Breaking News

5+ Ikan Cupang Termahal untuk Peliharaan atau Bisnis

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan yang sangat populer di Indonesia. Banyak sekali orang yang memiliki jenis ikan ini untuk berbagai tujuan pemerliharaan. Ada yang memang murni untuk pemeliharaan saja, untuk kebutuhan budidaya, dan juga untuk kebutuhan aduan. Seiring dengan popularitasnya, ada beberapa ikan cupang termahal yang nilai jualnya berharga fantastis lho. Penasaran? Yuk, simak informasinya!

Berkenalan dengan Ikan Cupang

Ikan cupang (Betta sp.) atau yang juga terkenal dengan sebutan ikan laga, ikan adu siam, dan ikan betta merupakan sejenis ikan air tawar. Persebaran cupang adalah di beberapa negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Ukuran tubuhnya kecil namun memiliki karakter yang cenderung agresif terutama saat mempertahankan wilayahnya.

Secara umum ada 3 (tiga) jenis cupang yang bisa Anda beli. Pertama adalah ikan cupang hias, ikan cupang liar, dan juga ikan cupang aduan. Ya, jenis ikan ini memang sering menjadi salah satu hewan aduan. Pasalnya, jika cupang jantan bertemu pejantan lain maka secara otomatis mereka akan melawan satu sama lain.

Insting alami dari cupang memang bersifat sangat teritorial. Jika ada pejantan lain yang ingin merebut wilayahnya, pertarungan bisa langsung terjadi saat itu juga. Tanda bahwa pertarungan akan mulai adalah saat sirip ikan cupang mulai mengembang dan juga bagian insang ikan tampak 2 kali lebih besar. Tujuannya adalah untuk menakut-nakuti lawan.

Jika bertarung kedua pejantan cupang juga tidak tanggung-tanggung. Mereka akan bertarung sampai salah satu pejantan mati dan keluar menjadi pemenang. Namun dalam beberapa kasus mereka juga akan berhenti jika memang sudah terlalu lelah atau memang ada yang memisahkannya.

Baca Juga: Ide 9 Hewan Peliharaan yang Mudah Dirawat di Rumah

5+ Ikan Cupang Termahal

ikan cupang termahal
(sumber gambar: harapan-rakyat.com)

Di Indonesia ikan cupang memang sangat terkenal dan memiliki harga jual yang bermacam-macam. Biasanya harga jual ini tergantung dari jenis ikan dan tujuan Anda membeli ikan tersebut. Penjual cupang juga sangat banyak dan mudah ditemukan. Seperti di toko khusus hewan, pasar hewan, atau datang ke peternak cupang langsung.

Ada yang memiliki harga sangat murah, namun ada juga ikan cupang termahal yang memiliki harga luar biasa mahal. Bahkan Anda bisa harus merogoh kocek sampai puluhan juta untuk mendapatkannya. Seperti beberapa ikan cupang berikut ini yang harganya sangat mahal, diantaranya adalah:

1. Ikan Cupang Aduan

Harga cupang termurah berasal dari jenis ikan cupang aduan. Memang selama ini hargan ikan ini cenderung tidak terlalu mahal. Tubuhnya ramping namun memiliki warna yang mencolok serta terlihat sangar. Insting alamiahnya memang tidak segan dan takut untuk membunuh lawan tarungnya.

Ketika membeli cupang ini maka Anda harus selalu menyediakan sekat untuk membatasi ikan yang satu dengan lainnya. Tujuannya agar tidak terjadi pertarungan yang tidak perlu.

Harga: Rp. 1o.000 sampai Rp. 100.000 

2. Ikan Cupang Koi

Jenis ikan selanjutnya adalah cupang koi yang memiliki daya tarik berupa warna tubuhnya. Ya, warna dari ikan ini memang sangat cerah sehingga sangat menarik mata. Warnanya merah, oranye, putih, hitam, dan biru.

Harga: Rp. 100.000 sampai Rp. 200.000 

3. Ikan Cupang Big Ear atau Dumbo

Ikan cupang termahal selanjutnya adalah jenis big ear atau dumbo yang ciri khasnya adalah sirip depannya yang besar. Karena inilah ia terlihat seperti telinga gajah. Perlu Anda tahu juga bahwa ikan ini merupakan hasil persilangan masyarakat Indonesia.

Harga: sekitar Rp. 400.000 

4. Ikan Cupang Giant 

Jenis ikan yang satu ini daerah aslinya adalah dari sungai maupun danau Thailand. Ukuran tubuhnya lebih besar daripada mayoritas cupang lain sehingga memiliki nama giant atau raksasa. Ukuran tubuhnya yang unik inilah banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya atau untuk kebutuhan jual beli cupang. Nantinya Anda juga bisa mengawinkan ikan ini dengan jenis cupang lain supaya hasil peranakannya unik.

Harga: mulai dari Rp. 200.000 sampai Rp. 400.000

5. Ikan Cupang Fancy 

Sesuai namanya, harga ikan ini memang cukup fancy. Bukan tanpa alasan, karena cupang ini memiliki warna yang sangat indah dan terlihat seperti 3 dimensi. Kombinasi warna di tubuhnya sangat unik dan cantik, ketika berenang seperti bergerak-gerak mengikuti liukan tubuhnya.

Warna inilah yang membuat ikan ini berbeda dengan jenis cupang lainnya. Untuk anakannya, harga yang harus Anda bayar masih terbilang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp. 100.000 sampai Rp. 200.000. Untuk harga dewasanya baru Anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi.

