Breaking News

Cara Membuat Konsentrat Ayam Petelur Skala Rumah Tangga

Sampai saat ini, pakan ternak masih menjadi permasalahan yang perlu perhatian lebih dari peternak. Pasalnya, biaya untuk makan bisa menjadi biaya yang paling tinggi dari beternak, termasuk beternak ayam petelur. Biaya tersebut bisa memakan hingga 70-80% dari total biaya produksi. Dan untuk menunjang keberhasilan ternak ayam, peternak bisa memberikan pakan konsentrat ayam petelur. Harga pakan konsentrat tersebut pun mempengaruhi kualitasnya. Semakin tinggi harga pakan, semakin tinggi pula kemungkinan untuk rugi. Nah hal tersebut bisa diatasi dengan membuat pakan konsentrat ayam petelur sendiri.

1. Bahan Pakan Konsentrat

Setiap bahan pakan ternak memiliki kandungan dan nutrisi yang berbeda, karena bahan baku dan campurannya yang berbeda. Hal itu membuat harga pakan memilki perbedaan. Untuk mengurangi tingginya biaya pakan tersebut, perlu untuk membuat kombinasi antara satu bahan dengan bahan pakan lain untuk menghasilkan pakan berkualitas namun tetap ekonomis. Campuran tersebut yang disebut Konsentrat.

Pakan konsentrat merupakan bahan pakan yang digunakan bersama dengan bahan pakan lain untuk meningkatkan kandungan gizi dari keseluruhan makanan yang dicampur dan digunakan untuk suplemen ataupun pakan pelengkap. Campuran bahan pakan tersebut pastinya dipilih yang sudah memenuhi kebutuhan ternak akan serat kasar, protein, energi, dan kebutuhan nutrisi lainnya. Sehingga pakan konsentrat tersebut sudah tidak membutuhkan penambahan pakan hijauan lagi.

2. Jenis-Jenis Bahan Pakan Konsentrat

Terdapat beragam bahan baku dari bahan pakan konsentrat. Nah pemilihan bahan baku tersebut sangat penting dan merupakan kunci utama pembuatan pakan konsentrat berkualitas. Karena bahan baku tersebut akan menentukan kualitas dari hasil pakan konsentrat. Ada beberapa kategori bahan baku pakan tersebut sesuai dengan kandungannya, yaitu :

a. Serat

Sumber bahan pakan pertama adalah bahan pakan sumber serat yang memiliki kandungan serat kasar lebih dari 18%. Contoh dari bahan pakan sumber serat adalah ampas tahu dan limbah pertanian seperti bungkil sawit (19,7%), kulit kopi (34%), dedak halus (22,93%), kulit buah coklat (23%), kulit kacang tanah (73,37%), tumpi jagung (25,8%), tongkol jagung (25,5%), brengkesan kedelai (21%), klobot jagung (23,32%), dan pucuk tebu (29,04%).

b. Energi

Kategori kedua adalah kategori sumber bahan pakan sumber energi yang mengandung protein kurang dari 20% dan serat kasar kurang dari 18%. Contoh bahan pakan sumber energi adalah biji-bijian, umbi-umbian, dan juga limbah penggilingan seperti bekatul (PK 14,5%, SK 7,4%) dan dedak padi (PK 6,62%, SK 11,07%).

c. Protein

Selanjutnya, bahan pakan sumber protein yang mengandung protein lebih dari 20%. Bahan pakan ini bisa saja berasal dari tanaman atau tumbuhan, dan juga berasal dari hewan. Contohnya adalah ampas bir (26,85%), ampas tahu (23%), ampas kecap (32%), bungkil kopra (26%), bungkil kedelai (51,9%), bungkil kapok (30%), tepung kedelai (48,9%), tepung biji kapok (42%), tepung darah (76,8%), tepung daging (58,6%), tepung tulang (46,7%), dan tepung ikan (60,7%).

d. Vitamin dan Mineral

Terakhir adalah bahan pakan sumber vitamin dan mineral yang mengandung banyak vitamin ataupun mineral untuk memenuhi kebutuhan ternak. Contoh bahan pakan yang mengandung vitamin yang tinggi seperti umbi-umbian, dan mengandung mineral seperti tepung ikan dan garam.

3. Cara Pembuatan Pakan Konsentrat Ayam Petelur Skala Rumah Tangga

Sebelum memulai pembuatan pakan konsentrat, perlu untuk memahami syarat kandungan nutrisi yang dibutuhkan dari ternak. Nah untuk ayam petelur, membutuhkan protein kasar minimal 30%, kadar air maksimal 12%, asam amino 0,34-1,7%, serat kasar maksimal 9%, abu maksimal 35%, lemak kasar 2%, energi metabolis minimal 1900 Kkal/kg, kalsium minimal 9%, dan Aflatoksin maksimal 40 μg/kg. Nah pemberian pakan konsentrat tersebut minimal 35% dari total campuran pakan.

Sumber Bahan Pakan

Selain mengetahui jumlah kandungan yang dibutuhkan, perlu untuk memerhatikan beberapa hal seperti ketersediaan bahan dan juga harga masing-masing harga pakan. Untuk keperluan rumah tangga, pastinya membutuhkan bahan yang mudah didapatkan. Bahan-bahan yang mudah didapatkan dalam pembuatan pakan konsentrat skala rumah tangga adalah bekatul, padi, ampas, tahu, garam, dan tepung-tepung seperti tepung ikan, kerang, dan juga tepung jagung. Berikut ini adalah cara pembuatan pakan konsentrat untuk ayam petelur skala rumah tangga dengan takaran 50 kg.

Terdapat beberapa pilihan campuran bahan pakan konsentrat. Pilihan pertama bisa dengan 11 kg ampas tahu, 11 kg dedak, 10 kg tepung bekatul, 10 kg tepung jagung, 3 kg tepung ikan, 2,5 kg tepung kerang, 2,5 kg garam. Kemudian pilihan bahan kedua adalah `4 kg daun turi, 13 kg tepung ikan, 10,5 kg bungkil kedelai, 7 kg tepung bulu ayam, 5,25 kg sorgum, dan 0,25 kg tepung tulang. Bahan-bahan tersebut bisa dipilih tergantung ketersediaan bahan di lingkungan sekitar dan harga bahannya.

Selain bahan utama tersebut, untuk menunjang keberhasilan pemenuhan nutrisi ayam petelur, bisa menambahkan 500 ml suplemen organik cair dan juga membutuhkan sekitar 20 liter air.

Cara pembuatan

Terdapat beberapa cara pembuatan pakan konsentrat untuk ayam berdasarkan bentuknya. Tiga bentuk tersebut adalah tepung, crumble, dan juga pelet.

a. Tepung

  • Tahap pertama adalah penjemuran bahan-bahan yang akan digunakan hingga kering, bisa memakan waktu sekitar 1-2 minggu
  • Setelah kering, giling bahan-bahan tersebut dan campur menjadi satu.
  • Selanjutnya, letakkan campuran-campuran tersebut di atas terpal di bawah terik matahari, dan bahan halus tersebut dijemur selama 1-2 hari. Hal itu untuk menghasilkan tingkat kekeringan yang tinggi dan mempercepat pengeringan.
  • Setelah kering, tambahkan suplemen organik cair khusus peternakan dengan cara menyemprotnya hingga tercampur merata. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ayam petelur dan juga meningkatkan produktivitas telur.
  • Kemudian letakkan campuran tersebut ke dalam suatu wadah atau drum yang tertutup agar tersimpan lebih baik.
  • Ketika akan memberikan pakan konsentrat tersebut, berikan air secukupnya dan aduk hingga merata sebelum memberikan kepada hewan ternak.

b. Crumbles / butiran pecah

  • Tahap awal pembuatan pakan bentuk crumbles sama seperti bentuk tepung, yaitu digiling menjadi tepung terlebih dahulu.
  • Kukus bahan bahan tersebut dengan panas sekitar 80-90 derajat celcius.
  • Kemudian pakan yang sudah dikukus, diayak sambil menekannya agar butiran berjatuhan.
  • Setelah itu, menjemur butiran-butiran tersebut hingga kering dan selanjutnya pakan konsentrat siap untuk disajikan.

c. Pelet

  • Pembuatan pakan bentuk pelet ini sama seperti pembuatan pakan bentuk crumbles. Namun setelah melakukan penguapan, masukkan bahan tersebut ke dalam gilingan daging atau sambal, sehingga hasil akhir nantinya berbentuk memanjang.
  • Setelah itu, potong-potong bahan tersebut dan jemur hingga kering. Dan pakan siap untuk disajikan.

Nah itulah tentang pakan konsentrat dan cara pembuatan pakan konsentrat untuk ayam petelur dalam skala rumah tangga. Sangat mudah kan? Karena menggunakan bahan-bahan yang tersedia di sekitar. Pemberian pakan ini bisa menghemat pengeluaran karena bisa menekan biaya pakan hingga 50%. Namun memang terkadang memiliki kendala yaitu ayam yang belum terbiasa memakan pakan konsentrat, sehingga di awal-awal ayam akan sedikit makan. Namun lama kelamaan akan terbiasa dengan pakan konsentrat tersebut.

Agar pakan tidak cepat tengik atau rusak, peternak bisa menambahkan bahan pengawet yang aman untuk ternak. Bahan tersebut seperti BHA, BHT, Gropyl Gallate, Oktyl Gallate, Tokoferol, Etoksikusin (Antrasin, Toksomiks, dan Antoks). Pemberian bahan pengawet tersebut hanya sedikit sekitar 0,1% dari jumlah pakan untuk menjaga agar kandungan nutrisi pakan tidak berkurang. Selamat mencoba.

Check Also

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

Hasilbumi.net – La mayoría de los artrópodos tienen antenas, que son órganos sensoriales móviles ubicados …

Leave a Reply

Your email address will not be published.