Breaking News

Inilah 7 Jenis Burung Jalak Paling Populer di Indonesia

Jika Anda merupakan pecinta burung, maka tentu nama “Jalak” sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Burung jalak merupakan salah satu jenis burung kicau yang mudah Anda jumpai di Indonesia. Jenis burung jalak juga sangat beragam dan terdapat sekitar 25 spesies di Indonesia.

Keistimewaan burung jalak adalah kemampuannya untuk meniru suara dari manusia. Suaranya yang unik dan lucu, membuat jalak selalu dicari para pecinta burung. Lalu, apa saja jenis tersebut? Inilah ulasan selengkapnya.

Jenis Burung Jalak Terpopuler di Indonesia

jenis burung jalak
(sumber gambar: dijelasin.com)

Di Indonesia ada beberapa jenis jalak yang memang memiliki popularitas luar biasa. Beberapa jenis tersebut adalah:

1. Jalak Kerbau

Jenis pertama adalah jalak kerbau yang juga populer dengan sebutan lain seperti jalak penyu, jalak hitam, hingga jalak kebo. Burung ini sangat terkenal dengan nama kerbau karena kebiasaannya yang suka bertengger pada tubuh kerbau sambil mencari kutu yang ada di tubuh kerbau. Selain mencari kutu di kerbau, jalak ini akan memakan serangga-serangga yang ada di padang rumput.

Di Indonesia jenis jalak yang satu ini sangat populer terutama di area persawahan. Masyarakat Jawa menyebut jalak ini dengan sebutan jalak kebo. Ukuran tubuhnya sedang dengan panjang tubuh sekitar 20 sampai 25 cm. Di alam liar, Anda bisa menjumpai jalak kebo di kawasan dengan ketinggian 1500 mdpl. Selain di Indonesia, persebaran jalak kebo adalah di daerah Cina Selatan dan juga Bangladesh.

2. Jalak Suren

Selanjutnya adalah jalak suren yang memiliki tubuh sangat menarik. Tubuhnya berwarna putih dan memiliki bagian hitam yang membuatnya sangat eksotis. Bahkan banyak pecinta burung yang masih menyukai burung jalak suren hingga saat ini untuk mereka pelihara.

Wilayah persebaran jalak suren adalah Pulau Sumatera, Pulau Bali, dan Pulau Jawa. Habitat aslinya adalah kawasan dataran tinggi dan juga wilayah perbukitan rendah dengan ketinggian 600 sampai 700 mdpl. Tubuhnya berukuran sedang sama seperti jenis jalak lainnya yang ketika dewasa panjangnya bisa mencapai 24 cm.

Sekilas burung ini memang memiliki ukuran sayap yang terlihat cukup besar. Hanya saja ketika terbang, ia bukanlah penerbang yang handal. Kecepatannya cenderung rendah, bahkan hampir sama seperti kupu-kupu. Di tahun 1970-an, burung jalak suren pernah sangat populer dan menjadi incaran utama para pecinta burung.

3. Jalak Nias

Anda juga bisa mengenal jalak jenis ini dengan sebutan jalak kerak ungu. Ciri khas utama dari jalak nias adalah tingkat kesetiaannya yang tinggi (termasuk burung monogami) dan suaranya yang merdu. Ya, jalak nias tidakk akan meninggalkan pasangannya dan justru akan saling membantu ketika membuat sarang di suatu lubang pohon yang besar.

Tubuhnya berukuran sedang dan memiliki dominasi warna coklat kehitaman. Bagian kepalanya berwarna hitam dan terdapat bercak warna kuning menyala pada sekitar matanya. Kombinasi warna ini membuat penampilannya sangat eksotis. Daerah persebaran jalak nias adalah Amerika, Afrika, dan juga Asia.

4. Jalak Hongkong

Jenis burung jalak yang populer di Indonesia selanjutnya adalah jalak Hongkong atau jalak Thailand. Secara sekilas, tubuhnya memang hampir sama dengan burung jalak putih. Namun pembeda paling tegas antara kedua burung ini adalah bagian tubuh yang memiliki warna semburat hitam yang samar. Beberapa daerah lain yang menjadi tempat persebaran jalak Hongkong adalah Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Thailand, Vietnam, dan Myanmar.

5. Burung Tiong Emas atau Beo

Jalak tiong emas atau beo memiliki ciri khas yang mungkin bisa dikatakan paling menarik daripada jenis lainnya. Sebab, burung ini memiliki kemampuan di atas rata-rata untuk menirukan suara manusia yang sedang berbicara. Kemampuan beo ini akan bertambah seiring ia dewasa.

Jika Anda ingin mendengar suara yang tegas, maka harus bersedia melatih jalak beo sejak berusia dini. Sebab semakin dini Anda mengajarinya, maka akan semakin mahir beo dalam menirukan suara manusia. Persebaran jalak beo adalah di kawasan Filipina, India, Himalaya, hingga Srilanka.

6. Jalak Bali

Jenis burung jalak yang satu ini masuk dalam jenis yang mendapatkan perlindungan oleh pemerintah. Pasalnya, keberadaan burung jalak bali di alam bebas memang sudah semakin sulit dan dikhawatirkan akan punah. Untuk itulah terus dilakukan upaya penangkaran jalak bali supaya tidak punah dan menjaga kelestariannya. Apalagi jalak bali memang merupakan endemik khas dari Pulau Dewata.