Harga: sekitar Rp. 1.500.000

6. Ikan Cupang Plakat

Untuk ikan cupang yang satu ini termasuk dalam jenis ikan yang bisa untuk aduan. Meski begitu, cupang plakat juga bisa Anda jadikan peliharaan yang anggun dan cantik di rumah. Istilah “plakat” sendiri berasal dari bahasa Thailand yang berarti “bertarung atau tarung”.

Ikan ini memiliki harga yang mahal karena cukup langka dan juga warnanya yang indah. Bagian tubuh ikan ini memang berwarna sangat terang dan cenderung tidak akan pudar meskipun ia sedang bertarung. Pergerakan ikan ini juga sangat agresif sehingga sangat cocok untuk aduan.

Harga: Mulai dari Rp. 100.000 sampai Rp. 2.000.000 

7. Ikan Cupang Double Tail 

Ikan cupang termahal selanjutnya adalah double tail yang memiliki keunikan pada bagian ekornya. Bentuk ekor ikan ini terbelah menjadi dua sehingga sangat unik dan juga cantik. Apalagi ketika berenang, maka ekornya akan terlihat sangat cantik dan meliuk-liuk di dalam air.

Selain ekor, keunikan lain juga berasal dari warna tubuhnya yang unik dan cenderung cerah. Meski begitu, memang tidak mudah untuk bisa menemukan ikan ini di pasaran. Jadi memang harganya cukup mahal. Jika Anda ingin memilikinya, lebih baik membeli anakannya saja yang berharga sekitar Rp. 120 ribuan.

Harga: sekitar Rp. 2.000.000 

8. Ikan Cupang Kachen Worachai

Ikan cupang termahal selanjutnya adalah cupang Kachen Worachai. Harga ikan ini bisa sangat mahal karena warna tubuhnya yang sangat unuk dan mirip seperti bendera negara Thailand. Perpaduan warna biru, putih, dan juga merah serta berjajar dengan rapi.

Keunikan warna tubuh inilah yang membuat banyak orang berani membayar mahal untuk satu ekornya. Untuk nama ikan ini yang terdengar unik, berasal dari nama asli pemiliknya yang ada di Thailand. Sementara untuk nama asli ikannya belum ada yang bisa mengetahuinya. Satu ekor ikan bisa mencapai harga 53.500 baht atau sekitar Rp. 25.000.000 lho. Sangat mahal sekali bukan?

Harga: Rp. 25.000.000 

Tips Memilih Ikan Cupang yang Bagus dan Berkualitas

ikan cupang termahal
(sumber gambar: shopify.com)

Baik untuk kebutuhan peliharaan biasa maupun aduan, memilih cupang tidak bisa sembarangan. Apalagi jika Anda ingin membeli ikan yang memang harganya sangat mahal, tentu harus benar-benar teliti ketika memilihnya. Karena jika teledor, Anda bisa rugi ketika membelinya. Inilah beberapa cara agar Anda bisa memilih ikan cupang yang bagus:

  1. Selalu perhatikan kondisi sirip ikan cupang dengan seksama. Pastikan bahwa tidak ada cacat sedikitpun pada siripnya dan berwarna normal serta tidak pudar
  2. Tanyakan kepada penjual bagaimana asal indukan ikan tersebut. Pastikan bahwa ikan yang akan Anda beli berasal dari indukan yang juga sehat dan tidak memiliki cacat tubuh sama sekali
  3. Ikan cupang yang sehat akan memiliki gerakan yang gesit dan juga gesit ketika Anda letakkan di akuarium
  4. Perhatikan sikapnya ketika makan dan jangan memilih ikan yang lesu dan cenderung tidak mau makan
  5. Khusus untuk cupang aduan, pilih ikan yang memang sangat agresif dan juga sehat tanpa ada cacat sedikitpun. Uji juga responsifitasnya ketika melihat pejantan lain. Apabila terlihat lesu maka usahakan tidak membelinya.

Sebagai tambahan, jika membeli cupang dengan harga yang mahal, pastikan Anda sudah memahami cara perawatannya dengan baik. Selain itu pastikan juga semua peralatan Anda di rumah sudah memadai. Mulai dari akuarium, makanan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, perawatan ikan bisa lebih lancar dan maksimal.

Nah sobat agribisnis, itulah beberapa jenis ikan cupang termahal yang bisa Anda beli untuk kebutuhan peliharaan maupun jual beli. Harganya yang mahal memang sesuai dengan keunikan warna tubuhnya. Yang terpenting, ketika membelinya pastikan Anda memilih ikan yang sehat sehingga bisa memeliharanya dengan baik. Jadi, apakah Anda juga tertarik untuk membeli salah satu dari berbagai jenis cupang ini?

Check Also

Jenis Penyakit Mulut Pada Kucing

8 Jenis Penyakit Mulut Pada Kucing, Yang Perlu Dikatahui Para Pecinta Kucing

Selamat Datang di Web Hasilbumi.net, tempat beraneka ragam berbagai budidaya yang hendak disuguhkan dalam website ini dengan cara rinci serta perinci. Dibawah ini admin bakal mangulas modul mengenai Penyakit Mulut , berikut penjelasannya: Kucing merupakan salah satu dari banyak fauna lucu yang hendak Kamu temui di area. Inilah kenapa banyak orang amat bergairah, sebab binatang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.