Breaking News

Jenis dan Tips Memilih Kandang Kucing Terbaik untuk Pemula

Salah satu hal yang harus Anda persiapkan saat baru pertama kali memelihara kucing adalah kandang. Kehadiran kandang sangat penting agar kucing memiliki tempat tinggal yang nyaman dan juga untuk tempat tidur. Untuk itu, memilih kancang kucing tidak bisa Anda lakukan dengan sembarangan. Inilah beberapa jenis dan tips memilih kandang untuk peliharaan kucing terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Yuk, simak!

Jenis Kandang untuk Memelihara Kucing

kandang kucing
(sumber gambar: alicdn.com)

Jika Anda berpikir bahwa kandang untuk memelihara kucing hanya terdiri dari satu jenis saja, maka pikiran tersebut tidaklah benar. Pasalnya, ada beberapa jenis kandang yang berbeda dan semuanya memiliki fungsinya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa jenis kandang tersebut:

1. Kandang untuk Penggunaan Sehari-hari

Jenis kandang pertama yang bisa Anda jumpai adalah kandang yang penggunaannya untuk kebutuhan sehari-hari. Kandang ini memiliki fungsi utama untuk tempat tinggal dan tidur supaya kucing merasa nyaman, terutama ketika Anda tidak ada disekitarnya. Fungsi lain adalah untuk melindungi kucing dari hal-hal yang tidak Anda inginkan serta membantu menjaga kesehatan dan keselamatan kucing.

Untuk jenis kandang ini, harus Anda sesuaikan dengan jumlah kucing yang Anda miliki. Jika hanya memiliki 1-2 ekor saja, maka kandang tidak perlu memiliki ukuran yang besar dan luas. Umumnya, ukuran standar yang bisa Anda pakai untuk penggunaan sehari-hari adalah sebesar 150 cm x 80 cm. Di dalam kandang bisa Anda tempatkan wadah untuk makan dan minum kucing.

2. Kandang Tingkat HP1

Untuk jenis kandang yang satu ini, penggunaannya juga untuk sehari-hari. Hanya saja, ukurannya tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil dan harganya termasuk terjangkau. Jenis ini menjadi pilihan banyak pemilik kucing karena termasuk sangat ideal untuk jumlah kucing yang tidak banyak.

Umumnya, ukuran kandang tingkat HP1 adalah sebesar 60 cm x 42 cm x 76 cm. Dengan ukuran seperti itu, kandang ini bisa Anda gunakan untuk 1 sampai 2 kucing saja. Harganya adalah sekitar Rp. 300.000 dan penyimpanannya bisa Anda lipat sehingga sangat fleksibel. Apabila Anda memiliki budget yang terbatas namun ingin kandang yang cukup, maka tingkat HP1 ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Tipe Kandang C

Jenis kandang berikutnya merupakan deretan tipe C yang memiliki ukuran berbeda-beda. Semua tipe ini memiliki bentuk dan desain yang hampir mirip. Pembeda utamanya adalah pada ukuran dan jumlah tingkat yang ada di dalamnya. Berikut adalah penjelasan selengkapnya:

a. Kandang C222

Untuk tipe C yang pertama memiliki ukuran yang lebih besar dan membuat kucing Anda lebih bisa bergerak dengan bebas. Di dalam kandang juga memiliki 2 macam tingkat yang bisa membuat kucing naik keatas dan kebawah. Selain tingkat, di dalam kandang juga terdapat tempat tidur gantung seperti hammock yang sangat nyaman untuk kucing.

Bahan material dari kandang ini adalah besi sehingga sangat kuat dan memiliki ukuran 91 cm x 56 cm x 130 cm. Pada bagian bawahnya juga terdapat gelindingan berupa roda yang membuatnya sangat fleksibel. Anda bisa memindahkan kandang kemana saja dengan mudah dan cepat.

b. Kandang C220

Perbedaan tipe kandang ini dengan C222 adalah bentuknya yang lebih tinggi, sehingga terlihat seperti kandang yang menjulang keatas. Terdapat 4 tingkat yang membuat kucing bisa bergerak dengan leluasa. Ukurannya adalah sebesar 79 cm x 52 cm x 141 cm dan juga terbuat dari material utama besi.

Sama seperti tipe c222, kandang ini juga memiliki roda gelindingan pada bagian bawahnya. Hal ini membuat Anda bisa memindahkan kandang dengan lebih mudah. Anda bisa mengisi 1 sampai 2 kucing di dalam kandang.

c. Kandang C221

Tipe kandang C yang terakhir adalah versi yang paling ekonomis dari ketiganya. Ukurannya juga lebih kecil namun tetap sangat cukup sebagai tempat tinggal 1 sampai 2 ekor kucing. Standar ukurannya adalah sebesar 79 cm x 52 cm x 82 cm dan terbuat dari material utama besi juga sehingga sangat kuat.

Di dalam kandang  hanya terdapat 2 tingkat saja dan tetap memiliki roda gelindingan di bagian bawah kandang. Apabila Anda memiliki jumlah kucing 1 sampai 2 ekor dan ingin memiliki kandang yang kuat namun terjangkau, maka tipe kandang ini bisa menjadi pilihan.

