Breaking News

5 Makanan Burung Jalak Kebo Terbaik: Rahasia Gacor, Gesit, dan Sehat

Burung kicau memang memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta burung, salah satunya adalah jalak kebo. Mulai dari cara perawatan hingga makanan burung jalak kebo ramai diperbincangkan agar bisa merawat burung ini dengan benar. Banyak peminat terhadap burung ini memang bukan tanpa alasan. Ada banyak sekali keistimewaan yang ada di jalak kebo dan tidak ada di jenis burung lainnya.

Karakteristik Burung Jalak Kebo

makanan jalak kebo
(sumber gambar: youtube.com)

Di alam liar, jalak kebo akan memilih tinggal di sekitar punggung kerbau dan mengonsumsi serangga, kutu, dan juga lalat. Bersama kebo, ia menganut sistem simbiosis mutualisme dan saling menguntungkan. Karakteristik yang paling menonjol dari jenis burung ini adalah suaranya yang sangat unik dan lantang.

Jala kebo terbagi menjadi 2 (dua), yaitu jalak kebo mata kuning dan juga putih. Keduanya memiliki karakter suara yang berbeda. Untuk jalak kebo putih, cenderung kurang pintar dalam mengolah suara mereka, namun suaranya memang sangat unik dan bisa menirukan suara manusia. Bentuk tubuhnya juga lebih besar daripada jenis mata kuning.

Jalak kebo bermata kuning secara ukuran memang lebih kecil, akan tetapi olah suaranya jauh lebih baik dan matang. Ia bisa menirukan berbagai suara yang ada disekitarnya dengan baik dan lantang. Jika merawatnya benar dan optimal, maka jalak ini akan sangat gacor dan cerewet. Dari kedua jenis jalak ini, pecinta burung lebih menyukai jenis jalak mata kuning.

5 Makanan Burung Jalak Kebo Agar Gacor

Makanan memang memberikan pengaruh pada tingkat kegacoran burung jalak. Semakin baik kualitas makanan, maka performa burung jalak juga akan semakin baik sekaligus tubuhnya akan senantiasa sehat. Inilah beberapa jenis makanan terbaik untuk burung jalak kebo supaya memiliki suara yang gacor:

1. Jangkrik

Makanan yang pertama adalah jangkrik, yang merupakan serangga. Jenis serangga ini memiliki tingkat protein yang tinggi di dalam tubuhnya. Protein inilah yang akan sangat bermanfaat untuk kesehatan burung jalak. Selain itu, burung jalak juga sangat menyukai rasa dari jangkrik.

Meski begitu, perlu Anda ingat bahwa pemberian jangkrik tidak boleh terlalu banyak. Anda tidak bisa memberinya terlalu sering dalam sehari, sebab konsumsi jangkrik yang terlalu tinggi ternyata bisa meningkatkan gairah atau birahi burung jalak kebo. Untuk waktu terbaik, sebaiknya berikan jangkrik ketika mendekato hari lomba kicau burung saja, agar hasilnya maksimal.

2. Ulat Hongkong

Jenis makanan burung jalak kebo yang baik selanjutnya adalah ulat hongkong. Pemberian ulat ini sangat baik karena memiliki kandungan protein yang tinggi seperti jangkring. Untuk itulah, pemberiannya juga wajib Anda batasi. Berikan ulat secukupnya saja dan jangan berlebihan. Dengan begitu, kesehatan burung jalak kebo bisa terjaga dan nutrisi yang masuk dalam tubuhnya senantiasa seimbang.

Baca Juga: 5 Makanan Tupai dan Cara Memberikannya yang Baik dan Benar

3. Voer

Jenis makanan burung jalak kebo yang paling populer dan mudah untuk Anda berikan adalah voer. Makanan ini juga sangat baik untuk jalak kebo karena voer memiliki nutrisi lengkap yang bisa menjaga stamina sepanjang hari dan membuatnya senantiasa sehat. Anda juga tidak perlu khawatir dengan kandungan protein yang terlampau tinggi pada voer.

Pasalnya, pembuatan voer sudah seimbang dan memang sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian untuk burung jalak kebo. Kadar protein yang terdapat di voer adalah sekitar 12% sampai 18% saja, dan memiliki kandungan nutrisi lainnya. Mulai dari serat kasar, vitamin, mineral, lemak, energi, dan juga karbohidrat. Dengan kandungan nutrisi yang seimbang maka kesehatan burung jalak bisa terjaga sekaligus suaranya menjadi semakin gacor.

4. Kroto atau Telur Semut Rangrang

Selain beberapa makanan yang sudah kami sebutkan sebelumnya, Anda juga bisa memberikan jalak kebo kroto. Pemberian kroto juga bisa menyeimbangkan nutrisi yang jalak kebo butuhkan. Anda bisa mencampurkannya dengan makanan lain seperti ulat hongkong, jangkrik, ataupun belalang, tujuannya supaya lebih efektif dan bernutrisi.

Waktu terbaik untuk memberikan campuran makanan ini adalah pada pagi hari. Kroto juga sangat baik untuk meningkatkan semangat dan energi jalak kebo apabila sedang malas untuk berkicau.

5. Buah Pisang

Makanan burung jalak kebo yang terakhir adalah buah-buahan. Buah yang bisa Anda berikan untuk jalak kebo adalah pisang kepok, meski sebenarnya semua jenis pisang juga bisa Anda berikan. Pilihlah pisang kepok yang memiliki daging berwarna putih susu dan segar. Untuk memberikannya, cukup buka kulit pisang dan taruh ke tempat makan burung atau bisa Anda gantung di kandangnya, biarkan jalak kebo memakannya sendiri secara perlahan.

Di habitat aslinya, jalak kebo juga selalu mencari pisang karena dengan menyantap pisang, rasa kenyangnya akan lebih lama. Kandungan nutrisi yang ada pada pisang juga sangat baik dan lengkap untuk kesehatannya.

Nutrisi tersebut adalah kalsium (11 mg), vitamin c (14 mg), zat besi (1 mg), potassium (503 mg), niasin (1 mg), dan vitamin A. Nutrisi ini bisa membuat tubuh jalak kebo senantiasa sehat sekaligus meningkatkan suara gacornya. Anda yang memiliki jalak kebo kurus, juga bisa memberikan pisang secara rutin agar massa ototnya bertambah sehingga bisa lebih besar dan sehat.

Tips Perawatan Jalak Kebo Supaya Gacor dan Gesit

makanan jalak kebo
(sumber: thainationalparks.com)

Selain memberikan makanan burung jalak kebo yang berkualitas, maka perawatannya juga harus maksimal. Berikut beberapa cara perawatan yang bisa Anda lakukan:

1. Kebersihan Kandang dan Ketenangan

Agar jalak kebo bisa senantiasa sehat, maka kandang harus senantiasa bersih dan juga tenang. Ketenangan sangat penting agar burung jalak tidak stress dan menjadi mudah sakit. Untuk itu, jika meletakkan kandang maka usahakan di tempat yang tenang dan jauh dari keramaian. Pastikan juga bahwa kandangnya jauh dari berbagai predator seperti kucing, tikus, dan lainnya.

Anda juga harus memastikan bahwa kandang selalu berada dalam kondisi yang bersih. Kandang yang kotor bisa menimbulkan kuman dan juga bakteri yang bisa berpotensi mengganggu kesehatannya. Untuk itu, selalu bersihkan kandang dan jangan sampai ada sisa makanan atau kotoroan burung yang menumpuk.

2. Mandi dan Jemur

Langkah selanjutnya untuk menjaga kesehatan burung jalak kebo adalah dengan rutin memandikan dan menjemurnya. Tujuannya agar tubuhnya selalu bersih dan segar.  Untuk mandi, Anda hanya perlu menyemprot burung dengan menggunakan spray saja secara halus dan jangan sampai basah kuyup.

Selain itu Anda juga bisa dengan menyediakan bak berisi air. Jangan terlalu lama memandikan burung dan segera jemur sampai bulunya benar-benar kering.  Waktu terbaik untuk memandikan dan menjemurnya adalah pukul 07.00 sampai 08.000 pagi.

Jangan menghabiskan waktu lebih dari 1 jam untuk menjemur burung. Jika sudah, masukkan kandang dan pindahkan ke area yang teduh. Dengan cara ini, burung masih mendapatkan angin-angin.

3. Hindari Melatih Burung Ketika Terik dan Terbenam

Salah satu kesalahan para pemilik jalak kebo adalah melatihnya di saat matahari yang terik. Padahal, ketika terik justru burung akan merasa stress dan menjadi tidak maksimal ketika berlatih. Daya tahan tubuhnya juga bisa menurun jika terlalu banyak terkena sinar matahari.

Anda juga jangan melatihnya ketika matahari sudah mulai terbenam. Sebab, waktu terbenam adalah saat terbaik untuk burung jalak kebo beristirahat. Jadi jangan memaksanya untuk tetap berlatih karena hanya akan membuatnya stress dan mudah sakit. Selain itu, indera pengelihatan jalak kebo juga akan menurun ketika malam tiba.

4. Latihan di Luar Sangkar

Untuk membuat jalak kebo jinak, memang membutuhkan usaha dan waktu yang tidak sedikit. Harus banyak kesabaran dan menghabiskan waktu bersama supaya terbentuk ikatan antara Anda dan jalak kebo. Selain itu, coba latihlah jalak kebo untuk keluar masuk kandang sendiri.

Awali latihan dengan menaruh makanan di tangan, kemudian pancing ia untuk keluar kandang. Setelah itu juga pancing lagi dengan makanan agar bisa masuk kandang sendiri. Ulangi latihan ini secara rutin terutama pada saat jam makan, karena ketika lapar jalak kebo akan jauh lebih jinak dan penurut.

Nah itulah beberapa rekomendasi makanan burung jalak kebo terbaik yang bisa Anda berikan. Jangan lupa juga untuk memberikan perawatan yang optimal agar tidak hanya gacor, namun senantiasa sehat dan juga jinak. Dengan begitu, Anda bisa memiliki jalak kebo yang tidak hanya pandai berkicau namun bisa menjadi peliharaan yang penurut dan dekat dengan pemiliknya!

Check Also

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

13 tipos de insectos con antenas en forma de abanico

Hasilbumi.net – La mayoría de los artrópodos tienen antenas, que son órganos sensoriales móviles ubicados …

Leave a Reply

Your email address will not be published.