Breaking News

Lima Jenis Makanan Bebek Cocok Untuk Penggemukan

Salah satu ternak unggas yang menjadi primadona masyarakat adalah bebek. Seperti halnya ternak ayam, menernak bebek juga menghasilkan telur dan daging. Selain itu para pelaku industri kreatif memanfaatkan bulu bebek untuk membuat kerajinan tangan. Peternak bebek dapat mengembangkan usaha ini dalam skala besar peternakan maupun sebagai hewan ternak rumahan. Dalam memelihara ternak bebek, tentunya Sobat Agribisnis senang jika melihat bebek nya gemuk dan sehat. Agar ternak bebeknya gemuk, salah satunya Sobat harus memperhatikan 5 jenis makanan bebek cocok untuk penggemukan. Pakan memegang salah satu peran penting dalam keberhasilan ini. Dengan komposisi makanan yang tepat, maka ternak bebek akan gemuk dan sehat. Pakan hewan ternak yang bergizi, Sobat dapat memperolehnya dari produk olahan pabrik atau produk olahan alternatif. Mari Sobat Agribisnis ikuti bahasan 5 jenis makanan bebek cocok untuk penggemukan.

Kategori Bebek Ternak.

Dalam usaha ternak bebek, berdasarkan hasilnya kita dapat membaginya menjadi dua kategori besar yaitu ternak bebek untuk petelur dan bebek pedaging. Namun demikian tidak ada pengelompokan yang pasti antara keduanya. Karena bebek petelur pun apabila sudah produktif lagi maka peternak dapat memanfaatkannya sebagai bebek pedaging.

Bebek Petelur.

Sebagai bebek petelur, tentunya mengharapkan produksi telur yang banyak. Sehingga dalam memilih bebek betina sebagai bebek petelur, sebaiknya Sobat mencari bebek yang sedikit bahkan tidak memiliki keinginan untuk mengerami telurnya. Selain itu bebek petelur juga memliki masa subur yang relatif cepat. Namun demikian bebek petelur juga memiliki masa produktif tertentu pula. Sehingga pada usia tertentu maka kemampuan produksi telur bebek tersebut akan berkurang. Biasanya setelah habis masa produktif bebek petelur, peternak akan menjadikan bebek tersebut sebagai bebek pedaging. Dapat disimpulkan bahwa bebek petelur mempunyai fungsi ganda yaitu setelah sebagai petelur dapat sebagai bebek pedaging. Beberapa contoh bebek petelur antara lain bebek tegal, bebek hibrida, bebek bali dan bebek alabio.

Bebek Pedaging.

Bebek pedaging merupakan ternak bebek dengan tujuan untuk mengkonsumsi daging bebek tersebut. Yang dapat berasal dari bebek jantan lokal atau bebek betina. Karena untuk keperluan konsumsi daging, maka pakan dari bebek ini bertujuan untuk memacu pertumbuhan atau penggemukan dagingnya. Namun demikian keistimewaan dari bebek pedaging adalah tidak menutup kemungkinan dapat menghasilkan telur dalam jumlah banyak. Contoh dari bebek pedaging antara lain bebek mojosari, bebek peking, bebek serati dan bebek pejantan lokal.

Komposisi Jenis Makanan Bebek.

Agar pertumbuhan dan perkembangan ternak bebek dapat optimal, maka kandungan nutrisi dalam pakan harus mendapat perhatian dari peternak. Sehingga akan menghasilkan daging dan telur yang berkualitas pula. Pemberian nutrisi pada pakan hewan harus secara berimbang. Karena apabila pemberian nutrisi pakan yang berlebihan akan berkibat pada biaya produksi ternak tersebut. Demikan pula apabila nutrisi nya kurang maka produktivitas dari ternak bebek akan rendah. Oleh karenanya pada pakan ternak bebek komposisi makanan nya harus mengandung sumber energi, protein, mineral dan penguat.

Pakan Mengandung Sumber Energi.

Pakan yang mengandung sumber energi berguna bagi pergerakan bebek seperti terbang, berlari, berenang dan lain lain. Biasanya pakan ini banyak terdapat pada biji-bijian dan umbi-umbian. Contohnya antara lain jagung giling, bekatul, sorgum, singgkong/onggok, dan dedak padi.

Mengandung Sumber Protein.

Sebagai sumber protein, pakan ini berguna untuk perkembangan dan pertambahan massa otot pada ternak, sehingga menjadikan ternak bebek menjadi gemuk berbobot. Selain itu pakan sumber protein juga penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Pakan ini dapat bersumber dari tumbuh-tumbuhan (nabati) dan hewan (hewani). Contoh pakan bebek sumber protein antara lain bungkil kedelai, tepung ikan, bbungkil kacang tanah, bungkil kelapa ampaas tahu dan tempe, dan limbah toge.

Sumber Mineral.

Sumber mineral berguna untuk pembentukan tulang dan cangkang telur. Dari mineral yang tinggi maka akan menghasilkan telur berkualitas dan bermutu. Pakan sebagai sumber mineral dapat dikelompokan menjadi dua yaitu mineral organik dan mineral anorganik. Pakan mineral organik bersumber dari alam dengan contohnya adalah kapur, tepung kerang, tepung tulang dan garam. Sementara pakan mineral anorganik dengan contoh antara lain sodium fosfat, magnesium okside dan dicalcium phosphate.

