Breaking News

7 Makanan Ikan Gabus Terbaik dan Tips Budidaya Agar Cepat Besar

Indonesia memang memiliki potensi budidaya ikan air tawar yang sangat menjanjikan, salah satunya adalah ikan gabus. Meski tidak sepopuler jenis ikan tawar lain, namun sebenarnya daya jual dari ikan ini sangat bagus dan potensi keuntungannya sangat tinggi lho. Tidak heran jika mulai banyak orang yang tertarik untuk mengetahui tips budidaya serta makanan ikan gabus agar cepat sehat.

Salah satu alasan yang membuat permintaan ikan gabus cukup tinggi adalah kandungan protein dan gizi lain yang tinggi. Selain itu, proses untuk budidaya gabus juga tergolong mudah dan masa panennya yang relatif cepat. Lalu, apa saja makanan ikan gabus itu? Serta apa saja tips agar bisa melakukan budidaya dengan lancar? Inilah ulasan selengkapnya.

Rekomendasi 7 Makanan Ikan Gabus Terbaik

makanan-ikan-gabus
(sumber gambar: banjarmasin.tribunnews.com)

Inilah beberapa pilihan makanan untuk ikan gabus agar senantiasa sehat dan cepat besar:

1. Ikan Rucah

Anda bisa memberikan ikan gabus ikan rucah sebagai makanannya. Rucah merupakan sejenis ikan kecil yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasar atau penjual ikan dengan harga yang sangat murah. Pasalnya memang tidak banyak orang yang menjadikannya untuk konsumsi.

Meski memiliki harga yang murah, namun kandungan protein yang ada di dalamnya terbilang cukup tinggi. Inilah yang membuatnya sangat baik untuk pertumbuhan ikan gabus. Cara pemberiannya cukup mudah, Anda hanya tinggal memotong ikan menjadi beberapa bagian kecil. Setelah itu silahkan langsung sebarkan ikan rucah ke kolam ikan.

2. Keong Sawah dan Siput

Makanan ikan gabus selanjutnya adalah keong sawah yang menjadi salah satu andalan para pembudidaya gabus. Di habitat aslinya, ikan gabus memang sangat menyukai keong sawah sehingga ketika Anda memberinya untuk pakan, maka ikan akan sangat menyukai hidangan ini. Hanya saja, keong sawah merupakan pakan tambahan dan bukan pakan utama. Jadi, Anda cukup memberi keong sawah seperlunya saja.

Manfaat dari pakan ini juga sangat baik untuk kesehatan gabus, yang berasal dari kandungan protein tinggi di dalamnya. Untuk memberikannya, Anda cukup mengeluarkan tubuh keong dari bagian cangkangnya. Setelah itu kumpulkan dan potong kecil-kecil atau haluskan daging keong tersebut. Baru setelah itu bisa langsung Anda sebarkan ke kolam.

Selain keong sawah, Anda bisa memberikan pakan lain berupa siput. Kandungan protein di dalamnya juga terbilang cukup tinggi meskipun tidak setinggi keong sawah. Cara memberikannya sama seperti keong sawah, Anda hanya tinggal mengumpulkan siput dalam 1 wadah besar. Setelah itu keluarkan dagingnya dari cangkang, dan potong kecil-kecil. Kemudian baru bisa Anda sebarkan ke kolam gabus.

3. Cacing Sutra

Jika Anda memiliki dana atau budget yang cukup, maka tidak ada salahnya memberikan pakan tambahan ikan gabus berupa cacing sutra. Harga jual cacing ini memang cukup mahal, sehingga bisa Anda berikan berkala saja tidak perlu secara rutin.

Harga yang mahal tentu sebanding dengan efektivitasnya untuk pertumbuhan gabus. Kandungan protein yang sangat tinggi di dalamnya bisa memacu pertumbuhan gabus menjadi cepat besar. Inilah yang membuat banyak pembudidaya memberikan jenis cacing ini.

4. Ikan Kecil

Selain keong sawah dan ikan rucah, Anda bisa memberikan jenis ikan kecil sebagai pakan tambahan untuk budidaya gabus. Beberapa jenis ikan yang bisa Anda pilih adalah ikan wader dan juga bibit ikan nila yang berukuran kecil. Kedua jenis ikan ini memiliki harga jual yang terjangkau sehingga tidak akan memberatkan Anda dari segi biaya.

Pemberian pakan tambahan berupa ikan kecil bisa semakin memperkaya asupan nutrisi protein untuk gabus. Tentu ini akan membuat gabus menjadi cepat besar dan senantiasa sehat. Ikan gabus juga sangat lahap menyantap ikan kecil ini karena memang di alam bebas, ini menjadi salah satu makanan favoritnya. Untuk pemberiannya, cukup sebarkan ikan kecil langsung di kolam gabus saja.

5. Cacing Tanah

Jika cacing sutera terlalu mahal dan menghabiskan anggaran, Anda bisa memberikan makanan ikan gabus yang lain, yaitu cacing tanah. Habitat asli ikan gabus yang banyak tinggal di sungai berlumpur, membuatnya juga menyantap cacing tanah sebagai makanan. Inilah yang membuat Anda bisa memberikan cacing ini sebagai pakan tambahan untuk ikan gabus.

Harga cacing tanah juga terbilang murah sehingga Anda tidak perlu khawatir akan menghabiskan banyak biaya. Untuk memberikannya, cukup potong cacing kecil-kecil, setelah itu silahkan sebarkan ke kolam ikan gabus.

6. Udang

Udang bisa menjadi pakan yang sangat bagus bagi pertumbuhan ikan gabus. Selain berprotein, nutrisi lain yang ada di dalam udang juga sangat lengkap dan kompleks sehingga bagus bagi kesehatan ikan. Namun, memang tidak bisa dipungkiri harga jual udang tidaklah murah. Sehingga untuk pakan tambahan yang satu ini, bersifat opsional dan menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki.

7. Pelet

Makanan ikan gabus yang terakhir dan paling populer adalah pelet. Pelet merupakan pakan utama yang harus Anda berikan secara rutin untuk ikan. Cara pemberian pelet juga sangat praktis sehingga tidak merepotkan Anda ketika memberikannya. Cukup sebarkan ke kolam, maka ikan sudah langsung menyerbunya.

Pelet untuk ikan gabus umumnya terbuat dari berbagai campuran bahan yang mengandung protein tinggi. Mulai dari tepung darah, tepung ikan, ampas tahu, kepala udang, dan campuran bahan lainnya. Setidaknya dari hasil pencampuran tersebut, pelet harus mengandung 30% protein.

Disamping harganya yang murah, pelet juga sudah dirancang sedemikian rupa untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi pertumbuhan ikan. Hanya saja, jika Anda menginginkan pertumbuhan ikan gabus yang lebih cepat dan sehat, maka harus ada pakan tambahan lain yang Anda berikan. Tujuannya supaya nutrisi untuk ikan menjadi semakin lengkap dan kompleks.

Baca Juga: Ini 9 Jenis Ikan Pembersih Akuarium Agar Senantiasa Bersih

Tips Budidaya Ikan Gabus yang Baik dan Cepat Besar

makanan-ikan-gabus
(sumber gambar: kolamterpal.net)

Inilah beberapa tips yang bisa Anda ikuti supaya budidaya gabus berjalan lancar dan cepat besar:

1. Pilih Indukan Ikan yang Berkualitas

Indukan ikan adalah kunci dari hasil budidaya yang sehat dan berkualitas, untuk itu Anda tidak boleh sembarangan memilihnya supaya hasil bibit juga sehat. Berikut ini beberapa kriteria indukan yang sehat:

  • Berumur setidaknya 9 sampai 12 bulan (untuk betina), berumur setidaknya 14 sampai 18 bulan (untuk jantan)
  • Tubuh indukan sehat, simetris, dan tidak terdapat cacat sedikitpun
  • Bersikap lincah ketika berenang dan responsif terhadap sentuhan
  • Bobot ikan setidaknya sekitar 750 sampai 1800 gram

2. Proses Pemijahan yang Lancar dan Pemeliharaan Anakan

Agar bisa menghasilkan anakan gabus yang sehat, maka pastikan juga proses pemijahannya berjalan lancar. Siapkan kolam dan masukkan 20 sampai 30 indukan jantan dan betina di dalam satu kolam sekaligus. Untuk menambah kenyamanan, silahkan tambahkan enceng gondok di dlam kolam.

Setelah bertelur, silahkan angkat telur-telur tersebut dan bawa dengan menggunakan sekupnet halus. Pindahkan ke kolam yang lain lalu biarkan telur ikan gabus menetas dengan alami. Setidaknya proses penetasan telur memakan waktu 24 jam setelah Anda memindahkannya.

Setelah 2 hari usianya, Anda bisa memberikan larva sebagai pakan anakan gabus sebanyak 3 kali dalam sehari. Sementara itu, jika sudah lebih dari 5 hari baru tambahkan pakan lain seperti daphnia sebanyak 3 kali sehari.

3. Beri Pakan yang Berkualitas dan Jaga Kualitas Air

Jika bibit gabus sudah cukup besar, maka perawatan yang penting selanjutnya adalah kualitas pakan dan air kolam. Kedua hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan agar budidaya bisa berjalan dengan lancar. Untuk pakan ikan, yang utama adalah pelet. Sementara untuk pakan tambahan, bisa Anda berikan berbagai pilihan lain seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

Apapun jenis pakan yang Anda beri, pastikan bahwa kualitasnya bagus dan bisa menunjang nutrisi ikan gabus. Dengan begitu, ikan bisa menjadi lebih cepat besar dan senantiasa sehat. Perhatikan juga kualitas air kolam agar selalu bersih dan tidak tercemar. Dengan kualitas air yang baik, gabus bisa menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Nah sobat agribisnis, itulah beberapa makanan ikan gabus yang bisa Anda berikan sekaligus tips budidayanya. Dengan permintaan yang cukup tinggi, namun pemasoknya yang masih rendah, peluang budidaya gabus sangat terbuka lebar untuk Anda. Apalagi cara budidayanya juga mudah dan tidak membutuhkan anggaran yang besar untuk pakan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda yang tertarik menggeluti budidaya ini ya!

Check Also

cara merawat bunglon

7 Trik dan Cara Merawat Bunglon Supaya Sehat dan Jinak

Siapa diantara sobat agribisnis yang merupakan pecinta reptil seperti bunglon? Jika iya, apakah Anda juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published.