Memanfaatkan Lahan sekitar Rumah untuk Bercocok Tanam

  • Whatsapp

Memanfaatkan Lahan untuk Bercocok Tanam memang tidak mudah. Memiliki kegiatan yang positif di rumah tentu saja menjadi dambaan semua orang. Hal ini dikarenakan adanya rumah yang nyaman tentu dapat membantu memaksimalkan kita, dalam beristirahat dan juga mengisi daya untuk tubuh setelah beraktivitas.

Apalagi berkegiatan di luar rumah. Salah satunya dengan cara bercocok tanam ternyata budidaya ataupun bercocok tanam ini, seringkali digunakan oleh banyak orang. Dalam artikel ini akan kita bahas secara lengkap. 

Bacaan Lainnya

Bercocok Tanam Dirumah

by electroniclinic
by electroniclinic

Kegiatan bercocok tanam merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dengan cara membudidayakan sebuah tanaman ataupun komoditi tertentu. Jenis tanaman yang bisa beragam. Mulai dari hortikultura yang paling mudah hingga tanaman hias yang mungkin cukup sulit perawatannya. Tetapi menguntungkan bercocok tanam ini bisa dilakukan dimana saja baik dengan memanfaatkan lahan, seperti perkebunan ataupun area yang lebih sempit seperti rumah.

Besok tanam di rumah nyatanya memiliki segudang cara dan juga manfaat. Bukan hanya mudah dan juga murah. Ternyata kegiatan ini juga bisa memberikan hal positif, terutama bagi orang tua yang mungkin sudah pensiun ataupun membutuhkan kegiatan yang menyibukkan diri setiap harinya. 

Manfaat Bercocok Tanam

Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan di antaranya yaitu :

1. Meningkatkan Imun

Manfaat pertama yang bisa dikatakan kegiatan tersebut ternyata dapat meningkatkan imunitas ataupun daya tahan tubuh seseorang. Hal ini dikarenakan kegiatan ini dapat membantu kita terpapar dengan sinar matahari dan juga udara. 

Diluar rumah, kita mendapatkan vitamin D. Ditambah lagi daya tahan tubuh juga akan semakin tinggi. Karena kegiatan bercocok tanam biasanya dilakukan pada pagi hari atau sore hari. Sehingga menghilangkan kejenuhan dan juga kepenatan yang dilakukan setiap harinya.

2. Olahraga

Jika kamu malas berolahraga atau beraktivitas nyatanya cara yang satu ini bisa menjadi cara ampuh untuk bisa bergerak dengan rutin. Hal ini dikarenakan tunggu secara otomatis akan bergerak, dan juga mengikuti aktivitas ataupun kegiatan yang dilakukan, saat bercocok tanam.

Mulai dari merapikan tanaman ataupun ucapan untuk memindahkan tanaman agar terlihat lebih cantik dengan kegiatannya kecil ini, mungkin tidak terasa. Namun sebenarnya kamu sudah melakukan olahraga ataupun mengeluarkan energi untuk beraktivitas. Tidak terasa biasanya hal ini dilakukan 1 hingga 2 jam tanpa terasa lelah.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Banyak yang tidak tahu bahwa tradisi bercocok tanam dapat membantu menjaga kesehatan otak. Menurut penelitian dimana kegiatan ini dapat membantu kamu untuk lebih fokus dan juga sibuk, sekaligus membuka kesempatan untuk bisa berinteraksi sosial dengan orang lain. Tentu saja hal ini dapat membantu memicu adanya hormon yang dapat memicu rasa bahagia dan juga meningkatkan kesehatan menjadi lebih baik.

Memanfaatkan Lahan untuk Bercocok Tanam

Selanjutnya setelah membahas mengenai bercocok tanam. Apa yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan yang ada di rumah? sebenarnya banyak orang yang salah paham ketika berbicara mengenai bercocok tanam, mereka berpikir kita harus memiliki kebun ataupun lahan yang luas. Padahal kegiatan tersebut bisa dilakukan dirumah.

Adapun kebutuhan ataupun standar yang harus dipenuhi untuk bisa melakukan cocok tanam dirumah diantaranya pertama perhatikan antara komoditi ataupun sayuran yang ditanam dengan cuaca yang dimiliki.

Apabila kamu tinggal di kota seperti Bogor, Malang, Bandung dan lain sebagainya. Mungkin diperhatikan jenis sayuran yang tahan terhadap suhu medium. Sehingga tidak mudah busuk sebaliknya. Apabila kamu tinggal di kota yang cukup panas seperti Jakarta, Semarang Surabaya kamu harus memperhatikan jenis sayuran apa saja yang cocok di tempat panas.

Di tambah lagi apakah membutuhkan naungan atau tidak. Jika membutuhkan naungan maka ada baiknya kamu melakukan cocok tanam di taman yang ditutupi oleh pagar atau teras. Selain itu kamu juga bisa menambah pohon besar untuk menghalangi sinar matahari yang langsung terkena tanaman.

Metode Cocok Tanam Dirumah

Walaupun lahannya terbatas ada beberapa metode yang bisa dilakukan apabila lampu ternyata memiliki lahan yang terbatas diantaranya yaitu:

1. Hidroponik

Pertama dalam metode hidroponik di mana metode yang satu ini memang memakan biaya yang cukup mahal. Karena memanfaatkan sistem air dan juga pipa yang disambungkan dengan pompa serta nutrisi tertentu. Tetapi sudah banyak masyarakat indonesia yang memanfaatkan hidroponik, sebagai salah satu cara untuk bercocok tanam di rumah. Apabila memiliki keterbatasan lahan hal yang paling menguntungkan dari hidroponik. 

Sistem ini biasanya menggunakan tanaman yang sangat segar dan juga bibit hibrida. Sehingga hasilnya bisa menjadi lebih maksimal. Ditambah lagi yang menggunakan hidroponik biasanya hasil samping dan tanamannya termasuk kedalam sayuran organik. Tidak menggunakan pupuk yang berbahaya selain itu kita tidak perlu menggunakan tanah. Tetapi menggunakan air saja untuk sumber media tanamnya sistem hidroponik ini bahkan dapat dijual hasil sayuran yang memiliki harga yang berbeda, dengan sayuran pada umumnya.

2. Sayuran Gantung

Selanjutnya adalah metode gantung umumnya tergantung ini dikhususkan untuk kamu yang tidak memiliki lahan sama sekali di rumah. Sehingga memanfaatkan tembok ataupun area yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk bergantungnya, Maka botol tunjukkan pot tanaman.

Umumnya bahan yang digunakan untuk bercocok tanam gantung ini sangatlah mudah menghindari memanfaatkan botol air mineral bekas, hingga botol kaca yang mungkin memiliki tampilan unik dan menarik. Setelah itu diikat menggunakan tali yang cukup kuat agar tidak mudah jatuh dan disusun layaknya tangga. Nantinya masing-masing botol tersebut diisi oleh tanah dan juga media tanam. Seperti pupuk ataupun sekam, lalu diisi bibit sayuran yang tidak terlalu besar dan bisa cepat panen misalnya saja sawi, tomat.

3. Pot Kecil

Metode ketiga yaitu dengan memanfaatkan waktu kecil ataupun area penyemaian yang tidak memakan banyak tempat. Umumnya beberapa tanaman seperti sawi hijau ataupun kangkung atau cabai, bahkan bisa dimanfaatkan atau digunakan sebagai salah satu komoditi yang ditanam.

Metode ini tidak memakan tempat yang terlalu besar dan bisa memanfaatkan botol ataupun pot bekas. Misalnya dari ember cat ataupun yang lainnya cara ini sangat mudah untuk bisa di dilakukan di rumah. Khususnya bagi yang memiliki keterbatasan dana namun tetap ingin bercocok tanam.

Tips lainnya apabila ingin bercocok tanam di rumah yaitu memastikan bahwa media yang dibutuhkan tersedia dan juga lengkap. Sebenarnya alatnya juga bahan yang dibutuhkan tidak perlu terlalu mahal. Kamu bisa memanfaatkan barang bekas dan juga mengolah beberapa tempat atau alat, untuk bisa dijadikan sebagai tempat untuk bercocok tanam.

Sedangkan jika di rumah memang memiliki keterbatasan tanah di jual media tanam kamu bisa membelinya di toko pertanian terdekat di kota kamu. Harganya juga tidak terlalu mahal dan bisa digunakan untuk melakukan penanaman atau bercocok tanam di ruma.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *