Breaking News

Inilah 6 Ikan Channa Termahal dan Coraknya yang Unik dan Indah

Sobat agribisnis, pernahkah Anda mendengar tentang ikan channa? Jenis ikan yang satu ini memang sedang naik daun dan semakin banyak peminatnya saat ini. Bagi pecinta ikan, tentu ini bukanlah jenis ikan yang asing. Hanya saja, tidak sedikit pula orang yang masih awam dengannya. Dari banyaknya jenis ikan ini, terdapat beberapa ikan channa termahal yang bernilai fantastis dan memiliki corak yang unik. Lalu, apa saja jenis tersebut?

Berkenalan dengan Ikan Channa

ikan channa termahal
(sumber gambar: rumah123.com)

Ada banyak sekali jenis ikan hias yang memang bisa Anda pelihara. Akan tetapi, ikan hias yang berjenis predator tentu juga tidak bisa Anda abaikan. Nah, ikan channa merupakan salah satu contoh ikan hias yang juga sebenarnya merupakan predator. Pada dasarnya, ikan channa merupakan salah satu anggota dalam keluarga Channidae yang berasal dari daerah Asia.

Persebaran ikan channa juga banyak ditemukan di Indonesia. Beberapa pulau yang menjadi tempat persebaran ikan ini adalah Pulau Melayu, Sumatera, Kalimantan, dan juga Jawa. Jika melihat bentuk tubuhnya, Anda mungkin mengira ikan ini mirip sekali dengan ikan gabus. Hal ini tidak mengherankan karena memang bentuk fisiknya sangat mirip sekali dengan gabus.

Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa ikan ini berbeda dengan ikan gabus konsumsi. Perbedaan utamanya terletak pada warna corak tubuhnya yang memang sangat cantik. Inilah yang membuat akhirnya banyak orang yang menyukai ikan ini.

Baca Juga: Pilihan dan Rekomendasi Susu untuk Bayi Kucing yang Sehat

Jenis Ikan Channa Termahal

ikan channa termahal
(sumber gambar: detik.net.id)

Keindahan corak tubuh dan sirip dari ikan channa memang menjadi daya tarik utama dari ikan ini. Tidak heran jika banyak pecinta ikan yang kemudian memilihnya untuk peliharaan di rumah. Akan tetapi, harus Anda ketahui jika harga ikan channa juga tidaklah murah, bahkan beberapa diantaranya ada yang memiliki nilai yang sangat fantastis. Inilah beberapa ikan channa yang mahal tersebut:

1. Channa Aurantimaculata

Daftar ikan channa termahal yang pertama adalah jenis channa aurantimaculata. Jenis yang berasal dari India ini terkenal akan tubuhnya yang cukup besar. Panjangnya bisa mencapai 40 cm untuk yang dewasa. Keunikan dari ikan ini terletak pada kombinasi warna tubuhnya yang unik, antara warna coklat dan orange. Garis corak membentuk susunan vertikal yang rapi.

Harga: mulai dari Rp. 750.000 sampai Rp. 1.500.000 per ekornya 

2. Channa Argus

Ketika melihat ikan ini, maka Anda bisa jadi terkejut dengan coraknya yang sangat unik dan eksotis. Pasalnya, corak tubuh channa argus terlihat seperti pola tubuh ular Phyton reticulatus. Dengan ciri khasnya ini, banyak orang yang rela mengeluarkan kocek cukup dalam untuk bisa memeliharanya.

Asal dari ikan channa argus sendiri adalah dari Tiongkok, tepatnya dari Pulau Hainan. Ukuran tubuhnya tidak terlalu besar, hanya mencapai 30 cm saja bagi ukuran dewasa. Anda juga bisa menyebut ikan ini dengan sebutan Northern snakehead. 

Harga: mulai dari Rp. 1.500.000 per ekornya 

3. Channa Stewartii

Naik dari harga sebelumnya, ikan channa termahal selanjutnya adalah jenis channa stewartii. Nama lain dari ikan ini adalah Assamese snakehead, dan sering pula mendapatkan julukan dengan nama ikan channa Barca KW super. Karena memang jenis ini memiliki harga yang lebih murah dari channa Barca.

Banyak orang tertarik dengan ikan ini karena warna tubuhnya yang biru dan sedikit coklat. Meski terlihat pudar, namun Anda bisa melihat keindahan ikan ini dengan lebih jelas ketika berada di tempat yang gelap dan tubuhnya terkena cahaya. Warna birunya akan terlihat menyala dan sangat unik, inilah yang menjadi ciri khas utama dari ikan ini.

Harga: mulai dari Rp. 400.000 sampai Rp. 2.000.000 per ekornya 

4. Channa Melasoma

Apabila Anda bandingkan dengan jenis-jenis channa lain, mungkin ikan ini adalah yang terlihat paling tenang. Sebab, memang dari bentuk tubuh dan coraknya channa melasoma lebih terang dan juga tidak memiliki tubuh yang terlalu besar. Pada bagian tubuhnya, terdapat warna putih dan juga kuning kecoklatan.

Harga: mulai dari Rp. 150.000 sampai Rp. 3.000.000 

5. Channa Maruliodes

Channa maruliodes adalah salah satu dari sekian banyak channa yang sangat populer karena keunikannya. Para pecinta dan pengoleksi ikan pasti juga sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan yang satu ini. Keunikan utamanya adalah warna matanya yang merah dan bisa menyala dengan terang jika ikan ini sedang marah.

Sebagai predator memang channa maruliodes memiliki tempramen yang sangat tinggi dan sensitif dengan adanya ikan lain. Sifatnya yang memang sangat individualis membuatnya bisa marah apabila terdapat ikan lain yang berada di dekatnya. Jika kondisi normal, maka warna matanya akan berwarna merah ke kuning biasa dan cenderung pucat. Namun jika merasa terancam dan marah, maka warnanya akan berubah menjadi merah pekat dan menyala dengan terang.

Tidak hanya pada bagian mata, warna tubuhnya yang bercorak kuning bisa menjadi semakin berwarna ketika marah. Habitat asli ikan ini adalah di sungai  Kalimantan dan merupakan predator. Anda bisa membeli ikan ini dalam keadaan yang kecil dahulu agar harganya lebih murah. Untuk harga kecilnya, sekitar Rp. 300.000 sampai dengan Rp. 500.000. Namun untuk channa maruliodes dewasa, harganya bisa mencpai Rp. 2.000.000.

Harga: mulai dari Rp. 300.000 sampai Rp. 2.000.000 

6. Channa Barca

Posisi tertinggi dari daftar ikan channa termahal adalah channa barca. Harga ikan ini memang sangat fantastis dan sudah sangat populer bagi para pecinta ikan hias. Nama lain ikan ini adalah Barca snakehead, karena bentuk kepalanya yang terlihat mirip dengan kepala ular. Habitat aslinya adalah di kawasan Sylhet, Bangladesh dan juga daerah Assam dan Nagaland, di India.

Sifat dari ikan ini sanagt teritorial dan bisa menyerang siapapun yang masuk ke wilayahnya. Untuk itulah, jika Anda memang ingin memeliharanya, maka 1 akuarium hanya bisa untuk 1 ikan saja. Bentuk tubuhnya sendiri tergolong cukup besar, yang mana ukuran barca dewasa bisa mencapai panjang 90 cm. Ciri khas utama dari barca adalah corak warnanya yang unik dan terlihat sangat eksotis.

Tubuhnya memiliki dominasi warna biru menuju hijau. Kemudian terdapat bintik titik-titik warna hitam yang seringkali membentuk suatu pola tertentu. Pada bagian atas terdapat sirip yang memiliki warna orange samar, sedangkan untuk sirip bawah berwarna biru kehijauan. Baik sirip atas maupun bawah memiliki strip warna hitam pada bagian ujungnya.

Makanan untuk channa barca juga sangat beragam. Mulai dari cacing tanah kecil, udang cincang, hingga cacing darah untuk channa barca yang masih kecil. Sementara untuk barca dewasa, maka bisa Anda berikan makanan berupa udang utuh, jangkrik, kerang, hingga potongan daging ikan.

Karena memiliki harga beli yang sangat fantastis, Anda juga tidak boleh salah dalam perawatannya. Inilah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

a. Perhatikan Tankmate

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, ikan barca memiliki sifat yang sangat agresif dan teritorial. Untuk itu, ketika Anda memeliharanya perhatikan siapa saja yang bisa Anda pelihara bersamaan dalam 1 tempat dengan ikan ini.

Apabila masih berada di usia yang muda, maka boleh-boleh saja Anda memeliharanya dengan ikan lain. Akan tetapi, jika usia ikan channa barca sudah dewasa dan tubuhnya semakin besar, maka jangan memasukkan peliharaan lain apapun di dalam akuariumnya.

b. Perhatikan Kebersihan Air

Meski termasuk ikan yang bisa bertahan dalam kondisi ekstrim dan jumlah oksigen yang rendah, namun Anda harus memperhatikan kebersihan air di dalam akuarium. Pasalnya, ini dilakukan untuk menjaga kesehatan ikan channa barca itu sendiri. Anda bisa memasang top filter pada akuarium yang bisa menyaring kotoran air sehingga senantiasa bersih.

c. Tanaman Air

Habitat asli dari ikan channa barca adalah perairan dengan vegetasi tanaman yang melimpah. Untuk itu, Anda bisa menambahkan beberapa tanaman air di dalam akuariumnya. Tujuannya adalah membuat tempat tinggal yang tenang dan mirip dengan habitat asli, sehingga ikan barca menjadi lebih tenang dan nyaman.

Harga: mulai dari Rp. 10.000.000 sampai Rp. 50.000.000 

Nah sobat agribisnis, itulah beberapa jenis ikan channa termahal yang bisa Anda simak. Memiliki corak tubuh yang unik dan indah, memang membuat ikan ini memiliki harga yang mahal. Untuk itu jika Anda memang tertarik untuk membelinya, pastikan memiliki budget yang cukup untuk perawatannya juga ya!

Check Also

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

Hasilbumi.net – La mayoría de los artrópodos tienen antenas, que son órganos sensoriales móviles ubicados …

Leave a Reply

Your email address will not be published.