Ukuran tubuhnya sedang, yaitu sekitar 20 sampai 25 cm. Ciri khas utama dari tubuh jalak bali adalah jambulnya yang unik. Selain itu, bagian bulunya juga memiliki warna putih, kecuali sayap dan ekor yang berwarna hitam. Anda juga bisa melihat bulu pada area sekitar mata yang terlihat seperti topeng berwarna biru. Makanan utama dari jalak baliiadalah jambu, pepaya, hingga cacing dan juga jangkrik.

7. Jalak Bodas

Burung jalak bodas juga populer dengan istilah jalak putih dan juga termasuk dalam kategori hewan yang dilindungi. Memang keberadaan jalak putih sudah semakin jarang saat ini, sehingga seperti jalak bali, banyak upaya penangkaran yang dilakukan supaya jalak bodas tidak musnah begitu saja.

Warna tubuh jalak bodas sebenarnya hampir mirip dengan jalak bali. Hanya saja, terdapat warna kuning yang ada pada sekitar area mata yang membedakannya dengan jalak bali. Ukuran tubuhnya termasuk sedang, yaitu panjang 20 sampai 23 cm. Burung ini juga tergolong jenis burung jalak yang endemik dan hanya bisa Anda jumpai pada kawasan Indonesia, seperti Pulau Jawa, Bali, Lombok, dan Madura.

Baca Juga: Jenis Ayam Kate Batik dan Cara Pemeliharaannya yang Tepat

Jalak yang Mendapatkan Perlindungan dari Pemerintah

Meski memiliki popularitas yang tinggi, namun tidak semua jalak bisa Anda pelihara dengan bebas tanpa izin. Pasalnya, ada beberapa jenis burung jalak yang termasuk dalam kategori merah yaitu sudah masuk pada ambang kepunahan. Ini membuat pemerintah harus mengambil langkah tegas agar praktek penangkapan jalak bisa berkurang dan menyelamatkan kelestariannya.

Jenis jalak yang masuk dalam kategori dilindungi adalah Burung Jalak Putih dan Burung Jalak Bali. Kedua burung ini masuk dalam rapor merah dari Lembaga Konservasi Internasional (IUCN). Peraturan terkait kedua burung ini tercantum pada Peraturan Pemerintah nomor 7 tahun 1999 yang membahas tentang satwa dan juga tumbuhan yang dilindungi.

Apabila ada masyarakat yang melanggarnya, maka harus membayar denda dan terkena sanksi pidana. Selain kedua jenis burung tersebut, jalak yang lain masih bisa Anda jumpai dengan mudah di Indonesia dan menjadi banyak incaran dari pecinta burung, khususnya burung kicau.

Jalak yang Populer di Dunia

jenis burung jalak
(sumber gambar: hewanee.com)

Popularitas burung jalak juga tidak hanya di Indonesia saja. Terbukti, ada beberapa jenis yang namanya terkenal di beberapa daerah di dunia. Inilah beberapa jenis jalak tersebut:

1. Jalak Sutra (Sturnus sturninus) 

Jalak ini merupakan burung yang sering bermigrasi dari Negara China. Ciri khas utamanya adalah suara kicauan yang merdu dan enak sekali untuk didengar. Tidak heran jika banyak pecinta burung yang memeliharanya. Selain suara, keunikan lain dari burung jalak sutra terletak dari varian warna bulunya yang unik dan eksotis.

2. Jalak Brahmana (Brahminy starling)

Persebaran burung jalak brahmana adalah di kawasan Asia Selatan, tepatnya di perkebunan kuil, candi, dan juga area hutan yang kering. Selain brahmana, burung ini juga populer dengan sebutan jalak pagoda karena kebiasaannya yang suka berdiam diri di kawasan candi. Daya tarik utamanya adalah kicauannya yang merdu dan warna tubuhnya.

3. Jalak Mawar (Rosy Starling/Pastor Reseus) 

Jenis jalak terakhir yang populer di dunia adalah jalak mawar. Untuk jenis yang satu ini, memiliki ciri khas warnanya yang cantik seperti kelopak mawar dan warna matanya yang hitam pekat. Jambul, leher, kepala, ekor, tunggir, dan sayapnya berwarna hitam dan terdapat bulu di bagian punggung yang berwarna merah cerah seperti pink.

Tidak hanya indah dari segi tubuh, namun suara kicauan dari jalak mawar juga sangat merdu. Kombinasi warna yang cantik dan kicauan yang merdu, membuat jenis burung ini sangat populer di kalangan pecinta burung dunia.

Nah sobat agribisnis, itulah berbagai jenis burung jalak terpopuler di Indonesia dan dunia yang bisa Anda ketahui. Termasuk dalam burung kicau, jalak memang sangat menarik hati bagi pecinta burung. Jika Anda juga ingin memeliharanya, pastikan berkomitmen merawatnya dengan baik dan hindari jenis yang dilindungi oleh pemerintah ya!

Check Also

Lordahi Viral Video On Twitter, YouTube & Reddit Link Scandal Leaked!

Good evening everyone, there are currently 1 different celebrity fans and influencers on the internet. Lordhi, posted very attractive and sensual photos of her on the internet to the abilities of a follower. But now only a few of them have leaked onto the internet without spending a single penny and their fans got their [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.