Meskipun dalam bidang pertanian, serangga batang dianggap sebagai hama. Namun ada beberapa orang yang menjadikan serangga batang ini menjadi hewan peliharaan dengan perawatan yang mudah.

6. Tokek Hias

Tokek hias
Sumber foto : rri.co.id

Memiliki nama latin Gekko gecko. Salah satu hewan yang memiliki kerabat dekat dengan jenis-jenis kadal yang berasal dari suku Gekkonidae. Banyak orang yang menjuluki tokek sebagai cicak besar. Salah satu hewan peliharaan yang sudah cukup sering kita temui. Sama seperti cicak pada umumnya, tokek juga memiliki kemampuan untuk memutuskan dan menumbuhkan ekornya. Cara membedakan cicak dengan tokek cukup mudah, yaitu hanya dengan melihat ukuran tubuh dan kondisi kulitnya. Tokek memiliki kulit yang bersisik dan memiliki bintil-bintil yang menonjol.

Bentuk mata yang menonjol dengan pupil mata berbentuk jorong menjadi ciri khas dari tokek. Memiliki bentuk jari-jari kaki yang bisa tumbuh sempurna dengan bentuk melebar di ujung. Sehingga memudahkan tokek untuk memanjat dan menempel di pohon, dinding, dan langit rumah. Tokek merupakan hewan yang lebih aktif di malam hari dan akan mengeluarkan suara unik yang nyaring. Tempat tinggal tokek jika berada di alam liar biasanya ada du lubang pepohonan.

Tokek bertahan hidup di alam dengan memakan serangga dan hewan yang berukuran kecil seperti cacing. Sama seperti cicak, tokek berkembang biak dengan bertelur. Tokek hias hanya memiliki kelebihan di warna dan corak yang menarik. Secara umum, habitat tokek menyebar luas di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, Korea, dan Jepang.

7. Fennec Fox

Fennec fox
Sumber foto : nationalzoo.si.edu

Fennec fox masuk ke dalam kelompok hewan mamalia jenis rubah yang terkecil di dunia. Memiliki nama latin vulpes zerda dan masih dalam hewan golongan famili Canidae. Fennec fox merupakan salah satu hewan dengan bentuk yang unik dan sangat menggemaskan. Bentuk bentuk telinga yang unik dan panjang menjadi salah satu daya tarik dari hewan yang satu ini. Telinga yang panjang juga memudahkan fennec fox dalam mencari mangsanya. Bulu-bulu yang ada di telinganya juga berfungsi untuk membantu beradaptasi dengan kondisi cuaca lingkungan yang ekstrim.

Saat musim panas, bulu-bulu halus yang ada di telinganya membantu menguraikan panas dari cahaya matahari dan menjaga kehangatan tubuh saat berada di malam hari atau di musim dingin. Fennec fox biasanya bersembunyi di dalam lubang tanah saat siang hari. Memiliki keunikan karena bisa tahan tidak minum dalam beberapa waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan fennec fox bisa mengambil air dari sumber makanan yang telah dimakan.

Rubah kecil ini bisa tumbuh hingga mencapai ukuran 24.13 hingga 40.7 cm dengan ukuran ekor yang bervariasi. Uniknya, panjang telinga rubah ini bisa tumbuh mencapai sepertiga panjang tubuhnya. Memiliki warna bulu yang bervariasi yaitu merah, krem, dan putih. Habitat rubah ini secara umum banyak berada di wilayah Gurun Sahara yang ada di benua Afrika Utara atau wilayah sinai dan Arab. Hewan ini menyukai tempat yang bertemperatur kering dan kondisi yang gersang.

Keadaan tempat tinggal yang bersuhu ekstrem membuat rubah ini menggali sarang mereka dengan kedalaman bisa mencapai 0,08 meter yang bisa menampung sekitar 10 rubah fennec. Rubah fennec termasuk ke dalam hewan yang tidak teridentifikasi secara pasti berapa populasinya. Lebih aktif di malam hari dan memangsa hewan kecil seperti tikus, kadal, siput, dan juga memakan buah-buahan. Keunikan yang lain dari rubah ini terkenal dengan kesetiaannya karena mereka hanya akan melakukan kawin sekali seumur hidup.

8. Iguana

Iguana
Sumber foto : infobinatang.com

Memiliki nama latin Iguana dan masih masuk ke dalam golongan hewan dengan famili Iguanidae. Hewan herbivora yang banyak tersebar di wilayah tropis seperti Meksiko, Amerika Tengah, Karibia, dan Amerika Selatan. Iguana pertama kali terekspos  pada tahun 1768 oleh seorang naturalis asal Austria yang bernama Josephus Nicolaus Laurenti yang ada dalam bukunya dengan judul Specimen Medicum.

Hewan ini bisa berkembang sampai ukuran 1,5 hingga 1,8 m. Kadal besar ini memiliki keunikan di bagian sisik yang ada di sekujur badannya menambah kesan eksotis dari hewan ini. Sisik yang mereka miliki juga bermanfaat untuk melindungi tubuhnya. Memiliki penglihatan yang tajam dan bisa melihat objek dengan jelas dalam jarak yang cukup jauh. Hal ini sangat memudahkan iguana dalam memperoleh makanannya. Meskipun merupakan hewan yang herbivora namun iguanana juga membutuhkan nutrisi hewani yang biasa mereka dapatkan dengan memakan serangga-serangga kecil.

9. Musang

Musang
Sumber foto : mojok.co

Memiliki nama latin Paradoxurus hermaphroditus, termasuk ke dalam famili Viverridae. Meskipun musang liar banyak menjadi hama bagi perkebunan namun juga ada beberapa jenis yang bisa kita pelihara. Dalam bahasa daerah memiliki sebutan luwak. Memiliki bentuk tubuh yang termasuk sedang yaitu sekitar 90 cm, di sekujur tubuhnya terdapat bulu-bulu yang menutupi. Bulu musang memiliki warna abu-abu kecoklatan dengan ekor yang cukup panjang.

Sekilas jika kita lihat memiliki tubuh yang agak mirip dengan kucing. Namun musang memiliki dahi dan sisi samping wajahnya yang berwarna putih. Musang biasanya mudah kita temui di pemukiman warga di pedesaan bahkan juga sampai ke perkotaan. Musang memiliki kemampuan memanjat pohon dan waktunya banyak ada di atas pohon. Salah satu hewan yang sangat aktif di malam hari untuk mencari makanan. Lebih banyak memakan buah-buahan di pekarangan atau perkebunan. Namun juga memangsa beragam jenis serangga, siput, cacing, dan lainnya.

Habitat musang saat ini sudah mulai menyempit karena banyaknya pemugaran wilayah hutan. Sehingga tidak heran apabila saat ini banyak musang yang hidup di wilayah pemukiman manusia. Musang sebenarnya lebih menyukai habitat hutan sekunder. Pastinya tidak asing lagi dengan produk kopi luwak. Musang banyak dipelihara untuk produksi kopi luwak. Sistem pencernaan yang tergolong sangat sederhana dan bisa menjadi pemecar biji-bijian.

Tak heran jika biji kopi yang telah musang konsumsi akan tetap utuh sampai dikeluarkan lagi menjadi kotoran. Pemeliharaan musang untuk kepentingan produksi kopi luwak ini juga sangat penting demi menjaga kelestariannya karena semakin sempitnya habitat asli musang.

10. Landak Susu

Landak susu
Sumber foto : kumparan.com

Memiliki nama latin Erinaceinae yang masih masuk ke dalam subfamilia dari Erinaceomorpha. Merupakan hewan pengerat yang memiliki tambut tebal berbentuk duri. Bentuk yang kecil dan lucu membuat banyak orang tertarik untuk memelihara landak susu ini. Masuk ke dalam golongan hewan pengerat yang habitatnya banyak tersebar di wilayah Asia, Amerika, ataupun Afrika. Tingkah laku yang lucu dan menggemaskan membuat landak ini menjadi favorite untuk dijadikan hewan peliharaan.

Duri yang ada di tubuhnya membuat landak susu tidak terlalu lincah jika dibandingkan dengan hewan pengerat lainnya seperti tikus. Landak susu merupakan herbivora yang sangat menyukai daun batang. Oleh karena itu, banyak landak liar yang dianggap sebagai hama tanaman. Keberadaan duri pada landak ini bukan tanpa alasan, landak memiliki duri di bagian belakang tubuhnya sebagai perlindungan diri dari berbagai ancaman yang berbahaya. Jumlah duri yang mencapai ribuan pastinya bisa melukai para predator.

Baca Juga : 10 Daftar Hewan Peliharaan Termahal di Dunia

Menurut berbagai penelitian, landak diperkirakan sudah ada sejak zaman dinosaurus karena landak termasuk dalam hewan dengan spesies terkuno.  Namun sayangnya, banyak pihak yang menjadikan hewan pengerat ini sebagai bahan makanan dan memanfaatkan duri landak sebagai bahan kerajinan. Sehingga jumlah populasi landak susu saat ini telah menurun drastis sekitar 70 persen dalam kurun waktu 20 tahun terakhir.

Itulah 10 daftar hewan peliharaan unik dan lucu yang bisa menjadi rekomendasi kamu dalam memilih jenis hewan peliharaan yang unik. Perawatan bagi hewan peliharaan juga harus pemilik perhatikan.

 

Check Also

8 Tipe Sakit Mata Pada Kucing

8 Tipe Sakit Mata Pada Kucing

Selamat Datang di Web Hasilbumi.net, tempat beraneka ragam berbagai budidaya yang hendak dihidangkan dalam website ini dengan cara rinci serta perinci. Dibawah ini aku hendak mangulas modul mengenai Sakit Mata, selanjutnya uraiannya: Di Indonesia sendiri, aku apalagi sudah memandang beberapa besar kucing serta pengkhususan lokal aku berkeliaran. Banyak orang kekurangan tipe ini ataupun tidak menyukainya [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *