Breaking News

Ini 9 Jenis Ikan Pembersih Akuarium Agar Senantiasa Bersih

Memiliki akuarium yang bersih tentu menjadi dambaan siapa saja. Selain dari segi penampilan, akuarium yang bersih juga membuat ikan di dalamnya menjadi nyaman dan senantiasa sehat. Nah, jika Anda tidak memiliki waktu untuk senantiasa membersihkannya, maka ikan pembersih akuarium bisa menjadi solusi. 

Keberadaan ikan-ikan ini bisa memakan berbagai kotoran yang membuat akuarium keruh dan airnya tidak sehat. Lalu, apa saja jenis ikan pembersih akuarium tersebut? Inilah daftar lengkapnya untuk Anda. 

9 Ikan Pembersih Akuarium Agar Senantiasa Bersih

ikan pembersih akuarium
(sumber gambar: allpondsolutions.co.uk)

Membersihkan akuarium secara rutin saja, terkadang masih tidak cukup agar kebersihannya terjaga. Sebab, seringkali masih terdapat sisa makanan ataupun lumut yang bisa membuat akuarium kembali kotor dan tidak jernih. Untuk itu, Anda bisa memberikan beberapa jenis ikan berikut ini agar kebersihan akuarium terjaga. Berikut adalah ikan-ikan tersebut:

1. Ikan Platy

Jenis ikan ini memiliki nama latin Xiphophorus maculatus, yang juga identik dengan warna tubuhnya. Ikan ini berwarna biru keunguan yang memiliki bentuk mirip seperti jenis ikan Molly. Akan tetapi, sifat ikan ini cenderung lebih tertutup dan tidak agresif. Ia juga lebih sering bersembunyi di bebatuan serta sekitar tanaman hidup. 

Ketika masuk ke dalam akuarium, maka ia akan membersihkan akuarium dengan rajin dan rutin. Mulai dari lumut, ganggang, sampai dengan tanin bisa dibersihkan dengan baik. Tidak heran jika banyak pemilik akuarium yang menjadikan Platy sebagai salah satu ikan pembersih terbaik untuk mereka.

2. Ikan Molly

Ikan pembersih akuarium selanjutnya adalah ikan Molly yang memiliki nama latin Poecilia sphenops. Banyak orang yang menyukai ikan ini karena kekuatannya untuk membersihkan akuarium dengan maksimal. Ia bisa membersihkan ganggang di akuarium sampai benar-benar bersih. Baik ganggang yang menempel di bebatuan, atau di tanaman hidup. 

Bentuk tubuhnya juga tergolong kecil dan memiliki warna yang unik. Sehingga tidak hanya bisa membersihkan akuarium, namun juga bisa Anda jadikan pengisi akuarium yan cantik. Untuk harganya sendiri juga sangat murah. Anda hanya perlu mengeluarkan dana sekitar Rp. 1.000 sampai Rp 5.000 saja untuk per ekor ikannya. Sangat terjangkau bukan? 

3. Ikan Sapu-sapu

Dari banyak jenis ikan pembersih akuarium, mungkin ikan sapu-sapu adalah yang paling populer diantara mereka. Nama latinnya adalah Plecostomus dan sangat banyak sekali digunakan untuk membersihkan akuarium. Salah satu keunggulan dari ikan ini adalah bagian mulutnya yang bisa mencengkram sisi tangki (akuarium) dengan kuat. Akibat dari cengkeramannya yang kuat inilah, ia bisa membersihkan kaca akuarium yang bahkan sudah sangat kotor.

Selain itu, sapu-sapu juga termasuk ikan yang sangat rakus dan suka sekali makan. Makanan utamanya adalah alga, lumut, dan juga ganggang. Akan tetapi, seringkali ia juga tidak bisa membedakan mana alga yang memang kotor dan harus dibersihkan, dengan alga yang berfungsi sebagai hiasan. Jadi, Anda memang harus siap jika alga yang untuk hiasan menjadi habis karena ikan ini.

4. Ikan Alga Cina

Jenis ikan ini juga terkenal dengan nama lain Chinese Algae Eaters. Ia bisa  hidup berdampingan dengan ikan yang memiliki sifat agresif, karena tergolon pandai dalam berkomunikasi dan juga lincah. Sesuai namanya, ia memakan alga sebagai makanan utama mereka, namun bukan berarti ia juga tidak bisa memakan makanan lainnnya.

Sayangnya, meski bisa membersihkan akuarium, namun ikan ini tidak bisa hidup terlalu lama di akuarium yang berukuran kecil. Sebab, jika ukuran tubuhnya semakin besar ia juga akan memiliki sifat yang jauh lebih agresif. Untuk itu ia harus segera Anda pindahkan pada akuarium yang memiliki ukuran lebih besar dari sebelumnya.

5. Ikan Lele Otocinclus

Rekomendasi ikan yang bisa membersihkan akuarium selanjutnya adalah jenis lele otocinclus atau yang memiliki nama lain Otocinclus catfish. Jenis ikan yang satu ini akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki ukuran akuarium yang kecil. Sebab memang ukuran tubuhnya sangat kecil, hanya mencapai beberapa cm saja. Untuk membersihkan akuarium, biasanya ia akan berenang dan menempel pada kaca akuarium.

Hanya saja ketika Anda membeli ikan ini, maka jangan hanya membeli 1 atau 2 ekor. Sebab, ikan lele otocinclus akan berumur panjang jika ia tinggal bersama kawanannya, karena memang bukanlah makhluk yang individualis. Untuk itu, paling tidak belilah 10 ikan lele untuk 1 akuarium.

6. Ikan Brushmouth Pleco

Secara bentuk fisik, ikan ini memiliki kemiripan yang cukup tinggi dengan ikan sapu-sapu. Hanya saja, pada bagian kepala terdapat sebuah tanduk yang unik. Tidak hanya itu, warna tubuh dari ikan ini juga cenderung lebih cerah dan cantik daripada ikan sapu-sapu biasa. Kecantikan dan keunikan inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya.

Tidak hanya pada bagian puncak kepala, di bagian sekitar wajah juga Anda bisa melihat beberapa tanduk halus berukuran kecil. Ukuran tubuhnya bisa mencpai 15 cm ketika dewasa. Sementara itu, untuk kemampuan membersihkan akuarium tergolong sama dengan ikan sapu-sapu lainnya.

Baca Juga: 5+ Ikan Cupang Termahal untuk Peliharaan atau Bisnis

7. Ikan Corydoras

Tidak hanya bisa Anda gunakan untuk membersihkan akuarium, ikan ini juga memiliki bentuk tubuh yang cantik. Sifatnya juga cenderung pendium dan tidak agresif, sehingga cocok juga untuk peliharaan. Ketika membersihkan akuarium, ia akan memakan berbagai sisa makanan yang berada di akuarium dan juga membersihkan akuarium dari lumut.

8. Ikan Bunglon Pasir

Jenis ikan pembersih akuarium terakhir adalah bunglon pasir. Untuk yang satu ini, akan sangat cocok bagi Anda yang memelihara jenis ikan hias laut di dalam akuarium. Bunglon pasir juga sudah lama sekali populer dikalangan pemelihara ikan hias laut. Kemampuannya untuk membersihkan akuarium juga tergolong sangat baik.

Ia bisa membersihkan berbagai sisa makanan yang ada di akuarium sekaligus berbagai sampah lain yang bisa mengotori air. Meski dari segi ukuran ikan ini tergolong kecil, yaitu hanya sekitar 1 jari orang dewasa, namun kemampuannya untuk bersih-bersih tidak bisa Anda sepelekan. Hanya saja, memang untuk membeli 1 ekornya Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 35.000. Tergolong mahal untuk sekelas ikan pembersih.

9. Udang Amano

Untuk yang satu ini memang bukanlah ikan, namun bisa menjadi alternatif pembersih akuarium yang bisa Anda gunakan. Memiliki ukuran tubuh yang kecil dan warna yang cerah, bukan berarti ia tidak bisa membersihkan akuarium dengan baik. Sebaliknya, kekuatannya untuk membersihkan akuarium patut diacungi jempil.

Udang amano bisa membersihkan akuarium dari sisa makanan, lumut, alga, bahkan kotoran ikan. Harga udang ini juga cukup terjangkau sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila sampai menguras kantong.

Tips Menjaga Kebersihan Akuarium

ikan pembersih akuarium
(sumber gambar: kompas.com)

Meski sudah memelihara ikan pembersih akuarium, namun Anda tidak bisa hanya mengandalkannya saja. Selebihnya, kebersihan akuarium juga harus Anda usahakan dengan baik dan maksimal. Inilah beberapa tips untuk menjaga kebersihan akuarium:

1. Ganti Air dengan Teratur

Air adalah kunci dari akuarium yang bersih dan ikan yang sehat, untuk itu selalu pastikan untuk menggantinya secara rutin. Untuk menggantinya, Anda juga tidak perlu mengeluarkan semua airnya. Sebaliknya, cukup keluarkan 10% sampai 25% air yang ada di akuarium kemudian ganti dengan air yang baru. Waktu terbaik untuk mengganti air adalah setiap 2 (dua) minggu sekali.

2. Beri Pakan dengan Cukup dan Tidak Berlebihan

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pemilik ikan adalah terlalu banyak memberi pakan melebihi takarannya. Pemberian pakan memang penting, namun pastikan sudah sesuai takarannya dan jangan berlebihan. Sebab jika berlebihan, pakan yang sisa dan tidak ikan makan justru akan menumpuk dan mudah membuat air keruh.

3. Gunakan Filter Akuarium

Tips terakhir adalah tambahkan filter atau penyaring pada akuarium. Fungsi dari filter ini adalah untuk menyaring berbagai kotoran yang bisa muncul di dalamnya. Dengan menggunakan filter, akuarium menjadi lebih tidak mudah kotor dan kebersihannya terjaga. Namun jangan lupa juga untuk selalu membersihkan filter tersebut secara rutin ya. Tujuannya agar filter tidak mudah rusak dan tidak ada sisa kotoran yang tersumbat dan membuat filter tidak bisa bekerja optimal.

Nah sobat agribisnis, itulah berbagai ikan pembersih akuarium dan juga tips merawat kebersihan akuarium yang bisa Anda terapkan. Pada dasarnya, kebersihan adalah segalanya untuk akuarium. Bukan hanya dari segi penampilan, namun juga demi kesehatan ikan yang Anda pelihara. Jadi, pastikan selalu menjaga kebersihannya ya!

Check Also

ciri-ciri ikan nila

Inilah Berbagai Sifat dan Ciri-ciri Ikan Nila yang Harus Anda Tahu!

Salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer di Indonesia, khususnya untuk kebutuhan konsumsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.