Breaking News

10 Jenis Ikan Hias Dengan Harga Termahal Di Dunia

Ikan hias memiliki harga yang beragam bahkan ada yang mencapai milyaran rupiah dan termasuk dalam ikan hias termahal di dunia. Ikan hias merupakan ikan yang banyak dipelihara bukan kepentingan konsumsi namun untuk memperindah suatu tempat. Memiliki habitat hidup di air tawar maupun air laut. Ikan hias biasanya memiliki bentuk tubuh yang menarik dan unik. Dengan memelihara ikan hias dpaat menjadi salah satu alternatif pereda stress dan hiburan di tengah padatnya aktivitas.

Ikan hias banyak diperlihara di dalam aquarium yang dilengkapi dengan berbagai hiasan seperti pasir dan karang. Indonesia merupakan salah satu negara yang memproduksi ikan hias dalam jumlah banyak. Hampir 75 % kebutuhan ikan hias dunia, di produksi oleh Indonesia. Namun tidak semua jenis ikan hias bisa dibudidayakan karena memiliki sifat dan jenis yang berbeda-beda. Popularitas ikan hias di luar negeri cukup tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika ada ikan hias termahal yang bahkan harganya ada yang mencapai ratusan juta rupiah.

10 Ikan Hias Termahal Di Dunia

Berikut ini daftar 10 ikan hias termahal di dunia :

1. Ikan Arwana Platinum Dengan Harga 5,5 Miliar

Ikan Arwana Platinum
cermati.com

Arwana merupakan salah satu ikan yang memiliki penampilan unik. Merupakan salah satu ikan air tawar dari keluarga Osteoglossidae. Masuk ke dalam golongan ikan yang memiliki sisik besar yang menutupi tubuh. Konon, ikan arwana berasal dari Brazil, namun sudah banyak tersebar ke wilayah perairan Indonesia.

Arwana memiliki banyak jenis dan varian warna. Arwana pada umumnya memiliki sifat predator, salah satunya adalah ikan arwana platinum. Ikan ini dikenal memiliki kemampuan berburu dan ukurannya yang besar. Ikan arwana memang terkenal memiliki harga yang fantastis. Alasan ikna arwana platinum ini memiliki harga yang mahal yaitu karena waran sisik yang putih dan mengkilap.

2. Ikan Koi Dengan Dengan Harga 2,9 Miliar

Ikan koi
hewanairinfo.blogspot.com

Ikan koi merupakan salah satu ikan yang berasal dari Jepang. Diyakini oleh masyarakat Jepang sebagai simbol cinta dan persahabatan. memelihara ikan hias koi ini dengan tujuan agar memperoleh keberuntungan. Masuk ke dalam salah satu ikan jenis carp amur. Secara umum ikan hias koi dapat hidup dengan baik di iklim yang sedang. Ikan mas koi biasanya hidup di perairan air tawar dengan temperatur suhu 8 hingga 30 derajat celcius. Maka tidak heran jika ikan koi bisa dengan mudah kita temukan, karena bisa bertahan hidup di segala jenis kondisi.

3. Ikan Peppermint Angelfish Dengan Harga 400 Juta

ikan pepermint angelfish
cnbcindonesia.com

Ikan Peppermint Angelfish merupakan ikan hias termahal yang memiliki habitat hidup di laut lepas. Banyak berada di perairan Samudra Pasifik Tengah. Peppermint Angelfish memiliki bentuk tubuh yang oval dan kecil. Ikan ini mudah ditemukan di wilayah timur tengah  Samudera Pasifik. Hidup sampai kedalaman  55 hingga 120 meter di berbagai area karang, gua, dan terumbu karang yang cuup curam.

4. Ikan Louhan Dengan Harga 200 Juta

ikan louhan
oyimedia.com

Salah satu ikan hias yang memiliki banyak peminat karena bentuk nya yang sangat unik. Ikan ini memiliki benjolan di kepalanya yang menjadi ciri khas dari ikan ini. Karena benjolan unik yang ada di kepalanya itu menyebabkan ikan louhan tergolong dalam ikan yang memiliki harga yang cukup fantastis. Ikan ini memiliki ukuran yang cukup kecil dan biasa hidup di akuarium. Asal muasal ikan ini yaitu dari perkawinan silang sehingga menghasilkan ikan hias dengan bentuk yang berbeda. Ikan ini biasanya hidup dalam suhu lingkungan 26,6 hingga 29,4 derajat celcius.

5. Ikan Aligator

ikan aligator
cnnindonesia.com

Merupakan salah satu spesies ikan yang memiliki moncong seperti buaya. Tidak heran jika banyak orang yang menjuluki ikan ini sebagai ikan buaya. Ikan aligator juga terkenal akan keganasannya sebagai predator dan kemampuan berburunya yang sangat lincah. Bisa tumbuh hingga ukuran raksasa, namun tergantung pada varietasnya.

Meskipun masuk ke dalam salah satu ikan predator raksasa, ikan ini juga banyak kolektor ikan hias untuk memeliharanya. Jika dilihat dari bentuk tubuhnya, ikan ini merupakan salah satu ikan purba yang sudah hidup hidup selama lebih dari seratus tahun yang lalu. Karena bentuknya yang unik dan langka, sehingga harga ikan aligator ini juga tergolong tinggi. Biaya perawatan untuk ikan hias ini termasuk tinggi.

6.  Australian Flathead Dengan Harga 71 Juta

Australian flathead
reefwisesales.com

Flathead merupakan salah satu ikan yang memiliki bentuk kepala datar. Masuk dalam keluarga Platycepahlidae. Ikan ini banyak ditemukan di daerah Indo-Pasifik terutama di daerah Australia. Ikan ini menjadi terkenal karena memiliki bentuk yang unik dan tidak biasa. Flathead memanfaatkan struktur tubuhnya yang ramping untuk bersembunyi di bawah pasir.

Kemampuan kamuflase yang tinggi, menyebabkan ikan ini berhasil menipu para predatornya. Ikan ini memiliki dua buah paku pendek yang ada di kedua sisinya yang mengandung racun, racun yang ada dalam ikan ini tidak menimbulkan efek yang fatal. Flathead bisa kita temukan di daerah perairan berpasir.

7. Polkadot Stingray Dengan Harga 1,4 Miliar

polkadot stingray
ikanesia.id

Ikan polkadot stingray merupakan ikan air tawar yang berasal dari Brazil. Memiliki warna yang unik dan banyak menghabiskan hidup di dasar perairan. Biasanya hanya muncul ke perairan ketika mencari mangsa. Ikan ini memakan banyak ikan kecil, invertebrata air seperti cacing dan crustacea. Memiliki nama lain Black devil stingray, Xingu river ray, dan Yellowspotted black amazon.  Ikan ini memiliki sengatan yang cukup berbahaya karena bisa menimbulkan efek yang fatal. Bisa tumbuh hingga mencapai ukuran panjang 40-60 cm.

Ikan Polkadot Stingray ini memiliki habitat hidup di air tawar yang memiliki arus lambat dengan suhu normal 20 hingga 29 derajat celcius. Jika akan memelihara ikan ini disebuah akuarium maka membutuhkan tangki yang cukup besar dengan tambahan pasir di bawahnya. Dan untuk menjaga kesehatannya, harus dilakukan filtrasi atau pergantian air secara rutin.

8. African Cichlids Dengan Harga 5,6 Juta

African Chichlids
imperialtropicals.com

Merupakan ikan yang masih berkerabat dengan keluarga Cichlidae. Ikan yang masih berkerabat dengan ikan jenis ini adalah Blenny. Kurang lebih sudah ada 1.650 spesies yang sudah berhasil terklasifikasi. Jenis Cichlidae ini banyak yang tergolong sebagai ikan hias akuarium. African Cichlids memiliki banyak habitat di danau-danau besar, seperti Danau Tanganyika, Victoria, dan danau lainnya. Ikan ini memiliki bentuk yang bulat seperti telur dan banyak tinggal di perairan dangkal. Cichlids merupakan ikan yang masuk ke dalam jenis ikan predator yang memburu ikan-ikan kecil.

9. Diskus Dengan Harga 14 Juta

ikan diskus
catatandokterikan.com

Ikan jenis ini masuk ke dalam spesies ikan cichlid yang memiliki habitat asli di lembah Sungai Amazon. Masuk ke dalam salah satu ikan yang berasal dari genus Pterophyllum. Sebagian besar ikan ini memiliki bentuk yang pipih dengan bagian sirip yang menonjol sehingga membuat bentuk badan ikan ini seolah-olah bulat. Memiliki panjang normal 20-25 cm.

Baca Juga : Intip Cara Mudah Ternak Ikan Guppy Untuk Pemula

Ikan ini banyak berpopulasi di sungai-sungai yang berada di dataran banjir di tanah rendah yang ada di Sungai Amazon. Umumnya hidup dalam kelompok dan cukup sensitif dengan perubahan lingkungan berupa kualitas air dan suhu. Memiliki warna yang cantik sehingga banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan.

10. Vampire Tetra Dengan Harga 2 Juta

vampire tetra
reddit.com

Ikan Vampire Tetra hanya bisa dipelihara bersamaan satu akuarium dengan ikan yang memiliki ukuran sama. Karena ikan ini akan memakan ikan yang memiliki ukuran lebih kecil. Ikan predator ini hidup secara berkelompok bebas namun menjadi soliter saat beranjak dewasa. Memiliki bentuk mulut besar dan terbalik dengan banyak gigi. Warna dari sirip ini yang menarik membuat ikan ini banyak diperlihara sebagai ikan hias. Di alam bebas, ikan ini bahkan mampu memangsa ikan Piranha dan memakan daging secara eksklusif.

 

 

Check Also

How do you start your own small-scale business (2)

How do you start your own small-scale business?

Hasilbumi.net – Name and logo creation are easy tasks. But what about the other crucial, yet …

Leave a Reply

Your email address will not be published.