Breaking News

Jenis Kelinci Holland Lop Tips Perawatannya bagi Pemula

Siapa yang tidak menyukai kelinci? Hewan pengerat yang menggemaskan ini memang sangat cocok sebagai hewan peliharaan kesayangan. Salah satu kelinci yang bisa menjadi pilihan adalah kelinci Holland Lop. Lalu, seperti apa karakteristik dari jenis kelinci yang satu ini? Dan bagaimana cara perawatannya untuk para pemula? Simak informasinya berikut ini ya!

Sekilas Tentang Kelinci Holland Lop

kelinci Holland Lop
(sumber gambar: youtube.com)

Kelinci Holland Lop adalah jenis kelinci yang berasal dari hasil persilangan kelinci Netherland Dwarf French Lop dan Mini Lop (English Lop). Persilangan terjadi pada tahun 1960 dan diakui oleh American Rabbit Breeders Association (ARBA) di tahun 1979. Holland Lop termasuk dalam ras Lop atau kelinci yang memiliki telinga menjuntai turun.

Ukuran dari kelinci HL juga tergolong kecil dan kerdil. Berat tubuhnya hanya sekitar 0,9 sampai 1,8 kilogram saja. Dengan ukuran yang kecil inilah, HL sangat cocok untuk Anda jadikan hewan peliharaan yang menggemaskan. Sampai saat ini, ketersediaan kelinci HL masih harus mengimpor dari Amerika Serikat. Baru setelah itu dikembangbiakkan di Indonesia.

Sifat dan Karakter Kelinci Holland Lop

Sebagai jenis kelinci kecil, Anda juga bisa mengamati sifat dan karakteristik unik dari jenis kelinci ini. Sifatnya termasuk sangat periang dan sangat mudah untuk Anda ajak bermain. Kelinci HL memang pada dasarnya sangat menyukai eksplorasi lingkungan yang ada disekelilingnya sehingga ketika Anda lepaskan untuk bermain, ia akan sangat senang dan cenderung aktif.

Meski memiliki sifat yang periang, namun terkadang kelinci HL bisa sangat sulit untuk masuk ke dalam kandangnya lagi. Selain itu ia bisa juga tidak ingin Anda pegang atau gendong ketika memang sedang tidak ingin bermain. Ketika kondisi ini terjadi, biasanya kelinci HL akan menunjukkan sifat yang sedikit lebih agresif. Jadi ketika Anda akan bermain dengannya harus berhati-hati

Selain memiliki telinga yang turun kebawah, karakteristik yang unik dari kelinci jenis HL adalah bulunya yang lembut daripada kelinci lain. Umumnya, tebal bulu kelinci ini adalah sekitar 6 sampai 7 cm. Sementara untuk karakteristik lingkungan untuk kelinci HL adalah suasana yang tidak panas, tidak dingin, dan harus kondusif serta aman. Jadi memang kondisi rumah adalah tempat terbaik untuk memelihara HL.

Baca Juga: Berkenalan dengan Kelinci Flemish Giant dan Berbagai Ciri Khasnya

Macam Warna Kelinci Holland Lop

Secara garis besar, warna bulu kelinci HL terbagi menjadi 2 (dua) yaitu warna solid (satu warna) dan warna broken (warna dasar putih dan warna lain). Inilah beberapa macam warna kelinci H:

  1. Tortoise: warna coklat yang mendominasi tubuh dan terdapat warna torto gelap pada bagian telinga dan juga hidung
  2. Broken Tortoise: warna coklat yang terletak pada hidung dan telinga serta menyebar di beberapa bagian lain. Selebihnya tubuh kelinci berwarna putih
  3. Black Solid: warna hitam yang solid (pekat) diseluruh bagian tubuh kelinci
  4. Broken Black: warna hitam yang ada di bagian hidung dan telinga serta menyebar di beberapa bagian lain. Selebihnya tubuh berwarna putih bersih
  5. Sable: warna putih cenderung keabu-abuan yang terang diseluruh bagian tubuh
  6. Broken Sable: warna putih diseluruh tubuh dan terdapat warna sable di bagian hidung dan telinga
  7. Chestnut: warna coklat yang memiliki titik gelap di beberapa bagian tubuh
  8. Blue: warna bulu abu-abu gelap hampir menuju biru
  9. Chincilla: warna abu-abu yang cerah hampir menuju putih
  10. Orange: warna kuning menuju merah terang

Jenis Kelinci Holland Lop

Secara garis besar, kelinci HL terbagi menjadi 3 (tiga) jenis. Ketiga jenis tersebut adalah:

1. Holland Lop Pet

Jenis kelinci yang tidak bisa melakukan proses perkembangbiakkan atau reproduksi, sehingga memang menjadi jenis peliharaan. Bentuk tubuhnya juga berbeda dengan jenis kelinci HL lainnya.

2. Holland Lop Show

Untuk jenis yang satu ini tergolong populer dalam berbagai acara atau kontes kecantikan kelinci. Pasalnya, kelinci ini memiliki warna yang bagus dan tubuh yang memang pas untuk kontes kelinci. Hanya saja memang memiliki harga yang lebih mahal.

3. Holland Lop Brood

Untuk jenis ini, memang juga bisa untuk ikut acara kontes kecantikan kelinci. Hanya saja, kecantikannya tidak sebagus jenis HL Show. Selain itu, jenis ini juga tetap bisa Anda kembangbiakkan lebih lanjut.

Tips Perawatan Kelinci Holland Lop untuk Pemula

kelinci Holland Lop
(sumber gambar: youtube.com)

Kunci keberhasilan dari memelihara kelinci HL adalah proses perawatannya. Memang tergolong cukup susah dan ribet, apalagi kelinci ini memiliki daya tahan tubuh yang cenderung rendah. Inilah beberapa perawatan terbaik yang bisa Anda terapkan:

1. Menjaga Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang adalah faktor utama penentu kesehatan kelinci. Kandang yang bersih bisa meminimalisir potensi penyakit scabies yang bisa menyerang bulu kelinci. Selain itu, kelinci HL juga menyukai kandang yang bersih dan bisa membuatnya nyaman dan bermain dengan aktif.

Agar kebersihan selalu terjaga, usahakan untuk membersihkannya paling tidak 1 kali sehari atau 2 kali sehari. Untuk membersihkannya Anda harus menghilangkan semua kotoran kelinci agar tidak sampai mengenai bulu badannya. Bila perlu bersihkan sampai bersih kemudian semprot dengan desinfektan namun jangan terlalu banyak.

Setelah itu tunggu sampai benar-benar kering baru masukkan kelinci ke dalam kandang lagi. Pastikan juga untuk meletakkan kandang kelinci di lokasi yang tenang dan bebas dari gangguan hewan lain. Sebab jika lokasi kandang ramai dan berbahaya, maka kelinci bisa stress dan berujung tidak mau makan.

2. Memberi Makanan yang Sesuai dan Berkualitas

Kunci keberhasilan lain dari memelihara kelinci HL adalah pakan yang Anda berikan. Sebab jika salah dalam memberi jenis pakan, bukan tidak mungkin kelinci jadi sakit pada bagian pencernaannya. Nah, jenis pakan terbaik yang bisa Anda beri adalah pelet, rumput-rumputan, dan sayuran yang bersih dan bebas dari racun.

Jika memberikan pelet, pastikan nutrisi dalam pelet tersebut lengkap dan memang khusus untuk makanan kelinci Holland Lop. Sementara itu jika memberikan sayur maka cuci bersih lebih dulu agar tidak ada kotoran yang mengganggu kesehatan kelinci. Apabila Anda ingin memberikan rumput, maka sebaiknya jemur rumput terlebih dahulu supaya kadar airnya bisa berkurang.

Anda juga harus menyediakan air minum untuk kelinci. Air minum bisa Anda letakkan dalam sebuah botol kecil yang memang khusus untuk kelinci. Untuk membeli botol ini Anda bisa mencarinya di e-commerce atau toko hewan di sekitar rumah.

Menggunakan mangkok biasa juga bisa, hanya saja akan jauh lebih praktis dan rapi jika Anda menggunakan botol atau dot kelinci. Jangan lupa untuk memberikan air matang yang bersih ya untuk kelinci. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir adanya bakteri atau kuman yang bisa membahayakan kesehatan pencernaannya.

3. Tambahan Asupan Vitamin

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, tubuh kelinci HL yang kecil membuatnya lebih rentan terhadap berbagai jenis penyakit. Untuk itu, kehadiran suplemen dan vitamin sangat penting supaya daya tahan tubuhnya lebih terjaga. Nah, vitamin yang bisa Anda berikan adalah vitamin B kompleks khusus untuk hewan.

Nantinya vitamin tersebut bisa Anda berikan dengan menggunakan media pipet tetes atau suntikan tanpa jarum. Perlahan masukkan ke mulut kelinci sedikit demi sedikit sampai semua vitaminnya sudah masuk. Selain vitamin B kompleks, Anda juga bisa memberikan curcuma plus yang memiliki kandungan vitamin C.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter hewan terkait jenis vitamin terbaik apa yang bisa Anda berikan untuk kelinci. Selain itu, pastikan untuk senantiasa cepat tanggap terhadap kondisi kesehatan kelinci ya. Bila sudah menunjukkan tanda sakit seperti lemas, tidak nafsu makan, dan menjadi pasif, maka segera bawa kelinci ke klinik hewan atau dokter hewan.

Perawatan mandiri di rumah memang bisa Anda lakukan, namun hasilnya tidak akan maksimal. Sebab, penanganan kesehatan oleh dokter akan jauh lebih efektif bagi kesembuhan kelinci HL yang memang sudah sesuai panduan medis dan berdasarkan diagnosa yang akurat.

Nah sobat agribisnis, itulah berbagai informasi yang perlu Anda tahu tentang kelinci Holland Lop. Pada dasarnya, jenis kelinci ini adalah pilihan hewan peliharaan yang sangat cocok untuk Anda yang menyukai hewan kecil. Meski membutuhkan perawatan yang sedikit ekstra, namun hal itu tentu akan sebanding dengan kelucuan yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki kelinci ini. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memelihara kelinci ini?

Check Also

ciri-ciri ikan nila

Inilah Berbagai Sifat dan Ciri-ciri Ikan Nila yang Harus Anda Tahu!

Salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer di Indonesia, khususnya untuk kebutuhan konsumsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.