4. Kandang untuk Ternak (Breed) 

Jenis kandang kucing yang terakhir adalah yang memiliki fungsi untuk ternak atau breeding. Dari semua jenis lainnya, ukuran jenis ini adalah yang paling besar dan juga luas serta memiliki sekat-sekat tertentu. Anda sebagai pemilik kucing juga bebas mengkustomisasi tampilan kandang sesuai dengan kebutuhan dan kemauan.

Jumlah maksimal kucing yang bisa Anda masukkan ke daam kandang adalah sebanyak 12 ekor. Selain itu, setidaknya ruangan yang Anda pakai untuk tempat kandang memiliki ukuran 6 m x 6 m atau 36 meter persegi. Pastikan juga bahwa ruangan memiliki ventilasi dan sirkulasi udara yang baik supaya kucing mendapatkan udara dengan lancar.

Anda juga harus sebisa mungkin memisahkan kucing jantan dewasa supaya tidak terjadi perkelahian antar kucing. Karena berfungsi untuk tempat ternak, maka kenyamanan adalah kunci utama kandang ini dan harus Anda atur dan jaga sedemikian rupa.

Baca Juga: Jenis Kelinci Holland Lop Tips Perawatannya bagi Pemula

Tips Memilih Kandang Kucing Terbaik

kandang kucing
(sumber gambar: halodoc.com)

Sebagai pemula, memahami jenis kandang saja tidak cukup. Anda juga harus tahu bagaimana tips memilih kandang terbaik. Inilah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

1. Bahan Material Kandang

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika memilih kandang adalah bahan materialnya. Jangan sampai Anda memilih kandang yang terbuat dari bahan material yang berbahaya dan bisa melukai tubuh kucing. Anda boleh memilih bahan berupa besi agar kandang kuat dan awet, namun pastikan tidak ada bagian besi yang tajam. Selain besi, bahan lain yang bisa Anda pilih adalah aluminium. Bahan ini terkenal ringan, awet, dan tidak mudah berkarat.

2. Perhatikan Ukuran Kandang

Hal lain yang harus Anda perhatikan ketika memilih kandang adalah ukurannya. Anda harus memilih kandang dengan ukuran yang tepat agar kucing tidak sesak dan kesempitan. Ukuran ini bisa Anda sesuaikan dengan jumlah kucing yang Anda pelihara.

Apabila hanya memiliki 1 sampai 2 ekor, maka ukuran medium sudah cukup untuk Anda beli. Sebaliknya, jika jumlah kucing lebih dari 3 ekor maka Anda harus memilih ukuran yang lebih besar dan luas.

3. Alas, Tempat Makan, dan Tempat Minum

Bagian penting yang juga harus Anda perhatikan ketika memilih kandang adalah alas, tempat makan, dan juga tempat minum. Untuk alas, pilihlah jenis bahan yang membuat kucing nyaman dan tidak melukai tubuhnya. Alas juga harus memiliki celah dan ukurannya harus lebih sempit namun melebar.

Bahan terbaik untuk alas kandang adalah plastik maupun bahan seperti karet yang fleksibe. Bahan-bahan ini tergolong kuat dan tidak menyakiti tubuh kucing. Selain itu, pastikan juga kandang yang Anda beli memiliki tempat yang cukup untuk tempat makan maupun minum kucing.

Anda memang bisa meletakkan wadah makan maupun minum di luar kandang. Akan tetapi hal ini tentu akan mengurangi fungsi dari kandang tersebut. Maka dari itu, pilihlah kandang yang memang cocok untuk meletakkan tempat makan dan minum dengan pas dan tidak sempit.

4. Harus Mudah Dibersihkan

Setiap kandang kucing harus mudah untuk Anda bersihkan. Pasalnya, hal ini akan sangat mempengaruhi kenyamanan dan kebersihan kandang. Pilihlah kandang yang memiliki tempat pembuangan di bagian bawahnya dan tempat tersebut mudah untuk Anda tarik dan pasang kembali.

Dengan tempat yang seperti ini, Anda bisa membersihkan kandang dengan lebih mudah jika sudah kotor ataupun mulai berbau. Bila perlu cuci kandang secara rutin dan keringkan sampai benar-benar bersih. Hal ini bisa mencegah munculnya kuman dan juga bakteri yang bisa membahayakan kesehatan kucing.

Nah sobat agribisnis, itulah beberapa jenis kandang kucing sekaligus tips untuk memilihnya. Pada dasarnya, tempat tinggal kucing akan sangat menentukan kenyamanan, keamanan, dan juga kesehatannya. Kucing memang bisa saja tidak memiliki kandang dan tinggal di mana saja di bagian rumah.

Hanya saja, proses merawat kucing tetap akan jauh lebih baik apabila ia juga memiliki kandang tersendiri. Makan dan tidurnya akan jauh menjadi lebih teratur. Jadi, pastikan untuk membelikan anabul kesayangan sebuah tempat tinggal yang aman dan juga nyaman ya!

Check Also

ciri-ciri ikan nila

Inilah Berbagai Sifat dan Ciri-ciri Ikan Nila yang Harus Anda Tahu!

Salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer di Indonesia, khususnya untuk kebutuhan konsumsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published.