Breaking News

Inspirasi 5 Hewan Peliharaan Unik dan Tips Perawatannya

Tidak selalu hanya lucu dan menggemaskan, ada berbagai hewan peliharaan unik yang bisa Anda pelihara. Berbagai hewan ini terbilang cukup tidak biasa sebagai pet. Meski begitu, berbagai hewan ini memiliki keunikan dan keunggulannya tersendiri. Lalu, apa sajakah hewan tersebut? Dan seperti apa tips perawatannya? Inilah informasi selengkapnya untuk Anda. Yuk, simak!

5 Hewan Peliharaan Unik dan Tips Perawatannya

Inilah beberapa hewan yang bisa Anda pilih sebagai pet yang unik:

1. Chinchilla

hewan peliharaan unik
(sumber gambar: idntimes.com)

Hewan unik pertama yang bisa Anda pelihara adalah Chincilla. Hewan ini merupakan salah satu jenis tikus jinak yang memiliki telinga yang besar dan lebar. Chincilla sangat populer sebagai hewan peliharaan di Amerika Selatan. Meski begitu di Indonesia memang masih sangat jarang orang yang memeliharanya. Padahal cara perawatan Chinchilla termasuk sangat mudah dan tidak membutuhkan kandang yang besar.

Hewan ini memiliki tubuh serupa dengan hamster dan memiliki banyak bulu yang cukup tebal. Jika Anda sentuh, bulu dari hewan ini tergolong sangat halus dan juga sangat menggemaskan. Apabila Anda tidak memiliki ukuran rumah yang besar, maka hewan ini sangat sesuai untuk Anda pelihara.

 Tips Perawatan:

Hal penting yang harus Anda perhatikan ketika merawat Chincilla adalah kandang. Ukuran ideal untuk kandang adalah 90 cm x 90 cm x 50 cm untuk sepasang Chincilla. Bahan material terbaik untuk kandangnya adalah kayu atau logam yang tidak tajam. Setelah itu, tambahkan juga alas tidur berbahan dasar fiber sebagai tempatnya tidur dan usahakan untuk menggantinya setiap hari agar senantiasa bersih.

Untuk makanan, Anda bisa memberi hewan ini pakan berupa jerami yang sudah Anda potong kecil-kecil. Selain jerami, pakan alternatif yang bisa Anda berikan adalah pelet yang harus Anda berikan sesuai takaran. Berikan juga air minum dan ganti air tersebut setiap hari supaya kebersihannya terjaga.

Pastikan juga untuk senantiasa menjaga kebersihan kandang dengan mencucinya menggunakan air panas lalu jemur sampai kering. Chincilla memiliki kebiasaan yaitu harus mandi pasir debu supaya minyak yang ada pada bulunya bisa berkurang. Nah, untuk pasir debu ini usahakan menggantinya setiap hari dan pastikan hanya memakai pasir yang memang khusus untuk tubuh Chincilla.

2. Iguana

Hewan yang satu ini merupakan salah satu jenis reptil yang populer sebagai hewan peliharaan unik. Bentuk tubunnya terlihat mirip seperti kadal besar dan warna tubuhnya bisa berubah sesuai dengan respon alami visual dari lingkungan sekitarnya. Namun warna tubuhnya yang umum adalah berwarna hijau.

Ukuran iguana biasanya sekitar 25 sampai 30 cm untuk iguana bayi. Apabila sudah dewasa, tubuhnya bisa mencapai 1,8 meter bahkan ada yang bisa mencapai 2 meter. Usia iguana juga tergolong panjang yaitu bisa mencapai 15 sampai 20 tahun tergantung pada perawatannya.

Tips Perawatan:

Iguana adalah hewan yang mudah untuk Anda rawat dan sangat jinak jika Anda sudah berhasil melatihnya. Sama seperti manusia, iguana membutuhkan makan sebanyak 3 (tiga) kali sehari pagi, siang, dan sore hari. Pakan terbaik untuk iguana adalah campuran dari biji-bijian, sayuran, dan juga buah-buahan.

Selain itu, pastikan Anda juga memberikan persediaan air minum yang cukup bagi iguana karena hewan ini sangat membutuhkan air minum. Tidak lupa bersihkan kandang iguana secara teratur dan rutin supaya senantiasa bersih dan tidak menimbulkan penyakit.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah suhu kandang. Habitat asli iguana adalah lingkungan yang hangat, oleh karena itu suhu ideal untuknya adalah 26 sampai 29 derajat celcius. Sementara suhu untuk berjemur adalah sekitar 32 sampai 35 derajat celcius. Alas kandang bisa menggunakan koran, karpet, atau serbuk kayu supaya iguana nyaman.

3. Burung Kakatua

hewan peliharaan unik
(sumber gambar: jalaksuren.net)

Bagi pecinta burung, maka kakatua jelas menjadi salah satu jenis yang harus dipelihara. Pasalnya, burung ini merupakan salah satu hewan peliharaan unik yang cerewet namun menggemaskan. Karakter burung ini memang sangat ramah dan bisa bersosialisasi dengan manusia dengan hangat. Inilah yang membuatnya banyak menjadi hewan peliharaan.

Burung ini bisa meniru bicara manusia, menari, menggerakkan kepala, dan juga berteriak dengan lantang. Anda juga bisa melatihnya supaya bisa bermain dengan manusia. Cara perawatan burung kakatua juga tidak terlalu sulit dan jika Anda bisa merawatnya dengan baik burung ini bisa hidup hingga puluhan tahun lho. 