Makanan Sebagai Penguat.

Pakan ini mempunyai fungsi sebagai sumber energi dan sumber protein. Adapun contohnya antara lain tepung daging, tepung bulu, tepung darah dan tepung cacing.

5 Jenis Makanan Bebek Cocok Untuk Penggemukan.

Salah satu kendala dalam beternak adalah mahalnya harga pakan ternak produksi pabrikan. Karena pakan ternak produksi pabrikan biasanya sudah mengandung nutrisi yang seimbang bagi kebutuhan hewan ternak. Namun Sobat Agribisnis tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Sobat dapat memperoleh pakan untuk ternak bebek dari bahan-bahan alternatif. Tentunya bahan alternatif ini sangat mudah mendapatkannya. Sehingga dari segi harga tidak terlalu mahal namun dari sisi keperluan nutris bagi ternak bebek Sobat dapat mencukupi. Penggunaan bahan makanan bebek berikut ini harus saling bergantian sehingga kebutuhan akan sumber energi, sumber protein, mineral dan penguat akan saling melengkapi. Berikut ini 5 jenis makanan bebek cocok untuk penggemukan.

Sorgum.

Tanaman sorgum merupakan tanaman serealia dengan kandungan nutrisi yang tinggi seperti protein, karbohidrat, lemak, kalsium dan fosfor. Salah satu kegunaan dari sorgum adalah sebagai pakan ternak. Bahan ini sangat bagus sebagai pakan ternak karena kandungan proteinnya sebesar 10,11% dan kandungan patinya sebesar 80,42%. Sebagai pakan ternak, bisa sebagai hijau-hijauan seteleh memotong tanaman tersebut atau mengawetkannya dalam silase. Pada saat akan menggunakan sebagai pakan bebek, Sobat harus melayukan daun sorgum selama 2-3 jam. Oleh karena itu Sobat dapat menggunakan bahan sorgum ini untuk menggemukan badan ternak bebek. Kandungan sumber energi pada sorgum ini akan mempercepat pertumbuhan bebek.

Ampas tahu dan tempe.

Ampas tahu dan tempe merupakan limbah kedelai dari proses pembuatan tahu dan tempe. Sehingga kandungan nutrisi dari kedelai masih sangat bagus sebagai pakan ternak bebek. Karena merupakan limbah olahan, tentu dari segi harga masih terjangkau dan Sobat Agribisnis dapat dengan mudah menjumpai ampas tahu dan kedelai ini. Karena sebagai makanan khas dari Indonesia, setiap hari tentu ada yang melakukan produksi tahu dan tempe. Dalam penggunaan ampas tahu dan tempe sebagai pakan bebek, terlebih dahulu Sobat harus mengeringkannya terlebih dahulu hingga kadar air turun 15%. Selain itu dengan kondisi yang kering tersebut agar pada saat bebek mengkonsumsinya tidak terlalu basah. Satu hal yang harus Sobat ingat adalah pada saat setelah pemberian pakan bebek, tempat untuk mengaduknya harus segera dicuci. Hal ini bertujuan agar bekas ampas tersebut tidak tumbuh jamur.

Onggok.

Onggok adalah limbah hasil pengolahan singkong menjadi tepung. Kandungan energi metabilisme dalam onggok adalah 3440 kkal/kg. Namun kandungan serat kasar dalam onggok masih sangat tinggi. Sehingga sebelum menggunakannya sebagai pakan ternak harus melalui proses fermentasi terlebih dahulu. Karena hasil dari proses fermentasi tersebut akan menghasilkan enzim selulasi 1,3 glukanase sehingga meningkatkan kadar protein.

Dedak.

Dedak merupakan hasil sampingan dari penggilingan padi. Kandungan protein dalam dedak sekitar 12% dan kandungan lemaknya 13%. Dalam memilih dedak sebagai pakan bebek, sebaiknya Sobat memilih yang mengandung kulit ari beras, menis atau pecahan beras tetapi tidak bercampur dengan kulit padi yang keras. Dedak ini sangat membantu dalam penggemukan ternak bebek Sobat.

Tepung Ikan, Bekicot dan Keong mas.

Tepung ikan, bekicot dan keong mas sangat baik bagi penggemukan ternak bebek. Karena merupakan salah satu nutrisi yang mengandung sumber protein. Namun demikian penggunaan tepung ini sesuai takaran yaitu 5-12% terhadap total komposisi pakan bebek untuk 100 ekor.

Demikian Sobat Agribisnis sekelumit tentang jenis makanan bebek untuk penggemukan. Semoga bermanfaat dan selamat menerapkan. Terima kasih.

Check Also

kucing muntah kuning

Waspadai Kucing Muntah Kuning: Penyebab dan Cara Penanganan

Memiliki kucing kesayangan yang sehat tentu menjadi impian siapa saja. Akan tetapi, pasti ada kalanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *