Breaking News

Mengenal Kelinci Fuzzy Lop dan Berbagai Karakteristiknya

Kelinci Fuzzy Lop adalah salah satu jenis kelinci yang mungil. Jenis kelinci ini bisa menjadi pilihan hewan ternak yang lucu dan menggemaskan. Lalu, seperti apa karakteristik dari jenis kelinci FL ini? Bagaimana cara agar perawatan kelinci FL bisa tepat? Inilah informasi selengkapnya untuk Anda.

Sekilas Tentang Kelinci Fuzzy Lop

kelinci fuzzy lop
(sumber gambar: Twitter.com)

Kelinci Fuzzy Lop adalah salah satu jenis kelinci yang masuk dalam keluarga Lop atau bertelinga panjang dan menggantung. Ukuran tubuhnya kecil dan cenderung banyak dipelihara sebagai kelinci hias. Jenis kelinci ini merupakan hasil persilangan dari kelinci French Anggora dan juga Holland Lop. 

Tidak heran jika dari segi fisik, kelinci FL juga memiliki kemiripan dengan jenis Holland Lop. Hanya saja, banyak orang yang lebih memilih kelinci FL karena cenderung lebih kuat dan tidak mudah mati. Selain itu, harga jual FL juga terbilang lebih mahal daripada kelinci bertelinga panjang dan menggantung ke bawah lainnya.

Melansir dari laman Wikipedia, Fuzzy Lop adalah jenis kelinci yang berasal dari Indonesia. Bentuknya memang mirip dengan Holland Lop hanya saja, bulunya yang panjang mirip dengan kelinci Anggora atau American Fuzzy Lop.

Sifat dan Karakteristik Fuzzy Lop

Setiap kelinci pasti memiliki sifat dan karakteristiknya tersendiri, begitupula dengan kelinci FL. Ketika Anda memeliharanya, maka sifat yang paling terlihat adalah perilakunya yang cenderung lebih pendiam dan tidak selincah dengan jenis kelinci yang lain. Meski bersifat pasif, namun kelinci FL juga menyukai permainan kecil, terutama bermain dengan bola plastik, boneka, maupun potongan kayu.

Kelinci FL juga menyukai perhatian yang ekstra dari para pemiliknya sehingga memang lebih manja. Ia akan sangat suka ketika Anda membelai atau mengusap-usap tubuhnya yang penuh dengan bulu halus panjang. Selain itu, dari segi karakteristik tubuh kelinci FL juga terbilang cukup unik. Inilah beberapa karakteristik fisik dari Fuzzy Lop:

  1. Memiliki bobot maksimal sebesar 1,8 kilogram untuk kelinci dewasa. Memang sangat kecil karena termasuk dalam ras kelinci yang mini
  2. Panjang bulu bisa mencapai 6 smpai 7 cm dan sangat halus. Meski begitu, sehat atau tidaknya bulu ini akan sangat tergantung pada perawatan jika Anda bisa merawatnya dengan baik maka bulu kelinci FL bisa sangat lembut dan juga halus
  3. Memiliki ciri khas telinga panjang yang menggantung ke bawah karena memang masuk dalam kelinci Lop (bertelinga menggantung)

Baca Juga: Jenis Kelinci Holland Lop Tips Perawatannya bagi Pemula

Cara Beternak Kelinci Fuzzy Lop

Bagi Anda yang ingin melakukan ternak kelinci Fuzzy Lop sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya saja memang Anda membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang cukup tinggi agar kelinci bisa senantiasa sehat. Sebelum melakukan ternak, pastikan Anda membuat kandangnya terlebih dahulu.

Kandang ideal untuk ternak Fuzzy Lop berukuran 50×60 cm atau 60×60 cm. Anda juga sebaiknya membuat kandang dengan ketinggian yang cukup dan tidak dekat dengan permukaan tanah. Tujuannya agar ada jarak yang cukup sehingga kotoran kelinci tidak mengotori kandangnya. Nantinya, Anda harus dengan rajin dan rutin membersihkan kandang agar kelinci FL selalu sehat. Jika kandang sudah siap, maka lanjutkan langkah berikut ini:

1. Pemilihan Indukan

Agar ternak yang Anda lakukan bisa sukses, maka salah satu kunci terpenting yang harus Anda perhatikan adalah kualitas indukan. Pilihlah indukan jenis American Fuzzy Lop dan kemudian masukkan ke dalam kandang. Setelah itu, pilih juga indukan jantan yang setidaknya sudah berusia 7 bulan.

Pastikan indukan jantan maupun betina yang Anda pilih berada dalam kondisi yang sehat. Tidak ada kondisi cacat fisik, kelinci terlihat aktif, dan memiliki nafsu makan yang baik. Jika sudah berhaisl mendapatkan indukan berkualitas, Anda bisa lanjut pada tahap selanjutnya.

2. Proses Perkawinan

Pada dasarnya, proses perkawinan kelinci hanya berlangsung selama 2 menit saja. Akan tetapi, Anda harus melakukan perkawinan selama 3 kali per musim. Setelah selesai kawin, Anda harus mengecek apakah betina sudah hamil atau belum. Hal ini sangat penting agar bisa menjaga kesehatan betina dengan lebih optimal. Ciri indukan yang sudah hamil adalah bagian kelaminnya yang berwarna merah.

3. Kehamilan Kelinci Fuzzy Lop

Ketika kelinci sudah hamil, maka Anda harus memberikan perhatian yang ekstra. Pada usia kandungan ke 27 hari, Anda sudah bisa menyiapkan kotak khusus sebagai tempat kelahiran anak kelinci. Setiap indukan bisa melahirkan hingga 5 anak kelinci. Nantinya, setelah lahir, bayi kelinci akan langsung menyusu pada indukannya. Pada usia 1,5 bulan, barulah anakan sudah bisa belajar makan sendiri.

4. Pemberian Pakan

Jenis pakan yang bisa Anda berikan adalah pelet yang berkualitas. Takarannya adalah sebanyak 2,5 ons perhari. Selain pakan, jangan lupa siapkan air minum bersih sebanyak 500 ml setiap hari. Waktu terbaik untuk pemberian minum adalah saat pagi dan malam hari.

Lalu, bolehkah memberi sayur pada kelinci? Sayangnya Anda tidak boleh memberikan sayur atau pakan tambahan untuk kelinci. Sebab, kelinci akan sangat sensitif pada pakan yang mengandung banyak gas maupun air. Jika terlalu banyak sayuran, maka kelinci bisa mencret dan pencernaannya menjadi tidak sehat.

Selain itu, hindari untuk memandikan kelinci dengan air karena bisa membuat kelinci semakin rentan terhadap penyakit. Satu-satunya langkah yang bisa Anda lakukan agar kelinci senantiasa bersih adalah dengan menjaga kebersihan kandang. Barulah setelah usia 3 sampai 7 bulan, Anda sudah bisa memperjual belikan kelinci Fuzzy Lop.

Kunci Keberhasilan Perawatan Kelinci FL

kelinci fuzzy lop
(sumber gambar: thepetstep.com)

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika merawat kelinci Fuzzy Lop. Beberapa hal tersebut adalah:

1. Kesehatan dan Perawatan Bulu

Karena memiliki bulu yang cukup panjang, maka Anda harus memberikan perawatan yang cukup ekstra. Jika bulu sudah panjang, maka Anda harus memotong dan merapikannya karena bisa membuat bulu jadi tidak rapi. Potong secara hati-hati dan jangan sampai melukai kelinci. Agar pemotongan bulu lebih maksimal, Anda juga bisa membawa kelinci ke pet shop atau dokter hewan untuk perawatan rutin.

2. Perhatikan Kualitas Pakan

Seperti jenis kelinci yang berukuran mungil lainnya, kualitas pakan juga akan sangat menantukan kesehatan kelinci. Untuk itulah Anda harus memastikan kualitas pakan yang baik untuk kelinci. Anda bisa berkonsultasi pada penjual pakan ternak ataupun dokter hewan secara langsung mengenai merk pelet pakan terbaik untuk kelinci.

Nantinya, pelet yang Anda berikan juga akan sangat berpengaruh pada kesehatan bulu kelinci. Jika peletnya tidak terlalu bagus, bukan tidak mungkin bulu kelinci akan menjadi kasar dan tidak terlihat mengkilap. Pastikan juga asupan pakan dan minumnya tidak sampai kekurangan ya.

3. Kebersihan Kandang

Untuk membersihkan kandang kelinci, Anda harus melakukannya setiap hari. Setiap seminggu sekali, jangan lupa juga untuk menyempatkan mencuci kandang sampai benar-benar bersih. Bila perlu tambahkan semprotan desinfektan ke area kandang. Tujuannya agar tidak ada virus, bakteri, maupun kuman yang bisa berpotensi mengganggu kesehatan kelinci.

Harga Kelinci Fuzzy Lop

Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, jenis kelinci ini memang sedikit lebih mahal daripada jenis lain. Sebab, keindahan bulu dan mungilnya ukuran tubuh membuat jenis ini lebih mahal. Untuk harga 1 kelinci FL berusia 3 bulan kebawah, biasanya memiliki harga jual sekitar Rp. 250.000.

Jika usianya lebih dari 3 bulan, maka harganya akan jauh lebih mahal. Bahkan bisa mencapai Rp. 500.000 ke atas. Anda bisa langsung membeli kelinci langsung di peternakan untuk mendapatkan kualitas terbaik dan juga sehat. Selain itu, sebisa mungkin hindari untuk membeli kelinci yang di pinggiran jalan. Sebab kelinci tersebut umumnya rawan sakit dan tidak mendapatkan perawatan yang maksimal.

Nah sobat agribisnis, itulah informasi yang harus Anda pahami mengenai kelinci Fuzzy Lop. Mulai dari sekilas tentang profilnya, sifat, karakteristik, hingga cara beternaknya. Selain kelinci FL, Anda juga bisa memilih kelinci ras Lop yang lain. Mulai dari Mini Lop, American Fuzzy Lop, French Lop, hingga English Lop.

Pada dasarnya, kelinci ras Lop adalah jenis kelinci yang kecil namun sangat menggemaskan. Tidak heran jika banyak orang yang menyukai kelinci ini sebagai hewan peliharaan yang menggemaskan. Meski harganya mahal, namun sebanding dnegan kegemasan yang Anda dapatkan. Kunci dari keberhasilan memelihara kelinci Fuzzy Lop adalah pada perawatannya. Jadi, jika memang Anda ingin memelihara kelinci ini pastikan untuk melakukan perawatan yang maksimal ya!

Check Also

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

Hasilbumi.net – La mayoría de los artrópodos tienen antenas, que son órganos sensoriales móviles ubicados …

Leave a Reply

Your email address will not be published.