Breaking News

Ide 9 Hewan Peliharaan yang Mudah Dirawat di Rumah

Memiliki hewan peliharaan atau pet memang menjadi kesenangan bagi sebagian orang. Sayangnya, banyak orang yang enggan memiliki pet karena terbatasnya waktu dan sulitnya perawatan hewan tersebut. Alih-alih membuat senang, justru Anda harus repot karena perawatannya yang ribet dan cukup kompleks.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya ada beberapa jenis hewan yang mudah perawatannya. Berbagai jenis hewan tersebut bisa menjadi pilihan peliharaan yang cocok untuk Anda di rumah maupun untuk anak muda di kos. Tentu dengan adanya pet, Anda jadi lebih tidak kesepian bukan? Penasaran? Yuk, intip daftar hewan peliharaan yang mudah Anda rawat berikut ini!

9 Hewan Peliharaan yang Perawatannya Mudah

Inilah beberapa hewan yang perawatannya mudah dan bisa menjadi pilihan Anda:

1. Ikan Hias

Hewan pertama yang bisa menjadi pilihan untuk Anda pelihara adalah ikan hias. Banyak orang yang memilih ikan hias karena mudahnya perawatan dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengurusnya. Anda sibuk di kos? Atau sibuk di rumah? Maka, ikan hias bisa menjadi pilihan yang sangat cocok.

Anda hanya cukup membeli ikan, meletakkannya di akuarium dan selesai! Ikan hias juga tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk mengurusnya supaya tetap sehat. Kunci dari keberhasilan perawatan ikan hias adalah kualitas air dan juga rutinitas pemberian pakan. Selama 2 hal tersebut selalu Anda jaga, maka ikan hias akan senantiasa sehat. Beberapa ikan hias yang bisa menjadi pilihan adalah:

  • Discus
  • Tetra
  • Headstander
  • Guppy
  • Cherry barb
  • Tiger barb
  • Livebearer
  • Siam algae eater
  • Dwarf gourami

Tidak hanya ikan hias, Anda juga bisa memelihara hewan air lain seperti udang bambu di dalam akuarium yang sama. Anda juga bisa menghias akuarium menjadi sebuah aquascape yang cantik dan juga menawan. Dengan begitu, nilai estetika akuarium bisa semakin bagus.

2. Iguana

Anda mungkin langsung berpikiran bahwa Iguana adalah hewan yang ganas dan tidak cocok untuk hewan peliharaan. Padahal, jika Anda mencari pet yang mudah perawatannya maka Iguana adalah kandidat terbaik. Dibalik penampilannya, hewan ini terbilang sangat bersahabat dan tidak ribet lho. Hewan ini juga terbilang mudah untuk beradaptasi dan terbilang jinak dengan manusia.

Untuk jenis Iguana, Anda bisa memilih yang memiliki warna hijau. Umumnya, Iguana akan memakan serangga, sayuran, ulat bulu, sampai biji-bijian. Anda cukup menyiapkan kandang dengan baik dan memiliki sirkulasi udara yang lancar dan bersih. Selebihnya, Iguana tidak membutuhkan perawatan yang ribet.

3. Landak Mini (Hedgehog)

hewan peliharaan
(sumber gambar: Halodoc.com)

Bagi Anda yang tinggal di rumah maupun di kos dan memiliki banyak waktu sibuk, landak mini bisa menjadi pilihan pet yang tepat. Ukurannya yang kecil dan lucu bisa menjadi teman mungil yang menggemaskan. Anda bisa menggendongnya di tangan dan landak mini akan bertingkah dengan tenang dan tidak terlalu banyak bergerak. Tidak perlu khawatir dengan durinya, karena di tubuh landak mini durinya termasuk tidak tajam dan aman untuk Anda sentuh.

Sayangnya, untuk memiliki landak mini Anda memang harus merogoh kocek yang cukup dalam. Hanya saja, harga yang mahal ini hanya berlaku ketika Anda ingin membelinya saja. Untuk biaya perawatan dan makan landak mini termasuk murah, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

4. Gecko

Selain iguana, reptil lain yang cocok menjadi hewan peliharaan dan mudah untuk Anda rawat adalah gecko. Berbeda dengan tokek yang ada di atap rumah, gecko akan memiliki warna dan motif tubuh yang bermacam-macam dan juga lebih menarik. Tidak heran jika ia bisa menjadi pet lucu dan tidak sulit untuk Anda rawat.

Ukuran gecko umumnya hanya sekitar 15 sampai 20 cm saja. Kunci dari keberhasilan perawatan gecko adalah kebersihan kandang. Jika kandang senantiasa bersih dan makannya terjaga, maka gecko akan senantiasa sehat. Anda juga tidak perlu terus-terusan mengurus gecko karena hewan ini bisa tinggal dengan tenang di dalam kandang.

Baca Juga: Mengenal Kelinci Fuzzy Lop dan Berbagai Karakteristiknya

5. Kelinci

Jika Anda adalah pecinta hewan berbulu yang menggemaskan, maka kelinci adalah pilihan tepat bagi Anda. Hewan ini juga tergolong mudah perawatannya dan cocok untuk Anda yang memiliki sedikit waktu untuk mengurus pet. Anda hanya cukup membelikan kandang dan rutin membersihannya saja supaya kelinci senantiasa sehat.

Pemberian pakan dan air minum juga perlu Anda perhatikan supaya asupan nutrisi bagi kelinci senantiasa terjaga. Ada beberapa jenis kelinci yang bisa Anda pilih untuk pelihara. Mulai dari jenis kelinci Rex, kelinci Angora, kelinci Satin, hingga kelinci Lop. Setelah waktu penat seharian kuliah maupun bekerja, bermain bersama kelinci di rumah tentu menjadi sarana relaksasi yang menyenangkan bukan?

6. Lovebirds (Burung Cinta)

Anda ingin memelihara burung? Maka jenis burung cinta atau Lovebirds bisa menjadi pilihan yang tepat. Banyak orang yang memilih untuk memelihara burung karena warna bulunya yang indah dan juga tubuhnya yang mungil. Burung cinta juga terbilang mudah untuk Anda rawat.

Kunci dari keberhasilan perawatannya adalah kandang yang cukup besar dan juga menjaga kebersihan kandang. Selain itu, pemberian pakan juga harus Anda perhatikan dengan baik untuk burung cinta ini. Beberapa jenis pakan yang bisa Anda berikan adalah sayur-sayuran, buah, serta biji-bijian.

7. Kura-kura

Anda juga bisa memelihara kura-kura jia tidak memiliki banyak waktu luang untuk mengurus hewan peliharaan. Pasalnya, kura-kura tergolong mudah untuk Anda pelihara dan tidak membutuhkan banyak perawatan rumit. Hewan ini juga bisa hidup dalam jangka waktu yang lama asalkan perawatannya benar dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungannya.

Anda bisa membuat kolam berisi air untuk kura-kura tinggal. Untuk pakannya sendiri, harus Anda sesuaikan dengan jenis kura-kura yang Anda pelihara. Ada yang bisa memakan buah, sayuran, bahkan memakan ikan. Jenis kura-kura paling umum yang bisa Anda pilih adalah kura-kura Red Ear Slider. 

Ciri khas dari kura-kura yang berasal dari Brazil tersebut adalah warna merah yang ada pada bagian telinganya. Selain itu ada perpaduan warna hijau dan kuning yang bisa Anda jumpai pada tubuh kura-kura. Beberapa jenis kura-kura lain yang bisa Anda pilih adalah Sulcata tortoise, Scripta elegans, Leopard tortoise, Indian star tortoise, dan lain sebagainya.

8. Sugar Glider 

hewan peliharaan
(sumber gambar: Halodoc.com)

Selain landak mini, sugar glider juga menjadi pet yang bisa Anda pertimbangkan. Hewan ini juga sedang populer di kalangan para pecinta hewan mini dan menggemaskan. Meski begitu, untuk memilikinya Anda memang harus mengeluarkan kocek yang cukup dalam. Namun tidak perlu khawatir karena harga yang mahal itu hanya untuk mahar membeli sugar glider saja.

Selebihnya harga perawatan dan pakan untuk hewan ini terbilang terjangkau. Anda juga bisa menikmati pet yang selalu ingin dekat dengan Anda jika memelihara sugar glider. Sebab pada dasarnya, ini adalah jenis hewan yang clingy. Untuk pakan yang bisa Anda berikan adalah pisang.

Anda juga perlu memahami bahwa hewan ini termasuk nocturnal dan akan aktif di malam hari. Jadi meski memiliki kandang, jangan kaget jika ia akan suka aktif  seperti bergelantungan atau melompat kesana kemari ketika malam hari tiba. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memlikinya?

9. Ikan Koi

Hewan peliharaan terakhir ang bisa Anda pertimbangkan karena mudah perawatannya adalah ikan koi. Dalam bahasa Jepang, koi merujuk pada istilah nishikigoi dan menjadi simbol dari persahabatan dan juga cinta. Ikan ini bisa Anda pelihara dengan mudah dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Meletakkan akuarium ikan koi di rumah juga bisa menjadi sarana melepaskan penat dan menambah estetika ruangan.

Kunci dari keberhasilan memelihara koi adalah kebersihan akuarium dan juga pemberian pakan yang teratur. Jika Anda bisa menjaga 2 hal tersebut, maka memelihara ikan koi bukanlah hal yang sulit bagi Anda. Selain itu, harga beli ikan ini juga akan bergantung pada jenis dan ukuran ikan yang akan Anda beli. Tinggal sesuaikan saja dengan keinginan dan budget yang Anda miliki.

Nah sobat agribisnis, itulah berbagai rekomendasi hewan peliharaan yang mudah untuk Anda rawat di rumah. Bagi Anda yang tinggal di kos atau apartemen, berbagai hewan ini juga cocok untuk Anda pilih. Yang terpenting adalah bagaimana Anda sebaik mungkin dalam perawatannya agar hewan-hewan tersebut bisa berusia panjang.

Check Also

ciri-ciri ikan nila

Inilah Berbagai Sifat dan Ciri-ciri Ikan Nila yang Harus Anda Tahu!

Salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer di Indonesia, khususnya untuk kebutuhan konsumsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.