Tips Perawatan:

Kunci perawatan dari burung kakatua adalah memberi pakan, memandikan, dan memberikan vitamin tambahan. Burung kakatua harus Anda mandikan setidaknya 3 hari sekali atau paling tidak 1 kali dalam 1 minggu. Selain itu, waktu terbaik untuk memandikannya adalah dibawah 9 pagi supaya tubuhnya lebih segar.

Untuk pakan, beberapa yang paling umum untuk kakatua adalah tongkol jagung muda dan juga buah pepaya. Anda juga bisa memberi sprouted seeds yang bisa Anda beli di toko pakan hewan. Jangan berikan buah alpukat pada burung kakatua karena bisa menyebabkan keracunan. Berikan juga vitamin tambahan supaya kesehatannya lebih terjaga.

Baca Juga: Jenis dan Tips Memilih Kandang Kucing Terbaik untuk Pemula

4. Landak Mini

Hedgehog atau landak mini adalah salah satu hewan peliharaan unik yang juga sangat menggemaskan. Tubuhnya yang mungil seperti hamster membuatnya mudah untuk Anda pelihara dan tidak memakan banyak tempat. Durinya juga tidak tajam sehingga Anda tidak perlu takut terlukai karena tajamnya duri landak.

Ukuran tubuh landak mini berkisar antara 10 sampai 30 cm dan memiliki bobot sekitar 155 sampai 1.584 gram. Hewan ini termasuk nokturnal dan baru benar-benar aktif bergerak ketika malam hari. Untuk membuatnya nyaman Anda bisa mengajak landak mini bermain sembali mengelus dan memberikan camilan.

Tips Perawatan:

Bukan perkara yang sulit untuk memelihara hedgehog. Kandang bagi landak mini bisa Anda pilih dari kandang kelinci atau marmut dan pilih ukuran yang cukup luas agar ruang geraknya tidak terbatas. Jangan memilih kandang yang terbuat dari kawat karena berpotensi melukai tubuhnya. Berikan juga alas berupa serbuk kayu dan kain lembut sebagai tempatnya tidur.

Landak mini merupakan pemakan serangga, untuk jenis pakan terbaik adalah ulat hong kong maupun jangkrik. Anda juga bisa memberikan beberapa sayuran seperti apel, pir, wortel, dan lainnya. Sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih makanan berupa dry food yang terbuat dari bahan daging maupun ayam.

Jangan lupa bersihkan kandang dan mandikan landak mini secara rutin agar kebersihan tubuhnya terjaga. Untuk memandikan landak mini, Anda hanya cukup menyediakan air, sikat gigi yang lembut, dan juga sabun bayi. Setelah itu mandikan dengan hati-hati dan keringkan menggunakan handuk.

5. Mexican Red-Legged Tarantula

Hewan peliharaan unik yang terakhir adalah tarantula. Meski terlihat menyeramkan namun sebenarnya tarantula ini adalah jenis yang jinak dan tidak berbahaya. Jika Anda memutuskan untuk memelihara hewan ini, pastikan untuk membelinya khusus dari toko yang memang menjual hewan peliharaan ya.

Tips Perawatan:

Untuk tempat tinggal tarantula, pastikan Anda menyiapkan kandang khusus yang memang ditujukan untuk tarantula. Selain itu, Anda juga harus senantiasa memperhatikan kelembapan kandang, jangan sampai terlalu basah namun juga jangan terlalu kering. Siapkan juga tempat kecil sebagai tempat tarantula sembunyi karena ia termasuk hewan yang cukup sensitif terhadap cahaya.

Pakan terbaik untuk tarantula adalah jangkrik, ulat hongkong, kecoa dubia, dan kecoa madagaskar. Pakan tarantula cukup Anda berikan 1 kali dalam 1 minggu saja, sehingga memang hewan ini tidak membutuhkan perhatian yang intens soal makanan. Perlu Anda tahu juga bahwa tarantula akan mengalami pergantian kulit selama beberapa bulan sekali selama ia hidup.

Ketika berganti kulit, pastikan tidak mengganggunya ya. Sebab, jika proses ganti kulit terganggu maka tarantula bisa rawan sekali terkena penyakit. Selain itu, pastikan Anda tidak menyentuh tarantula dengan tangan yang kosong jika memang belum ahli. Pastikan Anda sudah belajar dan terbiasa dengan tarantula yang Anda punya sebelum benar-benar menyentuhnya tanpa menggunakan apapun atau tangan kosong.

Nah sobat agribisnis, itulah beberapa hewan peliharaan unik yang bisa Anda pelihara sekaligus tips perawatannya. Berbagai hewan ini bisa menjadi pilihan jika Anda bosan dengan pet yang itu-itu saja. Yang terpenting, selalu pastikan Anda bertanggung jawab dan berkomitmen untuk merawat hewan peliharaan dengan baik apapun jenisnya ya! Karena dengan begitu, hewan yang Anda pelihara bisa senantiasa sehat dan berumur panjang.

Check Also

8 Tipe Sakit Mata Pada Kucing

8 Tipe Sakit Mata Pada Kucing

Selamat Datang di Web Hasilbumi.net, tempat beraneka ragam berbagai budidaya yang hendak dihidangkan dalam website ini dengan cara rinci serta perinci. Dibawah ini aku hendak mangulas modul mengenai Sakit Mata, selanjutnya uraiannya: Di Indonesia sendiri, aku apalagi sudah memandang beberapa besar kucing serta pengkhususan lokal aku berkeliaran. Banyak orang kekurangan tipe ini ataupun tidak menyukainya [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.